Arti Meta Dalam Game

Arti Meta Dalam Game

Arti Meta Dalam Game – Di dalam sebuah game, sudah pasti akan ada banyak istilah-istilah baru, contohnya meta. Meta sendiri merupakan istilah yang juga sering muncul pada beberapa game populer.

Mulai dari game MOBA, FPS, RPG dan game lainnya. Selain itu, istilah meta juga akan lebih sering terdengar ketika game tersebut mengalami update.

Tepatnya pada saat mendapat perubahan yang cukup spesifik, baik itu pada hero, item ataupun strategi dalam game tersebut.

Nah, apakah dari kalian ada yang pernah mendengar kata meta? Namun sampai saat ini masih bingung dengan arti meta di dalam game. Jika iya, di sini saya akan jelaskan secara lengkap untuk kalian arti dari istilah meta yang sebenarnya.

Apa Arti Meta Dalam Game?

Meta adalah sebuah singkatan dari Most Effective Tactics Available yang mengartikan sebuah taktik powerful atau yang paling efektif dalam sebuah game.

Kata efektif yang saya maksud di sini itu ada beberapa hal, ya. Mulai dari meningkatkan presentase kemenangan dalam sebuah pertandingan atau meningkatkan kemungkinan menyelesaikan suatu quest tertentu.

Perlu kalian ketahui juga, kalau meta sendiri itu sifatnya tidak permanen ya. Karena setiap selesai update, meta sebelumnya bisa berubah. Hal ini tentu agar bisa membuat sebuah permainan menjadi lebih balance dan menyenangkan.


Baca Juga : Daftar Game Nomor 1 di Indonesia


Kenapa Meta Bisa Ada Dalam Game?

Pasti sebagian dari kalian ada yang masih bertanya-tanya, kenapa sih bisa ada meta di dalam sebuah game.

Nah, perlu kalian semua ketahui kalau meta ini bisa muncul karena developer tidak sengaja melakukan update tertentu dalam game. Namun hasilnya ternyata malah membuat permainan menjadi kurang balance.

Sebagai contoh, misalnya developer merilis atau memberikan buff pada suatu hero, tapi hero tersebut kurang di perhitungkan sebelumnya. Sehingga hero ini akan menjadi jauh lebih kuat dari hero lainnya yang ada di dalam game.

Walaupun tidak banyak, namun terkadang meta juga bisa muncul karena di sengaja oleh developer-nya. Ini biasanya di lakukan untuk menarik perhatian para pemain dengan adanya update terbaru pada game-nya.

Contoh-contoh Meta Dalam Game

Sampai saat ini, ternyata masih banyak orang yang mengartikan kalau Meta itu hanya untuk hero atau karakter yang ada di game saja. Namun pada dasarnya itu tidaklah benar, ya.

Karena istilah Meta ini juga berlaku untuk beberapa hal lainnya yang ada di dalam game. Nah, agar kalian lebih paham, berikut akan saya jelaskan contohnya untuk kalian.

1. Hero Meta

Yang pertama ada yang namanya hero Meta. Umumnya istilah Meta ini lebih sering kita dengar pada game MOBA, seperti Mobile Legends, Pokemon Unite, Dota 2 dan lainnya.

Hero Meta biasanya akan di tandai dengan bertambah kuatnya skill yang di miliki dari sebelumnya. Biasa saja dari statistik skill atau bisa juga efek yang ada pada kemampuan dari hero tersebut.

Namun hampir semuanya kalau hero Meta ini akan lebih cepat mendapatkan perubahan. Tentu pada saat game-nya mendapatkan update baru lagi.

2. Item Meta

Selanjutnya ada juga yang di sebut dengan item Meta. Seperti namanya, ini adalah item yang jelas paling efektif untuk di gunakan dalam game.

Pada dasarnya item Meta ini mempunyai stats yang cukup tinggi dari item lain yang ada pada game. Misalnya saja dari segi defend, attack dan lainnya yang memperoleh buff.

Selain itu bisa juga dari segi perubahan pada efek tertentu yang ada pada item dari sebelumnya.

3. Meta Strategi

Yang terakhir ada yang di sebut juga dengan meta strategi. Maksud dari meta ini adalah strategi yang paling efektif dalam pertempuran.

Bisa saja berupa kombinasi hero dalam tim, pemakaian item tertentu atau kombinasinya, gameplay dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meta strategi ini contoh sederhananya dapat kalian lihat dalam pertandingan di turnamen MPL sebelumnya. Di sana ada banyak sekali pro player yang memakai strategi tertentu yang efektif dan akhirnya bisa menjadi Meta.

Penting Gak Sih Mengikuti Meta?

Jika kalian bertanya penting atau tidaknya mengikuti Meta, tentu itu tergantung dari masing-masing orang, ya. Karena perlu kalian ketahui kalau Meta ini hanya akan meningkatkan peluang saja dan bukan untuk memastikan kemenangan.

Sebab, hasil akhir dari sebuah pertempuran itu tergantung dari skill main orang itu sendiri.


Baca Juga : Pengertian Offlaner di Mobile Legends


Kalau menurut saya pribadi, tentu jawabannya adalah tidak terlalu penting untuk mengikuti Meta. Tapi jika kalian bermain dengan tim atau sedang mengikuti turnamen maka Meta ini di butuhkan. Karena nantinya akan membantu gameplay kalian dan tim secara keseluruhan.

Tapi dengan sebuah catatan, pemain tentu harus sudah terbiasa dengan Meta tersebut. Karena jika belum terbiasa, ini malah akan menjadi blunder atau tidak efektif.

Penutup

Nah, mungkin itu saja pembahasan hari ini mengenai arti Meta dalam game yang dapat saya rangkumkan. Jadi kesimpulannya, Meta itu adalah sebuah taktik, hero atau item yang sedang overpower serta paling efektif dalam sebuah game.

Kalian juga wajib tahu kalau Meta dapat muncul di semua genre game. Namun istilah dari kata Meta baru banyak di temui pada game dengan genre RPG atau MOBA saja.

Ada pertanyaan, atau ada penjelasan yang kurang jelas? Silakan tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Sampai bertemu di pembahasan berikutnya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.