Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul

Cara Mudah Mengatasi Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul

Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul – Di pembahasan sebelumnya, saya pernah menjelaskan tentang bagaimana cara mengatasi data seluler Telkomsel yang tidak muncul pada HP. Selain masalah tersebut, ternyata masih ada lagi satu masalah lain yang sering di alami oleh pengguna kartu Telkomsel.

Di mana masalah tersebut, ialah sinyal 4G Telkomsel yang tidak muncul pada HP padahal ikon sinyalnya penuh.

Nah, masalah tersebut juga sering terjadi dan bisa di bilang saya sendiri pernah mengalami hal tersebut. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang pernah saya sendiri gunakan ketika mengalami masalah tersebut.

Mungkin dari kalian juga sudah tahu, kalau sinyal 4G itu termasuk jenis jaringan yang sangat nyaman di gunakan. Ini tentunya karena kualitas kecepatannya yang jauh lebih baik dan juga ping yang relatif lebih rendah.

Cara Mengatasi Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul

Untuk kalian yang mungkin pernah atau sedang mengalami masalah sinyal 4G Telkomsel yang hilang, sebaiknya kalian tidak perlu bingung dan panik. Kenapa? Karena masalah seperti biasanya terjadi karena ada dua faktor yang menyebabkanya. Seperti:

  1. Adanya masalah pada penangkap sinyal.
  2. Dan masalah pada HP.

Lalu gimana cara mengembalikan sinyal 4G Telkomsel yang hilang?

Sebenarnya sih mudah, namun di sini kalian juga wajib tahu dulu. Meski faktor penyebab masalah sinyal 4G Telkomsel yang hilang ada dua, namun untuk mengatasinya tidaklah sama, karena ada beberapa tips lainnya.

Nah, berikut ini saya juga sudah rangkumkan beberapa cara mudah untuk mengatasi sinyal 4G Telkomsel yang tidak muncul pada HP. Silakan coba ikuti sesuai urutan yang saya buat, ya. Karena terkadang hanya dengan cara sederhana saja sinyal 4G Telkomsel bisa muncul kembali.

1. Pindah ke Ruangan yang Lebih Terbuka

Cara mengatasi sinyal 4G Telkomsel yang tidak muncul pertama bisa kalian lakukan dengan mencoba pindah ke ruangan yang lebih terbuka dari sebelumnya. Ini biasanya karena sinyal operator seluler akan lebih mudah tertangkap pada ruangan yang terbuka dari pada di ruangan yang tertutup.

Sehingga opsi untuk pindah ke ruangan yang lebih terbuka bisa kalian coba agar sinyal 4G Telkomsel di HP dapat muncul kembali.

Kondisi seperti ini juga cukup sering terjadi, apalagi untuk mereka yang tinggal di daerah-daerah yang susah sinyal. Maka sepatutnya opsi sederhana ini bisa kalian coba dulu.


Baca Juga : Mengenal Paket Sweet Chat Telkomsel


2. Rubah Sinyal Pada HP ke 4G Only

Jika sebelumnya kalian tidak pernah merubah pengaturan jaringan di HP, maka secara default jaringan pada Android akan bersifat otomatis (2G, 3G atau 4G). Ini menandakan kalau penggunaan jaringan tersebut bisa berubah-ubah dengan sendirinya.

Sistem pada HP juga akan menyesuaikan jaringan mana yang di anggap paling baik dan di jadikan sebagai prioritas. Nah, inilah yang terkadang membuat sinyal 4G Telkomsel sering hilang dan muncul lagi pada HP.

Solusinya, di sini kalian bisa mencoba untuk mengubah pengaturan jaringan tersebut ke opsi 4G only saja.

Ada dua cara untuk mengubah jenis jaringan pada HP, mulai dari:

1. Cara pertama:

  • Buka dulu menu Pengaturan pada HP.
  • Kemudian masuk ke menu Kartu SIM & Data Seluler.
  • Pilih SIM yang menggunakan kartu Telkomsel (jika HP menggunakan dua SIM Card).
  • Lalu tekan menu Jenis Jaringan yang Disukai.
  • Silakan atur ke 4G LTE.

2. Cara kedua:

  • Silakan buka aplikasi Telepon.
  • Lalu pada keyboard tekan *#*#4636#*#*.
  • Kemudian pilih kartu SIM yang akan kalian atur jaringannya.
  • Jika sudah, silakan atur ke mode jaringan 4G.
  • Selesai.

Tambahan:

Apabila sinyal 4G Telkomsel di HP tiba-tiba hilang dan muncul lagi atau bahkan sebelumnya tersedia, kemungkinan ini di sebabkan oleh daerah yang kalian tempati kualitas sinyalnya kurang bagus.

Selain itu, dengan mengatur jaringan ke 4G only, maka akan membuat HP selalu memprioritaskan sinyal 4G saja. Hal ini biasanya membuat HP tidak bisa menerima SMS masuk dari nomor lain, jadi jika ada pilih (2G, 3G, 4G otomatis), silakan aktifkan pengaturan jaringan itu saja.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Masalah sinyal 4G Telkomsel tidak muncul juga bisa terjadi dikarenakan adanya sebuah error tertentu pada sistem HP.

Untuk masalah seperti ini, kalian dapat mengatasinya dengan memanfaatkan fitur mode pesawat (airplane mode) yang ada pada HP. Ini bertujuan untuk menyegarkan kembali jaringan yang ada di HP.

Cara tersebut juga di percaya mampu untuk mengatasi berbagai macam jenis error yang terdapat di HP, terutama yang berkaitan dengan jaringan.

