Apa Itu Offlaner di Mobile Legends?

Apa Itu Offlaner di Mobile Legends

Pengertian Offlaner di Mobile Legends – Pada game Mobile Legends, terdapat beberapa posisi yang bisa di isi oleh setiap pemain dalam tim. Seperti Midlaner, Sidelaner dan posisi yang akan saya bahas di sini, yaitu Offlaner.

Di masing-masing posisi tersebut di isi oleh hero-hero Mobile Legends tertentu yang mempunyai skill serta atribut yang sesuai. Namun dari semua posisi tersebut, posisi Offlane mempunya peranan yang sangat sulit.

Kenapa begitu? Karena posisi Offlaner akan menjadi salah satu kunci untuk memperbesar peluang mendapatkan kemenangan di dalam pertandingan. Oleh karena itu, posisi ini harus di isi oleh orang yang memang sudah benar-benar mengerti permanan Mobile Legends.

Berbicara mengenai posisi Offlaner, apakah kalian sudah tahu artinya? Jika belum, mari cek pengertian Offlaner di dalam game Mobile Legends berikut ini. Selan itu, di sini saya juga akan membagikan tips serta daftar hero yang cocok di paka pada posisi Offlaner.

Apa Itu Offlaner di Mobile Legends?

Offlaner marupakan salah satu posisi yang ada di game Mobile Legends yang mempunyai peranan penting untuk memenangkan sebuah pertandungan. Posisi ini biasanya di isi oleh hero yang bertugas menjaga jalur EXP lane. Sehingga hero tersebut bisa memperoleh EXP yang lebih tinggi di bandingkan jalur lainnya.

Seperti yang saya katakan tadi, kalau posisi Offlaner ini cukup sulit untuk di mankan. Ini dikarenakan ada Turtel pada jalur tersebut dan biasanya akan bertemu dengan 2 hero musuh yang harus di hadapi.

Untuk posisi ini sangat cocok sekali di isi oleh hero Tank atau Fighter yang mempunyai durability tinggi di bandingkan hero lannya. Atau bisa juga menggunakan hero yang memiliki kemampuan khusus, seperti spell vamp, regenerasi dan lainnya.

Apa Syarat Menjadi Offlaner di Mobile Legends?

Syarat Menjadi Offlaner di Mobile Legends

Seperti yang saya jelaskan tadi di atas, kalau posisi Offlaner itu mempunya tugas untuk menjaga jalur EXP lane di permainan. Di mana posisi ini mempunyai Turtle yang bisa memungkinkan hero dapat lebih cepat memperoleh EXP dari hero lainnya.

Hanya saja tugas di posisi ini lumayan sulit dan kalian perlu mempunyai keahlian khusus dalam menggunakan heronya. Selan itu, ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi untuk memaikan hero pada posisi Offlaner. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Harus sudah menguasai Map (terutama di bagian Offlaner dan Midlaner).
  2. Mampu bertahan sampai late game.
  3. Bisa menjadi inisiator untuk melakukan ganking atau membuka war dalam permainan.
  4. Dapat bertahan di lane untuk mencari kesempatan agar bisa menyerang balik lawan.

Mungkin kalian juga tertarik dengan artikel tentang daftar rank Mobile Legends terbaru.


Daftar Hero Offlaner Terbaik di Mobile Legends

Nah, dikarenakan posisinya yang cukup strategis, membuat hero Offlaner ini harus memiliki durability yang tinggi dari hero lainnya. Oleh karena itu, tidak semua hero bisa di gunakan pada posisi Offlaner.

Namun kalian tidak perlu khawatir, karena di sini saya juga akan merekomendasikan beberapa hero yang cocok berada di posisi Offlaner. Berikut daftarnya:

1. Gatot Kaca

Hero pertama yang sangat cocok berada di posisi ini adalah Gatot Kaca. Kenapa? karena hero Gatot Kaca ini merupakan salah satu hero tank yang mempunyai durability sangat tinggi.

Jika dari sisi skill, hero Gatot Kaca mempunyai skill yang bisa membuat hero musuh menjadi mengikuti hero ini. Selain itu juga, Gatot Kaca juga memiliki skill pasif yang pada saat hero ini mendapat demage, maka nanti akan memperoleh energi serta mengaktifkan lifesteal.

Maka dari itu, Gatot Kaca sangat cocok sekali untuk di gunakan pada posisi Offlaner.

2. X-Borg

Jika kalian lebih ahli dalam menggunakan hero Fighter, maka saya rekomendasikan untuk menggunakan X-Borg. Karena hero X-Borg bisa di katakan memiliki durability yang cukup kuat untuk berada di posisi Offlaner dan damage-nya juga lumayan besar.

Kebetulan sekali saya sendiri juga sering menggunakan hero ini di posisi Offlaner, di mana tugasnya untuk menjaga turret serta mendapatkan turtle di EXP lane. Di tambah lagi, X-Borg juga mempunya skill regenerasi yang sangat tinggi berkat skill passive Firage Supply.

Apabila kalian ingin mencoba untuk menggunakan hero X-Borg, saat pertandingan nanti, jangan lupa memadukannya dengan Battle Spell Flicker atau Sprint. Hal ini akan membatu hero X-Borg untuk meningkatkan mobilitasnya dalam permainan.

3. Esmeralda

Esmeralda juga termasuk salah satu hero tank. Nah, hero Esmeralda juga sangat cocok kalian gunakan di posisi Offlaner. Ini tentu karena Esmeralda mempunyai durability yang cukup tinggi dan mempunyai skill mendukung untuk menjadi salah satu hero Offlaner.

