Mengenal Apa itu Pop up

Mengenal Apa itu Pop up dan Jenisnya

Mengenal Apa itu Pop up – Saat kita menggunakan sebuah aplikasi ataupun mengakses suatu pengaturan pada perangkat, mungkin kalian pernah menemukan sebuah jendela kecil yang tiba-tiba muncul pada layar. Nah, jendela tersebutlah yang dinamakan dengan pop up.

Namun sebenarnya tidak hanya ada pada perangkat, tapi pop up juga bisa muncul dalam situs di internet. Baik itu dalam bentuk sebuah pemberitahuan (notifikasi) maupun dalam bentuk iklan. Sama halnya saat kalian membaca artikel di dalam web kampung gadget ini.

Karena di sini admin juga menghadirkan sebuah pop up yang dalam bentuk iklan agar  blog kampung gadget bisa berkembang.

Masih bingung? Jangan khawatir, kalian bisa mengetahui lebih jelas mengenai apa itu pop up dalam artikel ini. Berikut akan saya jelaskan pembahasan lengkapnya untuk kalian.

Apa Itu Pop Up?

Pop up artinya tampilan antarmuka grafis yang muncul pada layar (biasanya sih secara tiba-tiba) pada saat kita mengakses sebuah aplikasi maupun suatu fitur di sebuah perangkat atau situs website.

Pada umumnya sih bentuknya seperti jendela kecil yang mempunyai beberapa fungsi penting. Misalnya saja seperti untuk promosi iklan, konfirmasi aktivitas tertentu atau bisa juga sebagai notifikasi.

Selain itu, pop up juga bisa kita artikan sebagai sebuah jendela yang muncul untuk keperluan interaksi dengan penggunanya. Intinya sih fungsinya tergantung dari perangkat, aplikasi atau situs internet yang kalian buka.

Jenis-jenis Pop Up yang Umum Ditemui

Seperti yang saya jelaskan tadi kalau pop up itu memiliki beberapa fungsi dasar dan juga mempunyai beberapa jenis tertentu. Karena secara dasar, jenisnya tergantung lokasi kemunculan pop up itu sendiri.

Berikut adalah beberapa jenis-jenis pop up:

1. Iklan

Yang pertama ada pop up jenis iklan. Iklan pop up adalah jenis tampilan jendela pada layar yang muncul untuk menampilkan sebuah promosi dalam bentuk iklan-iklan tertentu. Jenis iklannya biasanya tergantung dari situs dan pengiklannya sendiri.

Jenis pop up ini biasanya muncul pada situs-situs internet, platform streaming maupun aplikasi Android. Namun kalian tidak usah khawatir, karena kalian tetap bisa melewati jendela pop up-nya dengan mudah.

Meski begitu, tidak sedikit juga orang yang mengalami kesulitan dalam melewati jendela pop up yang muncul pada layar. Ini biasanya sering terjadi pada aplikasi ilegal yang ada di HP Android.


Sering muncul iklan yang tidak jelas pada HP Android? Hilangkan saja dengan cara menghapus Adware dengan aman.


2. Menu Pengaturan Perangkat (Contohnya di Windows)

Berikutnya ada juga jenis pop up menu pengaturan. Di mana pop up jenis ini biasanya muncul saat kita membuka pengaturan sistem operasi pada perangkat (khusus di PC dan laptop).

Sederhananya sih pada jenis ini pop up bisa di buka saat kita melakukan klik kanan pada mouse di desktop atau jendela aplikasi tertentu. Untuk pop up jenis ini juga mempunyai beberapa pengaturan yang beragam. Mulai dari opsi viewsort byrefreshnewpersonalize dan masih banyak lagi.

3. Dialog Box

Yang selanjutnya adalah pop up dialog box. Jenis pop up yang ini mempunyai fungsi yang cukup penting karena untuk memberikan sebuah peringatan atau memberikan pertanyaan konfirmasi dari aktivitas tertentu.

Contohnya saja saat kalian mengedit gambar menggunakan aplikasi Photoshop atau lainnya. Lalu kalian ingin close hasil editing gambar tersebut tanpa menyimpannya terlebih dahulu.

Nah, fungsi dari pop up adalah sebagai peringatan dari tindakan yang sedang di lakukan. Ini untuk menanyakan apakah kalian yakin ingin menutup hasil editing tersebut tanpa ingin menyimpannya dulu atau tidak.

4. Pop Up Aplikasi (Seperti WhatsApp)

Kemudian ada juga yang di sebut dengan jenis pop up aplikasi. Seperti namanya, kalau pop up jenis ini hanya akan muncul pada aplikasi-aplikasi tertentu saja dan biasanya dalam berbagai bentuk.

Simpelnya sih seperti di aplikasi WhatsApp. Pada saat kita menerima sebuah pesan dari kontak WhatsApp, maka akan muncul sebuah jendela kecil pada layar. Jendela kecil ini akan berisi informasi mengenai chat yang di kirim oleh orang lain. Nah, jendela kecil ini adalah pop up.

Maksud pop up notifikasi WhatsApp adalah memberi tahu kita kalau sedang ada pesan baru atau panggilan baru yang masuk pada akun WhatsApp. Sehingga kita bisa tahu lebih cepat meski sedang tidak online di WhatsApp.

Selain itu, fungsi jendela chat WhatsApp yang muncul tersebut juga untuk mempermudah pengguna dalam membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.


Merasa terganggu dengan munculnya jendela notifikasi dari aplikasi WhatsApp? Berikut cara menonaktifkan notifikasi WhatsApp pada perangkat.


5. Notifikasi Sistem Perangkat

Yang terakhir ada jenis pop up notifikasi sistem. Untuk pop up jenis ini mempunyai fungsi untuk menampilkan sebuah aktivitas dari sistem atau notifikasi dari aplikasi yang sudah kita pasang sebelumnya.

Sebagai contohnya di HP Android. Pop up notifikasi ini akan muncul pada menu yang ada di bagian atas perangkat. Nantinya kita bisa menutup maupun membuka notifikasi tersebut sesuai kebutuhan.

Penutup

Sekian dulu pembahasan tentang mengenal apa itu pop up yang ada di perangkat maupun di situs internet. Kesimpulannya sih pop up ini merupakan sebuah jendela kecil yang muncul pada layar dan fungsinya bisa dalam berbagai bentuk.

Jika kalian mempunyai pertanyaan atau ada yang masih kurang jelas mengenai pembahasan mengenal apa itu pop up di perangkat maupun situs internet. Silakan tuliskan saja di kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.