Mengenal Apa Itu iCloud Pada iPhone

Mengenal iCloud Pada iPhone Serta Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian iCloud Pada iPhone – Untuk kalian yang mungkin sudah menggunakan salah satu perangkat buatan Apple, seperti iPhone misalnya. Maka saya rasa kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur iCloud yang ada di dalam perangkat iPhone.

Namun bagi pengguna perangkat Android atau mereka yang mungkin baru pertama kali memakai produk dari Apple. Pastinya masih asing dengan fitur iCloud yang ada di dalam ponsel iPhone dan belum tahu fungsi maupun manfaatnya.

Secara sederhananya sih, iCloud ini merupakan salah satu layanan yang di hadirkan oleh Apple di beberapa produknya. Mulai dari iPod Touch, iPad dan juga iPhone.

Meski banyak yang tidak menghiraukan, sebenarnya mengetahui fungsi dan manfaat iCloud sangatlah penting. Selain itu, penting juga untuk di gunakan buat semua pengguna produk dari Apple.

Nah, buat kalian yang mungkin masih bingung atau belum tahu apa itu iCloud pada iPhone. Maka kalian dapat menyimak informasi secara lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu iCloud Pada iPhone?

Apa Itu iCloud Pada iPhone

iCloud merupakan salah satu layanan yang di hadirkan oleh Apple untuk beberapa produknya. Layanan iCloud tersedia di perangkat iPhone, iPad dan juga di iPod Touch. Selain itu, iCloud sendiri juga adalah layanan utama yang sangat penting dan memiliki banyak fungsi bagi penggunanya.

Meski memiliki banyak fungsi, sebenarnya fungsi utama dari iCloud itu ialah untuk mempermudah penggunanya dalam mengoperasikan perangkat yang sedang di pakai. Misalnya saja seperti memungkinkan perangkat iPhone untuk melakukan backup serta melakukan sinkronisasi antar sesama perangkat dari Apple.

Agar lebih jelas dan mudah untuk kalian pahami, di sini saya akan berikan sedikit gambarannya. Misalnya kalian memiliki perangkat iPhone dan juga Mac, kemudian kedua perangkat tersebut terhubung dengan satu akun iCloud. Maka nantinya perangkat Mac dapat di gunakan untuk mengakses semua data-data yang ada di dalam iPhone. Ini juga berlaku sebaliknya, ya.

Daftar Fitur iCloud Pada iPhone

Perlu kalian ketahui juga kalau fitur iCloud tidak hanya sebatas yang sudah saya singgung di atas tadi ya. Hal ini karena masih banyak lagi fitur lain yang ada di dalam iCloud, apalagi layanan ini masih terus di kembangkan oleh pihak Apple.

Berikut ini ada beberapa fitur yang ada di dalam iCloud, mulai dari:

1. Fitur iCloud Backup

Yang pertama ada fitur iCloud Backup. Fitur yang pertama ini memudahkan penggunanya dalam menyimpan data-data penting yang ada di dalam iPhone. Untuk data yang dapat di simpan juga beragam, mulai dari video, foto, dokumen dan lainnya. Semua data tersebut juga akan tersimpan secara otomatis ke dalam akun Cloud Storage.

Biasanya sih iCloud Backup akan aktif secara otomatis saat kita tidak memakai perangkat. Tapi lebih seringnya iCloud Backup ini akan bekerja saat perangkat di charger atau terhubung dengan layanan WiFi.

Walaupun bisa berjalan secara otomatis, di sini kita bisa juga kok untuk mengaktifkannya secara manual.

Dengan adanya fitur iCloud Backup pastinya akan sangat membantu kita, terutama saat ingin mengganti perangkat Apple ke yang baru. Sehingga di sini kita tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan backup secara manual kemudian memindahkannya ke perangkat yang baru.

Penting:

Oh ya, Cloud Storage yang di miliki oleh setiap akun biasanya hanya sebesar 5 GB saja. Tapi kalian masih bisa kok untuk melakukan upgrade atau menambah space cloud storage sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga: Pengertian True Tone iPhone dan Manfaatnya Bagi Pengguna

2. Fitur Find My

Kedua ada yang namanya fitur Find My. Dalam fitur ini, fungsinya ialah untuk melacak lokasi pada perangkat iPhone secara real time (setiap waktu). Dalam artian, fitur Find My ini berguna untuk melakukan tracking lokasi ketika ingin menemukan perangkat saat hilang maupun di curi.

Hal menarik lainnya yang ada di dalam fitur ini, di mana mampu untuk melakukan tracking lokasi meski perangkat sedang dalam keadaan offline. Terlepas dari itu, kita sebenarnya juga bisa mengunci perangkat dari jarah jauh sehingga orang lain tidak dapat menggunakannya.

Tapi, bagaimana jika perangkat kita hilang dan bagaimana cara melakukan tracking lewat fitur Find My di iCloud?

Jika perangkat hilang ataupun di curi, maka untuk melakukan tracking bisa di lakukan menggunakan perangkat Apple lainnya. Nantinya pada perangkat lain tersebut, kalian bisa login kedalam iCloud terlebih dahulu memakai akun iCloud yang sama dengan perangkat yang hilang.

Setelah berhasil login, kalian bisa langsung mengakses fitur Find My di dalam iCloud. Nantinya akan muncul beberapa notifikasi, silakan di ikuti saja arahannya.

3. Fitur iCloud Drive

Ketiga ada fitur iCloud Drive. Berbeda dengan fitur iCloud Backup yang hanya berguna untuk mencadangkan data di dalam perangkat. Maka untuk fitur iCloud Drive ini memiliki peran sebagai penyedia layanan cloud storage yang ada di semua produk Apple.

