Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone Asli atau Palsu

Cara Cek IMEI iPhone Asli – Apakah saat ini kalian sedang berencana untuk membeli iPhone, tapi ragu kalau itu asli atau palsu? Pasti sangat disayangkan sekali kan, setelah membeli dengan harga yang mahal ternyata saat di cek nomor IMEI nya, ternyata palsu.

Munculnya produk iPhone palsu atau sering disebut HDC ini dikarenakan produk Apple berupa smartphone nya ini sangat laris di pasaran, termasuk di Indonesia. Meski di bandrol dengan harga yang mahal, iPhone tetap saja laris di pasar gadget seluruh dunia. Kondisi inilah yang membuat banyak oknum nakal membuat replika iPhone yang biasanya dijual dengan harga yang lebih murah.

Secara sekilas, tampilan iPhone replika itu hampir mirip dengan aslinya. Oleh sebab ini, kita sebagai konsumen akan sedikit sulit untuk membedakan keduanya hanya dari bentuk fisiknya saja. Maka dari itu, pihak Apple membekali semua produknya ini termasuk iPhone dengan nomor IMEI tersendiri.

Masing-masing iPhone memiliki nomor IMEI yang berbeda meski tipenya sama sekalipun. Sehingga ini akan membuat orang yang membuat replika dari iPhone tidak bisa mengikutinya dan juga memudahkan pengguna mengecek keaslian produk tersebut.

Fungsi Nomor IMEI pada iPhone

Fungsi Nomor IMEI pada iPhone

Mungkin belum banyak yang tahu, apa fungsi dari IMEI pada setiap smartphone termasuk iPhone. Nah, bagi yang belum tahu IMEI adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah ponsel berbasis iOS ataupun Android.

Nomor IMEI ini sebenarnya merupakan kode produksi yang akan membedakan satu perangkat dengan perangkat lainnya. Sehingga tidak akan ada satupun perangkat smartphone yang akan memiliki nomor IMEI sama. Jadi tidak akan ada yang namanya nomor IMEI sama pada satu produk smartphone, ya.

IMEI ini juga bisa dijadikan sebagai acuan ketika ingin memastikan produk yang mereka beli adalah asli. Sebab masing-masing produsen termasuk Apple biasanya akan mendaftarkan masing-masing IMEI di setiap produknya pada situs resminya.

Cara Cek IMEI iPhone Asli atau Palsu Dengan Mudah

Mengetahui nomor IMEI yang dimiliki oleh iPhone memang terkesan sederhana dan mudah untuk kita lakukan. Tapi, bagi beberapa orang, mengetahui dan memastikan apakan nomor IMEI tersebut asli atau palsu tidaklah mudah.

Hal ini tentu karena kita tidak hanya cukup melihat pada satu bagian saja, melainkan di beberapa bagian agar bisa memastikan keasliannya. Nah, untuk melakukannya, di sini saya sudah merangkumkan kalian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor IMEI pada iPhone.

1. Lewat Pengaturan iPhone

Cara yang paling mudah ketika kalian ingin mengecek nomor IMEI pada iPhone adalah dengan langsung melalui pengaturan sistem iPhone itu sendiri.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Buka menu Pengaturan / Settings pada iPhone.
  2. Lalu cari menu General.
  3. Berikutnya kalian cari About.
  4. Dalam menu ini, kalian bisa cari nomor IMEI dari iPhone yang digunakan.
  5. Kalian juga bisa mengecek ICCID dengan cara ini.

2. Melalui SIM Tray dari iPhone

Cara yang berikutnya ini juga sebenarnya cukup gampang dan pastinya lebih cepat dari cara diatas. Di mana kalian dapat melihat nomor IMEI melalui SIM Tray yang ada di pada iPhone.

Jadi kalian hanya perlu mengeluarkan SIM Tray dari tempatnya, kemudian cari nomor IMEI. Biasanya pada produk iPhone asli, nomor IMEI akan terukir di bagian belakang SIM Tray dan biasanya berukuran kecil sehingga kalian harus teliti melihatnya.

