Mengenal Apa Itu Housing Pada iPhone Secara Lengkap

Mengenal Apa Itu Housing Pada iPhone

Pengertian Housing Pada iPhone – Umumnya bagi mereka yang sudah menggunakan iPhone sejak lama, pastinya sudah tidak asing dengan istilah Housing. Tapi untuk yang masih baru, pastinya masih asing dengan kata tersebut. Mungkin kamu salah satunya, hehe.

Secara umum, istilah Housing ini lebih sering di jumpai pada platform online shop. Untuk harga yang sering di tawarkan juga tergolong jauh lebih murah dari pada perangkat iPhone. Selain murah, mendapatkan Housing juga cenderung lebih gampang.

Namun yang menjadi masalahnya, apa itu Haousing iPhone? Serta, kenapa harga Housing iPhone jauh lebih murah di bandingkan dengan perangkat iPhone itu sendiri? Nah, untuk menemukan jawabannya, kalian bisa menyimak informasinya di artikel ini.

Apa itu Housing Pada iPhone?

Apa itu Housing Pada iPhone

Housing iPhone merupakan sebuah kerangka atau bisa juga di katakan sebagai case dari perangkat iPhone itu sendiri. Dikarenakan hanya sebuah kerangka, tentunya tidak akan ada mesin iPhone yang akan kita jumpai di dalamnya.

Nah, hal itulah yang juga membuat harga Housing iPhone menjadi murah. Selain itu, ketika body iPhone kalian retak, pecah, bengkok dan masalah lainnya. Maka kalian dapat memperbaiki masalah tersebut dengan cara melakukan Housing.

Tapi dengan catatan, kalau komponen atau mesin pada iPhone kalian tidak mengalami kerusakan dan masih bisa berjalan normal. Hal ini karena nantinya mesin dari iPhone tersebut akan di pindahkan kedalam kerangka baru.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu iCloud Pada iPhone Secara Lengkap

Apa Perbedaan Housing dan Backdoor iPhone?

Apa Perbedaan Housing dan Backdoor iPhone

Oh ya, selain Housing, mungkin dari kalian juga pernah atau sering mendengar istilah backdoor iPhone. Meski keduanya mempunyai fungsi yang hampir mirib, namun sebenarnya pengertiannya jauh berbeda ya.

Yang mana Housing iPhone itu merupakan sebuah penggantian semua kerangka dari perangkat itu sendiri. Sedangkan kalau Backdoor adalah penggantian di bagian case belakangnya saja.

Beberapa orang juga biasanya akan memilih melakukan backdoor ketika iPhone-nya terjatuh dan mengakibatkan body belakangnya pecah. Selain pecah, jika hanya retak atau tergores, kalian bisa memilih untuk membeli bagian backdoor iPhone saja.

Tapi jika saat iPhone kalian terjatuh dengan benturan yang keras dan membuat kerangka menjadi pecah atau bengkok. Maka sangat di sarankan untuk membeli Housing-nya. Kenapa? Karena jika kalian memaksakan membeli backdoor-nya saja, maka akan sangat sulit nantinya ketika di pasang ke bagian kerangka.

Untuk perbandingan harganya bisa kalian simak di bawah ini:

  • Harga Backdoor iPhone – Rp. 60.000 sampai Rp. 95.000 (Belum termasuk ongkos pemasangan).
  • Harga Housing iPhone – Rp. 105.000 sampai Rp. 165.000 (Belum termasuk ongkos pemasangan).

Catatan:

Harga yang saya tampilkan di atas mungkin saja akan berbeda-beda di setiap platform online shop yang kalian gunakan. Tapi biasanya perbedaan harganya juga tidak terlalu jauh dan masih terbilang aman di kantong.

Apakah Aman Melakukan Housing iPhone?

Hal ini mungkin lebih sering di tanyakan oleh kalian yang berencana untuk melakukan Housing iPhone sendiri di rumah. Sebenarnya, hal apapun yang ingin kita lakukan pastinya mempunyai tingkat resikonya sendiri. Begitu juga ketika ingin melakukan penggantian pada bagian kerangka iPhone.

