Cara Cek Keaslian HP Xiaomi

Cara Cek Keaslian HP Xiaomi Dengan Akurat

Cara Cek Keaslian HP Xiaomi – Memang sudah menjadi langganan kalau produk yang populer itu menjadi sasaran duplikat oleh beberapa oknum. Hal ini juga terjadi pada semua tipe ponsel terbaru yang sudah di rilis oleh Xiaomi dan membuat banyak orang kesulitan membedakan HP Xiaomi asli dan palsu.

Sampai saat ini, ponsel Xiaomi juga rata-rata masih banyak orang yang mencarinya. Bahkan, ada smartphone Xiaomi yang tidak masuk secara resmi (tidak melalui proses TKDN) ke Indonesia dan masih tetap laku di pasaran. Kalian bisa melihatnya di beberapa situs e-commerce yang menjual produk Xiaomi, banyak terdapat tipe HP yang di jual belum resmi masuk ke Indonesia.

Tentu yang membuat brand Xiaomi cepat populer itu bukan tanpa alasan pastinya, karena harga yang di tawarkan relatif murah dengan desain dan teknologi terbaru, membuat ponsel Xiaomi cepat di lirik oleh konsumen. Kondisi tersebut juga membuat Xiaomi menjadi sasaran empuk untuk di duplikat produknya oleh oknum yang mengambil keuntungan dengan cara kurang baik.

Hebatnya lagi, HP Xiaomi palsu yang di jual di pasaran itu sangat mirib sekali dari segi bentuk serta desain aslinya. Meski sebenarnya ada beberapa perbedaan minor antara HP Xiaomi asli dan palsu, namun jika secara seklias mungkin sulit untuk membedakannya.

Oleh karena itu, sebelum kalian berniat untuk membeli HP Xiaomi, ada baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu dengan lebih detail. Meski terasa sulit, namun di sini Kampung Gadget akan membagikan kalian beberapa tips mudah untuk membedakan HP Xiaomi Asli dan palsu.

Cara Cek Keaslian HP Xiaomi Agar Tidak Tertipu

Meski sekarang ini sudah ada beberapa kebijakan dari pemerintah terkait hal tersebut, namun tetap saja masih ada produk Xiaomi palsu yang di jual. Hal tersebut jelas merugikan kita sebagai konsumen, karena kualitas dari produk palsu tentu sangat jauh berbeda dari aslinya.

Nah, agar itu tidak kalian alami, maka berikut 10 cara cek keaslian HP Xiaomi dengan akurat.

1. Periksa Bagian Fisik HP

Cara yang paling sederhana ketika ingin mengecek keaslian HP Xiaomi yang di beli adalah dengan memeriksa fisiknya. Secara umum proses ini sangat mudah untuk di lakukan, karena kalian hanya perlu memperhatikan bagian belakang casing-nya.

Untuk HP Xiaomi asli, kalian akan melihat sertifikasi replacement, garansi Xiaomi dan juga kode keamanan di sana. Sedangkan untuk produk Xiaomi yang palsu, biasanya di bagian belakang ponsel akan terlihat blur dan warnanya lebih cerah atau lebih pudar.

Selain itu, tidak adanya sertifikasi dan kode keamanan seperti yang dimiliki HP Xiaomi asli, hal inilah yang bisa mengindikasikan kalau itu merupakan produk palsu. HP Xiaomi palsu biasanya memiliki bagian ujung yang kotak dan tidak tajam dan kartu garansi yang tidak lama serta murahan.

2. Cek Keaslian HP Xiaomi Secara Online

Selain yang pertama, kalian juga bisa mengecek keaslian HP Xiaomi dengan media online, lebih tepatnya lewat situs Mi Verification. Jika kalian ingin mendapatkan aplikasinya, maka bisa melihatnya di sini. Kalian juga bisa mengakses situs tersebut dengan browser di PC ataupun langsung lewat ponsel Xiaomi.

Download file APK yang sudah di sediakan pada situs tersebut. Setelah itu kalian bisa memasang atau install pada HP Xiaomi yang ingin di cek keasliannya. Jangan lupa juga untuk mengatur hak akses atau izin install aplikasi di luar Google Playstore.

Apabila sudah berhasil di pasang, kalian bisa langsung mengakses kembali Mi Verification, ada baiknya kalian mengaksesnya dengan PC atau laptop. Setelah itu, scan kode QR yang sudah di sediakan pada situs tersebut. Jika berhasil, kalian akan melihat informasi lengkap mengenai keasilan ponsel Xiaomi yang di beli.

Penting: Untuk produk Xiaomi generasi awal-awal seperti Redmi 1S dan Redmi 2, biasanya tidak mendukung proses pemindaian ini. Jadi kalian mungkin bisa menggunakan cara sebelumnya atau yang selanjutnya.

3. Cek Keaslian HP Xiaomi Melalui Factory Reset

Apabila kalian membeli sebuah produk ponsel Xiaomi dengan harga yang lebih murah, maka ada baiknya kalian perlu mengecek apakah benar ponsel tersebut sesuai dengan spesifikasi yang di tawarkan. Misalnya saja kalian membeli HP Xiaomi Mi A1 dengan harga terlampau murah.

