9 Perbedaan iPhone iBox dan Inter Secara Umum

Perbedaan iPhone iBox dan Inter

Perbedaan iPhone iBox dan Inter – Jika sebelumnya kita hanya bisa membeli sebuah ponsel melalui toko-toko gadget terdekat yang ada di masing-masing kota. Maka untuk sekarang pastinya sudah berbeda, yang mana kita sudah bisa membeli ponsel secara online.

Untuk saat ini sudah ada banyak sekali toko online yang menyediakan beragam ponsel pintar yang bisa di beli. Di marketplace online juga tidak hanya tersedia ponsel Android saja, tapi juga tersedia ponsel buatan Apple.

Namun di marketplace, biasanya ketika kita ingin membeli produk ponsel dari Apple maka akan ada beberapa istilah di deskripsinya. Istilah yang saya maksud di sini itu, seperti iPhone iBox dan iPhone Inter (Internasional).

Meski keduanya merupakan iPhone yang sama, tapi jika untuk harga yang di tawarkan jelas berbeda ya. Yang mana biasanya untuk harga iPhone iBox lebih mahal dari pada iPhone Inter. Selain itu, keduanya juga mempunyai kelebihan maupun kekurangannya masing-masing.

Nah, buat kalian yang sekarang ini mungkin masih bingung dengan istilah iPhone iBox maupun iPhone Inter. Bisa langsung menyimak informasi lebih lengkapnya di artikel ini.

Mengenal Tentang iPhone iBox

Mengenal Tentang iPhone iBox

iPhone iBox sendiri merupakan sebuah smartphone buatan Apple yang di perjualbelikan lewat distributor resmi yang ada di Indonesia. Sehingga hal ini membuat iPhone iBox menjadi produk smartphone yang legal di Indonesia.

Di karenakan sebuah produk legal, maka sudah pasti akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa di dapatkan ketika membeli iPhone iBox. Keuntungan tersebut biasanya berupa:

  • Kualitas produk yang terjamin
  • Garansi resmi
  • Pelayanan purna jual yang sangat baik
  • Dan lain-lain.

Dalam membedakan iPhone iBox dengan Inter juga tidak sulit, karena bisa di bedakan lewat ciri-ciri berikut:

  1. Kita akan mendapatkan kartu garansi resmi iPhone, mulai dari TAM, SCM, SES dan lainnya. Jangka waktu garansi juga normal, yaitu 1 tahun.
  2. Kemudian nomor kode iPhone iBox akan di isi PA/A, ID/A, FE/A.
  3. Pada iPhone iBox, umumnya di bagian luar box-nya akan terdapat tanda hijau (Green Peel).
  4. Aksesoris yang di dapat saat membeli iPhone Box juga bisa langsung kita pasang.

Berikutnya, ketika membeli iPhone iBox kita juga akan memperoleh beberapa kelebihan dan kekurangan. Diantaranya sebagai berikut:

1. Kelebihan iPhone iBox

  • Memperoleh pelayanan langsung dari iBox.
  • Kualitas iPhone pastinya sudah terjamin kualitasnya dan original Apple pastinya.
  • Dapat menggunakan kartu SIM dari provider yang ada di Indonesia secara bebas.
  • Mendapat garansi resmi 1 tahun.
  • Garansi sangat mudah di klaim di seluruh gerai iBox yang tersedia.

2. Kekurangan iPhone iBox

  • Harga yang di tawarkan jelas lebih tinggi.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Housing Pada iPhone

Pengertian iPhone Inter

Selanjutnya ada yang namanya iPhone Inter atau Internasional. iPhone Inter merupakan sebuah produk dari Apple yang di perjualbelikan lewat jalur yang tidak resmi ke Indonesia. Misalnya ketika ada orang yang membeli iPhone di luar negeri kemudian menjualnya kembali di Indonesia.

Tidak hanya itu, terkadang ada juga penjual iPhone Inter dari hasil Impor namun tidak ada layanan purna jualnya. Sehingga membuat iPhone Inter dapat di jual dengan harga yang jauh lebih murah dari iPhone iBox.

Untuk mengetahui iPhone Inter, kalian bisa memperhatikan beberapa ciri-ciri berikut:

  • Tidak adanya sticker dan kode produksi pada bagian box iPhone.
  • Bagian kepala charger iPhone Inter masih berkaki tiga.
  • Buku manual masih tercetak dalam bahasa asing (bukan bahasa Indonesia).

Selanjutnya ketika membeli iPhone Inter, kita juga akan mendapatkan beberapa kekurangan maupun kelebihan. Diantaranya seperti berikut:

1. Kelebihan iPhone Inter

  • Mendapatkan garansi resmi Internasional.
  • Harga yang di tawarkan akan jauh lebih murah dari iPhone iBox.
  • Produk iPhone baru biasanya akan jauh lebih cepat rilis.
  • Aksesoris yang di dapat juga masih original.

2. Kekurangan iPhone Inter

  • Sering muncul masalah di IMEI iPhone karena termasuk produk tidak legal.
  • Garansi hanya bisa di klaim ke penjualnya saja.
  • Layanan purna jual juga terkadang kurang baik.
  • Tidak bisa memakai sembarangan kartu SIM di Indonesia.

