Update! 8 Cara Unlock Bootloader Oppo Untuk Semua Tipe Terbaru

Cara Unlock Bootloader Oppo Untuk Semua Tipe Terbaru

Apakabar sobat Kampung Gadget, kali ini admin mempunyai sebuah informasi terbaru lagi buat kalian semuanya. Dimana informasi ini juga cukup penting bagi kalian yang suka melakukan root pda HP Android. Yup, informasi ini adalah cara Unlock Bootloader Oppo terbaru.

Langkah ini juga sangat penting untuk kalian lakukan terlebih dahulu sebelum proses rooting berlangsung. Tapi untuk artikel ini admin khusus membuanya bagi pengguna HP Oppo saja dan untuk pengguna HP Android lainnya tunggu update selanjutnya ya.

Pengertian Unlock Bootloader

Apa itu Unlock Bootloader? Bootloader adalah sebuah kode yang ada didalam semua HP Android termasuk juga didalam ponsel Oppo. Kode ini memiliki fungsi untuk menjaga atau mengunci keamanan sistem yang ada didalam ponsel.

Unlock Bootloader juga wajib untuk dilakukan jika kalian ingin melakukan rooting pada HP Oppo. Karena jika tidak, proses rooting yang kalian lakukan itu bisa mengalami kegagalan atau tidak selesai dengan sempurna.

Selain itu melakukan Unlock Bootloader juga merupakan langkah yang paling utama sebelum menginstal TWRP atau CWM serta rooting pastinya.

Keuntungan Melakukan Unlock Bootloader

Apa saja keuntungan melakukan Unlock Bootloadr? Tentu keuntungan yang akan kalian dapatkan adalah banyak. Karena Unlock Bootloader adalah cara membuka kode keamanan yang ada didalam ponsel.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan setelah melakukan Unlock Bootloader.

  1. Kalian akan mendapatkan izin untuk menginstal recovery seperti TWRP atau CWM.
  2. Kalian juga bisa mengubah atau melakukan costum ROM pada HP Oppo.
  3. Dapat melakukan Rooting dengan lebih mudah.

Selain 3 keuntungan yang sudah disebutkan tadi, tentu masih ada banyak keuntungan lainnya yang bisa kalian dapatka.

Kerugian Setelah Melakukan Unlock Bootloader

Selain keuntungan yang bisa kalian dapatkan setelah melakukan Unlock Bootloader, tentu kalian juga akan mengalami sebuah kerugian. Nah, berikut ini adalah beberapa kerugian yang akan kalian alami setelah melakukan Unlock Bootloader.

  1. Garansi resmi dari Oppo akan hilang atau hangus.
  2. HP Oppo kalian tidak akan lagi menerima pembaharuan OTA.

Jadi sebelum kalian melakukan Unlock Bootloader, maka pikirkanlah terlebih dahulu secara matang. Agar nantinya kalian tidak mengalami penyesalan setelah melakukan cara tersebut.

Syarat Sebelum Melakukan Unlock Bootloader

Jika kalian sudah memikirkannya secara matang dan tetap ingin melakukan Unlock Bootloader pada HP Oppo, maka kalian wajib memenuhi beberapa syarat. Beberapa syarat yang wajib kalian penuhi sebelum melakukan Unlock Bootloader adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan sebuah pc atau laptop yang masih berfungsi dengan baik.
  2. Usahakan baterai HP Oppo kalian tidak kurang dari 50%.
  3. Lakukan backup data penting yang ada didalam HP, jika belum tahu kalian bisa membacanya di artikel sebelumnya tentang cara backup data penting di Android.
  4. Siapkan kabel USB, usahakan yang ori.
  5. Download ADB and Fastboot Tools dan ekstrak filenya di PC.
  6. Download Driver USB Oppo dan instal di PC atau Laptop yang akan digunakan, kalian bisa mengunduhnya di link berikut (https://androidmtk.com/download-oppo-usb-drivers).

Apabila semua syarat diatas sudah kalian siapkan, maka kalian sudah siap untuk melakukan Unlock Bootloader pada HP Oppo.

Cara Unlock Bootloader Oppo Terbaru

Sebenarnya cara Unlock Bootloader HP Oppo itu tidaklah sulit asalkan kalian sudah menyiapkan beberapa syarat yang sudah admin sebutkan diatas. Agar tidak terlalu lama, berikut adalah cara Unlock Bootloader Oppo Terbaru:

1. Langkah pertama kalian aktifkan terlebih dahulu USB Debugging.

2. Selanjutnya kalian buka dulu folder “ADB and Fastboot” yang sudah di ekstrak tadi. Kemudian tekan dan tahan tombil “Shift” pada keyboard sambil “Klik Kanan” pada mouse kemudian pilih opsi “Open Command Window here” atau “PowerShell Window Here“.

3. Dengan begitu “Command Line ADB” akan terbuka dan tampilannya akan mirib seperti CMD.

4. Setelah itu kalian langsung hubungkan HP Oppo ke PC/Laptop menggunakan kabel USB.

5. Berikutnya kalian bisa langsung mengetikan printah “ADB Device” untuk mengetahui apakah ponsel Oppo kalian sudah terhubung dengan baik dengan PC.

6. Langkah berikutnya kalian ketikan printah “adb reboot bootloader” maka hp Oppo kalian akan secara otomatis melakukan restat dan juga akan masuk kedalam fast boot mode.

7. Kambali kalian ketikan printah “fastboot oem unlock“, apabila printah itu gagal maka coba gunakan printah “fastboot oem unlock-go“. Jika berhasil kalian akan menjumpai tampilan “Finished“.

8. Terakhir kalian ketikan lagi printah “fastboot reboot” dan langsung tekan “Enter“. Lalu tunggu sampai ponsel Oppo kalian menyala.

Selamat, cara Unlock Bootloader Oppo telah berhasi kalian lakukan.

Penutup

Bagaimana, sangat mudah dan gampang bukan cara Unlock Bootloader Oppo? Jika kalian masih mengalami kesulitan atau ada beberapa hal yang tidak kalian mengerti maka jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar.

Baik, untuk saat ini sampai disini dulu pembahasan yang bisa admin hadirkan mengenai cara Unlock Bootloader Oppo Terbaru. Selamat mencoba dan jangan lupa nantikan artikel keren seputar gadget lainnya hanya di Kampunggadget.com

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.