Mengunci Aplikasi di iPhone

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone – Mungkin sudah banyak dari kalian yang tahu kalau iPhone adalah salah satu produk terbaik dari Apple. Jika kita lihat lebih jauh, iPhone sendiri sangat berbeda dengan Smartphone lainnya dan juga memiliki fans tersendiri sehingga jarang bersaing seperti ponsel Android. Yang menariknya lagi, saat harga smartphone ini semakin mahal, justru masih ada banyak orang yang membelinya.

Hal tersebut mungkin karena iPhone memiliki teknologi tersendiri dan tidak ada smartphone lain yang memilikinya, seperti halnya di Android. Untuk urusan keamanan, bisa di bilang iPhone mempunyai tingkat keamanan yang baik karena sifatnya yang tertutup.

Bagi sebagian pengguna iPhone lama, biasanya mereka sering mengunci privasi yang dimiliki dengan menggunakan sensor fingerprint atau Touch ID. Karena kedua fitur tersebut memiliki proses keamanan yang cepat dan juga mudah untuk di operasikan.

Meski begitu, bagi pengguna baru tentu masih banyak sekali yang belum tahu bagaimana cara mengunci aplikasi di iPhone. Maka dari itu juga, dalam pembahasan hari ini saya akan membagikan kalian sebuah informasi mengenai cara mengunci privasi di iPhone agar terjaga dengan aman.

Selain itu, cara ini juga bisa kalian lakukan di semua iOS. Mulai dari iOS 9, iOS 10, iOS 11, iOS 12, iOS 13 dan juga di iOS 14 terbaru saat ini. Bagusnya lagi, kalian juga bisa melakukannya tanpa harus jailbreak.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Tanpa Aplikasi

Menguci privasi di iPhone itu tidak semata-mata kita harus menginstal sebuah aplikasi tambahan untuk melakukannya. Karena sekarang ini, kalian sudah bisa mengunci semua privasi di iPhone tanpa harus menggunakan aplikasi lain.

Seperti yang pernah saya jelaskan di atas, iPhone itu mempunyai keamanan yang sangat baik karena memiliki sifat yang tertutup. Sehingga, semua data privasi yang di simpan penggunanya itu bisa terjaga dengan aman tanpa harus menginstal aplikasi tambahan.

Namun sebelum itu, kalian juga masih perlu untuk mengaktifkan fitur keamanan yang ada di iPhone. Untuk caranya kalian bisa menyimaknya di bawah ini.

1. Dengan Fitur Restrictions

Sebenarnya cara mengunci aplikasi di iPhone itu tidaklah sulit, karena kalian bisa menggunakan fitur Restrictions. Di mana fitur tersebut akan menjaga seluruh data privasi yang kalian simpan di dalam aplikasi, seperti WhatsApp, Instagram, galeri dan lainnya.

Cara kunci aplikasi di Iphone itu begini:

  1. Buka menu Settings di iPhone.
  2. Lalu kalian cari menu General.
  3. Berikutnya pilih menu Restrictions.
  4. Pada halaman ini, untuk mengaktifkan fitur keamanan itu kalian tinggal tap On pada Restrictions.
  5. Selanjutnya kalian bisa memasukan Passcode yang digunakan.
  6. Setelah itu, kalian tinggal memilih aplikasi mana saja yang ingin di kunci privasinya.

Selesai, kini aplikasi tersebut sudah berhasil terkunci. Pada saat ingin membuka aplikasi tersebut, maka akan memerlukan passcode yang sudah kalian buat.

2. Melalui Touch ID

Jika tidak ingin memakai fitur Restrictions, kalian juga masih bisa menggunakan fitur Touch ID yang ada pada iPhone. Fungsinya memang sedikit sama, tapi yang membedakannya itu, dimana Touch ID ini juga bisa mengunci software di iPhone kita.

