Inilah 4 Cara Root Oppo A71 Terbaru yang Dijamin Berhasil

Cara Root Oppo A71 Terbaru yang Dijamin Berhasil

Cara Root Oppo A71 – Oppo A71 sendiri adalah salah satu smartphone yang diluncurkan oleh Oppo pada tahun 2018 lalu. Pada masa itu, Oppo A71 ini mempunyai banyak peminat serta cukup laris di pasar Gadget Indonesia.

Hal ini mungkin dikarenakan Oppo A71 ini adalah sebuah smartphone yang memiliki spesifikasi cukup baik dimasa itu. Tidak hanya itu saja, ponsel dari Oppo tersebut juga dibandrol dengan harga yang relatif murah pada masa itu.

Namun admin tidak akan membahas lebih detail lagi mengenai spesifikasi dan fitur yang ada didalam Oppo A71 karena itu sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Jika kalian penasaran bisa melihatnya di spesifikasi Oppo A71.

Dalam kesempatan kali ini, admin ingin membagikan kalian sebuah cara root hp Oppo A71. Karena hingga saat ini masih banyak orang yang merasa kesulitan saat ingin melakukan rooting pada Oppo A71.

Untuk proses root Oppo A71 kali ini, admin sendiri membaginya menjadi beberapa tahapan. Mulai dari proses rooting menggunakan tanpa bantuan PC sampai dengan menggunakan bantuan PC. Lebih jelasnya, kalian bisa menyimaknya ulasan lengkapnya dibawah ini.

Keuntungan Melakukan Root Pada Oppo A71

Saat melakukan proses rooting pada ponsel Android, tentu kalian akan mendapatkan beberapa keuntungan. Hal ini karena saat sebuah ponsel Android itu di root, maka kalian akan lebih leluasa untuk memakai seluruh sistem yang tadinya itu tidak bisa kalian gunakan.

Untuk saat ini, beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan sesudah melakukan proses rooting pada hp Oppo A71 2018 mungkin adalah sebagian berikut ini:

  1. Kalian akan memiliki kontrol penuh pada ponsel yang di root.
  2. Dapat melakukan Overclock Prosesor untuk membuatnya lebih kencang.
  3. Mampu membuat ruang penyimpanan didalam ponsel bertembah besar.
  4. Bisa menginstal atau mengubah ROM yang digunakan.
  5. Kamu bisa menginstal aplikasi-aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dipasang pada ponsel.
  6. Dapat memindahkan semua aplikasi dari ruang penyimpanan internal kedalam memori eksternal.
  7. Terakhir kalian bisa menghapus seluruh aplikasi bawaan ponsel Android.

Bahaya Melakukan Root Pada Oppo A71

Bahaya Melakukan Root Pada Oppo A71

 

Selain keuntungan, kalian juga bisa mengalami kerugian saat melakukan rooting pada hp Oppo A71. Adapun beberapa kerugian yang mungkin akan kalian alami setelah proses rooting selesai adalah seperti berikut:

1. Hilangnya Update pada Sistem OTA

Kerugian yang pertama ketika kalian melakukan rooting pada HP Oppo A71 adalah hilangnya atau diberhentikannya update sistem OTA pada ponsel.

2. Garansi HP Oppo Hilang

Seperti ketentuan yang memang sudah berlaku dari dulu, dimana setiap sebuah perangkat Android sudah dimodifikasi seperti root misalnya. Maka secara otomatis garansi resmi yang kalian dapatkan akan hilang atau tidak berlaku lagi.

3. HP Oppo Bisa Mengalami Multifungsi

Kerugian yang mungkin juga bisa kalian alami saat melakukan rooting adalah timbulnya beberapa kerusakan didalam sistem yang ada pada HP. Salah satu diantaranya itu adalah bug dan beberapa sistem mengalami multifungsi.

4. Sangat Rentan Terserang Oleh Virus dan Malware

Terbukanya akses root pada ponsel Android itu secara otomatis akan menonaktifkan fitur update otomatis pada sistem operasi. Hal ini akan membuat ponsel Oppo A71 kalian rentan terserang oleh virus dan malware.

5. Performa HP Oppo Mengalami Penurunan

Sebagian yang pernah melakukan root pada HP Android mungkin bisa membuat performa ponsel semakin kencang, tapi tidak sedikit yang malah mengalami sebaliknya. Selain kesalahan saat melakukan rooting, ini juga bisa terjadi karena terlalu banyak tweak yang terjadi.

6. Meningkatnya Konsumsi Daya Pada Baterai

Masalah terakhir yang juga bisa kalian alami setelah melakukan root pada HP Oppo A71 adalah meningkatnya konsumsi daya pada baterai. Ini akan membuat baterai hp menjadi cepat habis serta lebih sering mencolokan charger ke ponsel.

