Cara Flash Acer Z220

Cara Flash Acer Z220 Qualcom 9008 Via FlashTool 2021

Cara Flash Acer Z220 – Seperti yang pernah saya singgung di pembahasan sebelumnya, kalau tidak semua masalah pada HP Acer itu bisa di selesaikan hanya dengan me-restart saja. Karena ada beberapa kondisi yang membuat kita harus menggunakan cara lain untuk mengatasinya, yaitu dengan melakukan Flashing.

Bagi kalian yang mungkin belum tahu, flashing ini merupakan sebuah metode yang akan mereset seluruh data pada HP Acer. Dimana setelah melakukan flashing, HP Acer kalian akan kembali seperti semula saat baru pertama kalian membelinya.

Ini juga merupakan salah satu metode yang cukup ampuh untuk mengatasi beberapa masalah berat pada sistem yang tidak bisa di atasi dengan restart saja. Namun wajib kalian ketahui juga, kalau melakukan flash pada HP Acer Z220 Qualcom 9008 itu tidaklah mudah namun tidak juga terlalu sulit.

Apabila kalian saat ini menginginkan untuk melakukan flash pada HP Acer Z220 yang dimiliki, maka bisa langsung mengikuti tutorialnya di bawah ini.

Manfaat Melakukan Flash Pada Acer Z220 Qualcom 9008

Flashing akan mereset atau menyetel ulang sistem yang ada pada HP Acer kalian, tentu hal ini juga mempunyai banyak manfaat. Secara umum, ada beberapa manfaat yang akan kalian rasakan setelah selesai melakukan flash, seperti:

  1. Masalah bootloop pada HP Acer akan hilang.
  2. Kondisi seperti Black screen atau White screen juga akan teratasi.
  3. Pesan ‘aplikasi telah terhenti‘ ketika membuka sebuah aplikasi tidak akan pernah muncul lagi.
  4. Lag, lemot, sering blank, tidak responsif saat menggunakan ponsel juga akan hilang.
  5. Virus dan malware yang ada didalam ponsel akan terhapus.
  6. Memperbaiki lupa pola / sandi.

Selain beberapa manfaat yang sudah saya sebutkan tadi, tentu masih ada banyak manfaat lainnya yang akan kalian rasakan. Karena kondisi ini bergantung dari masalah yang masing-masing orang hadapi pada HP Acer Z220.

Bahan Bahan yang Harus Disiapkan

Sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai cara flash HP Acer Z220, ada beberapa bahan-bahan yang perlu kalian siapkan. Karena tanpa bahan-bahan ini, kalian tidak akan bisa melakukan flashing di HP Acer.

Bahan-bahan yang diperlukan:

Catatan:

Sangat penting untuk kalian ketahui sebelum melakukan Flashing, di mana proses ini akan mereset dan menghapus seluruh data pada HP Acer. Jadi, apabila kalian menyimpan banyak data penting di dalam ponsel, ada baiknya untuk memindahkannya terlebih dahulu.

Hal ini agar data tersebut tidak hilang ketika kalian melakukan flashing. Tapi, jika kalian tidak tahu caranya, bisa membaca cara backup data penting di Android pada pembahasan sebelumnya.

Cara Flash Acer Z220 Qualcom 9008 Via FlashTool

Apabila seluruh bahan-bahan tadi sudah kalian siapkan dan proses backup juga sudah selesai, maka kalian sudah bisa melakukan flash pada HP Acer Z220.

Namun, jika kalian masih sangat pemula dalam hal ini, ada baiknya untuk meminta seseorang yang sudah ahli dalam masalah ini. Sebab proses flashing tidaklah mudah dan juga sangat beresiko mengalami kegagalan dan membuat HP Acer Z220 kalian mati total.

Agar tidak terlalu panjang, kalian bisa menyimak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Cara flash Acer Z220 via FlashTool:

  1. Pertama kalian ekstrak dulu semua bahan yang sudah di download.
  2. Lalu kalian bisa langsung menginstal USB Driver pada PC/laptop yang akan digunakan.
  3. Berikutnya jalankan Acer Download Tool dan tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.
  4. Di sana kalian langsung saja pilih menu Qualcomm.
  5. Beralih ke HP Acer kalian, sekarang matikan ponsel Acer Z220.
  6. Masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan kombinasi tombol Power + Volume UP secara bersamaan.
  7. Setelah merasakan nada getar dua kali, kalian bisa langsung melepaskan semua tombol dan berganti ke tombol Volume Down.
  8. Tunggu saja beberapa saat, nantinya kalian akan langsung di arahkan ke menu Recovery dan nantinya pilih opsi Fastboot.
  9. Hubungkan HP Acer Z220 kalian ke PC/laptop menggunakan kabel USB yang sudah di siapkan.
  10. Biasanya HP akan otomatis terdeteksi di menu Fasboot pada sofware Acer Download Tool. Tapi, ini jika USB Driver sudah terinstall dengan benar, ya.
  11. Setelah itu kalian dapat memasukan file firmware yang sudah di ekstrak tadi di menu Select. Agar lebih jelas, kalian bisa melihat gambar di atas tadi.
  12. Jika sudah, tap menu Start agar proses flashing bisa di mulai.
  13. Prosesnya bisanya sedikit lama, jadi kalian harus sabar menunggunya, ya.
  14. Apabila proses flashing berhasil, maka kalian akan melihat notifikasi yang ada di dalam menu Flash Status.
  15. Selesai, kalian bisa langsung mencabut HP dari kabel USB dan nyalakan ponsel Acer Z220 seperti biasa.

Biasanya, ketika ponsel melakukan reboot, maka prosesnya dapat memakan waktu lebih lama dari biasanya. Terkadang bisa mencapai 10-15 menit lamanya, dan kalian harus sabar menunggunya, ya.

Penutup

Dengan melakukan flashing, HP Acer Z220 kalian akan kembali seperti semula dan biasanya kalian juga harus memasukkan beberapa data yang di butuhkan. Biasanya data tersebut berupa email, nama, bahasa dan informasi lainnya.

Seperti biasa, jika kalian mengalami masalah ada ada kendala saat mengikuti tutorial di atas, maka dapat menghubungi saya atau menuliskannya di kolom komentar.

Baik, mungkin untuk saat ini cukup sampai di sini dulu pembahasan tentang cara flash Acer Z220 Qualcom 9008 via FlashTool. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.