Mode Lambat Telegram

Cara Mengaktifkan Mode Lambat di Telegram

Mode Lambat Telegram – Mungkin sudah biasa kalau di dalam sebuah grup Telegram, terkadang ada saja anggota yang senang mengirim banyak pesan sekaligus, bahkan cenderung mengarah ke spam.

Sudah pasti hal tersebut akan merugikan kita dan anggota lainnya di dalam grup. Sebab ini bisa saja membuat pesan penting yang sebelumnya ada di grup menjadi hilang karena tertimpa banyak pesan dari anggota tersebut.

Di beberapa aplikasi chatting, hal tersebut memang akan sangat sulit untuk kita atasi. Namun berbeda untuk Telegram, ya. Karena pada aplikasi Telegram, kita akan mendapatkan sebuah fitur yang bisa mengantisipasi hal buruk tadi.

Beberapa orang menyebutnya sebagai fitur mode lambat (slow mode) di Telegram. Memangnya apa saja kegunaan fitur mode lambat di Telegram ini?

Manfaatnya banyak loh, salah satunya kita bisa mencegah seseorang mengirimkan banyak pesan sekaligus ke dalam chat. Untuk lebih jelas lagi, saya akan jelaskan di bawah ini.

Apa itu Mode Lambat Telegram?

Bagi yang belum tahu, mode lambat (slow mode) adalah salah satu fitur Telegram yang terbilang sangat bermanfaat. Hal ini karena fitur ini memungkinkan kita sebagai admin dapat mengatur waktu delay setiap anggota grup untuk mengirim pesan chat.

Sebagai contoh, misal ada satu orang anggota dan grup sudah kalian aktifkan slow mode pada waktu 10 detik. Maka ketika anggota tersebut sudah mengirim pesan ke grup, nantinya akan muncul limit waktu 10 detik di samping kolom pesan selanjutnya.

Untuk durasi waktu dari mode lambat sebenarnya juga bervariasi. Mulai dari 10 detik sampai yang terlama bisa 1 jam untuk chat anggota grup dapat terkirimkan.

Penting:

Perlu kalian tahu juga kalau fitur mode lambat ini hanya akan berlaku untuk kalian yang mempunyai akses sebagai anggota grup saja. Karena jika kalian merupakan admin atau pemilik grup, maka fitur ini tidak akan berlaku, ya.

Apa Fungsi Mode Lambat Telegram?

Fungsinya adalah untuk memberikan waktu delay atau mencegah anggota grup mengirim pesan dalam jumlah banyak sekaligus. Sehingga jika ada informasi penting di dalam pesan sebelumnya tidak akan tertimpa oleh pesan chat dari anggota lain.

Namun sebenarnya sih tidak hanya sebatas itu saja fungsi dari mode lambat ini. Karena masih ada beberapa fungsi lainnya yang bisa kalian dapatkan saat mengaktifkannya.

Diantaranya seperti berikut:

  1. Dapat membuat pesan di grup menjadi lebih nyaman di baca oleh anggota lainnya.
  2. Mempermudah kita sebagai admin dalam mengirimkan pesan penting ke grup.
  3. Membuat pembahasan grup bisa menjadi lebih mudah dicerna oleh anggota.
  4. Mempermudah dalam mengontrol pesan anggota grup dalam jumlah banyak.
  5. Bisa meminimalisir pesan penting tertimpa oleh spamming chat.

Selain itu, mungkin masih ada banyak fungsi mode lambat di Telegram. Namun yang saya rasakan selama mengaktifkan fitur tersebut mungkin kurang lebih seperti itulah.

Cara Mengaktifkan Mode Lambat di Telegram

Menurut saya sendiri, mengaktifkan fitur mode lambat di aplikasi Telegram itu tidak sulit. Karena pada dasarnya kita hanya perlu membuka grup kemudian memilih waktu delay yang di inginkan dan terakhir mengaktifkannya.

Jika kalian masih bingung dengan penjelasan saya tadi, maka bisa langsung menyimak tutorial lengkapnya di bawah ini.