Untuk mengaktifkannya juga mudah, begini cara mengunci aplikasi di Iphone iOS 14:

  1. Pertama buka dulu menu Settings pada iPhone.
  2. Pada halaman ini kalian cari menu Touch ID & Password.
  3. Berikutnya kalian perlu memasukan Password (jika ada).
  4. Lalu kalian bisa mengaktifkan fitur Touch ID.
  5. Kalian bisa mengikuti intruksi yang muncul selanjutnya.
  6. Jika sudah semuanya, kita kembali lagi ke menu Settings.
  7. Selanjutnya kalian cari menu Passcode & Touch ID dan langsug aktifkan.

Di sini kalian bisa mengunci berbagai aplikasi yang terinstal, seperti WA, galeri atau instagram dengan sidik jari di iPhone. Dengan begitu, tidak akan ada orang lain yang bisa melihat privasi pada aplikasi tanpa ijin dan sepengetahuan kalian.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Dengan Aplikasi

Untuk cara ini sebenarnya hampir sama prosesnya ketika ingin mengunci aplikasi di Android, karena kita harus memasang aplikasi lainnya. Di iPhone sebenarnya tidak terlalu banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengunci privasi seperti pada Android.

Bukan berarti tidak ada, ya. Berikut ini ada beberapa aplikasi untuk mengunci aplikasi di iPhone agar privasi kita tetap terjaga.

1. Menggunakan Aplikasi DisableLaunch Pro

Bagi kalian yang belum tahu, aplikasi DisableLaunch Pro ini sebenarnya merupakan sebuah aplikasi keamanan untuk semua perangkat iPhone. Seperti keterangan yang ada pada aplikasi ini, di mana DisableLaunch Pro akan menjamin keamanan semua data privasi penggunanya dengan lebih baik.

Developer dari aplikasi DsableLaunch Pro ini adalah Cydia. Jadi, jika kita ingin mengistal aplikasi tersebut, maka bisa langsung membuka halaman di Cydia.

Untuk mengunci aplikasi di iPhone dengan aplikasi adalah seperti ini:

  • Pertama kalian pastikan dulu sudah menginstal aplikasi DisableLaunch Pro.
  • Lalu kalian pergi ke menu Settings pada iPhone.
  • Berikutnya cari dan langsung pilih aplikasi DisableLaunch Pro.
  • Setelah itu tinggal pilih opsi Activation Method.
  • Apabila fitur sudah berhasil kalian aktifkan, maka akan muncul tulisan Icon are Disable.

Dengan begini, maka secara otomatis semua aplikasi yang kita miliki di iPhone akan terkunci dengan aman. Sehingga privasi kita akan lebih terjaga, karena tidak akan ada orang lain yang bisa membukanya kecuali kalian sendiri.

2. Mengunci Aplikasi di iPhone Memakai iProtect

Mengunci Aplikasi di iPhone Memakai iProtect

Aplikasi berikutnya yang bisa kalian gunakan saat ingin mengunci aplikasi di iPhone adalah iProtect. Di mana iProtect ini bisa kalian unduh secara gratis juga pada Cydia. Fungsi dari aplikasi ini juga masih sama sepeti halnya dengan aplikasi DisableLaunch Pro pertama tadi.

Begini cara penggunaanya:

  1. Pertama kalian wajib install aplikasi iProtect terlebih dahulu.
  2. Jika sudah buka aplikasi tersebut.
  3. Di halaman utama, kalian bisa menentukan kunci yang ingin digunakan. Selain itu, kita juga bisa memasukan passcode berupa Password atau Fingerprint.
  4. Jika password sudah selesai di buat, maka berikutnya kalian tinggal memilih aplikasi yang ingin di kunci.
  5. Apabila sudah selesai, tap menu Save.
  6. Secara otomatis, aplikasi yang kalian pilih tadi akan terkunci dengan password.

Untuk masalah keamanan, aplikasi ini sangat baik dan pastinya juga gratis.

3. Dengan Aplikasi Applocker

Pilihan aplikasi terakhir yang bisa kalian gunakan jika ingin mengunci privasi di iPhone adalah Applocker. Fungsi dan kegunaan dari Applocker tidak jauh berbeda dengan dua aplikasi di atas tadi. Namun, aplikasi ini menyimpan sedikit kelebihan tersendiri.