Tingkat resikonya akan berkurang jika kalian sudah tahu cara melakukan Housing iPhone yang benar dan aman. Namun akan sangat tidak aman jika kalian melakukannya tanpa tahu caranya, alias ingin coba-coba.

Ketika pemasangan kerangka iPhone tidak tepat, maka hal buruk sudah pasti terjadi pada perangkat kalian. Mulai dari perangkat yang tidak mau hidup, tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sampai bisa menyebabkan iPhone mati total.

Maka dari itu, sangat di sarankan sekali untuk melakukan penggantian kerangka iPhone di tempat service yang sudah berpengalaman. Apalagi beberapa tempat service biasanya menawarkan garansi untuk pelayanan yang mereka berikan.

Apakah Kita Bisa Memakai Case iPhone Dari Jenis Lain?

Tentu ini tergantung dari versi iPhone yang sedang kalian gunakan sekarang. Ini karena pada setiap versi iPhone biasanya mempunyai ukuran maupun bentuk mesin yang berbeda-beda. Tapi, di beberapa versi iPhone, ada juga yang memiliki layout sama.

Beberapa contoh versi iPhone yang mempunyai case sama, yaitu:

  • iPhone X.
  • dan iPhone XR.

Misalnya kalian memiliki iPhone X, kemudian berencana untuk memakai case dari iPhone XR. Maka penggantian case tersebut bisa kalian lakukan dengan mudah.

Tapi jika kalian mempunyai iPhone 5 dan ingin menggunakan case dari iPhone X maka hal tersebut tidak dapat di lakukan. Ini karena keduanya mempunyai ukuran case yang jauh berbeda, ya.

Baca Juga: Cara Cek Garansi iPhone Secara Lengkap

Cara Mengganti Case iPhone Dengan Aman

Jika iPhone yang kalian gunakan rusak atau tergores, maka penggantian case bisa di lakukan. Entah itu mengganti bagian backdoor atau Housing, keduanya bisa dilakukan sesuai dengan kondisi dari iPhone kalian masing-masing.

Terlepas dari itu, kalian juga wajib mengetahui resiko ketika melakukan penggantian case pada iPhone. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi, ada beberapa resiko yang bisa terjadi jika proses pemasangan case tidak sesuai.

Maka dari itu, agar hal buruk tidak terjadi ketika kalian mengganti case iPhone. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin dapat kalian coba terapkan.

  1. Mencari tempat service yang sudah berpengalaman dalam mengganti case iPhone. Untuk menemukannya, kalian bisa mengecek ulasan pelanggan sebelumnya dari tempat service tersebut.
  2. Usahakan untuk tidak tergiur dengan harga pemasangan case murah, apalagi mereka sendiri belum mempunyai pengalaman. Terutama untuk pemasangan Housing.
  3. Jangan lupa juga untuk memilih tempat service yang berani memberikan garansi untuk layanan yang mereka berikan.
  4. Cari penjual case (backdoor atau haousing) di platform online shop yang sudah memiliki renting tinggi serta ulasan positif dari pelanggannya. Ini khusus untuk kalian yang ingin memasang case iPhone sendiri di rumah.
  5. Pastikan memakai lem yang berkualitas ketika kalian memasang case iPhone sendiri di rumah. Ini agar case dapat merekat dengan baik saat di pasang.

Penutup

Jadi bagaimana, apakah kalian sudah paham tentang apa itu housing iPhone dan juga perbedaan backdoor dengan housing. Saya rasa dengan penjelasan di atas, kalian sekarang sudah paham tentang housing maupun backdoor.

Kesimpulannya, meski housing dan backdoor memiliki fungsi yang hampir sama tapi tetap saja pengertiannya jauh berbeda ya. Maka dari itu, mulai sekarang kalian jangan sampai salah mengartikan lagi ya.

Apabila ada yang masih kurang jelas atau kalian mempunyai pertanyaan seputar pembahasan di atas, maka jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat ya sobat Kampung Gadget.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.