Inilah 6 Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel yang Lemot di Android

Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel yang Lemot di Android

Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel – Sampai saat ini tentu sudah ada banyak sekali brand provider yang hadir di Indonesia serta bisa kalian gunakan. Dimana masing-masing Provider tersebut tentu mempunyai keunggulan serta beragam jenis layanan yang bisa digunakan oleh penggunannya dan salah satunya adalah Telkomsel.

Telkomsel juga salah satu provider yang cukup populer di Indonesia, ini karena Telkomsel memiliki banyak layanan dengan harga terjangkau serta kecepatan jaringan internetnya juga termasuk cukup cepat dari provider lainnya.

Tapi namanya juga teknologi, tidak selamanya layanan internet yang disediakan oleh provider itu memiliki kecepatan yang stabil. Ada kalanya layanan yang mereka berikan mengalami masalah atau gangguan dan ini juga sering terjadi pada provider Telkomsel.

Akhir-akhir ini banyak pengguna kartu Telkomsel yang mengalami masalah atau gangguan seperti jaringan telkomsel tidak stabil, jaringan telkomsel hilang dan muncul lagi sampai tidak bisa digunakan sama sekali.

Namun kalian tidak perlu panik dan khawatir dengan masalah hilangnya jaringan telkomsel hari ini, karena dalam pembahasan ini admin akan membagikan kalian sebuah cara percepat koneksi internet di Android.

Penyebab Jaringan Telkomsel Hilang

Penyebab Jaringan Telkomsel Hilang

Sebelum kita melihat ulasan tentang cara percepat konseksi internet Telkomsel yang lemot, ada bagusnya kita lihat dulu apa saja yang mungkin menjadi penyebab jaringan telkomsel tidak stabil.

Dalam hal ini, kecepatan akses internet itu tentu bisa dipengaruhi oleh banyak hal yang mungkin saat ini masih sedikit orang yang mengetahuinya. Penasaran? Yuk, kita lihat beberapa penyebab jaringan telkomsel hilang hari ini:

  1. Kuota internet yang sudah habis.
  2. Menggunakan pengaturan jaringan otomatis.
  3. Cuaca sedang tidak mendukung, seperi badai atau hujan yang sangat lebat.
  4. Terjadi pemadaman listrik.
  5. Lokasi kalian belum tercover jaringan 4G.
  6. HP Android kalian tidak support jaringan 4G.
  7. Memang sedang gangguan dari pusat.

Untuk masalah yang saat ini terjadi pada layanan internet dari provider Telkomsel, mungkin hanya itu saja yang menjadi penyebab masalah yang sedang kalian alami hari ini. Kumungkinan lain yang mungkin bisa terjadi, dimana ponsel yang kalian gunakan mengalami kerusakan pada Hardware,

Begini Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel

Dalam hal ini admin sudah menyiapakan beberapa cara yang bisa kalian gunakan dirumah untuk mengatasi jaringan internet lemot pada Telkomsel.

  1. Merubah settingan APN Telkomsel di HP.
  2. Gunakan jaringan 4G Only.
  3. Memakai aplikasi MyTelkomsel.
  4. Menggunakan Ad-Blocker.
  5. Menghapus cache pada hp Android.
  6. Matikan dan hidupkan koneksi data pada ponsel.
  7. Menggunakan kartu Telkomsel lain.
  8. Restat ponsel yang digunakan.
  9. Hubungi custemer service.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel yang Lemot

Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel yang Lemot

Meski provider Telkomsel dikenal mempunyai kualitas jaringan yang baik, namun dalam beberapa situasi terkadang akses internet Telkomsel juga bisa mengalami masalah atau lambat.

Tapi kalian tidak usah panik dengan masalah tersebut, karena selain beberapa cara mempercepat koneksi internet yang sudah disebutkan diatas. Tentu admin masih punya cara lain yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi saat ini.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mempercepat koneksi internet Telkomsel yang lemot:

1. Gunakan Pengaturan Jaringan 4G LTE Only

Seperti yang pernah admin jelaskan sebelumnya kalau jaringan 4G LTE ini mempunyai akses koneksi yang lebih cepat dari pada jaringan 3G atau 2G. Selain itu respon ping dari jaringan 4G LTE juga cukup stabil dan cenderung lebih besar.

Hal ini jelas akan berdampak baik untuk kalian yang mempunyai banyak kebutuhan di Internet seperti browsing, upload, sampai dengan bermain game online yang akan menjadi semakin lancar dan pastinya tanpa lag.

Untuk mengubah pengaturan jaringan dari 3G ke 4G LTE pada ponsel Android tidaklah sulit kalian lakukan. Kurang lebih cara mengaturanya adalah seperti berikut:

  • Langkah pertama tentu kalian wajib masuk kedalam menu “Pengaturan” yang ada didalam ponsel.
  • Dalam menu ini kalian cari lagi menu “Kartu SIM“.
  • Setelah itu kalian bisa cari opsi “Pengaturan Jaringan SIM“.
  • Terakhir kalian bisa langsung mengubah jaringan ke “4G Only“.

Dengan cara itu, ponsel Android kalian akan secara otomatis mengoptimalkan untuk mencari jaringan 4G LTE saja dan akan mengabaikan jaringan lainnya.

2. Gunakan Aplikasi yang Hemat Koneksi Internet

Cara percepat koneksi internet Telkomsel kedua yang biasanya sering admin lakukan adalah menggunakan aplikasi yang hemat koneksi internet. Jika keperluan kalian hanya secatas browsing dan chatting maka kalian bisa menggunakan aplikasi yang hemat koneksi internet.

