Sinyal Axis Hilang

Sinyal Axis Hilang Tiba-tiba

Cara Atasi Sinyal Axis Hilang – Apakah kalian pengguna setia operator Axis? Tentu ketika internetan dengan Axis yang sedang gangguan emang paling tidak nyaman bukan. Apalagi saat sedang ingin mengakses sesuatu yang penting di internet, pastinya sangat menjengkelkan.

Apalagi Axis merupakan layanan penyedia internet murah meriah yang dapat di gunakan untuk keperluan apapun di internet. Hal inilah yang membuat pengguna kartu Axis menjadi semakin banyak dan terus bertambah setiap harinya.

Kondisi sinyal Axis yang hilang memang sering terjadi, termasuk saya sendiri juga pernah mengalaminya.

Nah, jika dari kalian mengalami hal yang sama dengan saya, silakan simak artikel ini sampai akhir.

Penyebab Sinyal Axis Hilang

Walaupun tidak sedang ada cuaca akstrim atau gangguan dari pusat, terkadang jaringan Axis bisa hilang secara tiba-tiba. Atau bahkan sering juga memunculkan notifikasi “Tidak ada layanan”.

Untuk hal tersebut, sebenarnya ada beberapa faktor yang memicu masalah jaringan Axis hilang saat di gunakan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Posisi kartu Axis tidak pas
    Apabila sinyal Axis hilang setelah kalian selesai memasang kartu pada HP, kemungkinan posisi kartu tidak sesuai. Hal ini bisa menjadi penyebab sinyal Axis hilang secara mendadak.
  2. Ada kerusakan pada perangkat
    Adanya kerusakan pada komponen HP juga bisa menjadi pemicu masalah jaringan Axis, terutama pada komponen yang berhubungan dengan jaringan.
  3. Daerah atau lokasi belum tercover jaringan Axis
    Selain kerusakan pada komponen, masalah jaringan Axis gangguan juga bisa terjadi karena lokasi atau tempat tinggal kita belum sepenuhnya tercover layanan dari Axis.
  4. Sedang ada perbaikan jaringan
    Ketika sedang ada perbaikan layanan dari pusat Axis juga bisa menjadi penyebab hilangnya sinyal secara tiba-tiba.
  5. Masa aktif kartu sudah habis
    Masa aktif kartu Axis juga bisa menjadi pengaruh bagus tidaknya layanan yang bisa kita dapatkan.

Selain beberapa faktor itu, mungkin masih ada banyak penyebab sinyal Axis hilang hari ini. Namun yang paling umum dan pernah saya alami sendiri sih seperti yang sudah di sebutkan di atas tadi.


Sering kehabisan pulsa secara mendadak? Coba gunakan layanan pinjam pulsa Axis.


Cara Mengatasi Sinyal Axis Hilang (Tidak Ada Layanan)

Bagaimana sobat, kalian udah tahu kan kenapa kartu Axis mengalami gangguan? Nah, selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa solusi yang juga pernah saya sendiri pakai dalam mengatasi masalah ini.

Untuk mengatasi masalah sinyal Axis yang hilang, sebenarnya ada beberapa tips sederhana yang bisa di gunakan dan cara ini juga sudah di tulis dalam halaman resmi Axis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Aktifkan Airplane Mode

Cara pertama untuk mengatasi sinyal Axis hilang adalah dengan mengaktifkan dan menonaktifkan fitur airplane mode pada HP. Meski terdengar sederhana, namun cara ini sangat ampuh dalam mengatasi masalah sinyal hilang atau tidak ada layanan.

Selain itu, fitur airplane mode juga mempunyai fungsi untuk me-refresh jaringan yang ada pada perangkat. Nah, jika ada masalah pada jaringan, fitur ini akan menggantinya dengan jaringan yang baru.

Caranya seperti ini:

  • Usap dari atas ke bawah menggunakan jari sampai muncul bar status.
  • Lalu ketuk menu Mode Pesawat.
  • Tunggu beberapa saat.
  • Kemudian ketuk lagi untuk menonaktifkan.
  • Terakhir periksa jaringan pada HP.
  • Selesai.

Jika jaringan masih belum muncul, silakan coba ulangi cara tadi beberapa kali atau sampai kembali normal. Atau bisa juga dengan membiarkan mode pesawat aktif dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

2. Nyalakan Ulang HP

Selanjutnya, jika dengan menggunakan mode pesawat masih belum bisa memperbaiki jaringan Axis pada HP, maka coba restart (nyalakan ulang) ponsel seperti biasa.

Karena dengan menyalakan ulang HP, jika memang terjadi gangguan yang di sebabkan oleh error atau bug pada sistem akan di perbaiki. Caranya juga sangat mudah sekali, kok.