Normalnya harga HP Xiaomi saat ini berada di 2.8 juta keatas. Nah, apabila kalian membeli dengan harga yang lebih murah, atau sekitar 1,5 jutaan kebawah, maka kalian wajib waspada. Karena bisa saja produk tersebut merupakan ponsel KW atau bukusnya saja Mi A1, namun jeroannya ternyata di bawah Redmi 1S.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena sekarang ini sudah ada oknum yang dengan segala dayanya mampu memanipulasi angka pada aplikasi benchmark. Nah, untuk bisa mengidentifikasinya, kalian bisa melakukan factory reset atau instal ulang ponsel ke pabrik.

Caranya begini:

  • Pastikan HP Xiaomi sudah dalam keadaan mati.
  • Tekan kombinasi tombil Power + Volume UP secara bersamaan.
  • Maka kalian akan masuk ke Recovery Mode.
  • Lalu pilih menu Factory Reset.
  • Tunggu sampai proses reset selesai.

Apabila sudah selesai, kalian bisa memeriksa kembali jeroan dari ponsel Xiaomi yang di beli dengan aplikasi Antutu atau CPU-Z dan Sensor Box.


Cara ini biasanya sangat cocok ketika kalian membeli HP Xiaomi bekas ataupun baru, namun tidak di tempat resminya.


4. Lihat Bagian Sistem Operasi

Pada dasarnya, HP Xiaomi yang beredar sekarang ini sudah menggunakan sistem MIUI. Nah, biasanya ponsel Xiaomi asli itu akan mendapatkan MIUI denga versi yang stabil. Jika pada saat kalian memeriksa MIUI pada HP Xiaomi yang di beli dan tertulis versi beta, biasa jadi ponsel tersebut merupakan produk palsu. Karena biasanya produk palsu menggunakan sistem MIUI abal-abal.

Untuk proses pengecekan sistem MIUI sebenarnya bisa kalian lakukan melalui media internet. Kalian dapat memeriksa sistem MIUI yang tertera itu sesuai dengan ponsel Xiaomi yang di beli. Namun jika ternyata tidak, biasa jadi HP Xiaomi yang kalia beli memang merupakan produk palsu.

5. Pengecekan Dibagian Baterai

Selain beberapa tips yang sudah di sebutkan tadi, kalian juga bisa cek keaslian HP Xiaomi dengan memeriksa bagian baterai. Jika ketika kalian memeriksa dan mendapatkan baterai HP Xiaomi yang berwarna orange, maka bisa di pastikan HP tersebut asli.

Hal ini dikarenakan HP Xiaomi memang menggunakan warna dan desain baterai yang cerah, seperti warna orange. Ini juga menjadi ciri khas dari vendor Xiaomi, sebab produsen lainnya biasanya hanya menggunakan baterai dengan warna hitam atau putih hitam.

Jika baterai di HP Xiaomi tersebut ternyata memiliki warna lain, maka kemungkinan besar ponsel Xiaomi yang kalian beli merupakan produk palsu. Jangan lupa juga untuk memeriksa kapasitas baterai, apakah sesuai dengan spesifikasi yang di tawarkan atau tidak.


Ingin privasi kalian tetap terjaga dari tangan jahil orang lain? Begini cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi agar privasi tetap terjaga dengan baik.


6. Cek Keaslian HP Xiaomi Dengan Melihat IMEI

Cek Keaslian HP Xiaomi Dengan Melihat IMEI

Pada dasarnya, semua tipe HP yang di jual itu mempunyai nomor IMEI serta serial number, termasuk juga dengan HP Xiaomi. Untuk mengecek nomor IMEI dan serial number, kalian bisa melakukannya dengan melihat di bagian paket penjualan. Lalu kalian dapat mencocokannya dengan nomor IMEI yang tertempel pada HP dengan boxnya, apakah sesuai atau tidak.

Jika produk yang kalian beli asli, maka nomor IMEI dan serial number akan terlihat sama atau tidak ada perbedaan satu angkapun. Tapi jika ternyata berbeda, maka kalian patut mencurigai produk Xiaomi yang di beli, karena bisa saja itu merupakan produk palsu.

Selain itu, kalian juga bisa mengecek nomor IMEI dengan menggunakan kode rahasial Xiaomi. Caranya itu seperti ini:

  1. Buka Dial Phone di HP Xiaomi kalian.
  2. Pada keyboard kalian ketikan kode *#06#.
  3. Kemudian pilih Panggil.

Maka secara otomatis kalian akan melihat tampilan yang berisikan nomor IMEI dari HP Xiaomi yang di gunakan. Lakukan juga pencocokan dengan nomor IMEI yang di dapat dengan yang tertulis di bagian box atau bodi HP.