3. Cek IMEI iPhone Dengan Kode Dial Khusus

Cek IMEI iPhone Dengan Kode Dial Khusus

Selain dengan kedua cara di atas itu, kalian juga bisa mengecek IMEI iPhone menggunakan kode dial khusus. Untuk caranya juga tidak begitu sulit, meski kalian seorang pemula sekalipun.

Nah, caranya seperti ini:

  1. Buka aplikasi Telepon pada iPhone.
  2. Pada keyboard kitkan kode *#06#.
  3. Lalu pilih Panggil.
  4. Maka kalian akan langsung melihat nomor IMEI pada layar.

Sehingga kalian bisa mencocokannya dengan nomor IMEI yang muncul di cara pertama tadi.

4. Cek IMEI iPhone Asli Melalui iTunes

Cek IMEI iPhone Asli Melalui iTunes

Selain dengan menggunakan kode dial khusus tadi, kalian sebenarnya masih bisa melakukan cara lain ketika ingin mengetahui nomor IMEI pada iPhone. Di mana caranya adalah dengan menggunakan iTunes yang sudah terinstal pada perangkat komputer atau laptop kalian.

Begini cara cek IMEI iPhone memakai iTunes:

  1. Buka dulu aplikasi iTunes di PC atau laptop.
  2. Lalu hubungkan iPhone kalian ke PC / laptop menggunakan kabel USB.
  3. Jika sudah tersambung, maka iTunes akan mendeteksi secara otomatis iPhone kalian.
  4. Pada iTunes, kalian klik ikon perangkat di bagian atas.
  5. Kemudian pilih perangkat iPhone yang ingin kalian cek IMEI nya.
  6. Selanjutnya tap menu Ringkasan.
  7. Untuk melihat nomor IMEI, kalian bisa klik dua kali pada nomor telepon.
  8. Secara otomatis, nomor IMEI akan muncul pada layar.

Sekarang kalian bisa langsung mencocokannya dengan nomor IMEI yang didapat sebelumnya agar bisa memastikan keaslian iPhone yang digunakan.

5. Langsung Dari Casing Belakang iPhone

Apabila menurut kalian cara di atas itu sangat sulit untuk di lakukan atau terlalu rumit, maka masih ada cara yang lainnya. Cara ini juga sangat gampang untuk kalian lakukan dan bahkan anak kecil sekalipun bisa melakukan cara yang satu ini.

Di mana kalian hanya perlu membalikan HP iPhone untuk bisa melihat nomor IMEI yang terletak di bagian casing belakangnya. Ukuran dari nomor IMEI yang tertera bisanya cukup kecil, sehingga kalian harus sedikit teliti untuk mengetahui nomornya.

6. Cek IMEI iPhone Asli Lewat Dus Box

Cek IMEI iPhone Asli Lewat Dus Box

Pada saat kalian membeli sebuah iPhone, tentu kalian akan mendapatkan perangkat serta Box-nya dan aksesoris lainnya. Apabila kalian memperhatikan dengan teliti, pada bagian belakang kotak yang mengemas iPhone, ada beberapa nomor yang tertera di sana.

Nah, diantara beberapa nomor yang tertera di sana, salah satunya adalah nomor IMEI dari iPhone yang kalian beli. Jika sudah menemukannya, kalian bisa langsung mencocokannya dengan nomor IMEI yang tertera di bagian belakang iPhone.

Apabila kalian menemukan ada perbedaan angka, maka sebaiknya jangan membeli produk iPhone tersebut. Karena bisa jadi produk iPhone itu merupakan barang HDC atau palsu.

7. Langsung Dari Situs Resmi Apple

Cara terakhir yang dapat kalian coba ketika ingin mengecek keaslian nomor IMEI dari perangkat iPhone adalah melalui situs resminya. Seperti yang saya katakan tadi, kalau masing-masing produsen biasanya akan menyimpan data IMEI dari semua produknya didalam situs resmi mereka.