Di mana aplikasi Applocker mampu untuk mengunci foto, folder serta layout yang ada di Homescreen. Jika kalian berminat, begini cara menggunakannya:

  1. Pastikan kalian sudah menginstal aplikasi Applocker di iPhone.
  2. Kemudian kalian buka menu Settings yang ada pada aplikasi Applocker.
  3. Berikutnya tekan tombol On.
  4. Setelah itu tinggal atur Password yang ingin di gunakan.
  5. Terakhir kita bisa memilih aplikasi, foto atau data lainnya yang ingin di kunci.

Selesai, kini seluruh data privasi yang kalian simpan di iPhone akan terkunci dengan aman tanpa takut bisa di buka oleh orang lain.

Cara Mengunci Galeri Foto dan Video di iPhone

Cara Mengunci Galeri Foto dan Video di iPhone

Meski fitur keamanan bawan iPhone di kenal bisa mengunci semua file termasuk foto dan video yang kita simpan, sebenarnya itu tidak selamanya berfungsi dengan baik. Karena dalam beberapa kasus, data privasi yang kita simpan masih bisa di ketahui oleh orang lain.

Nah, jika kalian memang benar-benar ingin menyembunyikan file berupa foto atau video di iPhone maupun iPad, maka ada cara sederhana yang dapat di lakukan. Di mana caranya itu dengan memanfaatkan sebuah aplikasi Catatan pada iPhone.

Jika kalian berminat, begini cara mengunci galeri foto dan video di iPhone:

  1. Pertama kalian wajib mengatur Password untuk aplikasi Catatan, caranya dengan pergi ke Pengaturan lalu cari menu Catatan.
  2. Lalu cari lagi menu Kata Sandi dan isikan password yang ingin di gunakan.
  3. Setelah sudah selesai membuat password, langsung saja buka aplikasi Catatan dan buat Catatan Baru.
  4. Berikutnya kalian bisa tap Icon Kamera.
  5. Dan pilih Foto atau Video yang ingin di sembunyikan.
  6. Jika sudah selesai memilihnya, kalian bisa langsung menekan menu Selesai dan kembali ke menu utama Aplikasi Catatan.
  7. Sekarang kita tinggal tap dan tahan pada Catatan yang sudah di buat, kemudian simpan lalu pilih menu Kunci Catatan.

Selesai dan kini catatan yang berisikan foto serta video yang kalian buat sudah terkunci menggunakan password yang di buat. Agar lebih terjaga privasinya, kalian hanya perlu menghapus foto atau video yang sudah di simpan pada Catatan tersebut dari galeri foto iPhone.

Sedangkan jika kalian ingin menyimpannya kembali ke galeri dari aplikasi catatan itu, caranya begini:

  1. Buka dulu aplikasi Catatan pada iPhone.
  2. Pergi ke sebuah catatan tempat kalian menyimpan foto dan video.
  3. Tap dan tahan pada catatan tersebut, kemudian pilih menu Bagikan.
  4. Terakhir tinggal tap menu Simpan Gambar.

Dengan begitu, foto atau video tadi akan kembali ke aplikasi galeri yang ada pada iPhone kalian.

Cara Mengunci Aplikasi Line di iPhone

Cara Mengunci Aplikasi Line di iPhone

Saat ini sebenarnya sudah ada beberapa aplikasi yang menyediakan pengaturan ke amanannya masing-masing dan salah satu aplikasi tersebut adalah Line.

Nah, apabila kalian ingin mengunci aplikasi Line pada iPhone agar chat kita tidak di baca oleh orang lain, maka kalian bisa menggunakan cara ini.

Begini cara mengunci aplikasi LINE di iPhone:

  • Buka aplikasi LINE pada Iphone atau iPad kalian.
  • Lalu kalian buka menu Pengaturan.
  • Berikutnya tap menu Privasi.
  • Setelah itu kita bisa mengaktifkan Kunci Kode Sandi.
  • Selain itu kalian juga bisa menggunakan Touch ID untuk mengunci aplikasi LINE.

