Inilah 4 Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Paling Terbaru ( Untuk Semua Tpe )

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Terbaru

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi – Saat ini memang sudah tersedia berbagai macam aplikasi yang bisa kita unduh secara gratis di Google Play Store serta beberapa dari aplikasi tersebut juga sangat membantu kita dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari.

Namun perlu kalian ketahui kalau tidak semua aplikasi yang ada di Play Store itu aman untuk kita gunakan lho, karena saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang sengaja dibuat untuk kejahatan. Kejahatan yang dimaksud itu adalah mengambil atau mencuri data penting yang dimiliki oleh penggunanya.

Selain kita harus selalu berhati-hati dalam menginstal sebuah aplikasi, kalian juga wajib untuk mengunci beberapa data penting yang ada didalam smartphone. Sebab kita tidak akan pernah tahu, kapan dan dimana kejahatan itu datang menghampiri kita.

Nah, untuk melindungi aset penting yang kalian simpan didalam smartphone, kalian tidak hanya dapat menyembunyikan aplikasi tersebut tapi juga bisa menguncinya dengan password. Dengan begitu privasi kalian akan lebih terjaga serta tidak akan ada sebarangan orang yang bisa membuka atau melihat data penting tersebut.

Manfaat Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Manfaat Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Mungkin dari kalian ada yang bertanya-tanya tentang apa manfaat mengunci aplikasi di Xiaomi? Tentu manfaat yang akan kalian rasakan sangat banyak, karena hampir semua pengguna ponsel Xiaomi itu mempunyai privasinya masing-masing yang harus mereka lindungi.

Dalam melindungi privasi tersebut memang ada banyak cara dan salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah menuncinya. Dengan cara mengunci aplikasi penting yang kita miliki maka tidak akan ada seorangpun yang bisa membukanya kecuali kalian sendiri bukan?

Nah, berbicara masalah manfaat, kalian akan mendapatkan manfaat seperti yang disebutkan dibawah ini.

1. Manfaat Pertama

Kalian dapat melindungi seluruh privasi yang ada didalam ponsel. Hal ini karena sampai saat ini sudah ada banyak sekali kejadian bocornya informasi probadi seseorang yang tidak mengamankan datanya dengan aman. Jika sudah begini, yang akan mengalami kerugian tentu kalian sendiri bukan?

2. Manfaat Kedua

Selain bermanfaat untuk melindungi data penting yang kita miliki, mengunci aplikasi juga berguna untuk memberikan perlindungan bagi anak kita dari konten yang tidak sesuai untuk mereka.

3. Manfaat Ketiga

Selain kedua manfaat tadi, kalian juga bisa membuat performa serta usia pakai ponsel menjadi lebih terjaga. Sebab tidak semua orang yang meminjam ponsel kalian dapat memakai aplikasi yang sudah kalian amankan. Selain itu baterai hp jadi lebih awet dan terhindar dari kerusakan.

4. Manfaat Keempat

Manfaat terakhir yang akan kalian rasakan dari mengunci aplikasi pada hp Xiaomi adalah menghemat pemakaian kuota data internet. Sebab tidak sembarangan orang yang akan bisa menggunakan seluruh aplikasi yang ada didalam ponsel.

Bagaimana, cukup banyak bukan manfaat yang akan kita dapatkan saat mengunci aplikasi di Xiaomi? Nah, setelah kita sudah tahu mengenai manfaat mengunci aplikasi di HP Xiaomi, maka selanjutnya admin akan membagikan sebuah cara mengunci aplikasi di Xiaomi.

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Pertama admin akan membagikan kalian sebuah cara mengunci aplikasi di Xiaomi tanpa aplikasi tambahan, atau kalian tidak perlu menginstal aplikasi lainnya lagi. Namun perlu kalian ketahui kalau tidak semua hp Xiaomi bisa menggunakan cara ini, sebab pada ponsel keluaran lama, fitur yang akan kita gunakan ini tidak tersedia didalam sistemnya.

Untuk cara ini admin juga membaginya menjadi dua bagian, karena didalam HP Xiaomi itu mempunyai dua fitur keamanan yang cukup baik. Penasaran? Yuk, kita simak 2 cara mengunci aplikasi di Xiaomi tanpa aplikasi pihak ketiga.

1. Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Dengan Fitur Keamanan

Pertama kita dapat memanfaatkan fitur keamanan yang ada didalam ponsel Xiaomi terbaru untuk mengunci aplikasi penting yang kita miliki. Fitur ini juga memiliki sistem keamanan yang cukup terjamin, jadi kalian tidak usah khawatir dengan kebocoran data penting yang ada didalam HP Xiaomi kalian.

Cara mengunci aplikasi di Xiomi dengan fitur keamanan itu tidaklah sulit dan cenderung mudah untuk kalian lakukan dirumah karena berikut tutorial lengkapnya:

  • Pertama kalian bisa membuka menu “Pengaturan” yang ada didalam HP Xiaomi.
  • Didalam menu pengaturan kalian cari lagi menu “Kunci Aplikasi“.
  • Setelah itu kalian dapat memilih aplikasi yang memang ingin kalian kunci.
  • Saat memilih aplikasi, kalian juga akan disuruh untuk memasukan pola kunci.
  • Jika pola kunci sudah kalian masukan, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa di buka oleh orang lain.

2. Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Dengan Face Unlock

Selain kita bisa mengunci beberapa aplikasi penting yang ada didalan ponsel Xiaomi menggunakan pola, kalian juga dapat mengunci aplikasi tersebut dengan fitur keamanan face unlock.

