HP Tidak Bisa Menerima SMS

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS Paling Aman dan Mudah

HP Tidak Bisa Menerima SMS – Masalah HP tidak bisa menerima SMS itu bukan sebuah permasalahan yang baru, karena kondisi ini sudah sering terjadi. Meski begitu, ketika kondisi tersebut sering membuat kita kerepotan, apalagi kita sedang menunggu SMS masuk dari seseorang.

Meski pada dasarnya saat sudah ada banyak sekali aplikasi chatting yang berbasis internet, namun tidak sedikit dari orang yang masih menggunakan aplikasi pesan bawaan yang ada di ponselnya. Ini mungkin juga karena, aplikasi pesan yang ada pada HP lebih mudah dan cepat digunakan karena tidak membutuhkan akses internet.

Selain itu, fitur SMS yang ada pada HP juga masih sangat dibutuhkan, terutama untuk keperluan formal. Misalnya saja seperti pengiriman kode verifikasi akun, transaksi perbankan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, mengingat karena fitur SMS ini sangat penting, tentu saja saat mengalami masalah HP tidak bisa menerima SMS pastinya akan membuat kita mengalami kesulitan. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena hari ini saya akan membagikan solusi dari masalah HP tidak bisa menerima SMS dari operator.

Kenapa HP Android Tidak Bisa Menerima SMS?

Secara umum, ada beberapa penyebab yang membuat HP kita tidak dapat menerima SMS. Seperti:

  • Masalah pada aplikasi SMS.
  • Kotak masuk pada SMS penuh.
  • Terjadi kesalahan pada pengaturan jaringan.
  • Lokasi tidak didukung oleh provider SIM.
  • Operator sedang gangguan.
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Intinya itu, masalah HP tidak bisa menerima SMS dapat disebabkan oleh kesalahan pada sistem HP, pengaturan jaringan SIM, kendala operator sampai dengan provider yang digunakan sedang mengalami gangguan. Sehingga untuk mengatasinya kita tidak hanya bisa menggunakan satu cara saja, melainkan beberapa cara yang berbeda.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS

Penyebab masalah ini sangat penting untuk kita ketahui, karena hal tersebut akan membuat kita lebih mudah untuk menyelesaikannya.

Untuk sekarang ini, ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan saat ingin mengatasi masalah HP tidak bisa menerima SMS yang akan saya bagikan. Meski begitu, kalian juga wajib menyesuaikannya sendiri dengan kondisi atau situasi yang sedang dihadapi saat ini.

Perlu kalian ketahui juga kalau semua tips ini berlaku untuk semua operator, mulai dari Telkomsel, Smartfren, XL, 3 (Tri), Indosat dan lainnya.

Agar tidak terlalu panjang, berikut beberapa tips yang bisa kalian coba.

1. Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS Dengan Memeriksa Sinyal di HP

Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS Dengan Memeriksa Sinyal di HP

Hal yang pertama ini mungkin akan terlihat sederhana dan sepele bagi kalian, namun sebenarnya kondisi ini juga bisa menyebabkan HP tidak bisa menerima SMS lho.

Meski mengirim ataupun menerima SMS tidak membutuhkan jaringan internet, tapi untuk sinyal operator masih sangat diperlukan. Oleh sebab itu, hal pertama yang wajib kalian pastikan terlebih dahulu adalah indikator sinyal pada HP.

Bila indikator sinyal di HP tidak muncul atau menandakan tanda X atau SOS, maka itu tandanya lokasi kalian tidak bisa di jangkau oleh sinyal operator. Selain itu masalah ini juga bisa disebabkan karena kalian memasukkan SIM Card tidak sesuai, atau bisa juga SIM mengalami kerusakan. Tapi itu biasanya akan membuat SIM tidak terbaca terlebih dahulu saat menghidupkan HP sebelum indikator sinyal muncul.

Jadi, sebelum mencoba cara lainnya, sebaiknya pastikan dulu SIM sudah terpasang dengan benar dan indikator sinyal di HP muncul.