Cara Root Oppo A71 Tanpa PC

Cara Root Oppo A71 Tanpa PC

Pertama-tama sebelum kalian melakakukan root pada hp Oppo A71, pastikan ponsel kalian sudah terhubung dengan koneksi internet yang baik. Ini bertujuan agar beberapa aplikasi yang akan kita gunakan nanti dapat memperbaharui database/file kedalam ponsel kita.

Kalian bisa menggunakan internet langsung dari ponsel memakai provider yang ada di Indonesia atau bisa juga menggunakan jaringan WiFi. Usahakan juga koneksi internet yang berjalan dengan stabil.

Hal lain yang juga wajib kalian siapkan sebelum melakukan root di HP Oppo A71 adalah melakukan unlock pada bootloader. Dengan hal tersebut akan memudahkan aplikasi untuk melakukan root pada ponsel. Jika belum, kalian bisa membacanya terlebih dahulu di artikel sebelumnya yang membahasa cara unlock Bootloader di HP Oppo.

Setelah semua hal yang disebutkan tadi sudah siap, maka langkah selanjutnya kalian bisa lengsung mengikuti cara root hp Oppo A71 dibawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi Oppo Tools

Aplikasi root hp Oppo A71 yang pertama ini bernama Oppo Tools. Dimana kalian dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk membantu proses rooting dengan lebih cepat dan pastinya lebih mudah.

Jika kalian berminat untuk menggunakan aplikasi Oppo Tools untuk membantu rooting hp Oppo A71, maka bisa langsung mengikuti cara penggunannya dibawah ini.

  1. Pertama-tama tentu kalian harus menginstal aplikasi Oppo Tools terlebih dahulu.
  2. Setelah proses intalasi selesai, maka buka aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi, kalian bisa langsung memilih menu “Common“.
  4. Berikutnya kalian langsung klik opsi “Root“.
  5. Selanjutnya kalian akan melihat notifikasi untuk menginstal plugin “Oppo Tolls Plugin” maka pilih “Istal“.
  6. Tunggu sampai proses instalasi selesai, biasanya memakan waktu agak sedikit lama.
  7. Jika sudah selesai, maka kalian bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut.
  8. Didalam menu awal, kalian langsung saja pilih opsi “Onekey Root” dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  9. Jika berhasi, biasanya akan muncul pup-op “Proses root berhasil“.

Namun jika pesan tersebut tidak muncul maka untuk memastikannya kalian bisa langsung mengecek pada ponsel, jika aplikasi SuperSU sudah terinstal maka hp Oppo A71 kalian sudah berhasil di root.

2. Memakai Aplikasi Root Master

Sebuah aplikasi root untuk hp Oppo A71 yang selanjutnya adalah Root Master. Kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi yang satu ini untuk melancarkan proses rooting yang akan dilakukan pada ponsel Oppo A71.

Untuk fungsinya itu jelas tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang pertama tadi dan kalian juga bisa mendapatkan aplikasi Root Master secara gratis. Apabila dari kalian berminat memakai aplikasi yang satu ini, maka bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Kalian bisa mengunduh aplikasi “Root Master” terlebih dahulu.
  • Setelah proses unduhan selesai, maka langsung instal aplikasi “Root Master“.
  • Apabila sudah selesai, maka langsung buka aplikasi “Root Master“.
  • Dihalaman utama, kalian bisa langsung memilih opsi “Root“.
  • Jika sudah, maka selanjutnya kalian pilih opsi “Tes” dan tunggu sampai proses root selesai.
  • Biasanya untuk aplikasi “Root Master” tidak membutuhkan waktu yang lama untuk meroot hp Oppo A71 kalian.

Setelah berhasil, kalian bisa melakukan cara seperti pertama tadi. Buka ponsel kalian dan cari apakah aplikasi “SuperSU” sudah terinstal atau belum. Jik sudah, maka proses root telah sukses kalian lakukan.

3. Memanfaatkan Aplikasi Kingroot

Aplikasi root HP Oppo A71 yang terakhir ini juga tidak kalah mudahnya untuk kalian gunakan. Selain itu, aplikasi ini juga sudah cukup populer dikalangan pengguna hp Android yang sering melakukan root.

Yup, aplikasi ini bernama King Root. King Root adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna HP Android ketika ingin melakukan rooting. Nah, jika kalian berminat maka bisa langsung mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Masih sama seperti diatas, kalian wajib mengunduh aplikasi “King Root” terlebih dahulu.
  • Setelah proses unduh selesai maka kalian bisa langsung menginstalnya di HP Oppo A71.
  • Jika mengalami masalah saat instalasi, kalian bisa mengatasinya melalui menu “Pengaturan” kemudian “Keamanan” dan terakhir centang opsi “Unknow Sources“.
  • Setelah itu kalian menginstal aplikasi “King Root” kembali.
  • Apabila sudah berhasil, maka langsung buka aplikasi “King Root” tadi.
  • Dihalaman utama, kalian pilih opsi “Coba Ini” dan akan muncul tampilan tentang HP Android kalian sudah di root atau belum.
  • Terakhir pilih “Get Now” untuk memulai proses rooting dan ikuti beberapa tahapan lain yang muncul.

