Ini 8 Cara Menghapus Adware Android Paling Aman Tanpa Root

Cara Menghapus Adware Android Paling Aman

Cara Menghapus Adware Android – Hampir sebagian pengguna ponsel Android pernah mengalami masalah didalam smartphonenya, salah satu masalah yang cukup sering dialami adalah munculnya iklan secara tiba-tiba ketika sedang mengoperasikan ponsel. Ini juga merupakan salah satu masalah keamanan yang masih kurang didalam ponsel Android dan membuatnya lebih rentan terserang virus dan iklan.

Saat masalah ini terjadi pada kita, tentu akan sangat membuat kita terganggu dan mengurangi kenyamanan saat mengoperasikan smartphone Android.

Nah, biasanya virus iklan atau sering juga disebut dengan nama Adware ini adalah iklan yang akan muncul secara tiba-tiba saat seseorang menggunakan ponsel dan iklan pop-up yang muncul itu juga sering berujung pada penginstal aplikasi yang tidak kita harapkan.

Namun sebelum kita melihat bagaimana cara menghapus Adware Android dengan aman, ada baiknya kita lihat dulu ciri-ciri hp Android yang terinfeksi virus iklan atau Adware.

Ciri-ciri Ponsel Terserang Adware Atau Virus Iklan

Ciri-ciri Ponsel Terserang Adware Atau Virus Iklan

Pada dasarnya, saat ponsel kita terserang oleh virus iklan atau Adware ini biasanya akan muncul beberapa tanda yang mungkin masih sering diabaikan oleh sebagian orang. Padahal ini merupakan tanda-tanda yang wajib kita ketahui karena akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan data penting yang kita miliki didalam smartphone.

Tanda saat ponsel kita terserang Adware adalah seperti berikut:

1. Iklan Selalu Muncul Didalam Ponsel

Munculnya iklan pada ponsel kita juga merupakan salah satu tanda kalau smartphone kita sudah terserang oleh virus iklan atau Adware.

Biasanya jenis iklan yang muncul tidak menentu, namun lebih sering memunculkan iklan yang menyuruh kita untuk mengunduh sebuah aplikasi lain. Serta pada iklan yang muncul juga sering memenuhi layar smartphone dan tidak diberikan tanda close pada iklan tersebut.

2. Adanya Sebuah Aplikasi yang Mencurigakan

Tanpa ponsel kita terserang oleh adware yang berikutnya bisa dilihat dari munculnya sebuah aplikasi yang tidak kita kenal. Biasanya aplikasi yang tidak kita kenal itu memiliki sebuah nama yang aneh dan terkadang juga ada yang memiliki nama menyerupai sistem Android sendiri. Ini biasanya untuk mengelabuhi penggunannya agar tidak berani menghapus aplikasi tersebut.

3. Aplikasi Sulit Dihapus

Tanda terakhir saat ponsel kita diserang oleh virus iklan atau sering disebut Adware ini biasanya kalian akan melihat sebuah aplikasi yang tidak bisa di uninstal, tapi ini bukan termasuk aplikasi bawaan ponsel.

Seperti yang disebutkan diatas, aplikasi yang muncul dengan nama aneh atau asing itu tidak hanya bersembunyi didalam ponsel tapi juga sangat sulit untuk kita hapus.

Nah, apabila tanda-tanda tersebut pernah terjadi pada ponsel kalian ataupun saat ini sedang kalian alamai maka jangan panik dan buru-buru membawa ponsel ke service center. Ini karena admin akan membatu kalian dalam mengatasi masalah tersebut, berikut caranya.

Cara Menghapus Adware Tanpa Root

Cara Menghapus Adware Tanpa Root

Sebenarnya untuk sebuah smartphone yang belum pernah di root, maka cara menghapus Adware yang menyerang ponsel akan sangat mudah diatasi daripada hp yang sudah pernah di root sebelumnya.

Nah, untuk kalian yang penasaran tentang bagaimana cara menghapus Andware Android yang aman, maka berikut adalah caranya:

1. Hapus dan Nonaktifkan Akses Administrasi

Cara menghapus Adware di Android yang pertama bisa dilakukan dengan menonaktifkan akses Administrasi serta menghapus data pada aplikasi yang mencurigakan tersebut.

Untuk melihat akses Administrasi, kalian bisa melalui menu “Pengaturan” atau “Settings” kemudian “Security, lalu “Device” dan terakhir “Administrators“.

Dalam menu ini kita akan menemukan aplikasi apa saja yang sudah mengakses Administrasi pada ponsel, jika kita melihat ada sebuah aplikasi mencurigakan maka kita langsung menonaktifkan akses Administrasinya.

