True Tone iPhone Itu Apa dan Pentingkah Untuk Dinyalakan?

Apa Itu True Tone iPhone dan Pentingkah Untuk Dinyalakan

Pengertian True Tone Pada iPhone – Sampai sekarang Apple Inc terus melakukan pengembangan terhadap fitur yang ada di dalam produknya. Terutama untuk fitur yang terdapat di dalam produk iPhone terbarunya.

Hingga artikel ini terbit, Apple Inc sudah merilis beragam fitur canggih di dalam produk iPhone mereka. Semua fitur tersebut sangat membantu dan bermanfaat bagi penggunanya. Nah, meski ada banyak sekali fitur canggih yang di sediakan oleh Apple Inc. Ada satu fitur yang mungkin masih banyak pengguna iPhone belum tahu kegunaan serta fungsinya. Tentu bukan fitur menghemat baterai pada iPhone ya, tapi ini adalah fitur True Tone.

Untuk fitur True Tone ini mulai di rilis dan ada pada produk iPhone 8 sampai yang terbaru saat ini. Selain pada iPhone, sekarang fitur True Tone juga sudah tersedia di produk Apple yang lainnya, seperti MacBook dan juga iPad.

Seperti yang saya katakan tadi, meski sudah ada cukup lama, namun ternyata masih banyak pengguna iPhone yang belum tahu fungsi serta kegunaan fitur True Tone. Nah, jika kalian merupakan salah satu orang tersebut, maka tidak usah pusing-pusing memikirkannya. Karena di artikel ini saya akan jelaskan semua tentang fitur True Tone pada iPhone.

Apa itu True Tone di iPhone?

Apa itu True Tone di iPhone

True Tone pada iPhone adalah salah satu fitur canggih yang memiliki fungsi untuk menyesuaikan tingkat kecerahan pada layar. Nantinya tingkat kecerahan layar akan di sesuaikan berdasarkan kondisi lingkungan saat kita memakai ponsel.

Misalnya ketika kalian sedang memakai ponsel pada lingkungan yang terang, maka fitur ini akan secara otomatis mengatur kecerahan layar. Biasanya di kondisi lingkungan yang terang, tingkat kecerahan pada layar akan di atur ke nuansa dingin atau kebiruan.

Kemudian jika kalian memakai ponsel di lingkungan yang gelap, maka secara otomatis kecerahan layar akan di atur ke nuansa hangat atau kekuningan.

Jadi dengan adanya fitur ini, pengguna akan jauh lebih merasa nyaman ketika memakai ponsel di segala kondisi lingkungan. Hal ini tentu sangat sejalan dengan keinginan Apple sendiri yang menginginkan penggunanya mendapatkan kualitas terbaik pada kecerahan layar.

Baca Juga: Cara Cek Model iPhone Dengan Mudah

Cara Mengaktifkan True Tone Pada iPhone

Sebenarnya untuk kalian yang memakai iPhone 8 ke atas, maka secara umum fitur ini akan langsung aktif secara default. Jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk mengaktifkannya.

Namun jika kalian pernah atau secara tidak sengaja mematikan fitur ini dan tidak tau cara mengaktifkannya lagi. Maka tidak perlu khawatir, karena tidak sulit mengaktifkan fitur True Tone di iPhone.

Kalian bisa langsung simak tutorial lengkapnya di bawah ini:

  • Pertama buka dulu menu Settings pada iPhone kalian.
  • Kemudian pilih Tampilan & Kecerahan.
  • Perhatikan di bagian kolom Kecerahan.
  • Silakan kalian geser toggle ke bagian kanan pada menu True Tone.
  • Selesai, kini fitur True Tone di iPhone kalian sudah aktif.

Selain mengaktifkan fitur ini melalui menu Settings yang ada pada iPhone, sebenarnya masih ada satu cara lagi. Di mana kalian juga bisa mengaktifkan fitur True Tone lewat panel notifikasi di iPhone.

Caranya begini:

  • Aktifkan layar iPhone kalian.
  • Lalu Usap Layar kebawah dengan jari.
  • Nanti akan muncul sebuah panel notifikasi.
  • Pada panel notifikasi, kalian bisa memilih opsi Control Center.
  • Kemudian tekan opsi True Tone.
  • Maka secara otomatis fitur ini akan aktif.
  • Selesai.

