Server Timed Out Saat Main PUBG Mobile

Cara Atasi Server Timed Out Saat Main PUBG Mobile

Server Timed Out Saat Main PUBG – Selain Mobile Legend, PUBG Mobile juga merupakan salah satu game yang cukup populer saat ini. Bahkan game PUBG Mobile saat ini sudah mempunyai jumlah unduhan sebanyak ratusan juta.

Walaupun belum terlalu lama, saya pribadi juga merupakan salah satu player PUBG Mobile yang sangat senang dengan game satu ini. Bisa di katakan juga kalau saya sendiri hampir setiap hari memainkan game ini di rumah.

Membahas game PUBG Mobile, ada satu error yang pernah saya sendiri alami dan mungkin beberapa dari kalian juga pernah mengalaminya. Masalah tersebut sering mengakibatkan kita tidak bisa memulai permainan secara langsung.

Umumnya masalah ini akan memunculkan sebuah pesan yang bertuliskan “Server Timed Out” atau sering juga “Server Timed Out Please return to the login page and try again“.

Jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia, artinya “Waktu server habis” dan “Waktu server habis. Harap kembali ke halaman login dan coba lagi”.

Penyebab Server Timed Out Saat Main PUBG Mobile

Penyebab Server Timed Out Saat Main PUBG Mobile

Mungkin masih banyak dari kalian yang bertanya-tanya, apakah sih yang sebenarnya menjadi penyebab dari masalah server timed out saat man PUBG Mobile?

Secara umumnya sih ada beberapa faktor yang mengakibatkan masalah server timed out. Namun yang paling sering dan umum terjadi pada beberapa pengguna termasuk saya sendiri, ialah karena masalah koneksi internet.

Masalah ini juga tidak hanya bisa terjadi pada saat pertama membuka aplikasi game, tapi juga sering muncul saat sedang di tengah-tengah pertandingan.

Kondisi ini juga sering terjadi secara terus-menerus, sehingga membuat beberapa orang mengalami kesulitan saat membuka game PUBG Mobile.


Menggunakan WiFi untuk bermain PUBG Mobile? Mungkin bisa membaca tips cara mengatasi Wifi lemot.


Cara Mengatasi Server Timed Out Saat Main PUBG Mobile

Meski terkadang masalah server timed out dapat hilang dengan sendirinya, namun tidak sedikit juga yang mengalaminya berulang-ulang. Nah, jika hal itu sedang kalian alami sekarang, mungkin bisa mencoba beberapa tips saya berikut ini.

1. Periksa Koneksi Internet yang Digunakan

Sudah pasti semua game online itu memerlukan jaringan internet untuk bisa berjalan dan kebutuhan pink di setiap game juga berbeda-beda.

Dari pengalaman saya sendiri saat memainkan game PUBG Mobile ini, sebenarnya sih tidak memerlukan ping yang terlalu kecil seperti Mobile Legends misalnya. Namun semakin kecil ping yang di dapat juga akan semakin bagus sih, hehe.

Hanya dengan ping 90ms saja, kalian sudah bisa memainkan PUBG Mobile dengan cukup lancar. Namun itu relatif, ya. Meski ping yang di butuhkan tidak begitu kecil, tapi tetap saja kita perlu koneksi internet yang stabil.

Karena jika koneksi internet yang kita gunakan tidak stabil, masalah ping yang tiba-tiba naik akan sering terjadi. Kondisi ini juga sering saya alami sendiri, di mana saat pertandingan tiba-tiba ping naik sampai di atas 500ms. Hasilnya sudah pasti, permainan akan langsung menjadi lag.

Selanjutnya, apabila ping itu terus mengalami peningkatan secara berkelanjutan, maka biasanya akan muncul sebuah pesan “server timed out” atau “server did not respon” seperti tadi.

Lalu, bagaimana solusinya?

  1. Coba cek ping yang ada pada internet HP. Pastikan pingnya itu berada di bawah 100ms, agar saat main PUBG Mobile bisa jadi lebih lancar.
  2. Silakan coba ganti koneksi internet jika memang sedang lemot. Usahakan sinyal yang ada pada HP full serta koneksi tidak terputus atau lemot saat di tengah permainan berlangsung. Jika kalian pengguna Indosat, bisa baca cara mengatasi internet Indosat lemot di artikel saya sebelumnya.

2. Gunakan Fitur Airplane Mode

Meski terdengar sangat sederhana, namun mengaktifkan fitur airplane mode (mode pesawat) juga bisa membantu kita mengatasi masalah pada jaringan saat main PUBG Mobile.

Karena fitur ini mempunyai fungsi untuk mengatur ulang jaringan yang ada pada perangkat. Sehingga jika terjadi masalah pada jaringan, maka fitur ini akan mengatasinya dengan cara me-reset koneksi internet dari operator.