Skill yang di miliki oleh Esmeralda adalah memberikan efek slow, menghilangkan shield musuh, mengurangi waktu coldown dan juga bisa menyebabkan immobilize. Sehingga membuat hero Esmeralda ini sangat cocok sekali untuk di tempatkan pada posisi Offlaner, itu jika kalian sudah menguasai hero ini.

Dari skill yang di miliki Esmeralda, hero ini juga bisa berfungsi untuk menjadi inisiator atau pembuka war dalam pertandingan. Sehingga carry dapat langsung memberikan burst damage pada saat musuh terkena efek skill dari Esmeralda.

4. Chou

Selain X-Borg, Chou juga merupakan salah satu hero Fighter yang sangat efektif untuk berada di posisi Offlaner. Kenapa seperti itu? Karena hero ini mempunyai pertahanan yang sangat kuat serta skill yang di miliki juga mendukung. Misalnya saja seperti skill yang bisa memberikan efek slow serta knock up pada musuh.

Tidak hanya itu saja, hero Chou juga mamiliki skill defensive yang bisa kebal terhadap efek crowd control dari lawan. Lewat kemampuan yang di miliki hero ini, Chou bisa kalian gunakan untuk menjaga turret dan melawan musuh one by one pada posisi tersebut.

Hanya saja berbeda dengan X-Borg, Chou merupakan hero yang bertarung jarak dekat, sehingga membutuhkan ketepatan saat menggunakan skill-nya.

5. Yu Zhong

Hero terakhir yang saya rekomendasikan adalah Yu Zhong. Hero ini juga merupakan salah satu hero yang mempunyai pertahanan serta damage yang cukup tinggi. Sehingga sangat cocok sekali untuk di gunakan pada posisi Offlaner.

Selain itu, Yu Zhong juga mempunyai lifesteal sehingga mampu untuk menyerap HP pada saat memberikan damage kepada musuh. Sama seperti hero Esmeralda, Yu Zhong juga bisa kalian pakai menjadi inisiator untuk membuka war melalui skill ultimate-nya.


Penting untuk kalian ketahui, kalau sewaktu-waktu hero di atas tadi bisa saja direvamp, ya. Jadi ketahui juga arti Buff dan Nerf pada game.


Tips Memainkan Hero di Posisi Offlaner

Seperti yang saya katakan di pembahasan awal, kalau agak sedikit sulit untuk bisa menjadi seorang Offlaner, apalagi pengalaman berman masih kurang. Namun begitu, bukan berarti juga kalau kalian tidak bisa menjadi seorang Offlaner.

Nah, jika kalian memang ingin menjadi seorang Offlaner, maka ada beberapa tips yang bisa kalian coba. Tips ini akan membuat kalian menjadi lebih jago jadi seorang Offlaner di game Mobile Legends.

Berikut beberapa tipsnya:

1. Mampu Menjadi Seorang Inisiator

Seorang Offlaner itu mempunyai pertahanan yang kuat, dan di sini sangat di sarankan sekali untuk bisa menjadi inisiator atau pembuka war. Inisiator ini bisa kalian lakukan bersama dengan hero Tank ataupun hero Fighter lainnya yang mempunyai pertahanan kuat.

Namun di sini kalian juga harus sudah memastikan kalau hero carry yang di miliki oleh tim sudah berada di posisi belakang dan siap untuk menyerang. Karena jika tidak, kalian di sini hanya akan menyumbangkan poin saja ke tim lawan.

2. Bisa Menjaga Turret Tim

Pada early game, seorang Offlaner juga mempunyai fungsi untuk menjaga turret di tim. Ketika sedang menjaga turret, kalian juga bisa sambil menyerang creep serta minion untuk memperoleh EXP.

Selain itu, kalian juga harus bisa selalu memantau keadaan Turtle agar tidak di serang oleh musuh. Karena jika di biarkan, hero musuh akan lebih cepat berkembang dari pada hero tim.

Misalnya saja saat kalian menggunakan hero yang memiliki demage tinggi, maka kalian bisa juga sambil menyerang Turtle untuk cepat mendapatkan EXP.

3. Harus Bisa Menguasai Jalur Midlaner

Selain kalian harus selalu memperhatikan jalur Offlaner, kalian juga harus bisa memperhatikan atau melihat kondisi Midlane. Hal ini tentu jika kalian nantinya mempunyai kesempatan, maka kalian bisa menjadi inisiator untuk melawan musuh pada jalur tersebut.

Sehingga hero carry di tim yang ada pada jalur tersebut bisa lebih cepat melengkapi build item dan juga XP-nya.

Penutup

Mungkin dari kalian sudah ada banyak yang tahu kalau ada tiga posisi utama di game Mobile Legends, yaitu:

  • Midlaner
  • Sidelaner
  • Offlaner

Untuk pembahasan di atas, saya khususkan mengenai posisi Offlanernya saja, ya. Sedangkan posisi lainnya akan saya jelaskan di pembahasan selanjutnya. Saya juga berharap, dengan adanya pembahasan di atas bisa membantu kalian semua yang mungkin belum memahami posisi Offlaner.

Seperti biasa, jika ada yang ingin di tanyakan atau masih ada yang kurang jelas tentang pengertian Offlaner di Mobile Legends, silakan tuliskan saja di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.