2. Hapus Kotak Masuk di Aplikasi Pesan

Mungkin sampai saat ini belum ada penjelasan yang pasti tentang batas atau jumlah pesan masuk yang bisa di tampung. Karena yang jelas, semuanya itu tergantung dari kapasitas memori internal yang di miliki oleh masing-masing ponsel.

Lalu bagaimana jika memori internal sudah penuh, namun masih di tambah dengan kotak SMS masuk yang banyak? Tentu hal tersebutlah yang menjadi penyebab HP tidak bisa menerima SMS baru, karena ruang penyimpanan sudah penuh dan tidak muat lagi untuk menyimpan pesan baru tersebut.

Sehingga solusinya, kalian harus menghapus semua pesan yang ada di kontak masuk sebelumnya. Sehingga ini akan membuat ada sedikit memori yang dapat menampung pesan baru yang akan masuk ke HP.

Caranya jelas sangat mudah:

  1. Buka aplikasi Pesan pada HP.
  2. Lalu di halaman utama klik menu Edit yang ada di pojok kiri.
  3. Kemudian centang semua pesan masuk pada HP.
  4. Terakhir pilih saja Hapus.

Bagaimana jika kota masuk SMS kosong, tapi HP tetap tidak bisa menerima SMS? Caranya adalah dengan memeriksa sisa memori pada HP kalian masing-masing. Bila sudah dirasa penuh, maka cobalah untuk menghapus beberapa data yang menurut kalian tidak penting di HP.

Misalnya saja foto, video, audio, aplikasi atau data-data lainnya yang menurut kalian sudah tidak terlalu penting lagi.

3. Bersihkan Cache Aplikasi

Bukan tidak mungkin, kesalahan atau error pada aplikasi pesan bisa saja terjadi dan membuat HP tidak bisa menerima SMS baru masuk.

Didalam kondisi seperti ini biasanya dapat disebabkan oleh beberapa masalah tertentu, contohnya saja seperti data cache yang ada didalam aplikasi. Data cache yang sudah tersimpan terlalu banyak bisa memicu masalah yang serius.

Solusinya sih sangat mudah, karena kalian hanya perlu menghapus data cache yang ada didalam aplikasi. Begini langkah-langkahnya:

  1. Pertama buka dulu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu cari menu Aplikasi.
  3. Kemudian pilih Daftar Aplikasi.
  4. Di halaman ini, kalian cari aplikasi SMS atau Perpesanan.
  5. Klik menu Penyimpanan pada aplikasi.
  6. Setelah itu, klik tombol Hapus Cache.

Selesai, pembersihan file cache pada aplikasi pesan sudah selesai kalian lakukan. Sekarang saatnya untuk mengetesnya kembali, caranya dengan mengirim SMS ke HP kalian.

4. Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS Dengan Atur Jaringan

Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS Dengan Atur Jaringan

Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya, kalau saat ini jaringan 4G LTE itu secara default-nya belum mendukung fitur untuk mengirim ataupun menerima pesan masuk. Tapi untuk ponsel yang sudah mempunyai fitur VoLTE, maka masalah itu tidak akan berlaku.

Namun seperti yang kalian tahu, kalau saat ini masih banyak smartphone yang belum mendukung fitur tersebut di Indonesia. Mungkin juga fitur ini belum didukung oleh HP yang sedang kalian pakai saat ini.

Lalu adakah cara untuk mengatasi masalah ini? Tentu saja ada, caranya dengan mengubah pengaturan jaringan yang ada pada HP.

Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Pertama buka Pengaturan pada HP.
  2. Lalu kalian cari menu Jaringan Seluler.
  3. Berikutnya pilih menu Pengaturan Jaringan.
  4. Ganti pengaturan jaringan dari 4G Only ke 3G atau 3G Only.
  5. Selesai.

Dengan seperti itu, ponsel kalian yang sebelumnya tidak bisa menerima SMS pasti akan normal kembali seperti sebelumnya. Namun ini tidak berlaku untuk kalian yang mempunyai smartphone dengan fitur VoLTE, ya.

