14 Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Android Paling Ampuh

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Android Terbaru

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri – Sampai saat ini ternyata masih banyak orang yang sering mengalami masalah saat membuka sebuah aplikasi didalam ponsel seperti aplikasi keluar dengan sendirinya ( Force Close ).  Saat masalah itu terjadi biasanya akan dibarengi dengan munculnya pesan “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” atau jika dalam bahasa Inggris “Unfortunately, App Has Stoped“.

Tentu dengan terjadinya masalah ini, kita tidak akan bisa mengoperasikan aplikasi tersebut didalam ponsel kita. Masalah ini juga bisa terjadi disemua ponsel Android, mulai dari ponsel Android lama sampai dengan Hp Android terbaru saat ini.

Lalu bagaimana cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di Hp Android?

Untuk mengatasi masalah tersebut tidaklah sulit, namun sebelum itu kita juga wajib mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Karena pada umumnya masalah ini terjadi karena beberapa faktor penyebab, mulai dari RAM sampai file Cache terlalu banyak.

Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri di Android Terbaru

 

Hal pertama yang wajib kita tahu adalah faktor penyebab terjadinya masalah tersebut, karena dengan begitu kita akan lebih mudah untuk mengatasinya. Nah, berikut ini adalah 7 penyebab umum aplikasi keluar sendiri di Android terbaru.

1. Ponsel Mengalami Overheat

Penyebab aplikasi keluar sendiri saat digunakan itu bisa terjadi karena ponsel yang kita pakai mengalami overheat. Saat ponsel mengalami overhaet, performa akan mengalami penurunan secara derastis dari sebelumnya dan ini juga akan menyebabkan terjadinya masalah Force Close pada aplikasi.

Untuk ponsel terbaru saat ini memiliki fitur yang akan menutup secara paksa aplikasi yang sedang berjalan saat ponsel mengalami overheat. Hal ini juga bertujuan untuk melindungi seluruh sistem yang ada didalam ponsel Android. Untuk penyebab masalah ini, kalian bisa melihatnya pada artikel penyebab Hp cepat panas atau Overheat.

2. File Cache yang Terlalu Banyak

Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya kalau file Cache ini memiliki fungsi untuk mempercepat loading aplikasi dan juga game yang akan kita gunakan. Tapi dalam beberapa kasus, file Cache yang menumpuk terlalu banyak didalam sebuah aplikasi juga bisa menjadi penyebab masalah Force Close pada aplikasi yang akan kita buka.

Selain bisa menjadi penyebab keluarnya aplikasi secara tiba-tiba, file cache atau file sampah yang menumpuk juga bisa membebani kinerja ponsel yang bisa menyebabkan ponsel menjadi cepat panas dan daya baterai akan cepat habis.

3. Banyaknya Aplikasi Lain yang Sedang Berjalan di Layar Belakang

Beberapa aplikasi yang berjalan secara bersamaan juga bisa menjadi penyebab terjadinya masalah keluarnya aplikasi secara tiba-tiba. Hal ini karena masing-masing aplikasi dan juga game yang sedang berjalan itu membutuhkan jumlah RAM yang berbeda-beda.

Jadi ketika ponsel kalian memiliki jumlan RAM yang sedikit dan menjalankan 5 atau lebih aplikasi secara bersamaan, maka itu bisa menyebabkan aplikasi yang akan dibuka keluar dengan sendirinya.

4. Koneksi Internet yang Lambat

Beberapa aplikasi yang kita instal itu membutuhkan koneksi internet untuk bisa berkerja dengan baik, jadi ketika ponsel kalian tidak memiliki koneksi internet yang baik maka aplikasi atau game yang akan digunakan bisa keluar dengan sendirinya.

Namun masalah ini biasanya lebih sering terjadi pada aplikasi game online yang membutuhkan koneksi internet yang baik untuk bisa menjalankan semua fitur yang ada didalamnya.

5. Spesifikasi Layar yang Tidak Sesuai Dengan Aplikasi

Penyebab aplikasi keluar dengan sendirinya yang selanjutnya ini adalah spesifikasi atau luas layar smartphone yang kita gunakan. Beberapa aplikasi terutama aplikasi game itu membutuhkan ukuran layar yang luas, jadi ketika ponsel kalian memiliki luas layar yang terlalu kecil dari yang dibutuhkan oleh aplikasi maka efeknya bisa menyebabkan aplikasi keluar dengan sendirinya.

6. OS Android yang Belum Diupdate

Versi dan Android yang belum diupdate juga bisa menjadi penyebab keluarnya aplikasi secara tiba-tiba saat kita gunakan. Kondisi ini terjadi karena masing-masing aplikasi itu memiliki spesifikasi Android yang berbeda-beda untuk bisa menjalankannya dengan baik.

7. Spesifikasi Hp yang Tidak Mendukung

Penyebab aplikasi mengalami force close saat dibuka juga bisa disebabkan oleh spesifikasi Hp yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan oleh aplikasi yang kamu instal. Sebab spesifikasi ponsel yang diperlukan oleh aplikasi agar bisa berjalan dengan baik tidaklah seperti dulu lagi.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Android

Setelah kita sudah melihat beberapa penyebab aplikasi keluar dengan sendirinya saat digunakan, maka untuk selanjutnya kita akan melihat bagaimana cara mengatasi aplikasi keluar dengan sendirinya. Yuk, kita langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

1. Bersihkan File Cache Pada Aplikasi

Cara mengatasi Aplikasi keluar sendiri pertama bisa kita lakukan dengan cara menghapus file Cache atau file sampah yang ada didalam aplikasi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kalau file cahce yang menumpuk terlalu banyak didalam ponsel dapat menyebabkan masalah force close pada aplikasi.

