Cara Menggunakan Fitur Stitch di TikTok

Cara Menggunakan Fitur Stitch di TikTok

Cara Menggunakan Fitur Stitch di TikTok – Sampai saat ini, hampir semua kreator di TikTok terus mengembangkan ide-ide terbarunya. Hal tersebut tentu agar konten yang mereka buat bisa terlihat lebih menarik dan banyak di tonton.

Untuk membuat konten terlihat menarik, sebenarnya ada banyak cara yang dapat di lakukan. Diantaranya itu adalah dengan menggunakan efek-efek maupun fitur tertentu di dalam TikTok. Salah satu yang populer sekarang ini ialah dengan memakai fitur stitch.

Kalau menurut saya sendiri, fitur stitch ini mempunyai fungsi yang hampir mirib seperti duet di TikTok. Hanya saja kalau fitur duet itu di gunakan ketika ingin kolaborasi, sedangkan stitch hanya untuk mengutip konten saja.

Nah, bagi kalian yang mungkin penasaran dengan cara menggunakan fitur stitch di TikTok. Bisa langsung menyimak tutorial lengkapnya di bawah ini, ya.

Mengenal Fitur Stitch di TikTok

Stitch di TikTok artinya kita bisa mengutip video kreator lain dengan durasi 5 detik di akun TikTok sendiri. Nantinya video hasil kutipan tersebut bisa kita tambahkan ke dalam konten yang sedang di buat.

Kebanyakan kreator TikTok menggunakan fitur ini untuk mengutip konten-konten yang sedang viral. Misalnya memberikan pendapat kita sendiri atau lainnya juga bisa.

Oleh karena itu juga, stitch sendiri merupakan fitur yang saya rasa wajib untuk di coba. Apalagi kalau kalian merupakan konten kreator di TikTok, pastinya berguna sekali deh.


Baca Juga : Cara Salin Link di TikTok


Cara Menggunakan Fitur Stitch di TikTok

Bagi kalian yang mungkin sudah pernah atau sering memakai fitur duet di TikTok, saya rasa kalian akan jauh lebih mudah ketika menggunakan fitur stitch ini.

Namun perlu kalian ketahui juga, kalau tidak semua konten video di TikTok itu bisa kita kutip. Melainkan hanya video-video khusus dan tertentu saja yang bisa di kutip menggunakan fitur ini.

Jika kalian masih bingung, berikut akan saya jelaskan caranya dengan lengkap.

Cara menggunakan fitur stitch di TikTok:

1. Buka Aplikasi TikTok

Langkah pertama, silakan kalian bisa membuka aplikasi TikTok pada HP terlebih dahulu. Pastikan juga kalau aplikasi yang di gunakan sudah versi terbaru, ya.

2. Cari Konten TikTok

Di sini, kalian bisa mencari konten video di TikTok yang ingin di kutip. Jangan lupa juga untuk memastikan kalau video tersebut sudah di izinkan oleh konten kreatornya untuk di kutip.

Setelah menemukan konten yang di inginkan, maka kalian bisa menekan opsi Share. Nanti akan muncul beberapa pilihan menu lainnya, pilih saja menu Stitch.

3. Lakukan Editing

Setelah proses di atas selesai maka sekarang kita akan di arahkan ke sebuah halaman editing.

Silakan kalian bisa melakukan crop sesuai dengan keinginan. Caranya hanya dengan menggeser pada bagian ujung konten.

Apabila sudah sesuai keinginan, maka tekan saja menu Berikutnya.

4. Tambahkan Konten Sendiri

Pada halaman ini, silakan kalian bisa menekan dan tahan tombol Play yang muncul pada layar. Setelah itu, proses merekam aktivitas konten kalian bisa langsung di mulai.

Jika sudah selesai merekam konten, silakan lepas saja tombol Play tadi. Lanjut tekan ikon Centang untuk menuju proses yang selanjutnya.

5. Masukan Beberapa Elemen

Di sini kalian juga bisa menambahkan beberapa elemen yang sekiranya sesuai dengan konten tersebut. Misalnya seperti penambahan Teks, Filter, Stiker atau elemen lainnya yang sesuai dengan keinginan.

Apabila sudah sesuai, silakan tekan tombol Berikutnya.

6. Posting Konten

Proses yang terakhir, silakan tap tombol Posting untuk menambahkan konten stitch ke dalam akun TikTok kalian.

Selesai, deh.

Catatan:

Sedikit tambahan untuk kalian, nanti pada saat video hasil stitch sudah di posting, maka kalian akan langsung mengirimkan link ke akun kreator video yang tadi di kutip.

Sedangkan untuk menentukan konten mana yang bisa kita kutip atau tidak maka bisa menekan opsi Bagikan. Di dalam menu tersebut terdapat opsi stitch terbuka dan itu artinya kalau konten tersebut di izinkan oleh kreator untuk kita kutip.


Baca Juga : Cara Menambah Like di TikTok


Kelebihan Menggunakan Fitur Stitch di TikTok

Perlu untuk kalian ketahui juga kalau fitur stitch di TikTok itu memiliki banyak fungsi serta kelebihan bagi penggunanya. Terutama untuk konten kreator TikTok yang mempunyai kreativitas tinggi dalam membuat sebuah konten.

Berikut ini ada beberapa kelebihan dalam menggunakan fitur stitch di TikTok:

  1. Bisa menghasilkan konten dengan gaya dan sudut pandang yang berbeda.
  2. Dapat di gunakan untuk mempromosikan kreator TikTok lain.
  3. Mampu meningkatkan kreativitas ketika membuat sebuah konten.
  4. Bisa memberikan ide-ide baru yang mungkin tidak dapat di buat saat membuat konten biasa.

Selain beberapa kelebihan yang saya sebutkan, mungkin masih ada yang lainnya. Maka dari itu, silakan kalian bisa mencoba menggunakan fitur stitch tersebut agar dapat merasakan semua kelebihannya.

Penutup

Demikian pembahasan tentang cara menggunakan fitur stitch di TikTok untuk pemula yang bisa saya rangkumkan. Semoga dengan ulasan di atas tadi itu bisa berguna untuk kalian yang mungkin sedang bingung ketika ingin menggunakan fitur tersebut.

Seperti biasa, jika ada penjelasan yang kurang di mengerti atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan. Silakan tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.