Perbedaan Antara iBox dan Inter

Walaupun merupakan produk yang sama dari Apple, namun antara iPhone iBox dengan Inter jelas memiliki beberapa perbedaan. Sederhananya itu, baik kalian membeli iPhone iBox ataupun Inter memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Sebenarnya sih tidak hanya ada iPhone iBox dan Inter saja, tapi juga ada iPhone Distributor. Untuk perbedaannya bisa kalian cek di bawah ini.

1. iPhone iBox

Buat kalian yang sekarang ini ingin membeli ponsel iPhone, maka sangat di sarankan untuk iPhone iBox saja. Kenapa? Ini karena iPhone dari iBox adalah sebuah produk legal yang di perjualbelikan lewat jalur resmi di Indonesia.

Kemudian untuk harga yang di tawarkan iPhone iBox memang jauh lebih mahal dari pada iPhone Inter maupun Distributor. Meski begitu, kualitas produk serta layanan yang akan kalian dapatkan jauh lebih baik dan memuaskan.

iPhone iBox juga memiliki garansi resmi selama 1 tahun dari TAM, SES dan SCM dan sangat mudah saat melakukan klaim. Jadi ketika iPhone kalian mengalami masalah, bisa langsung dilakukan klaim secara cepat dan mudah.

2. iPhone Inter

Sedangkan bagi kalian yang mungkin menginginkan sebuah iPhone dengan harga terjangkau, maka bisa coba membeli iPhone Inter. Walaupun tidak di perjualbelikan secara resmi di Indonesia, tapi secara garis besarnya sih produknya masih original Apple.

Selain itu, kalian juga bisa dengan mudah membeli produk iPhone generasi terbaru meski belum di rilis secara resmi di Indonesia. Namun untuk layanan purna jual maupun klaim garansi biasanya tergantung dari penjual iPhone Inter masing-masing.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Di mana untuk dapat melakukan klaim garansi, kalian harus menghubungi penjualnya. Nantinya penjual akan menghubungi negara tempat dia membeli iPhone tersebut untuk melakukan klaim garansi.

Kendala di sini, proses klaim garansi ini akan berlangsung lama dan prosesnya juga terkadang sedikit rumit.

Baca Juga: Mengenal iCloud Pada iPhone Secara Lengkap

3. iPhone Distributor (Tambahan)

Terakhir ada juga yang namanya iPhone jenis Distributor. Untuk produk iPhone jenis ini sebenarnya di beli lewat jalur resmi seperti iPhone iBox. Hanya saja untuk garansi yang di dapatkan pembelinya buka dari pihak Apple langsung. Tapi garansi dari distributornya langsung (tidak resmi).

Terlepas dari itu, pihak Distributor juga sering menjual produk refurbished atau sebuah produk reject yang diperbaharui lagi. Sehingga tidak sedikit orang yang membeli produk iPhone jenis ini sering mengalami kendala. Mulai dari kendala pada bagian software maupun hardware-nya.

Maka dari itu, jika kalian memang ingin memakai iPhone dalam jangka waktu lama dengan pelayanan terbaik. Meski lebih mahal, ada baiknya membeli iPhone iBox saja. Karena pelayanan dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Cara Mengetahui iPhone iBox atau Inter Dengan Mudah

Cara Mengetahui iPhone iBox atau Inter Dengan Mudah

Mungkin masih banyak dari kalian yang bertanya-tanya. Bagaimana cara mengetahui iPhone iBox atau iPhone Inter?

Caranya tidak sulit, karena di sini kita bisa mengetahui iPhone yang di beli itu apakah Inter atau iBox dengan hanya mengecek bagian IMEI saja. Karena untuk IMEI dari iPhone iBox biasanya sudah terdaftar secara resmi di situs pemerintah Indonesia.

Kalau masih bingung, berikut langkah-langkah mengetahui iPhone iBox atau Inter:

  1. Pertama kalian buka dulu Browser pada perangkat (bisa HP atau PC).
  2. Kemudian kunjungi situs pemerintah di imei.kemenperin.go.id.
  3. Sebuah halaman dengan kolom cek IMEI akan muncul.
  4. Ketikan IMEI iPhone kalian pada kolom yang tersedia.
  5. Jika sudah, tekan ikon Search.
  6. Apabila muncul notifikasi IMEI terdaftar di database Kemenperin, maka itu artinya iPhone kalian resmi (iBox).
  7. Tapi jika tidak muncul notifikasi tersebut, itu artinya iPhone kalian bukan produk yang di jual resmi  di Indonesia (Inter).
  8. Selesai.

Penutup

Itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan iPhone iBox dan Inter maupun Distributor. Semoga dengan pembahasan di atas bisa memberikan kalian sebuah informasi tambahan saat ingin membeli iPhone.

Masing-masing jenis iPhone yang saya sebut di atas pastinya memiliki beberapa kekurangan dan juga kelebihan bagi penggunanya. Jadi, silakan kalian membelinya sesuai dengan kebutuhan.

Sampai bertemu di pembahasan berikutnya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.