Selain menggunakan aplikasi pembersih otomatis yang ada di Google Play Store, kalian juga bisa melakukannya secara manual. Berikut cara membersihkan file cahce secara manual:

  • Langkah pertama kalian bisa masuk kedalam menu “Pengaturan“.
  • Setelah itu kalian cari menu “Kelola Aplikasi“.
  • Berikutnya kalian cari aplikasi yang mengalami force close tadi.
  • Jika sudah ketemu aplikasi yang bermasalah, maka pilih dan cari menu “Clear Cache” didalamnya.

Dengan begini, file cache yang menumpuk didalam ponsel kalian akan terhapus dan juga akan memberikan kelegaan pada ruang penyimpanan internal.

2. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Masalah keluarnya aplikasi secara tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh aplikasi yang belum di update, jadi cara mengatasi aplikasi keluar sendiri adalah dengan melakukan update pada aplikasi tersebut. Cara update aplikasi di Android tidaklah sulit dan kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama pastikan ponsel kalian mempunyai koneksi internet yang baik.
  • Setelah itu buka aplikasi “Play Store“.
  • Dalam aplikasi itu kalian cari icon “Garis Tiga” yang ada dipojok kiri atas.
  • Berikutnya kalian cari menu “Aplikasi & Game Saya“.
  • Jika sudah kalian tinggal mencari aplikasi yang bermasalah tadi dan memperbaharuinya.

3. Hapus Data Aplikasi yang Error

Cara mengatasi aplikasi keluar sendiri juga bisa kalian lakukan dengan menghapus seluruh data yang ada didalam aplikasi tersebut. Karena bisa saja aplikasi yang kalian instal atau update tadi mengalami masalah saat menyusun data penting didalam ponsel.

Cara hapus data aplikasi Android juga tidak terlalu sulit untuk kalian lakukan, sebab berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kalian buka menu “Pengaturan“.
  • Setelah itu kalian cari lagi menu “Kelola Aplikasi“.
  • Berikutnya kalian tinggal mencari aplikasi yang mengalami masalah.
  • Buka aplikasi tersebut dan cari menu “Clear data” untuk menghapus seluruh data aplikasi tersebut.

Setelah proses ini selesai, kalian bisa langsung mencoba membuka aplikasi tersebut lagi.

4. Instal Ulang Aplikasi

Setelah kalian menghapus file cache serta data aplikasi tapi masih tetap keluar dengan sendirinya, maka cara mengatasi aplikasi keluar sendiri paling ampuh berikutnya adalah menginstal ulang aplikasi tersebut. Nah, berikut cara uninstall aplikasi Android.

  • Langkah awal kalian masuk kedalam menu “Pengaturan“.
  • Setelah itu cari lagi menu “Kelola Aplikasi“.
  • Dalam menu ini kalian tinggal memilih aplikasi yang bermasalah tadi.
  • Terakhir pilih menu “Uninstall“.

Setelah proses uninstall selesai, maka ada baiknya kalian merestat ponsel seperti biasa terlebih dahulu sebelum menginstal ulang aplikasi tadi.

5. Update OS Android

Seperti yang sudah dibahas diatas, kalau versi Android yang kita gunakan didalam ponsel juga bisa menjadi penyebab masalah tersebut. Oleh karena itu, melakukan update OS Android secara berkalah adalah cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang cukup baik.

Cara update OS Android tidaklah sulit untuk kalian lakukan, karena berikut tutorial lengkapnya:

  • Langkah pertama kalian harus membuka menu “Pengaturan“.
  • Berikutnya kalian cari lagi menu “About Phone“.
  • Dalam menu ini kalian cari lagi menu “Check System Update“.
  • Jika tersedia, maka pilih “Download“.
  • Terakhir kalian tinggal menunggu sampai proses download selesai.

Penting juga untuk kalian ketahui, kalau saat proses update berlangsung, pastikan kalau kalian terhubung dengan Wi-Fi atau bisa juga menggunakan jaringan internet dengan koneksi stabil.

6. Lakukan Factory Reset

Jika semua cara diatas sudah kalian lakukan satu persatu tapi hasilnya tetap saja sama, maka cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang berikut ini mungkin bisa kalian coba lakukan. Namun perlu kalian ingat sebelum kalian melakukan Factory Reset atau menyetel ulang ponsel ke pabrik, ada baiknya untuk membackup data penting yang kalian simpan didalam ponsel.

Setelah siap, kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan Factory Reset:

  • Cara yang pertama itu kalian masuk kedalam menu “Pengaturan“.
  • Setelah itu kalian bisa menekan menu “Backup & Reset“.
  • Selanjutnya kalian pilih menu “Factory Reset“.
  • Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

7. Membeli Ponsel yang Baru

Jika sudah melakukan Factory Reset namun hasilnya belum bisa sesuai dengan harapan atau aplikasi yang kita buka tetap saja keluar dengan sendirinya, maka bisa dipastikan spesifikasi ponsel Android yang digunakan tidak mampu untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Nah, cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang terakhir ini adalah membeli ponsel baru. Karena seperti yang sudah admin pernah bahas sebelumnya, kalau semakin hari aplikasi yang kita gunakan itu terus mendapatkan update serta penambahan fitur baru didalamnya dan hal ini juga akan membuat spesifikasi hp yang dibutuhkannya semakin tinggi.

Maka dari itu, mengganti ponsel lama dengan ponsel yang baru adalah cara yang tepat jika semua cara diatas tidak berhasil. Nah, jika kalian ingin tahu ponsel Android dengan spesifikasi terbaik namun harga yang terjangkau maka bisa melihatnya disini.

Baik, mungkin itu saja sedikit tips yang dapat admin hadirkan mengenai cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di Android terbaru. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.