Kesimpulannya sih, semua data yang sudah di cadangkan lewat fitur iCloud Backup akan tersimpan dengan aman di dalam iCloud Drive.

Untuk kelebihan yang di miliki oleh fitur iCloud Drive, ialah pengguna dapat mengakses fitur ini di perangkat selain produk dari Apple. Jadi, jika nantinya kalian membutuhkan sebuah data yang tersimpan di perangkat Apple, bisa langsung mengaksesnya memakai Windows.

4. Fitur iCloud Photos

Keempat ialah fitur iCloud Photos. Untuk fitur yang satu ini berguna untuk menyimpan semua data berupa foto yang ada di dalam iPhone ke iCloud. Nantinya semua foto yang sudah tersimpan kedalamnya bisa di akses kembali di perangkat lainnya. Menariknya lagi, resolusi fotonya juga full, alis tidak di pangkas.

Dengan adanya fitur ini, tentu akan sangat membantu dalam menghemat ruang penyimpanan di dalam iPhone kita. Hal ini karena setelah foto berhasil di simpan ke dalam iCloud ini, kita bisa dengan santai menghapus foto tersebut pada perangkat.

Walaupun sudah terhapus dari penyimpanan di perangkat iPhone, foto tersebut masih bisa kita lihat dengan utuh lewat iCloud Photos. Resolusi fotonya pun masih sama dengan yang aslinya.

5. Fitur Sinkronisasi Aplikasi

Terakhir, ada juga fitur Sinkronisasi Aplikasi. Nah, ini juga merupakan salah satu fitur favorit yang ada di dalam iCloud. Untuk fitur yang satu ini memiliki kegunaan dalam men-sinkronisasi semua data terbaru aplikasi yang ada di dalam akun ke semua perangkat Apple yang terhubung.

Data aplikasi yang di maksudkan itu, seperti data pada aplikasi Kalender, Mail, Notes dan aplikasi lainnya. Dengan adanya fitur sinkronisasi ini jelas akan mempermudah semua pengguna, karena tidak perlu repot-repot melakukan backup antar perangkat Apple satu ke lainnya secara manual.

Apa Pentingnya iCloud di iPhone?

Apa Pentingnya iCloud di iPhone

Keberadaan iCloud pada iPhone jelas sangat penting. Hal ini karena dengan adanya iCloud, kita sebagai pengguna bisa dengan mudah dan aman saat memakai perangkat. Tidak hanya itu saja, fitur yang ada di dalam iCloud juga tergolong lengkap.

Mulai dari fitur yang mampu mencadangkan data yang ada di dalam perangkat secara otomatis, menemukan perangkat yang hilang meski dalam keadaan offline dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika membahas tentang masalah keamanan. Pihak Apple sendiri tentu sudah memberikan kualitas terbaik dalam mengamankan semua data penggunanya yang ada di dalam iCloud. Selain itu, produk buatan dari Apple ini juga sudah dibekali dengan protokol enkripsi yang sangat berkualitas.

Maka dari itulah, iCloud sangat penting untuk ada di semua perangkat Apple, termasuk di iPhone.

Baca Juga: Begini Cara Cek Garansi iPhone yang Benar dan Aman

Apakah Bisa Jika iPhone Tidak Menggunakan iCloud?

Bisa, perangkat iPhone juga bisa di pakai walaupun tanpa menggunakan layanan iCloud dari Apple. Hanya saja, akan ada banyak kekurangan dan tingkat keamanan perangkat juga menjadi berkurang.

Untuk pertanyaan seperti ini biasanya lebih sering diutarakan oleh mereka yang membeli iPhone bekas. Karena umumnya di iPhone bekas tersebut terdapat notifikasi login iCloud, tapi tidak bisa membuat akun iCloud baru.

Secara umumnya, iCloud pada iPhone itu bisa di ganti ataupun di hapus sesuai kebutuhan penggunanya. Namun dengan syarat, pemilik perangkat sebelumnya sudah menghapus layanan iCloud lewat akun iCloud iPhone. Jika bingung, kalian bisa cek langkah-langkahnya di bawah.

Cara menghapus iCloud pada iPhone seperti ini:

  1. Langkah pertama kalian wajib menghubungi pemilik iPhone sebelumnya.
  2. Kemudian suruh pemilik sebelumnya untuk mengakses layanan iCloud melalui perangkat yang sama atau perangkat lainnya. Bisa juga melalui website resminya di www.icloud.com.
  3. Jika sudah berada di dalam halaman akun iCloud, silakan tekan menu Setting.
  4. Nantinya akan muncul semua perangkat Apple yang terhubung dengan akun iCloud dari pemilik sebelumnya.
  5. Cari perangkat yang sesuai dengan yang kalian ingin untuk di hapus iCloud-nya.
  6. Bila sudah, tekan tanda Close.
  7. Selesai deh.

Jika berhasil, biasanya sekarang kalian sudah bisa mengganti ataupun membuat akun iCloud baru pada perangkat.

Penutup

Begitulah sedikit pembahasan tentang apa itu iCloud pada iPhone serta fungsi dan manfaatnya buat kita sebagai pengguna. Dari pembahasan di atas, kalau menurut saya pribadi sih, keberadaan iCloud itu sangatlah penting.

Selain fitur dan tingkat keamanannya yang tinggi, iCloud juga sangat memudahkan kita dalam melakukan beragam hal di dalam perangkat.

Jika masih ada yang kurang jelas atau belum kalian mengerti, silakan tuliskan saja di kolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.