Arti Grinding dan Farming di Game

Arti Grinding dan Farming Pada Game

Arti Grinding dan Farming – Seperti yang sudah sering saya jelaskan di beberapa pembahasan sebelumnya tentang game. Di mana secara umumnya setiap genre game itu mempunyai istilahnya masing-masing. Seperti di FPS, strategi, RPG dan game sejenis lainnya.

Nah, khusus untuk beberapa game, tentu kita juga pasti pernah mendengar kata grinding dan farming. Secara sekilas, kata grinding itu mempunyai arti yang kurang lebih hampir sama dengan kata farming lho.

Namun jika di perhatikan secara teliti, tentu akan ada perbedaan antara grinding dan farming. Hal inilah yang juga sering membuat beberapa orang beranggapan kalau arti grinding serta farming itu sama, padahal sebenarnya tidak.

Agar tidak terus di salah artikan, maka pada kesempatan kali ini saya akan coba jelaskan ke kalian apa arti grinding dan farming dalam game yang sebenarnya.

Apa itu Grinding Pada Game?

Grinding adalah sebuah istilah yang mengartikan pengumpulan EXP untuk memperkuat karakter dalam sebuah game. Istilah ini juga sama dengan kata developing karakter.

Untuk grinding sendiri di lakukan dengan cara hunting atau menyelesaikan side quest berulang kali. Sehingga akan membuat EXP karakter pada game menjadi lebih kuat.

Istilah grinding ini pertama kali muncul pada game RPG, saat karakter mengalami kesulitan dalam menyelesaikan main quest. Biasanya sih di sebabkan level yang di miliki oleh karakter masih tergolong rendah.

Sehingga dengan grinding, karakter pemain level-nya bisa menjadi lebih tinggi.


Baca Juga : Pengertian Buff dan Nerf Pada Game


Apa itu Farming Dalam Game?

Farming adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh pemain yang di mana mereka aktif dan rutin melakukan berbagai aksi. Tujuannya untuk memperoleh experiencegolditem dan lainnya.

Selain itu, farming juga di lakukan agar dapat memperoleh berbagai jenis buff dan untuk meningkatkan level karakter yang di mainkan.

Farming ini di lakukan dengan cara player terus aktif membantai moster dan lainnya. Sehingga akan membuat karakter memiliki cukup banyak gold, skill, item, buff dan lain-lain.

Nah, untuk contoh beberapa game yang memiliki kegiatan farming adalah MMO atau MOBA.

Perbedaan Grinding dan Faming di Game

Perbedaan Grinding dan Faming di Game

Pada beberapa pemain baru, terkadang mereka masih ada yang sering salah dalam mengartikan antara grinding dan farming.

Karena mungkin secara garis besarnya pengertian antara kedua istilah ini memang hampir sama persis, sehingga sampai sekarang masih banyak yang salah mengartikannya.

Agar tidak terus di salah artikan, maka berikut ini saya akan coba jelaskan beberapa perbedaannya.

1. Grinding Pada Umumnya Untuk Level

Dalam garis besarnya, istilah dari kata grinding ini lebih terfokus ke dalam mengumpulkan EXP. Sehingga level dari karakter yang di mainkan dalam game bisa cepat naik.

Pada umumnya player yang sedang melakukan grinding akan bisa kita lihat ketika iya selalu mengambil side quest yang memiliki EXP besar. Entah itu bisa melalui reward quest atau bisa juga drop EXP saat membunuh moster.


Baca Juga : Daftar Rank Mobile Legends


2. Farming Umumnya Untuk Item

Tentu berbeda dengan grinding, karena farming pada game secara umum memiliki tujuan untuk mencari item tertentu. Misalnya saja dalam game tersebut kalian memerlukan item tertentu untuk melawan bos musuh atau lainnya.

Maka di sini kalian tentu akan di haruskan untuk mengumpulkan item-item tersebut. Nah, pada saat mengumpulkan itemitem inilah yang prosesnya di namakan dengan farming.

3. Grinding Untuk Objective Tertentu

Tidak hanya untuk level saja, grinding juga memiliki tujuan untuk fokus dalam mengembangkan karakter pada sebuah game.

Sebagai contoh, misalnya saja seperti statistik karakter. Entah itu dari segi agilityattack, defend atau lainnya. Maka proses untuk meningkatkan statistik inilah yang di namakan sebagai grinding.

4. Farming Untuk Resource Tertentu

Hampir sama dengan item yang sebelumnya, farming juga bisa di artikan sebagai proses saat player sedang mengumpulkan resource tertentu.

Tapi artinya jauh lebih luas dari hanya mengumpulkan item, ya. Misalnya saja seperti resource untuk memperoleh crafting, untuk meningkatkan kualitas suatu barang dalam game yang kita miliki dan masih banyak lagi.

Jenis Game yang Mempunyai Grinding

Seperti yang sudah saya singgung di atas tadi, kalau istilah dari kata grinding ini hanya terdapat dalam game RPG saja.

Kenapa? Tentu ini karena genre game ini mempunyai karakter yang paten, level serta quest dan sesuailah dengan arti grinding itu sendiri.

Ada beberapa contoh game yang menerapkan istilah grinding di dalamnya, seperti:

  1. Runescape
  2. Genshin Impact
  3. Atlantica Online
  4. Black Deser Mobile

Walaupun begitu, istilah grinding bagi sebagai orang juga sering di sebutkan dalam game MOBA. Karena pada game MOBA juga mempunyai fitur level serta hunting resource tertentu.

Namun untuk istilah dalam game MOBA, saya rasa akan jauh lebih tepat jika aktivitasnya itu di sebut dengan farming saja,

Jenis Game yang Terdapat Farming

Dari penjelasan di atas, istilah dari farming itu bisa bermakna banyak hal. Tapi jika memakai konteks genre, maka farming ini mengartikan game yang fokus pada kegiatan agrikultur atau perternakan.

Sedikit tambahan untuk kalian, istilah farming sendiri pertama kali populer saat adanya seri Harvest Moon.

Berikut contoh game yang menerapkan istilah farming:

  • Summer In Mara
  • Mobile Legends
  • Slime Rancher – Berternak Slime
  • Farm Frenzy Series

Penutup

Baiklah, mungkin itu saja sedikit rangkuman mengenai arti grindingi dan farming pada game yang dapat saya hadirkan.

Apabila ada penjelasan yang kurang di mengerti atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian dalam memahami istilah-istilah dalam sebuah game.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.