Cara Membuat Spotify Wrapped

Cara Membuat Spotify Wrapped dan Membagikannya ke Sosial Media

Cara Membuat Spotify Wrapped – Untuk mereka yang sering mendengarkan musik di Spotify, pastinya tidak hanya satu atau dua saja musik yang di dengarkan. Yup, pastinya bisa mencapai 10 bahkan ada juga yang lebih dari itu.

Nah, jika sering di gunakan, dalam jangka waktu tertentu, pastinya jumlah lagu yang pernah di dengarkan akan mencapai ribuan lagu. Di Spotify, ada satu fitur yang saya rasa masih tidak banyak pengguna tahu, fitur ini bernama Spotify Wrapped.

Bagi kalian yang belum tahu, fitur ini nantinya akan berfungsi untuk menampilkan kembali semua aktivitas kita saat menggunakan Spotify. Sehingga bagi mereka yang mungkin ingin melihat kembali musik yang pernah di dengarkan sebelumnya, maka dapat melalui fitur ini.

Untuk kalian yang mungkin penasaran dan ingin tahu lebih jelas tentang fitur yang satu ini di Spotify. Silakan simak ulasan lengkapnya di artikel ini, ya.

Mengenal Fitur Spotify Wrapped

Spotify Wrapped adalah salah satu fitur yang di sediakan untuk menyimpan semua aktivitas pengguna saat mereka menggunakan aplikasi Spotify. Namun tidak semua aktivitas pengguna akan tersimpan kedalam fitur Wrapped ini, ya.

Karena hanya beberapa aktivitas saja yang dapat tersimpan dalam fitur ini, yaitu aktivitas musik yang pernah di putar dan podcast di Spotify. Biasanya rentang waktu yang bisa tersimpan di fitur ini, hanya selama 1 tahun kebelakang. Jadi, jika lebih dari itu, kemungkinan tidak akan bisa kalian temukan lagi dalam fitur tersebut.

Selain itu, semua aktivitas tersebut juga akan di desain secara otomatis kedalam bentuk cover dan bisa juga kita bagikan ke aplikasi sosial media. Misalnya seperti story Instagram, Facebook, WhatsApp dan masih banyak lagi.


Baca Juga : Cara Reset dan Mengubah Password Akun Spotify


Cara Melihat Spotify Wrapped

Pada dasarnya, Spotify Wrapped ini sangat mudah sekali untuk kita lihat. Ini dikarenakan fitur ini akan langsung muncul secara otomatis di dalam dashboard akun Spotify kita.

Namun dengan satu catatan, ya. Fitur ini hanya akan ada dan tersedia pada akhir tahun saja. Jika sudah lewat akhir tahun, biasanya fitur tersebut akan di hilangkan oleh pihak Spotify.

Meski begitu, kita sebenarnya masih tetap bisa melihatnya lho. Hanya saja tidak mudah dan membutuhkan cara khusus untuk bisa mengakses fitur Wrapped tersebut.

Ingin mencobanya? Silakan simak tutorial cara melihat Spotify Wrapped di bawah ini.

1. Buka Spotify Wrapped

Langkah pertama, di sini kalian bisa membuka aplikasi Spotify terlebih dahulu yang ada pada perangkat. Jika sudah terbuka, maka kalian bisa menekan menu Play yang ada di kolom Spotify Wrapped.

Tapi, bagaimana jika sudah tidak ada kolom Spotify Wrapped lagi? Jangan panik, silakan kalian ketikan saja spotify:Special:2021 pada fitur pencarian yang ada di aplikasi Spotify. Untuk tahunnya bisa kalian rubah sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing, ya.

2. Lihat Spotify Wrapped

Jika kalian sudah menekan menu Play tadi, maka sekarang Spotify Wrapped akan langsung muncul dan bisa di lihat. Untuk tampilannya kurang lebih sih mirib seperti story Instagram.

Silakan kalian dapat mengeceknya sampai selesai dan bisa juga membagikannya ke aplikasi sosial media lainnya. Caranya hanya dengan menekan menu Share yang ada di bawahnya.

3. Simpan Spotify Wrapped

Nanti setelah kalian menekan menu Share tadi, maka di sini akan muncul beberapa opsi lain yang dapat di gunakan juga. Nah, jika kalian ingin menyimpannya pada ponsel, maka bisa menekan menu Download.

Namun jika ingin membagikannya ke akun sosial media lain, maka di sini kalian bisa langsung menekan ikon aplikasi sosial media yang ingin di bagikan story Spotify Wrapped. Seperti Instagram, Facebook, Twitter atau lainnya.

Tambahan:

Fitur Spotify Wrapped ini hanya dapat kalian akses pada aplikasi Spotify versi mobile (Android dan iOS) saja ya. Karena untuk Spotify versi Web maupun PC belum mendukung fitur ini.


Baca Juga : Cara Menampilkan Lirik di Spotify


Jenis-jenis Wrapped Spotify Terbaru

Jenis-jenis Wrapped Spotify Terbaru

Ketika kita membuka Spotify Wrapped, maka kita akan langsung bisa melihat beberapa tampilan story. Nah, storystory ini mempunyai jenis yang berbeda-beda.

Diantaranya itu seperti:

  1. Berapa lama waktu yang kita habiskan untuk mendengarkan musik di Spotify.
  2. 1 jenis lagu yang paling sering kita dengarkan di Spotify.
  3. 5 daftar lagu yang paling banyak kita putar.
  4. Audio aurora, aura lagu yang paling sering di dengarkan.
  5. 4 jenis genre yang paling di sukai.
  6. Podcast yang paling banyak dan sering di dengar.
  7. Serta masih banyak lagi yang lainnya.

Ketika kita menyimpannya pada HP, maka jenis Spotify Wrapped yang ada bisa kita pilih salah satu atau semuanya. Nanti kalian bisa menyesuaikannya dengan keinginan maupun kebutuhan masing-masing.

Sekali lagi, untuk semua data-data yang tampil di Spotify Wrapped itu akan di ambil dari semua aktivitas kita selama 1 tahun kebelakang saat menggunakan aplikasi Spotify.

Penutup

Apabila kalian sudah lama dan terbiasa menggunakan aplikasi Spotify, maka fitur Spotify Wrapped tersebut dapat di gunakan sesuai kebutuhan. Terutama sih untuk kalian yang ingin melihat kilas balik 1 tahun ke belakang. Seperti musik apa saja yang biasa kita dengar serta hal-hal apa saja yang sering di lakukan di dalam aplikasi Spotify.

Jika ada yang masih kurang jelas atau memiliki pertanyaan yang mau di sampaikan, silakan kalian tuliskan saja pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.