Beginilah 6 Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari Terbaru Saat Ini

Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari Terbaru

Cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari (fingerprint) tidaklah sesulit seperti yang kalian bayangkan dan kalian juga tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi tambahan untuk mengaktifkan fitur tersebut. Fitur pengunci dengan sidik jari juga sudah bisa digunakan pada semua smartphone yang sudah mendukung fingerprint.

Jika saat ini kalian mempunyai smartphone yang belum terdapat fitur fingerprint, tentu akan mustahil untuk bisa mengaktifkannya pada aplikasi WhatsApp yang dimiliki. Jadi, usahakan Ponsel kalian sudah mendukung fitur tersebut agar bisa mngaktifkannya dengan mudah.

Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari

Masing-masing orang pasti mempunyai privasi didalam aplikasi WhatsApp yang mereka gunakan, oleh sebab itu melindungi data tersebut dengan cara memproteksinya dengan sidik jari adalah cara yang baik untuk mencegah orang lain melihat data pribadi yang kita miliki.

Dipembahasan sebelumnya admin juga sudah pernah memberikan bagaimana cara mengunci seluruh aplikasi penting didalam smartphone dan cara itu sebenarnya juga sudah cukup untuk kalian lakukan dalam melindingi data pribadi yang ada didalam aplikasi seperti WhatsApp.

Tapi jika kalian hanya ingin mengunci aplikasi WhatsApp dengan menggunakan sidik jari, maka kamu bisa mengikuti cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari di bawah ini.

  1. Pertama pastikan dulu kalian sudah mengaktifkan sidik jari pada pengaturan smartphone, namun jika belum kalian bisa mengaktifkannya terlebih dahulu. Untuk cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut:
  • Masuk kedalam menu “Pengaturan
  • Setelah itu cari menu “Sidik Jari, Wajah & Kata Sandi
  • Selanjutnya pilih menu “Sidik Jari
  • Terakhir ikuti langkah-langkahnya sampai selesai
  1. Selanjutnya kalian bukan aplikasi WhatsApp yang ada pada ponsel kalian dan cari icon “Titik tiga“, biasanya ada dipojok kanan atas.
  2. Berikutnya kalian pilih menu “Setelan” lalu “Akun” dan terakhir “Privasi“.
  3. Setelah itu, pada bagian bawah kalian pilih menu “Kunci Sidik Jari“.
  4. Terakhir kalian hanya perlu mengaktifkannya dengan menggeser ke mode “On” dan kalian juga bisa memilih batas waktu untuk mengaktifkan proteksi sidik jari pada aplikasi WhatsApp.

Jika langkah-langkah diatas sudah benar, maka saat ini aplikasi WhatsApp kalian sudah terproteksi oleh sidik jari. Jadi saat orang lain atau teman kalian meminjam ponsel kalian, maka mereka tidak akan bisa membuka aplikasi WhatsApp dan data pribadi kamu akan tetap terjaga.

Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Sidik Jari

Seperti yang kita lihat diatas, cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari tidaklah sulit untuk dilakukan asalkan langkah-langkahnya sudah sesuai dengan apa yang disebutkan tadi.

Meski terlihat mudah, tapi tidak sedikit juga dari orang yang tidak bisa mengaktifkan sidik jari pada aplikasi WhatsApp mereka. Biasanya masalah tersebut terjadi karena beberapa hal, mulai dari masalah pada ponsel sampai dengan masalah yang ada pada aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Oleh karena itu, berikut Kampung Gadget juga sudah merangkum beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi WhatsApp tidak bisa mengaktifkan fitur sidik jari.

1. Bersihkan Cache

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa sidik jari yang pertama adalah dengan membersihkan Cache yang ada didalam aplikasi itu sendiri. Untuk membersihkannya Cache pada aplikasi WhatsApp juga tidak terlalu sulit dan kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama-tama kalian buka menu “Pengaturan
  • Selanjutnya cari menu “Manager Aplikasi” Atau “Apps Manager
  • Setelah itu kalian cari aplikasi “WhatsApp
  • Terakhir kalian tinggal menekan menu “Clear Cache

Setelah proses ini selesai, maka cobalah membuka aplikasi WhatsApp. Jika masih belum berhasil, kalian masih bisa mencoba cara yang kedua.

2. Fingerprint Belum Aktif

Jika cara yang pertama kalian masih belum bisa mengaktifkan fitur sidik jari pada aplikasi WhatsApp, maka kemungkinan besar fitur fingerprint pada ponsel kalian belum aktif. Karena jika fitur tersebut belum aktif di Hp kalian, maka secara otomatis fitur sidik jari pada aplikasi WhatsApp juga tidak akan aktif.

Oleh karena itu kalian harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu pada ponsel kalian, untuk caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk kedalam menu “Pengaturan” atau “Settings” jika berbahasa Inggris
  • Selanjutnya cari menu “Sidik Jari, Wajah & Kata Sandi
  • Berikutnya pilih menu “Sidik Jari
  • Terakhir ikuti langkah-langkah yang diminta

Maka dengan begini fitur sidik jari didalam ponsel telah aktif dan untuk mengaktifkannya di aplikasi WhatsApp, kalian bisa mengikuti caranya di atas tadi.

3. Aplikasi WhatsApp Belum Diupdate

Cara Mengunci WhatsApp Dengan Sidik Jari

Selain penyebab diatas, aplikasi WhatsApp yang belum diperbaharui juga bisa menjadi menyebabkan sensor sidik jari WhatsApp tidak muncul. Oleh karena itu kalian harus segera memeriksa pembaharuan yang tersedia untuk aplikasi WhatsApp.

Sama seperti aplikasi lainnya, dimana pihak WhatsApp juga selalu melakukan update pada aplikasinya tersebut. Selain untuk memperbaiki error serta bug yang terjadi, mereka juga bisanya menghadirkan berbagai fitur terbaru serta terbaik bagi penggunannya.

  • Pertama kalian masuk kedalam aplikasi “Google Play Store
  • Setelah itu pilih icon ‘Garis Tiga” yang ada di pojok kiri atas
  • Berikutnya kalian cari “Aplikasi & Game Saya
  • Kemudian cari aplikasi “WhatsApp
  • Terakhir pilih perbaharui

4. Ponsel yang Tidak Mendukung

Penyebab terakhir yang membuat fitur sidik jari pada aplikasi WhatsApp tidak muncul adalah ponsel kalian tidak mendukung fitur sidik jari.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kalau cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari itu hanya bisa kalian lakukan pada ponsel yang mendukung fitu tersebut. Jadi apabila ponsel kalian tidak mendukung fitur sidik jari, maka secara otomatis fitur tersebut juga tidak akan muncul didalam aplikasi WhatsApp yang digunakan.

Tentu tidak ada cara lain yang bisa kalian lakukan selain mengganti ponsel dengan yang baru dan utamakan sudah mendukung fitur fingerprint. Jadi jika ponsel kalian sudah mendukung fitur fingerprint, maka kalian bisa mengikuti cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari diatas tadi.

Mungkin cukup sekian informasi yang bisa Kampung Gadget hadirkan mengenai cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.