Aplikasi yang hemat koneksi ini adalah sebuah aplikasi versi lite contohnya seperti Facebook Lite, Line Lite, Intagram Lite, Twitter Lite dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

Apabila keperluan internet kalian ada di browser maka cobalah untuk memilih browser yang mempunyai fitur compress gambar. Karena dengan bagitu, kecepatan browsing kalian akan menjadi lebih cepat dan stabil.

Cara yang satu ini juga tidak hanya bisa kalian gunakan untuk provider Telkomsel saja tapi juga bisa digunakan untuk provider lainnya seperti Indosat atau Smartfren.

3. Gunakan Modem MiFi GSM

Jika ketika kalian mengalami masalah saat mengakses internet menggunakan data seluler maka cobalah untuk menggantinya dengan memakai Modem MiFi. Karena dengan menggunakan Modem MiFi, kalian akan bisa mengakses internet dengan lebih cepat dan stabil.

Kalian bisa membeli Modem MiFi yang sesuai dengan budget masing-masing, jika mempunyai budget lebih kalian bisa membeli Modem MiFi yang diatas 500 ribu. Biasanya diatas harga itu, kalian akan mendapatkan Modem MiFi yang lebih berkualitas.

Jangan lupa juga saat kalian membeli Modem MiFi, usahakan mencari yang bisa menggunakan semua jenis layanan provider yang ada di Indonesia. Karena dengan cara ini kalian akan lebih mudah menyesuaikan provider yang cocok didaerah tempat tinggal.

Selain dapat mempercepat koneksi Internet, penggunaan Modem MiFi sebagai penyedia koneksi juga bisa membuat ponsel kalian tidak cepat panas serta konsumsi daya baterai lebih hemat. Sebab ponsel kalian tidak perlu melakukan pekerjaan tambahan seperti mencari sinyal ataupun menjaga kestabilan koneksi internet.

4. Cobalah Untuk Pindah Ketempat Lain

Seperti yang sempat admin singgung diatas, lokasi juga bisa mempengaruhi kecepatan, kelancaran dan kestabilan layan internet dari masing-masing provider termasuk juga Telkomsel.

Nah, jika kalian mencoba mengakses internet dari tempat yang mungkin tertutup maka cobalah untuk pindah ke tempat yang lebih tebuka. Biasanya tempat yang tertutup itu bisa menghalangi atau membuat sinyal susah untuk masuk dan lebih sering tidak ada sinyal sama sekali.

5. Cobalah Merubah Pengaturan APN

Untuk saat ini mengubah pengaturan APN memang dikatakan mampu mempercepat koneksi Internet, namun masalahnya belum ada bukti yang pasti untuk membuat cara tersebut benar-benar terjamin.

Pada dasarnya APN (Access Point Names) itu hanya mempunyai fungsi sebagai identitas jaringan perangkat yang akan di gunakan oleh penyedia layanan untuk menyambungkan layanan internet yang sesuai. APN juga berfungsi untuk mengatur keamanan, paket  dan fungsi-fungsi lainnya yang berhubungan dengan internet.

Meski belum terlalu pasti, tidak ada salahnya juga kita mencoba untuk mengubah pengaturan APN pada kartu Telkomsel yang digunakan. Siapa tahu cara ini efektif dan bisa membantu kalian bukan?

Cara mengubah pengaturan APN juga tidak terlalu sulit dilakukan dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah awal, kalian masuk kedalam menu “Pengaturan” yang ada didalam ponsel.
  • Selanjutnya kalian juga bisa mencari menu “Kartu SIM“.
  • Berikutnya cari lagi opsi “Jaringan Seluler Kartu SIM“.
  • Setelah itu kalian bisa memilih menu “Nama Titik Akses“.
  • Jangan merubah yang sudah ada, tapi kalian pilih opsi “Buat baru“.
  • Setelah itu kalian bisa memasukan setting APN yang ada di bawah dan pilih “Save“.

Berikut adalah pengaturan APN yang bisa kalian isi:

KolomIsi
Access Point NameTelkomsel
Proxy*kosongkan
Port*kosongkan
Nama Penggunawap
Sandiwap123
Server*kosongkan
MMSC*kosongkan
MMS Proxy*kosongkan
MMS Port*kosongkan
MCC510
MNC10

Jika kalian sudah membuat APN baru maka jangan lupa untuk menyimpan dan mengaktifkannya terlebih dahulu. Setelah itu cobalah untuk melakukan pengecekan dengan ping agar bisa memastikan apakan internet Telkomsel sudah tersambung dengan benar atau belum.

6. Hubungi Costemer Service

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat koneksi internet Telkomsel adalah dengan menghubungi costemer service Telkomsel secara langsung.

Karena selain beberapa masalah yang sudah admin jelaskan diatas, kemungkinan besar terjadinya gangguan pada layanan Telkomsel itu bisa dikarenakan memang sedang ada masalah dari pusatnya langsung.

Dengan menghubungi costemer service biasanya kalian akan mendapatkan saran mengenai masalah yang sedang terjadi. Selain itu, jika memang terjadi masalah dari pusat, biasanya kondisi tersebut tidak akan terjadi lama dan biasanya 10 sampai 20 menit sudah bisa digunakan normal.

Penutup

Dari semua pembahasan yang sudah admin jelaskan diatas, tentu ada banyak hal yang bisa mengakibatkan masalah pada layanan internet Telkomsel. Serta kalian juga wajib memenuhi beberapa hal untuk bisa menikmati akses internet yang cepat dan stabil dari Telkomsel.

Mungkin untuk saat ini hanya sampai disini saja informasi yang dapat admin rangkumkan untuk kelian mengenai cara percepat koneksi internet Telkomsel. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.