Caranya juga mudah:

  • Pertama silakan buka panel notifikasi pada HP.
  • Caranya dengan mengusap jari dari layar atas ke bawah.
  • Nanti akan banyak fitur yang terlihat.
  • Klik saja logo pesawat atau airplane mode.
  • Tunggu beberapa saat.
  • Lalu ketuk lagi untuk menonaktifkannya.
  • Selesai.

Dari pengalaman pribadi saya, cara ini sangat ampuh untuk memperbaiki jaringan pada HP yang sebelumnya bermasalah, seperti lemot misalnya.


Pengguna Smartfren? Internet Smartfren yang bermasalah bisa dikarenakan oleh pengaturan yang salah. Berikut cara setting APN Smartfren yang benar.


3. Pakai Aplikasi VPN

Bagi yang belum tahu, VPN ini adalah sebuah jaringan virtual yang dapat menghubungkan HP ke server tertentu terlebih dahulu sebelum mulai menjalankan internet seperti biasanya.

Nah, solusi yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah server timed out tadi adalah dengan menggunakan VPN. Cara ini juga di rekomendasikan oleh banyak orang dan saya sendiri juga sudah pernah mencobanya sebelumnya.

Cara menggunakan VPN juga tidak ribet seperti yang kalian bayangkan. Di mana kalian juga bisa mendapatkan aplikasi VPN di martket Google secara resmi, seperti Play Store.

Nanti untuk menggunakan aplikasinya, biasanya sih kita hanya perlu menekan satu tombol yang ada di tampilan utama saja. Nanti secara otomatis akan langsung tersambung ke server.

Sangat mudah, kok. Silakan coba saja dulu dan jika masih belum bisa, kalian dapat mencoba tips selanjutnya.

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi PUBG

Seperti halnya di game lainnya, semua data yang di miliki oleh game PUBG Mobile akan tersimpan pada HP. Tanpa terkecuali juga dengan data-data cache-nya.

Opsi ini bisa kalian coba lakukan apabila cara sebelumnya masih belum berhasil dalam mengatasi masalah “server connection timed out” pada PUBG. Caranya dengan menghapus data dan cache yang di miliki oleh game PUBG Mobile tersebut.

Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Pertama buka menu Pengaturan pada HP.
  2. Kemudian buka menu Aplikasi.
  3. Lalu cari aplikasi PUBG Mobile.
  4. Buka saja aplikasinya.
  5. Maka akan muncul informasi mengenai aplikasi PUBG Mobile.
  6. Di sini ketuk menu Hapus Cache dan Hapus Data.
  7. Terakhir nyalakan ulang HP kalian.
  8. Selesai.

Catatan:

Perlu untuk kalian ketahui kalau melakukan clear data dapat menghilangkan semua data dari aplikasi PUBG Mobile. Sehingga nantinya kalian akan di haruskan untuk mendownload semua data yang di perlukan kembali.

Oleh karena itu, ada bagusnya kalian siapkan terlebih dahulu jaringan Wifi untuk melakukan proses download nantinya.

5. Install Ulang Aplikasi PUBG Mobile

Jika dengan cara di atas belum juga bisa mengatasi masalah tersebut, maka langkah terakhir yang mungkin bisa kalian lakukan adalah menginstall ulang aplikasi PUBG Mobile.

Penting untuk di ketahui kalau melakukan reinstall, maka artinya semua data yang ada pada game akan terhapus. Kondisi ini sangat cocok jika penyebab masalah yang kalian alami berasal dari data aplikasi yang error.

Setelah aplikasi berhasil di reinstall maka semua data sebelumnya akan di ganti dengan data yang baru. Dengan begitu, seluruh file akan menjadi fresh kembali seperti semula.

Caranya seperti ini:

  • Pertama buka aplikasi Google Play Store di HP.
  • Kemudian cari aplikasi PUBG pada kolom pencarian.
  • Jika sudah, klik menu Copot Pemasangan.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Selanjutnya silakan install seperti biasa.
  • Terakhir nanti tinggal memasukkan akun PUBG kalian.
  • Selesai.

Penutup

Terkadang mengatasi masalah penyambungan server pada aplikasi PUBG Mobile itu terasa sangat susah dan kadang juga terasa mudah. Namun pada dasarnya sih, untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memastikan jaringan internet dalam keadaan stabil.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk PUBG Mobile saja, ya. Melainkan untuk semua gamegame online yang kalian mainkan pun perlu koneksi internet yang stabil. Karena jika tidak, sudah pasti akan membuat permainan menjadi kurang bagus, karena akan ada banyak lag yang terjadi.

Baik, mungkin sampai di sini dulu pembahasan yang bisa saya rangkumkan seputar cara mengatasi Server Timed Out saat main PUBG Mobile. Silakan jika ada yang ingin di tanyakan bisa menuliskannya langsung di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.