Inilah 5 Cara Mengunci Focus Kamera Android Ketika Merekam Video Terbaru

Cara Mengunci Focus Kamera Android Terbaru

Cara Mengunci Focus Kamera Android – Saat ini setiap ponsel Android terbaru tentu sudah memiliki fitur autofokus didalam kameranya, fitur ini mempunyai fungsi yang sangat penting saat kita ingin mengambil gambar ataupun merekam video menggunakan kamera.

Tapi tidak jarang dari orang yang masih mengalami kesulitan saat ingin mengaktifkan autofocus pada kamera ponsel Android ketika ingin merekam sebuah video. Tidak sedikit juga kamera Hp Android mengalami masalah atau error saat mengaktifkan autofokus.

Seperti pengalaman pribadi admin, saat ingin merekam video menggunakan kamera ponsel, autofocus pada kamera malah fokus ke bagian background bukan ke obyek yang ada didepan kamera. Namun hal ini lebih sering admin alami saat ingin merekam video di luar ruangan. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Cara Mengunci Focus Kamera Android Ketika Merekam Video

Cara Mengunci Focus Kamera Android Saat Merekam Video

Sebenarnya ada trik yang sangat sederhana yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah yang satu ini, yaitu dengan cara mengunci focus kamera android saat digunakan merekam video.

Biasanya saat admin menggunakan kamera ponsel untuk merekam video, ada satu aplikasi yang wajib untuk digunakan. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur dan tool yang akan membuat hasil video dari kamera ponsel menjadi lebih baik.

Selain hasil video yang menjadi lebih baik, proses editing juga akan lebih mudah untuk dilakukan pada ponsel yang sedang kita gunakan. Untuk saat ini admin memakai ponsel Samsung Galaxy Grand Prime dan berikut cara mengunci fokus kamera Android saat merekam video.

1. Download Aplikasi Open Kamera

Cara Mengunci Focus Kamera Android Dengan Open Kamera

Cara mengunci focus kamera Android yang pertama itu kalian harus mendownload aplikasi Open Kamera terlebih dahulu didalam Google Play Store yang ada dalam ponsel Android kalian masing-masing.

Aplikasi pihak ketiga ini mempunyai banyak fitur serta tool yang dapat digunakan mudah di semua ponsel Android serta pastinya gratis.

2. Jalankan Aplikasi Open Kamera

Untuk proses berikutnya kita akan menjalankan aplikasi tersebut dan ikuti langkah-langkah yang muncul dalam aplikasi tersebut. Setelah itu kita tinggal beralih kedalam mode merekam video menggunakan kamera belakang ponsel atau kamera utama.

3. Pilih Opsi Penting

Langkah berikutnya setelah kalian sudah menjalankan aplikasi tersebut dan melakukan perekaman video menggunakan kamera utama atau kamera belakang, maka langkah berikutnya kalian tinggal menekan icon lingkaran putih yang ada disudut atas.

4. Gunakan Icon Gembok

Setelah menekan icon lingkaran putih tadi maka kalian akan dihadapkan pada beberapa opsi dan dalam opsi ini kalian bisa memilih icon kunci gembok. Tekan sampai muncul keterangan “Focus Locked” pada layar ponsel.

5. Pilih Obyek

Terakhir kalian tinggal memilih sebuah obyek yang ingin dikunci selama melakukan perekaman video menggunakan kamera utama.

Maka secara otomatis, focus kamera ponsel kalian tidak akan berpindah dari obyek utama yang memang ingin ditampilkan.

Beberapa ponsel terbaru saat ini memang sudah mempunyai aplikasi bawaan yang bisa kalian gunakan untuk mengatur focus pada kamera secara manual ataupun secara otomatis. Tapi terlepas dari itu, untuk ponsel android yang lebih lama, aplikasi bawaan tersebut tidak tersedia dan oleh karena itu kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk mencegah focus kamera berpindah pada saat merekam video.

Jadi apakah cara mengunci focus kamera Android yang sudah dijelaskan di atas tadi bisa kalian pahami? Apabila kalian mengalami kesulitan saat mengikuti tutorial ataupun ada masalah lain yang berkaitan dengan kamera ponsel, maka kalian bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Baik, mungkin untuk pembahasan kali ini cukup sekian yang dapat admin rangkumkan mengenai cara mengunci focus kamera Android saat merekam video. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk menantikan artikel keren seputar gadget lainnya hanya disini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.