Catatan:

Fitur True Tone ini mulai tersedia pada iPhone 8 dan versi iPhone seterusnya. Sedangkan untuk iPhone 8 kebawah, fitur ini mungkin masih belum tersedia ya.

Begini Cara Kerja True Tone di iPhone

Setelah tahu tentang fitur True Tone dan juga cara mengaktifkannya di iPhone, maka selanjutnya saya juga akan menjelaskan sistem kerja dari fitur ini.

Buat yang belum tahu, fitur ini bekerja dengan cara memanfaatkan geolokasi, waktu serta sensor multi-channel canggih yang mampu mendeteksi intensitas cahaya pada lingkungan.

Dengan begitu, nantinya layar ponsel kalian bisa menghasilkan tingkat kecerahan layar yang sesuai secara otomatis. Selain itu, jika di lihat dari teknologinya, proses perubahan tingkat kecerahan layar juga berjalan sangat smooth.

Oh ya, meski fitur ini juga mengkonsumsi daya baterai pada iPhone. Tapi tingkat konsumsinya tidaklah banyak, sehingga tidak akan membuat daya pada baterai cepat habis ataupun iPhone jadi cepat panas.

Pentingkah Menyalakan True Tone di iPhone?

Pentingkah Menyalakan True Tone di iPhone

Bagi kalian yang ingin menjaga kesehatan mata, maka fitur yang satu ini sangat wajib untuk di aktifkan pada iPhone. Apalagi jika kalian lebih sering melakukan aktivitas di luar rumah.

Selain mampu membuat mata nyaman saat memakai ponsel, fitur ini juga memudahkan kita dalam melihat tampilan layar dengan lebih jelas. Terutama ketika berada di luar ruangan yang tingkat cahayanya tinggi.

Terlepas dari itu, kondisi cahaya yang ada di lingkungan luar juga bisa berubah-ubah tanpa kita ketahui. Sehingga akan sangat sulit dan repot jika harus menyesuaikan tingkat kecerahan layar ponsel secara manual.

Jadi, dengan mengaktifkan fitur True Tone, tingkat kecerahan layar pada ponsel akan di sesuaikan secara otomatis. Ini tentunya akan membuat mata kalian lebih nyaman dan jelas dalam melihat tampilan layar ponsel.

Baca Juga: Begini Cara Downgrade iOS yang Benar dan Aman Untuk Pemula

Apakah Aman Jika True Tone Off Pada iPhone?

Aman kok, karena kalian bisa mengaktifkan maupun nonaktifkan fitur ini sesuai kebutuhan dan keperluan masing-masing. Selain itu tidak ada efek buruk yang akan muncul pada iPhone jika kalian menonaktifkan fitur True Tone.

Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau fitur ini hanya berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar dan menyesuaikannya pada lingkungan.

Tapi jika fitur ini nonaktif, maka tingkat kecerahan pada layar akan bersifat tetap sesuai yang sudah kalian atur sebelumnya. Meski kalian berada di lingkungan yang cerah ataupun gelap, tingkat kecerahan layar akan tetap dan tidak berubah.

Meski bisa di atur secara manual, namun kondisi ini jelas kurang baik dan sedikit merepotkan. Terutama untuk kalian yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Karena kondisi cahaya di luar ruangan tidaklah menentu dan hal ini akan membuat mata kurang nyaman ketika melihat layar ponsel.

Selain hanya kenyamanan mata ketika memandang layar, tidak ada masalah lain lagi kok jika kalian mematikan fitur True Tone pada iPhone.

Penutup

Kesimpulannya, True Tone merupakan salah satu fitur yang akan berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar iPhone secara otomatis sesuai dengan lingkungan. Fitur ini juga memakai teknologi canggih, seperti gelokasi, waktu dan juga sensor multi-channel yang dapat menangkap intensitas cahaya pada lingkungan.

Mungkin sekian dulu pembahasan yang bisa saya hadirkan tentang pengertian True Tone dan cara mengaktifkannya di iPhone. Jika ada yang kurang jelas atau memiliki sebuah pertanyaan, kalian dapat menuliskannya di kolom komentar.

Sampai bertemu di pembahasan berikutnya ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.