Penting:

Ada sedikit cara khusus, di sini kalian bisa mencoba untuk mengaktifkan mode pesawat selama 1 sampai 2 menit (mungkin bisa lebih), setelah itu matikan kembali.

Cara ini juga sudah sering saya jelaskan di pembahasan sebelumnya yang berhubungan dengan masalah-masalah error pada sistem HP. Biasanya cukup ampuh sekali untuk mengatasi sinyal 4G yang hilang.

4. Gunakan Jenis Jaringan Lain

Mengganti jenis jaringan yang saya maksud di sini itu juga di tunjukkan untuk melakukan penyegaran (me-refresh) pada sinyal. Sehingga nanti bisa membuat sinyal 4G Telkomsel yang hilang pada HP dapat muncul kembali.

Caranya juga tidak sulit, karena kalian hanya perlu:

  • Membuka aplikasi Telepon pada HP.
  • Kemudian ketikan *#*#4636#*#*.
  • Lalu tekan menu Panggil.
  • Silakan masuk ke Informasi Telepon.
  • Rubah pengaturan sinyal menjadi WCDMA Only terlebih dahulu.
  • Tunggu beberapa menit.
  • Lalu rubah lagi menjadi LTE Only.
  • Selesai.

Prosesnya kurang lebih sama seperti poin sebelumnya yang sudah saya jelaskan.


Baca Juga : Cara Daftar TM Telkomsel


5. Nyalakan Ulang HP

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi sinyal 4G Telkomsel yang tidak muncul adalah dengan menyalakan ulang HP (Restart). Dalam beberapa kasus, opsi restart terkadang juga bisa memperbaiki masalah sinyal 4G di HP yang hilang dan muncul lagi.

Di sini ketika kita melakukan restart HP, maka secara otomatis aktivitas ini akan membuat error yang berjalan di HP menjadi terhenti. Hasilnya sistem pun juga akan di reset kembali seperti awal.

Dampaknya jelas banyak, seperti jaringan di HP juga akan di refresh. Selain itu masalah pada sinyal yang sedang kalian alami juga bisa teratasi dengan mudah.

6. Atur Ulang APN Telkomsel Pada HP

Bisa di katakan juga kalau mengatur ulang APN itu merupakan hal yang wajib untuk kita lakukan. Ini karena pihak Telkomsel juga sudah merekomendasikan pengaturan APN tersebut di situs resminya.

Untuk cara mengaturnya begini:

  • Buka dulu menu Pengaturan di HP kalian.
  • Kemudian masuk ke pengaturan Kartu SIM.
  • Lalu pilih SIM yang menggunakan kartu Telkomsel.
  • Pilih APN.
  • Berikutnya silakan buat APN baru.
  • Terakhir masukan APN yang di inginkan, jangan lupa tekan Simpan dan Aktifkan APN.

Ada beberapa rekomendasi pengaturan APN Telkomsel 4G tercepat yang bisa kalian gunakan. Kalau saya sendiri sih lebih sering mengisi APN dengan nama “internet“, sedangkan untuk username dan password di kosongkan saja.

Alasannya, ini karena APN “internet” itu bersifat universal. Selain itu, pengaturan APN tersebut juga sudah di rekomendasikan langsung oleh pihak Telkomsel.

7. Pastikan HP dan Kartu Telkomsel Sudah Support 4G

Tentu sudah menjadi persyaratan awal, kalau untuk mengakses internet di jaringan 4G, maka perangkat serta kartu SIM yang di pakai wajib sudah mendukung jaringan tersebut.

Walaupun saat ini rata-rata kartu dan HP sudah mendukung jaringan 4G, namun tidak sedikit juga yang masih menggunakan HP serta kartu lama yang belum mendukung jaringan 4G.

Jika sudah seperti itu, tentu saja sinyal 4G tidak akan bisa di gunakan. Ini termasuk juga ketika kalian menggunakan operator Telkomsel. Jadi, solusinya kalian bisa cek terlebih dahulu, apakah HP dan kartu sudah 4G atau belum.

8. Hubungi Customer Service Telkomsel

Cara mengatasi sinyal 4G Telkomsel tidak muncul terakhir bisa kalian lakukan dengan cara menghubungi customer service Telkomsel langsung. Langkah ini dapat kalian gunakan apabila semua solusi di atas tadi belum bisa mengembalikan sinyal 4G Telkomsel yang hilang.

Siapa tahu juga kalau hilangnya sinyal 4G dari Telkomsel itu di sebabkan oleh adanya perbaikan atau gangguan dari pusatnya.

Di sini kalian bisa menghubungi call center Telkomsel di nomor 0807811811 atau bisa juga dengan mengunjungi langsung situs resmi Telkomsel. Nanti di sana kalian bisa menanyakan perihal hilangnya sinyal 4G pada kartu Telkomsel.

Penutup

Sebenarnya tidak hanya berlaku pada kartu Telkomsel saja, karena hilangnya sinyal 4G juga bisa terjadi pada operator lainnya. Serta masalah ini juga bisa di katakan sangat umum, mengingat pengguna operator SIM di Indonesia itu setiap harinya terus bertambah.

Mungkin itu saja beberapa cara mudah mengatasi sinyal 4G Telkomsel tidak muncul pada HP. Semoga dengan beberapa tips di atas, bisa membantu kalian yang saat ini sedang mengalami masalah tersebut.

Jika memiliki saran atau ada pertanyaan, bisa kalian tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.