2 Cara Cek Kode Negara Pada iPhone Asli Dengan Mudah

Daftar dan Cara Cek Kode Negara Pada iPhone Asli

Daftar Kode Negara Pada iPhone – Buat yang belum tahu, kalau kode iPhone merupakan salah satu hal yang cukup penting. Terutama untuk kalian yang memang ingin membeli iPhone baru maupun bekas. Dengan mengetahui kode ini, nantinya kalian akan jauh lebih mudah ketika ingin melakukan klaim garansi.

Seperti yang saya bahas sebelumnya juga, kalau iPhone iBox dan Inter itu mempunyai kode yang berbeda. Sehingga nantinya proses klaim garansi ketika iPhone kalian mengalami kerusakan juga akan berbeda prosesnya.

Misalnya ketika kalian membeli iPhone Inter dan mengalami kendala pada unitnya. Maka di sini kalian tidak akan bisa melakukan klaim garansi resmi di iBox. Mengapa? Karena iPhone tersebut berasal dari luar negeri dan tidak masuk ke Indonesia secara legal.

Bila kalian masih bingung dengan kode negara pada iPhone serta cara mengecek kodenya. Maka jangan khawatir, karena di artikel ini saya akan menjelaskannya secara lengkap dan pastinya mudah di pahami.

Pengertian Kode Pada iPhone

Pengertian Kode Pada iPhone

Kode yang terdapat pada iPhone itu merupakan sebuah identitas atau karakter yang menjadi penentu dari mana asal ponsel tersebut. Biasanya masing-masing distributor juga akan mempunyai kode yang berbeda-beda.

Contohnya jika iPhone kalian berasal dari iBox Indonesia, maka itu artinya kode yang tercantum ialah ID/A, PA/A atau FE/A.

Namun jika kode pada iPhone kalian berbeda dari itu, maka dapat di pastikan kalau unit tersebut tidak berasal dari iBox Indonesia. Sehingga jika nanti kalian mau melakukan klaim garansi, maka harus datang ke distributornya / tempat membeli iPhone Inter.

Selain penanda dari mana asal iPhone itu di jual, kode ini juga berfungsi sebagai sebuah syarat ketika mau melakukan klaim garansi. Ini dikarenakan garansi yang kalian terima itu tergantung dari kode yang terdapat pada iPhone. Singkatnya sih, garansi tersebut bisa di klaim berdasarkan lokasi atau negara tempat pembeliannya saja.

Baca Juga: Perbedaan iPhone iBox dan Inter Secara Umum

Kumpulan Daftar Kode Negara iPhone

Kumpulan Daftar Kode Negara iPhone

Perlu kalian ketahui juga, kalau iPhone tidak hanya di jual pada negara Indonesia saja ya. Karena distributor iPhone sangatlah banyak di berbagai negara. Ini juga membuat masing-masing negara memiliki kode tersendiri.

Buat kalian yang penasaran, berikut ini merupakan tabel daftar kode negara iPhone:

Nama Negara Kode Negara iPhone
Kanada A / C
Yordania, Uni Emirat Arab, Mesir dan Arab Saudi AB
Irlandia atau United Kingdom B
Bulgaria BG / HC
United Kingdom BT / ZO
Brazil BZ
China CH
Paraguay CI
Hungaria atau Kroasia CM
Slovakia CN
Republik Ceko CZ
Jerman D / DM
Jerman, Austria serta Belanda E
Meksiko EE
Estonia EL
Ireland ER
Estonia ET
Prancis F
Prancis atau Luxembourg FB
Liechtenstein, Switzerland FD
Finlandia FS / KS
Hungaria GH / GR
Portugal GP / PO
Israel HB
Indonesia ID / FE / PA
India IN
Portugal atau Italia IP
Jepang J/JP
Swedia K
Korea Selatan KH
Norwegia, Denmark KN
Kosta Rika, Kolombia, Honduras, Panama LA
Argentina LE
Amerika Serikat (US) LL
Polandia LP
Chile, Paraguay, Uruguay LZ
Albania atau Montenegro MM
Malaysia MY
Belanda ND
Filipina PP
Spanyol PY / Y
Rusia QB / PP / RR / RU
Romania RO
Moldova RR
Kazakhtan RM
Serbia SE
Slovakia SL
Afrika Selatan SO
Ukraina SU
Taiwan TA
Thailand TH
Turki TU
Italia T / TY
Vietnam VN
Australia, New Zealand X
Singapore ZA
Hongkong ZP
Zamaika ZQ

Walaupun kita tinggal di negara Indonesia, tidak menutup kemungkinan juga kalau kita bisa saja mendapatkan iPhone dari negara lain. Ini karena tidak sedikit orang yang saat ini menjual iPhone handcarry dari luar negeri. Tapi umumnya sih untuk unit iPhone bekas atau second saja.

