Cara Memindahkan WA Lama ke HP Baru

Cara Memindahkan WA Lama ke HP Baru Tanpa Ganti Nomor

Cara Memindahkan WA Lama ke HP BaruWhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan online yang paling banyak di gunakan oleh orang. Hal ini dikarenakan WhatsApp di rancang untuk bisa berjalan di hampir semua ponsel Android yang mempunyai ukuran RAM kecil.

Selain ringan, aplikasi WhatsApp juga sudah dibekali dengan banyak fitur-fitur menarik. Mulai dari mengirim stiker, gambar, video, mengirim pesan, video call, mengirim file dan masih banyak lagi. Namun yang paling penting dari semua itu ialah, WhatsApp merupakan aplikasi yang paling mudah untuk di gunakan oleh semua orang.

Namun untuk kali ini admin tidak akan menjelaskan mengenai fitur dan kegunaan aplikasi WhatsApp secara lengkap. Melainkan admin akan mengulas mengenai cara memindahkan WA lama ke HP baru tanpa harus ganti nomor baru.

Namun sebelum kita membahas bagaimana cara memindahkan WA lama ke HP yang baru. Ada baiknya kita lihat dulu beberapa syarat yang wajib untuk kalian penuhi sebelum mulai memindahkan akun WhatsApp yang lama ke ponsel baru. Apa saja syarat tersebut? Yuk, kita cari tahu di bawah ini.

Syarat Memindahkan WA Lama ke HP Baru

Syarat Memindahkan WA Lama ke HP Baru

Dalam memindahkan akun WhatsApp lama ke HP baru, ada beberapa syarat yang wajib kamu penuhi. Karena jika tidak, kemungkinan besar proses pemindahan akun WhatsApp tidak akan berjalan sesuai dengan harapan.

Nah, di sini ada 2 syarat yang mungkin wajib kalian penuhi. Syarat tersebut meliputi:

1. Pastikan nomor lama dan ponsel baru bisa menerima SMS

Syarat pertama, kamu wajib memastikan terlebih dahulu apakah nomor serta ponsel yang kalian gunakan itu dapat menerima SMS serta panggilan atau tidak. Karena di sini kita akan di kirimkan sebuah kode verifikasi oleh security WhatsApp. Karena jika tidak, maka proses pemindahan tidak bisa kalian lakukan nantinya.

2. Pastikan terhubung dengan internet

Yang kedua, pastikan juga ponsel kalian sudah terhubung dengan jaringan internet. Entah itu jaringan seluler atau jaringan internet dari wifi. Selain itu pastikan juga internet tersebut aman dan stabil saat di gunakan.

Nah, jika kedua syarat tadi sudah kalian penuhi maka langkah berikutnya itu kalian bisa langsung mengikuti cara memindahkan WA lama ke HP baru yang ada di bawah ini.

Cara Memindahkan WA Lama ke HP Baru Tanpa Ganti Nomor

Langkah-langkah Memindahkan WA Lama ke HP Baru

Sebenarnya sih dalam memindahkan akun WhatsApp lama ke ponsel baru itu tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan. Namun bagi orang awam, tentu proses tersebut akan di rasa sedikit sulit untuk di lakukan. Karena salah sedikit, bisa saja seluruh data yang ada di dalam akun WhatsApp lama bisa hilang saat proses pemindahan.

Tapi kalian tidak usah khawatir dengan hal tersebut, karena berikut ini saya sudah merangkumkan kalian 2 cara memindahkan WA lama ke HP baru tanpa harus mengganti nomor dan tanpa kehilangan data yang ada pada aplikasi WhatsApp.

Bagaimana caranya? Mari sama-sama kita lihat di bawah ini.

1. Langkah Pertama Membackup Data WhatsApp

Hal pertama yang wajib kalian lakukan sebelum proses pemindahan di mulai adalah membackup data penting yang ada di dalam aplikasi WhatsApp lama. Jika kalian belum tahu bagaimana cara melakukan backup data yang ada di dalam aplikasi WhatasApp, maka bisa mengikuti caranya di artikel sebelumnya.

Di dalam artikel itu, saya sudah merangkumkan secara lengkap tentang cara menyimpan chat WhatsApp agar tidak hilang.

Dengan melakukan backup, tentu semua data panting yang kalian miliki di dalam aplikasi WhatasApp tidak akan hilang. Maka dari itu, proses yang pertama ini sangatlah penting untuk kalian lakukan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Web di Android

2. Langkah Kedua Memindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru

Setelah kalian sudah berhasil dalam membackup seluruh data yang ada di dalam akun WhatsApp lama. Maka proses yang selanjutnya kita akan memulai untuk memindahkannya ke HP baru.

Caranya juga tidak terlalu sulit, karena proses lengkapnya seperti ini:

  • Pertama buka aplikasi “WhatsApp” pada HP baru.
  • Kemudian pilih “Setuju dan Lanjutkan“.
  • Lalu kalian bisa memasukkan nomor HP lama dan pilih opsi “Lanjutkan“.
  • Pastikan lagi nomor telepon yang kalian masukan itu sudah benar dan pilih “OK“.
  • Tunggu sampai ada SMS masuk untuk mendapatkan “Kode Verifikasi“.
  • Jika sudah, masukan “Kode Verifikasi” yang ada di SMS tadi ke kolom yang tersedia di dalam aplikasi WhatsApp. Tapi biasanya kode ini akan langsung masuk ketika ponsel menerima SMS.
  • Saat aplikasi WhatsApp meminta ijin untuk memeriksa cadangan di akun Google, maka klik “Izinkan“.
  • Tunggu sampai proses selesai, biasanya lama dan cepat proses ini tergantung dari ukuran file yang sudah kalian backup sebelumnya.
  • Apabila sudah, jangan lupa memasukkan “Nama” dan mengatur “Foto Profil” kalian dan tekan “Lanjutkan“.
  • Selesai.

Maka cara memindahkan WA lama ke HP baru sudah selesai di lakukan. Kini kalian sudah bisa langsung menggunakan akun WhatsApp lama pada HP yang baru saat ini. Jika proses backup tadi berjalan lancar, maka secara otomatis semua chat dan nomor yang ada di WhatsApp lama akan ikut masuk kedalam HP baru kalian.

Tapi biasanya untuk nomor kontak itu kalian harus menyimpan dan memberikannya nama lagi, namun untuk yang lainnya masih akan tetap sama seperti di ponsel lama.

Penutup

Nah, itulah cara memindahkan WA lama ke HP baru tanpa ganti nomor dengan mudah yang dapat saya rangkumkan. Selamat mencoba dan semoga prosesnya bisa sesuai dengan apa yang sudah kalian harapkan sebelumnya.

Jika memiliki pertanyaan, jangan lupa menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.