Menggunakan fitur keamanan face unlock tentu akan lebih terjamin keamanannya, karena hanya wajah kalian saja yang dapat membuka aplikasi yang terkunci. Jadi jika ada orang lain yang mungkin meminjam ponsel kalian, maka sangat jelas iya tidak akan bisa membuka aplikasi yang sudah kalian kunci.

Namun sebelum menggunakan fitur ini, pastikan dulu kalau kalian sudah melakukan verifikasi data wajah didalam ponsel. Karena jika belum, kalian bisa memasukan data wajah kalian terlebih dahulu. Jika sudah, kalian bisa langsung mengikuti caranya dibawah ini.

  • Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah membuka menu “Pengaturan“.
  • Setelah itu kalian cari menu “Aplikasi“.
  • Selanjutnya pilih lagi menu “Kunci Aplikasi“.
  • Jika sudah, pilih icon “Roda bergerigi” yang ada di sudut kanan atas.
  • Lalu aktifkan mode kunci menggunakan face unlock.

Maka secara otomatis setiap membuka aplikasi yang sudah kalian pilih tadi harus menggunakan data dari wajah kalian.

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Dengan Aplikasi Tambahan

Selain memakai sistem keamanan yang ada didalam HP Xiaomi secara langsung, kalian juga masih bisa mengunci beberapa aplikasi penting yang dimiliki menggunakan aplikasi tambahan yang dapat diinstal didalam Google Play Store.

Nah, cara berikut ini juga sangat cocok untuk kalian yang mempunyai HP Xiaomi keluaran lama dan belum dibekali dengan fitur yang disebutkan diatas tadi. Lalu bagaimana cara mengunci aplikasi di Xiaomi dengan bantuan aplikasi tambahan? Yuk, kita lihat dibawah ini.

1. Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Dengan AppLock

Cara mengunci aplikasi di Xiaomi yang pertama bisa kalian lakukan dengan memakai AppLock. Keistimewaan menggunakan aplikasi ini, kalian bisa memanipulasi beberapa aplikasi yang akan memunculkan pesan error palsu, mengganti icon aplikasi dan masih banyak lagi.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kalian bisa menyimak caranya dibawah ini.

  • Pertama kalian wajib mengunduh aplikasi “AppLock” di Google Play Store.
  • Setelah proses instalasi selesai, maka jalankan aplikasi “AppLock“.
  • Pada tampilan awal kalian langsung pilih menu “Start“.
  • Kemudian kalian akan ditampilkan beberapa aplikasi yang ada pada ponsel Xiaomi dan pilih yang ingin kalian amankan.
  • Jika sudah menemukannya, maka tekan menu “Lock” dan buat juga kode untuk memproteksi aplikasi tersebut.
  • Setelah proses membuat kode tadi sudah selesai, maka langkah berikutnya kalian juga wajib mengisi data pertanyaan keamanan.
  • Apabila sudah selesai, maka pilih menu “Enable“, lalu terakhir pilih “Izinkan“.

Tidak hanya sampai disitu saja, AppLock juga dibekali dengan berbagai fitur keamanan lainnya dan salah satu yang paling populer adalah fitur “Disguise Lock“. Fitur tersebut akan menampilkan sebuah pesan error palsu pada aplikasi yang sudah dipilih tadi.

2. Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Dengan 360 Security

Cara mengunci aplikasi di Xiaomi dengan aplikasi tambahan terakhir bisa kalian lakukan dengan memakai 360 Security. Fungsi dari aplikasi ini tentu tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, dimana 360 security ini mampu memberikan keamanan pada aplikasi yang ada pada ponsel Xiaomi kalian.

Untuk menggunakan aplikasi 360 Security, kalian bisa menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama-tama tentu kalian harus menginstal aplikasi “360 Security” di Google Play Store.
  • Buka dan jalankan aplikasi “360 Security“.
  • Dihalaman utama kalian cari menu “AppLock” biasanya ada paling bawah.
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin kalian kunci dan tekan “Lock“.
  • Selanjutnya kalian akan disuruh untuk membuat pola atau pin untuk memproteksi aplikasi tersebut.
  • Berikutnya pilih “Izinkan” saat muncul notifikasi permission.
  • Pergi kehalaman utama aplikasi “360 Security” tadi dan cari menu “Permit Drawing Over Other Apps” lalu ubah ke mode “On“.

Selesai dan aplikasi yang sudah kalian pilih tadi akan mendapatkan keamanan dari 360 Security. Jadi kalian tidak perlu takut lagi saat ada teman, saudara atau orang terdekat meminjam ponsel kalian, karena mereka tidak akan bisa membuka aplikasi yang sudah terkunci.

Kesimpulan

Bagaimana, kalian ingin menggunakan cara yang mana? Apakah melalui sistem keamanan yang ada didalam ponsel Xiaomi langsung atau menggunakan aplikasi tambahan yang ada di Google Play Store?

Nah, tentu ini tergantung dari kebutuhan dan keperluan kalian masing-masing. Tapi pada dasarnya, semua cara mengunci aplikasi di Xiaomi yang admin bagikan diatas itu mempunyai peranan yang sama, yakni mengamankan privasi yang ada didalam ponsel Xiaomi kalian.

Baik, mungkin itu saja rekomendasi yang bisa admin bagikan mengenai cara mengunci aplikasi di Xiaomi tanpa aplikasi tambahan atau dengan aplikasi tambahan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian semua yang sedang mencari cara untuk melindungi privasinya didalam smartphone.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.