Cara Update iOS 14 Terbaru

Cara Update iOS 14 Terbaru Dengan Data Seluler

Cara Update iOS 14 Dengan Data Seluler – Beberapa bulan yang lalu, ternyata pengguna perangkat Apple kembali mendapatkan update. Di mana kali ini pihak Apple kembali memperbaharui sistem iOS di hampir semua perangkat yang mereka rilis.

Tepatnya sistem operasi yang di kembangkan Apple kini sudah mencapai di versi 14 dan juga sudah di rilis resmi pada 16 September 2020 waktu Amerika Serikat. Untuk di Indonesia, waktu rilisnya sehari lebih lama, yakni di 17 September 2020 lalu.

Ini juga sudah di umumkan secara resmi oleh pihak Apple pada Event yang di Steve Jobs Theater, kantor pusat Applee di California. iOS 14 dan iPadOS 14 ini merupakan pembaharuan perangkat lunak yang di sediakan untuk iPhone, iPad, Apple Watch dan juga Apple Tv terbaru.

Admin kutip dari The Verge, iOS 14 ini hadir dengan berbagai fitur keren seperti fitur widget ke layar beranda iPhone untuk yang pertama kalinya. Selain itu, kini pengguna juga bisa mengumpulkan semua aplikasi ke dalam pustaka aplikasi baru dan menambahkan mode gambar dalam gambar (ini tersedia untuk iPad saja).

Sedangkan, fitur Scribble baru pada iOS 14 memungkinkan kalian untuk menulis dengan tangan di bidang teks apa pun di iPadOS. Kata-kata yang sudah kalian ketikan akan secara otomatis di rubah ke dalam bentuk teks. Fitur Siri juga kembali di tingkatkan pada iOS 14, di desain ulang dengan keamanan serta privasi yang lebih baik lagi.

Selain beberapa fitur yang sudah admin sebutkan, tentu masih ada banyak sekali fitur terbaru dan perbaikan fitur sebelumnya. Oleh karena itu, jika kalian pengguna produk dari Apple dan ingin segera merasakan fitur terbaik yang di bawa oleh iOS 14, maka segera lakukan pembaharuan.

Informasi ini juga admin kutip dari situs resmi Apple dan jika kalian ingin mengetahui tentang update terbarunya, maka bisa mambacanya disini.

Cara Update iOS 14 Dengan Data Seluler

Sebenarnya untuk melakukan update iOS 14 bukanlah hal yang sulit untuk di lakukan. Karena pengguna bisa langsung melakukan Update iOS 14 melalui menu Pengaturan -> Umum – > Pembaharuan Perangkat Lunak pada perangkat Apple yang akan di update.

Hanya saja, metode tersebut berlaku bagi pengguna perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan Wifi saja. Untuk pengguna yang tidak bisa terhubung dengan Wifi, tentu perlu sedikit usaha untuk bisa melakukan update iOS 14.

Namun kalian tidak usah khawatir, karena berikut ini Kampung Gadget sudah menyiapkan sebuah trik untuk update iOS 14 tanpa WiFi. Tapi, ada beberapa alat yang wajib kalian siapkan, seperti:

  1. Kabel USB original dari Apple.
  2. PC atau Laptop.
  3. Aplikasi iTunes yang sudah di Instal pada PC/Laptop.
  4. Koneksi Internet.

Setelah semua syarat sudah terpenuhi, maka berikut cara update iOS 14 dengan data Seluler:

  1. Sambungkan terlebih dahulu perangkat Apple kalian ke komputer atau laptop.
  2. Buka aplikasi iTunes yang sudah di instal pada PC/Laptop tadi.
  3. Lalu kalian dapat masuk ke bagian Ringkasan.
  4. Berikutnya kalian tekan menu Periksa Pembaharuan.
  5. Apabila terdapat update, langsung saja klik menu Unduh dan tap opsi Perbaharui.
  6. Terakhir, jika di minta untuk memasukan kata sandi, masukan saja kata sandi yang sesuai.

Sekarang kalian hanya perlu menunggu prosesnya sampai selesai saja dan biasanya membutuhkan waktu yang agak sedikit lama sampai benar-benar kembali berfungsi seperti semula.