Jika proses rooting berhasil maka masih sama seperti diatas, kalian akan melihat sebuah aplikasi yang bernama “Super User“.

Root Oppo A71 Dengan Bantuan PC

Root Oppo A71 Dengan Bantuan PC

Berikutnya, kalian juga bisa melakukan rooting di HP Oppo A71 2018 dengan bantuan PC atau Laptop. Untuk prosesnya juga hampir tidak jauh berbeda dengan menggunakan aplikasi yang sudah disebutkan diatas.

Untuk cara root HP Oppo A71 Menggunakan PC juga tidak terlalu sulit dan bisa kalian lakukan dirumah. Sebelum itu, kalian wajib menyiapkan kabel USB yang ori serta fitur USB Debugging juga wajib untuk diaktifkan. Jika semua sudah siap, maka kalian bisa memulai proses rooting.

  • Hal pertama yang waji lakukan adalah menginstal aplikasi “RootKHP” pada PC atau Laptop yang akan digunakan untuk melakukan root.
  • Selanjutnya kalian ubungkan HP Oppo dengan PC menggunakan “Kabel USB“.
  • Buka aplikasi “RootKHP” yang sudah kalian instal di PC.
  • Usahakan HP Oppo A71 kalian sudah terbaca oleh aplikasi “RootKHP“.
  • Jika belum, coba cabut dan hubungkan lagi ponsel kalian ke PC.
  • Apabila sudah, maka kalian bisa langsung memilih menu “Root“.
  • Maka jika pesan pop-up yang bertuliskan “Your Android Device Verify!” dan “Root Process Started!” serta “Please Wait Few Minutes” maka itu artinya rooting yang kalian lakukan sudah berjalan dengan benar.
  • Terakhir kalian bisa duduk manis sambil ngopi-ngopi sampai proses rooting selesai.
  • Jika berhasil, kalian akan mendapatkan pesan yang berisi “Congratulations! Root Finished! You May Close This Notification” dan ini artinya kalian berhasi meroot HP Oppo A71.

Namun jika proses diatas belum berhasil, maka cobalah untuk melakukan update Firmware pada HP Oppo A71. Karena jika belum, tingkat keberhasilan proses rooting yang kalian lakukan kemungkinan besar bisa berkurang.

Penyebab Oppo A71 Gagal Root

Tidak selamanya proses root itu bisa berjalan sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan, terkadang rooting yang dilakukan bisa mengalami kegagalan. Kegagalan yang kita alami tidak hanya bisa disebabkan oleh hal-hal besar saja tapi hal terkecilpun bisa mengakibatkan kegagalan saat proses rooting.

Tapi ada hal yang paling sering membuat seseorang mengalami kegagalan saat ingin melakukan root pada Hp Android. Dimana ponsel yang akan di root itu sudah pernah di rooting sebelumnya. Terlebih lagi file “Super User” yang ada didalam ponsel sudah terhapus.

Cara Mengatasi Oppo A71 Tidak Bisa Root

Kegagalan saat proses rooting biasa saja terjadi saat kalian membeli sebuah ponsel bekas yang sebelumnya itu sudah pernah di rooting. Apalagi beberapa sistem dan komponen yang ada didalamnya sudah pernah dioprek.

Meski begitu, ada beberapa cara yang mungkin bisa kalian coba saat proses rooting diatas gagal dilakukan.

  1. Pertama kalian bisa mencoba melakukan UnRoot terlebih dahulu dengan menggunakan bantuan aplikasi UnRoot untuk Android.
  2. Apabila proses UnRoot berhasil kalian lakukan, maka cobalah untuk kembali mencoba proses rooting tadi.
  3. Jika masih terjadi kegagalan, maka cobalah untuk melakukan Downgrade Sistem Android pada HP Oppo A71.
  4. Kembali coba proses rooting yang sudah disediakan diatas.

Namun jika masih saja gagal, kemungkinan besar HP Oppo A71 kalian sudah mengalami kerusakan.

Penutup

Baik, mungkin hanya itu saja informasi yang bisa admin hadirkan hari ini mengenai cara root Oppo A71. Kalian bisa mencoba salah satu dari beberapa cara diatas untuk membantu proses rooting yang akan dilakukan.

Jika ada hal yang mungkin tidak kalian mengerti atau ada ulasan yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar yang ada dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil sesuai dengan harapan kalian.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.