7. Lihat Tampilan Layar

HP Xiaomi palsu sebenarnya mempunyai tampilan layar yang berbeda dengan layar ponsel Xiaomi yang asli. Karena pada HP Xiaomi asli itu, layarnya akan terlihat lebih cerah serta jernih. Sedangkan untuk layar ponsel Xiaomi palsu, biasanya akan terlihat kekuning-kuningan.

Untuk memeriksanya, kalian bisa memakai HP Xiaomi untuk menonton video yang memiliki kontras warna. Lalu perhatikan warna yang di tampilkan, jika terlihat warna yang tampak kekuning-kuningan, maka perangkat Xiaomi tersebut adalah palsu.

8. Periksa Hasil Foto dan Kameranya

Cara membedakan HP Xiaomi asli dan palsu yang selanjutnya dapat kalian lakukan dengan cara memeriksa bagian kamera dan hasil fotonya. Agar lebih bagus, kalian juga bisa mengecek spesifikasi dari kamera yang ada pada ponsel Xiaomi.

Pastikan spesifikasi kamera yang terdapat di HP Xiaomi tersebut sesuai dengan spesifikasi resmi dari perangkat tersebut. Jangan lupa juga untuk memastikan hasil foto dari kamera Xiaomi tersebut. Meski begitu, perlu kalian ingat juga kalau hasil foto yang baik belum bisa menandakan kalau produk HP Xiaomi tersebut asli.

9. Akses Mi Recovery Untuk Memeriksa Keaslian

Semua HP Xiaomi asli itu memiliki akses untuk masuk ke Mi Recovery. Untuk akses ke Mi Recovery dapat dilakukan saat ponsel sudah dalam keadaan mati, seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Kalian hanya perlu menekan kombinasi tombol Power dan Volume up secara bersamaan.

Ketika proses masuk ke Mi Recovery, biasanya kalian akan melihat tampilan Mi kelinci yang tampak sedang mengoperasikan maskot robot Android. Setelah berhasil, kalian akan menjumpai pilihan bahasa Inggris dan juga China.

Nah, jika pada saat kalian mengakses Mi Recovery langsung menuju menu Mi Recovery mode tanpa melewati proses pemilihan bahasa, ada indikasi kalau HP Xiaomi tersebut adalah produk palsu.

10. Menggunakan 20 Kode Rahasia Xiaomi

Cara cek keaslian HP Xiaomi yang terakhir, kalian bisa menggunakan 20 kode yang di miliki oleh HP Xiaomi asli. Untuk mendapatkan kode tersebut, kalian dapat menemukannya di bagian box Xiaomi langsung. Caranya dengan menemukan label otentikasi lalu menggosoknya sampai terlihat 20 digit kode rahasia.


Penting untuk kalian ketahui, kalau tidak semua tipe HP Xiaomi yang mempunyai kode tersebut, terutama untuk produk Xiaomi yang India version.


Apabila kalian sudah menemukan 20 digit kode rahasia tersebut, lanjut ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama kalian bisa masuk ke Mi Verification di sini.
  2. Lalu kalian pilih Xiaomi Product Authentication.
  3. Kemudian isikan 20 digit kode rahasia pada kolom yang di sediakan.
  4. Apabila sudah, jangan lupa mengisikan Captca dan pilih Verify.

Jika berhasil, kalian akan melihat informasi lengkap mengenai identitas dari HP Xiaomi yang di beli.

Tips Membeli HP Xiaomi Asli

Sebenarnya, apabila kalian tidak ingin ribet saat membedakan HP Xiaomi asli atau palsu, maka ada sebuah tips sederhana yang bisa di coba. Sebelum kalian membeli sebuah HP Xiaomi, alangkah baiknya untuk lebih berhati-hati terlebih dahulu. Caranya dengan memastikan toko atau tempat kalian membeli produk Xiaomi itu memang sudah terpercaya, seperti Mi Store, Erafone dan lainnya.

Ada baiknya untuk menghindari membeli produk Xiaomi secara online, karena kebanyakan HP Xiaomi palsu itu di jual secara online. Namun jika memang terpaksa atau ingin membeli HP Xiaomi secara online, maka pastikan membelinya di official store Xiaomi resmi.

Jika kalian membeli produk Xiaomi dari penjual lain, maka pastikan juga rating dari produk tersebut serta lihat komentar yang ada. Apabila banyak komentar yang mengatakan puas dan juga rating penjual sangat bagus, maka tidak ada salahnya untuk membeli produk Xiaomi di toko tersebut.

Penutup

Bagaimana, sangat mudah dan gampang bukan cara cek keaslian HP Xiaomi? Dari beberapa cara di atas, saya pribadi lebih merekomendasikan kalian untuk menggunakan cara mengecek nomor IMEI yang ada pada HP Xiaomi. Hal ini karena masing-masing produk ponsel itu memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda, jadi kecil kemungkinan untuk bisa di duplikasi.

Selain itu, kalian juga wajib memastikan tempat saat ingin membeli produk Xiaomi. Pilihlah tempat atau toko yang memang resmi dan banyak orang merekomendasikan tempat tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.