1. Cari dan Pilih Grup

Seperti tutorial sebelumnya, yang paling pertama kita lakukan adalah membuka aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Setelah aplikasinya sudah terbuka, maka langkah selanjutnya adalah mencari dan pilih grup yang akan diaktifkan fitur mode lambat.

2. Ketuk Nama Grup yang Dipilih

Setelah kalian sudah menemukan grup yang hendak di aktifkan fitur mode lambat, maka langsung saja buka grup tersebut.

Jika grup sudah berhasil terbuka, kalian langsung tap nama grup tersebut. Lanjutkan kembali dengan menekan ikon pensil yang tampil pada pojok kanan layar.

3. Pilih Menu Permissions

Bila tadi kalian sudah menekan ikon pensil, maka selanjutnya akan terlihat informasi mengenai grup yang sudah di buat.

Dalam tahap ini, kalian bisa memilih menu Permissions yang berlogo kunci di bawah menu Set Photo or video.

4. Pilih Waktu Delay

Berikutnya kalian bisa cek kolom slow mode yang sudah tersedia. Di sana kalian dapat mengatur waktu delay pesan yang di inginkan untuk setiap anggota grup.

Sebagai contoh, di sini saya akan memilih waktu delay 30 detik.

5. Simpan dan Tes Mode Lambat

Jika sudah menentukan waktu delay, maka selanjutnya ketuk ikon centang yang ada di bagian atas layar.

Setelah itu, kalian bisa langsung mengetesnya. Nah, untuk melakukan pengetesan ini, kalian harus memakai akun Telegram lain yang bukan merupakan admin di dalam grup. Karena fitur ini hanya berlaku untuk anggota grup saja, ya.

Jika berhasil, ketika kalian mengirim pesan, maka secara otomatis pesan kedua dan seterusnya baru bisa di kirim setelah 30 detik. Untuk keterangan limit waktu delay, kalian bisa melihatnya di sebelah kanan kolom pesan.

Cara Menonaktifkan Mode Lambat di Telegram

Cara Menonaktifkan Mode Lambat di Telegram

Apabila Setelah mengaktifkan fitur ini kalian merasa tidak terlalu berpengaruh, maka bisa langsung menonaktifkan saja fiturnya. Untuk cara menonaktifkan fitur mode lambat sebenarnya prosesnya sama persis saat kalian mengaktifkannya.

Cara menonaktifkan mode lambat Telegram:

  • Buka dulu aplikasi Telegram di HP.
  • Kemudian cari dan pilih grup.
  • Ketuk nama grup yang sudah di pilih.
  • Lanjut dengan tap opsi Permissions.
  • Pada kolom waktu delay kalian geser ke mode off.
  • Terakhir jangan lupa tap ikon centang untuk menyimpan pengaturan.

Selesai, dengan ini fitur mode lambat di grup Telegram sudah berhasil kalian nonaktifkan. Jadi, sekarang semua anggota grup bisa mengirim pesan tanpa ada batasan waktu seperti sebelumnya.

Sama seperti sebelumnya, untuk memastikan pengaturan yang kalian buat berhasil tersimpan, maka ada baiknya untuk melakukan tes terlebih dahulu.

Penutup

Sampai artikel ini saya buat, masih sedikit pengguna Telegram yang tahu fungsi dari fitur mode lambat ini. Padahal jika di lihat pada pembahasan tadi, fitur ini sangatlah membantu kita sebagai admin dalam grup. Misalnya saja seperti masalah anggota grup yang dengan sengaja mengirim pesan chat dalam jumlah banyak yang terkesan spamming.

Untuk waktu delay di masing-masing grup biasanya sih berbeda-beda, ya, Karena ini berdasarkan kebutuhan dari admin grup itu sendiri. Ada yang lambat dan ada juga waktu delay yang cepat. Intinya itu kalian sebagai admin bisa menyesuaikannya dengan keinginan sendiri.

Mungkin itu saja sedikit pembahasan yang bisa saya hadirkan kali ini tentang cara mengaktifkan mode lambat di Telegram. Jika ada pertanyaan atau ada hal yang kurang di mengerti, kalian bisa langsung menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.