Seperti di tabel tersebut, ada beberapa negara yang mempunyai dua atau lebih kode pada iPhone resmi. Untuk contoh negara tersebut bisa kalian perhatikan di tabel di atas, ya.

Daftar Kode iPhone iBox (Resmi)

Di artikel sebelumnya juga sudah pernah saya bahas, kalau iBox sendiri merupakan distributor resmi yang ada di Indonesia. Sehingga membuat semua iPhone yang di jual oleh iBox mempunyai kode negara Indonesia.

Untuk kode iPhone Indonesia ialah sebagai berikut:

  1. ID/A
  2. FE/A
  3. PA/A

Jika kalian menemukan kode selain di atas itu pada iPhone yang di gunakan, maka itu artinya iPhone tersebut berasal dari negara lain (luar negeri). Untuk jenis iPhone ini umumnya akan di jual dengan istilah Inter (Internasional).

Meski bukan merupakan produk iPhone yang di jual resmi di Indonesia, kalian masih tetap bisa kok memakai produk tersebut. Hanya saja akan ada beberapa kekurangan nantinya, misalnya klaim garansi yang rumit, sering terjadi error pada IMEI, sampai tidak bisa memakai sembarang kartu SIM provider Indonesia.

Cara Cek Kode Pada iPhone Resmi

Buat kalian yang baru mau membeli iPhone ataupun sudah punya dan ingin mengetahui dari mana asal pembuatannya. Maka kalian bisa melakukannya dengan mudah, kok.

Di sini kalian bisa mengecek pembuatan iPhone tersebut melalui dus box sampai dengan lewat pengaturan (settings).

Berikut ini beberapa cara cek kode negara pembuatan iPhone:

1. Melalui Dus iPhone

Cara cek kode pembuatan iPhone yang pertama bisa kalian lakukan melalui dus box-nya. Untuk cara ini dapat pilih ketika kalian ingin membeli iPhone dari penjualnya langsung.

Di sini kalian bisa langsung mengecek kode negara iPhone pada bagian bawah dus box-nya.

Jika terdapat kode negara dari iBox, maka itu artinya iPhone yang mau kalian beli tersebut berasal dari negara Indonesia. Sedangkan kalau kodenya bukan ID/A, FE/A dan PA/A, maka itu tandanya iPhone tersebut berasal dari luar negeri.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Housing Pada iPhone Secara Lengkap

2. Dengan Menu Settings

Selain lewat dus, kita juga bisa kok memastikan pembuatan iPhone yang mau di beli melalui pengaturan. Cara ini juga cocok untuk kalian yang mungkin khawatir kalau kode negara pada dus berbeda dengan kode yang ada di dalam pengaturan.

Untuk melakukannya, di sini kalian hanya perlu mengakses menu Tentang di dalam Pengaturan iPhone saja. Nantinya kode negara pada iPhone yang kalian pakai akan terlihat.

Jika masih bingung, berikut cara cek kode negara iPhone lewat pengaturan:

  • Pertama, kalian bisa membuka menu Pengaturan (Settings) pada iPhone.
  • Setelah itu pilih menu Umum.
  • Kemudian pilih opsi Tentang.
  • Nantinya informasi tentang iPhone akan muncul.
  • Kalian bisa perhatikan pada bagian kolom Nomor Model.
  • Di sana kode negara pembuatan iPhone akan muncul.
  • Selesai.

Penutup

Jadi, begitulah pengertian kode pada iPhone dan juga cara mengeceknya. Kesimpulan dari pembahasan di atas, kode iPhone ini sangatlah penting untuk di perhatikan ketika ingin membeli iPhone baru maupun bekas.

Hal tersebut karena akan sangat mempengaruhi kita ketika ingin melakukan klaim garansi nantinya. Jika boleh saran, sebaiknya kalian membeli iPhone dari distributor resmi yang ada di Indonesia. Selain pelayanan yang jauh lebih baik, klaim garansi juga sangat mudah dan cepat.

Bila ada yang masih kurang di mengerti atau ada pertanyaan seputar penjelasan di atas, maka jangan ragu menuliskannya pada kolom komentar.

Sampai bertemu di pembahasan berikutnya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.