5. Atur Layanan Pusat Pesan Operator (SMSC)

Secara umum, pengaturan SMSC (layanan pusat pesan operator) ini sudah diatur secara otomatis pada saat kita memasukkan kartu SIM ke HP.

Selain itu, SMSC ini juga sangat penting sekali bila kalian ingin menikmati layanan SMS dari operator SIM yang digunakan. Baik untuk menerima ataupun mengirim SMS ke nomor lainnya.

Jadi, dalam mengatasi masalah HP tidak bisa menerima SMS adalah dengan memperhatikan pengaturan SMSC pada ponsel. Meski sudah diatur secara otomatis, namun terkadang pengaturan SMSC bisa berubah dengan sendirinya. Jadi, jangan sampai salah, ya.

6. Tunggu Beberapa Waktu

Untuk cara yang selanjutnya ini sebenarnya hampir sama dengan langkah-langkah di pembahasan pertama tadi. Karena bisa saja operator seluler yang sedang kita gunakan itu mengalami gangguan dan menyebabkan masalah HP tidak bisa menerima SMS masuk.

Meski tidak terlalu sering terjadi, namun saat operator sedang mengalami gangguan maka akan membuat banyak masalah muncul.

Seperti tidak bisa konek internet, tidak dapat menerima ataupun melakukan panggilan, sampai masalah tidak bisa menerima SMS. Itu adalah beberapa dampak umum yang sering dirasakan oleh pengguna saat operator seluler mengalami masalah.

Untuk mengatasinya sih tidak ada yang paling ampuh selain menunggu operator kembali normal seperti semula lagi. Lama prosesnya tergantung dari operator sendiri sih, namun rata-rata bisa mencapai 2 sampai 3 jam lamanya. Jadi, cobalah untuk sabar menunggu terlebih dahulu.

7. Hubungi Operator yang Digunakan

Bila kalian sudah menunggu lama, namun masalah gangguan dari operator belum juga kunjung membaik, maka kalian bisa mencoba untuk menghubungi call Center-nya secara langsung.

Masing-masing operator seluler menyediakan call center yang bisa bisa diakses oleh semua penggunanya. Sehingga kalian bisa memanfaatkannya untuk menanyakan perihal masalah yang sedang dialami.

Call Center setiap operator itu berbeda-beda, jadi kalian bisa mencoba mencarinya sesuai dengan operator SIM yang digunakan.

8. Setel Ulang Ponsel

Cara terakhir untuk mengatasi masalah HP tidak bisa menerima SMS adalah dengan menyetel ulang ponsel ke pengaturan pabrik.

Dengan cara reset pabrik ini, kalian bisa menghapus seluruh pengaturan yang pernah dibuat sebelumnya pada HP. Namun ini juga untuk semua data pribadi yang kalian simpan di HP, lho.

Oleh sebab itu, ada baiknya kalian membackup terlebih dahulu data penting yang kalian simpan pada HP. Bila kalian belum tahu, maka bisa membaca cara bakcup data penting di Android di artikel saya sebelumnya.

Cara reset-nya seperti ini:

  1. Pergi ke Pengaturan pada HP.
  2. Lalu cari Pengaturan Tambahan.
  3. Scroll kebawah, pilih Cadangkan dan Reset.
  4. Berikutnya pilih menu Reset ke Setelan Pabrik.
  5. Terakhir tap Hapus Semua data.

Berikutnya kalian bisa menunggu sampai proses reset selesai atau sampai HP kalian kembali menyala seperti semula. Nanti kalian bisa mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang muncul pada HP, seperti mengatur bahasa, jaringan internet, akun google dan lainnya.

Penutup

Baik, mungkin itu saja beberapa tips cara mengatasi HP tidak bisa menerima SMS yang dapat saya hadirkan hari ini. Bila satu cara sudah kalian lakukan namun belum berhasil, maka coba cara yang berikutnya, karena masalah ini bisa disebabkan oleh banyak fator seperti yang sudah saya jelaskan di pembahasan awal.

Jika memiliki pertanyaan atau ada yang kurang jelas, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.