Hal ini juga berlaku untuk produsen Apple, sehingga memudahkan semua penggunanya untuk mengecek nomor IMEI dari perangkat yang dibeli. Untuk caranya seperti ini:

  1. Buka dulu situs resmi apple di browser.
  2. Lalu kalian dapat masuk dengan ID Apple yang digunakan pada perangkat iPhone.
  3. Setelah berhasil login, gulir kebawah di bagian Perangkat.
  4. Dalam tampilan ini, kalian sudah bisa melihat IMEI dari perangkat iPhone yang digunakan.

Cara Cek Keaslian IMEI pada iPhone

Cara Cek Keaslian IMEI pada iPhone

Nomor IMEI yang dimiliki setiap produk smartphone termasuk iPhone itu sangatlah penting, karena dapat kalian gunakan jika ingin memastikan perangkat itu asli atau palsu.

Sebenarnya dengan mencocokan nomor IMEI yang ada di bagian belakang iPhone, di box-nya serta didalam Iphone itu sudah bisa dijadikan acuan ketika memastikan sebuah produk itu asli atau palsu. Sebab masing-masing produsen smartphone pasti akan menempatkan nomor IMEI produknya di beberapa tempat yang berhubungan dengan perangkat itu sendiri.

Namun jika kalian masih kurang yakin dengan cara itu, maka bisa mencoba cara cek keaslian iPhone melalui IMEI di bawah ini.

  • Pertama-tama kalian bisa mencatat nomor IMEI yang sudah didapat dengan mengikuti cara diatas.
  • Lalu buka browser kalian, bisa lewat HP atau bisa juga lewat komputer.
  • Ketikan saja alamat https://imei.kemenperin.go.id.
  • Di halaman depan, kalian bisa mengetikkan nomor IMEI yang sudah di catat tadi.
  • Setelah itu klik ikon Search.
  • Jika asli, maka akan muncul tulisan di bawahnya “IMEI terdaftar di database Kemenperin“.
  • Apabila tidak, mungkin iPhone kalian merupakan produk HDC atau BM.

Tips Membeli iPhone Asli

Tips Membeli iPhone Asli

Karena IMEI sangat erat kaitannya dengan produk iPhone asli atau palsu, maka di sini saya juga akan membagikan kalian sebuah tips. Di mana tips kali ini akan berhubungan dengan cara membeli produk iPhone Asli.

Agar tidak terlalu panjang lebar, maka berikut 4 tips membeli iPhone Asli dengan benar:

  1. Sebaiknya kalian membeli produk Apple seperti iPhone di Authorized Reseller Apple yang ada di Indonesia. Gerai resmi Apple juga tidak mampu menjamin kalau produk iPhone yang dibeli disana selalu resmi. Maka dari itu, kalian bisa melakukan pengecekan IMEI agar tidak membeli produk palsu.
  2. Ketika membeli sebuah iPhone, ada baiknya kalian tidak perlu malu untuk mengecek secara langsung keaslian dari produk yang akan di beli. Untuk caranya, kalian bisa mengikuti tutorial yang sudah saya jelaskan tadi di atas.
  3. Sebaiknya jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena pada umumnya baik toko offline maupun online tidak akan menawarkan harga yang sangat miring. Biasanya mereka akan memberikan discount sekitar 10 sampai 15% saja.
  4. Apabila memungkinkan, kalian dapat mengkoneksikannya ke iCloud atau iTunes dan apabila ada kesalahan atau error maka bisa jadi iPhone yang akan dibeli merupakan produk palsu.

Penutup

Mungkin sekian saja informasi yang bisa saya rangkumkan untuk kalian mengenai cara cek IMEI iPhone Asli atau palsu. Meskipun terkesan sederhana, mengecek nomor IMEI pada produk iPhone yang akan di beli merupakan hal yang sangat wajib dilakukan. Ini bertujuan untuk mencegah kalian agar tidak tertipu atau mendapatkan produk iPhone palsu.

Kalian dapat memilih beberapa cara di atas yang pastinya mudah dan cepat untuk kalian gunakan. Sedikit informasi untuk kalian, kalau sebenarnya semua cara itu masih sangat cocok digunakan sampai saat ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.