Setelah kalian sudah berhasil menonaktifkan akses Adminitrasinya, maka langkah berikutnya kalian harus menghapus data serta Cache dari aplikasi tersebut sebelum menghapusnya secara permanen.

2. Uninstal Aplikasi yang Mencurigakan

Selanjutnya cara menghapus Adware pada hp Adroid juga dapat dilakukan dengan cara menghapus aplikasi yang mencurigakan. Ini apabila kalian sadar kalau iklan yang muncul secara terus-menerus didalam ponsel setelah selesai menginstal sebuah aplikasi, maka kemungkinan besar kalau masalah ini bersumber dari aplikasi tersebut.

Jika memang benar, kalian bisa langsung menghapus aplikasi yang sudah di instal sebelumnya. Cara menghapus aplikasi di Android bisa kalian lakukan melalui menu “Pengaturan” kemudian “Menagar Aplikasi” atau “Aplikasi” setelah itu “Daftar Aplikasi“.

Dalam menu ini kalian dapat mencari aplikasi mencurigakan tadi, pilih aplikasi tersebut lalu tekan menu “Uninstal“.

3. Menghilangkan Adware Dengan Aplikasi Tambahan

Jika cara menghapus Adware Android yang diatas belum bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan atau iklan masih saja muncul di ponsel, maka kalian dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian unduh di Google Play Store.

Untuk saat ini memang sudah banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah iklan yang muncul di hp. Namun tidak semunya benar-benar aman untuk digunakan, tapi untuk saat ini admin lebih merekomendasikan kalian sebuah aplikasi yang bernama Malwarebytes.

Cara menghapus Adware Android menggunakan aplikasi Malwarebytes itu kurang lebih seperti berikut:

  • Langkah pertama tentu kalian harus menginstal aplikasi “Malwarebytes” ini di Play Store.
  • Setelah selesai, bukan dan operasikan aplikasi “Malwarebytes” pada ponsel kalian.
  • Cari menu “Scan” untuk memeriksa keseluruh ponsel.
  • Jika terdapat “Virus“, kalian bisa langsung memilih menu “Hapus Virus“.

4. Mengaktifkam Safe Mode

Berikutnya jika kalian ragu untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka cara menghapus Adware di Android yang aman selanjutnya adalah dengan mengaktifkan Safe Mode. Untuk masuk kedalam Safe Mode juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan dan caranya itu adalah sebagai berikut:

  • Pertama kalian bisa masuk kedalam “Safe Mode” melalui kombinasi “Tombol Power“dan “Tombol Volume“, namun kemungkinan besar cara masuk safe mode di setiap ponsel berbeda-beda.
  • Dalam mode ini kalian akan menjumpai beberapa aplikasi sistem, namun untuk aplikasi yang terinstal akan menghilang. Biasanya Adware yang terinstal sebagai aplikasi sistem akan terlihat didalam mode ini dan kalian bisa langsung menghapusnya.
  • Setelah proses uninstal selesai, maka jangan lupa untuk merestat seperti biasanya terlebih dahulu.

5. Restat Ponsel Kesetelan Pabrik

Jika semua cara diatas sudah kalian lakukan tapi ternyata iklan didalam ponsel masih terlihat, maka cara menghapus Adware pada hp Android yang paling terakhir adalah merestat kembali ponsel ke setelan pabrik.

Cara ini juga sering disebut dengan factory reset dan untuk melakukan langkah ini juga tidak sulit, namun di masing-masing smartphone itu caranya akan berbeda-beda. Tapi tenang, karena admin sudah menyiapkan semua daftar cara reset hp Android semua tipe di artikel sebelumnya.

Namun sebelum itu kalian juga wajib tahu bagaimana cara backup data penting di hp Android sebelum melakukan factory reset, karena saat melakukan cara ini semua data yang ada didalam ponsel kalian akah hilang. Maka dari itu, kalian wajib membackupnya terlebih dahulu.

Penutup

Memang jika cara menghapus Adware pada ponsel Android itu tidak mudah untuk kita lakukan, apalagi ponsel yang kita gunakan sudah pernah di root. Tapi untuk cara yang terakhir biasanya paling ampuh untuk menyingkirkan iklan yang muncul didalam hp Android.

Mungkin untuk saat ini hanya sampai disini saja informasi yang dapat admin sampaikan tentang cara menghapus Adware Android yang paling aman dan pastinya kalian tidak perlu melakukan root. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.