Cara Update iOS 14 Secara Nirkabel

Kalian juga dapat melakukan pembaharuan pada iPhone, iPad dan Ipod Touch ke versi iOS 14 terbaru secara nirkabel. Jika kalian sama sekali tidak menemukan pembaharuan pada perangkat Apple, maka bisa mencoba menemukannya dengan cara tadi atau melalui komputer.

Penting juga untuk kalian ketahui, sebelum melakukan update iOS 14, ada baiknya melakukan pencadangan data pada perangkat. Kalian dapat memakai iCloud atau bisa juga dengan bantuan komputer atau PC sebagai tempat menyimpan data sementara.

Jika sudah, cara update iOS 14 adalah seperti ini:

  • Pastikan perangkat kalian sudah tersambung dengan layanan internet Wi-Fi.
  • Kemudian kalian buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Lalu cari lagi menu Umum.
  • Berikutnya tinggal pilih Pembaharuan Perangkat Lunak.
  • Ketuk Unduh dan Instal pembaharuan.
  • Jika diminta memasukan kata sandi, kalian dapat memasukannya sesuai yang kalian buat sebelumnya.

Selesai, kini kalian hanya tinggal menunggu sampai proses update benar-benar selesai.

Cara Mengaktifkan Pembaharuan Otomatis

Selain melakukan update secara manual seperti yang di sebutkan tadi, sebenarnya kalian juga bisa melakukan pembaharuan secara otomatis. Dengan mengaktifkan fitur ini, perangkat Apple kalian akan melakukan pembaharuan dengan sendirinya di malam hari ketika sedang mengisi daya.

Untuk mengaktifkannya, begini:

  • Buka dulu menu Pengaturan.
  • Kemudian dari menu Umum.
  • Lalu pilih Pembaharuan Perangkat Lunak.
  • Terakhir tap opsi Customize Automatic Update (Sesuaikan pembaharuan Otomatis).

Dengan begitu, perangkat kalian akan diperbaharui secara otomatis ke versi iOS atau iPadOS terbaru. Tapi, biasanya beberapa pembaharuan mungkin memerlukan proses update secara manual. Sedangkan jika ingin mematikan update otomatis, kalian hanya perlu mengikuti langkap-langkah tadi dan matikan unduh pembaharuan iOS otomatis.

Penyebab Gagal Update iOS 14

Setiap masalah pasti mempunyai penyebabnya, begitu juga ketika kita melakukan update iOS di perangkat Apple. Di mana secara umum, penyebab gagalnya proses update dari iOS 13 ke 14 itu dapat terjadi karena ruang penyimpanan sudah penuh.

Hal ini tentu karena setiap pembaharuan, pasti akan mendapatkan sebuah peningkatan dari versi sebelumnya. Hasilnya tentu kapasitas penyimpanan yang di perlukan juga akan ikut bertambah, biasanya bisa lebih besar sekitar 30% dari sebelumnya.

Jika sudah begini, tentu kalian harus rela menghapus beberapa konten atau aplikasi yang ada di dalam smartphone. Sebaiknya kalian menghapusnya secara manual saja, agar bisa memilih mana konten dan aplikasi yang memang sudah tidak di perlukan.

Apabila tidak ingin semua konten dan aplikasi di hapus, mungkin kalian bisa mencoba melakukan pembaharuan melalui perangkan komputer atau PC. Untuk langkah-langkahnya juga sudah admin jelaskan di awal tadi dan kalian bisa mengikutinya.

Penting:

Pembaharuan perangkat lunak tertentu biasanya tidak tersedia secara nirkabel. Umumnya sambungan VPN dan Proxy bisa kemungkinan dapat mengakibatkan perangkat tidak bisa terhubung dengan server pembaharuan.

Penutup

Mungkin itu saja pembahasan yang dapat admin jelaskan kali ini mengenai cara update iOS 14 dengan data seluler. Jika ada pertanyaan seputar pembahasan di atas, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini. Admin akan dengan senang hati membantu kalian dalam mengatasi permasalahan yang sedang di hadapi.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.