  • Pertama tekan dan tahan tombol Power pada HP.
  • Lalu pilih Matikan Daya atau Power Off.
  • Jika memungkinkan, copot baterai.
  • Tunggu saja beberapa saat (2-3 menit).
  • Terakhir tekan dan tahan tombol Power kembali untuk menyalakan HP.
  • Selesai.

Biasanya jika memang terjadi error atau ada bug pada sistem, dengan restart masalah itu akan di perbaiki secara otomatis.

3. Cek Masa Aktif Kartu Axis

Masa aktif kartu sangatlah penting, karena ini akan mempengaruhi kualitas layanan yang bisa di gunakan. Jika masa aktif kartu sudah habis atau dalam masa tenggang, maka secara otomatis layanan akan di berhentikan.

Ini juga bisa menjadi penyebab sinyal Axis tiba-tiba hilang. Jadi, coba periksa dulu masa aktif dari kartu Axis yang kalian gunakan. Caranya hampir sama seperti saat kalian cek nomor Axis.

4. Pergi Ketempat Terbuka

Jika masa aktif kartu masih panjang dan masih mengalami masalah tidak ada layanan Axis, kemungkinan ini di sebabkan oleh tempat kalian berada saat ini. Faktor lokasi juga sangat berpengaruh terhadap kualitas sinyal yang bisa kita dapatkan.

Solusinya? Coba deh kalian pergi ketempat lain atau cari tempat yang lebih terbuka dari sebelumnya. Misalnya saja teras rumah atau taman, intinya cari lokasi yang lebih terbuka dan tidak terhalang oleh bangunan yang tinggi.

5. Ganti Pengaturan APN

Masalah sinyal Axis yang hilang juga bisa di sebabkan oleh pengaturan APN yang salah atau tidak sesuai. Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya, kalau APN ini sangat berpengaruh terhadap kualitas sinyal yang bisa di dapatkan.

Coba deh kalian atur kembali pengaturan APN Axis yang ada pada perangkat dengan yang baru. Caranya seperti ini:

  1. Buka menu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu klik menu Jaringan.
  3. Pilih SIM yang memakai kartu Axis (jika HP memakai dua kartu).
  4. Kemudian pilih APN (Acces Point Name).
  5. Jangan rubah APN yang sudah ada, tapi klik Add New APN.
  6. Masukan APN Axis yang sesuai.
  7. Klik Simpan.
  8. Terakhir klik Aktifkan APN.

Setelah APN Axis sudah kalian aktifkan, silakan restart HP kalian terlebih dahulu. Ini agar sistem pada HP bisa menyesuaikan pengaturan APN yang sudah kita buat.


Ingin tahu berapa sisa kuota yang masih di miliki? Begini cara cek kuota Axis.


6. Hubungi Call Center Axis

Jika solusi di atas tadi belum juga bisa mengatasi masalah sinyal Axis yang tiba-tiba hilang, maka coba hubungi call center Axis. Karena bisa saja masalah ini terjadi karena memang sedang ada perbaikan layanan dari pusatnya.

Agar bisa memastikan kebenarannya, kalian bisa langsung menghubungi call center Axis di nomor 838 atau bisa juga (021) 8000 838.

Nanti setelah terhubung, kalian bisa menanyakan langsung kendala atau masalah yang sedang di alami saat ini.

7. Reset HP

Terakhir, jika memang tidak sedang ada gangguan dari pusat serta tidak terjadi cuaca buruk di lokasi kalian, itu artinya ada sebuah bug yang berjalan di sistem.

Untuk mengatasinya, silakan coba kalian reset HP kembali ke pengaturan pabrik. Ini agar bisa membuat bug yang ikut berjalan pada sistem di perbaiki.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan yang ada pada HP.
  2. Kemudian cari Pengaturan Tambahan.
  3. Lalu ketuk menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  4. Silakan pilih lagi menu Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  5. Jika muncul notifikasi, ketik Iya, Setuju, Setel Ulang (atau sejenisnya).
  6. Terakhir tinggal menunggu HP menyala kembali.
  7. Selesai.

Penting:

Sebelum kalian melakukan reset, ada baiknya untuk membackup terlebih dahulu data-data penting yang ada di dalam HP. Karena jika tidak, saat proses reset berjalan, semua data tersebut akan terhapus secara permanen.

Data ini meliputi, foto, video, akun sosial media, kontak telepon, pesan masuk dan masih banyak lagi.

Cara bakcup data penting di Android tidak sulit kok, karena saya juga sudah pernah membahas caranya secara lengkap di artikel sebelumnya. Bila kalian belum tahu dan masih bingung, silakan ikuti saja tutorial yang saya bagikan di sana.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi masalah sinyal Axis hilang tiba-tiba atau tidak ada layanan yang bisa saya rangkumkan. Beberapa solusi di atas adalah rangkuman dari pengalaman pribadi saya sendiri yang beberapa waktu lalu mengalami masalah pada sinyal Axis.

Apabila ada yang kurang jelas atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.