Jika sudah selesai, kini aplikasi LINE yang kalian gunakan sudah terkunci. Apabila kalian lupa dengan password yang di buat, maka bisa mengatasinya dengan menghapus aplikasi LINE yang ada pada iPhone.

Cara Mengunci Outlook di iPhone

Bagi kalian yang mungkin lebih sering memakai email untuk bekerja, maka kalian juga bisa mengunci aplikasi Outlook pada iPhone. Ini berfungsi untuk menjaga agar email yang kalian miliki tetap terjaga keamananya dari orang lain.

Cara mengunci Email di Iphone itu seperti ini:

  1. Pertama kalian buka dulu aplikasi Outlook pada iPhone.
  2. Lalu kalian bisa membuka menu Pengaturan.
  3. Selanjutnya kalian aktifkan Kata Sandi untuk menguncinya.
  4. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan fitur Touch ID. Hal ini agar kalian bisa memakai fingerprint untuk membuka aplikasi tersebut.

Jadi, sekarang saat kalian ingin membuka aplikasi Outlook, maka secara otomatis kita akan di minta untuk memasukan paassword atau fingerprint.

Bagaimana Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp di iPhone?

Sebenarnya mengunci aplikasi WhatsApp di iPhone itu hampir sama seperti kita mengunci aplikasi wa di Android. Dimana kalian bisa mengucinya dengan menggunakan fitur yang ada di dalam aplikasi WhatsApp itu sendiri. Fitur ini bernama Two Step Verification.

Cara mengunci WA di iPhone itu seperti ini:

  1. Buka dulu aplikasi WhatsApp pada iPhone.
  2. Berikutnya kalian masuk ke menu Settings yang ada di pojok kiri atas.
  3. Lalu kita pilih menu Account.
  4. Setelah itu, tap menu Two-Step Verification.
  5. Kemudian tap kembali menu Enable untuk mengaktifkannya.
  6. Selanjutnya kalian akan di minta memasukan PIN yang akan di pakai untuk mengunci aplikasi WhatsApp.
  7. Masukan saja PIN yang ingin kalian buat dan tap menu Next.
  8. Kalian akan di suruh kembali untuk memasukan PIN yang sudah di buat tadi sebagai konfirmasi.
  9. Terakhir, kalian juga akan di minta untuk memasukan Email.

Jika sudah, kini WA pada iPhone kalian akan terkunci menggunakan PIN yang sudah di buat tadi.

Cara Mengunci Instagram di iPhone

Untuk mengunci aplikasi Instagram di iPhone itu sebenarnya hampir sama seperti ketika kita mengunci aplikasi lainnya.

Namun jika kalian belum tahu cara mengunci Instagram di iPhone, begini caranya:

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings pada iPhone.
  2. Berikutnya kalian pilih menu General atau Umum.
  3. Setelah itu tap opsi Restrictions / Pembatasan.
  4. Lalu kalian bisa mengaktifkannya dan masukan passcode yang dimiliki.
  5. Jika sudah, langsung saja pilih aplikasi Instagram.
  6. Maka otomatis aplikasi Instagram akan terkunci dengan passcode yang di buat tadi.

Sekarang, jika ada seseorang yang meminjam iPhone kalian, maka mereka tidak akan bisa membuka aplikasi Instagram. Jadi, privasi kalian di Instagram tidak akan pernah di ketahui oleh orang lain.

Penutup

Dengan mengunci seluruh aplikasi di iPhone, maka tentunya privasi kita akan tetap terjaga meski saat smartphone di pinjam oleh orang lain. Untuk kalian yang saat ini sudah menjadi orang tua, mengunci beberapa aplikasi pada iPhone sangatlah penting di lakukan.

Hal ini berguna untuk menjaga agar anak kita tidak membuka aplikasi-aplikasi yang mungkin penting atau yang belum cocok dengan umurnya. Untuk menguncinya, kalian bisa memilih salah satu dari beberapa cara yang sudah di sebutkan tadi, yang pasti semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Mungkin cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara mengunci aplikasi di iPhone agar privasi kalian tetap terjaga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.