Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tidak Cepat Habis

Cara Menghemat Baterai iPhone – Smartphone dari merek Appel selalu menggiurkan dan juga sering membuat banyak orang terpesona. Hal itu tentu karena semua produk dari Apple itu dibekali dengan teknologi serta fitur terbaik dan tentunya tidak memiliki saingan seperti di Android.

Selain itu, Apple saat ini juga senantiasa selalu meningkatkan ketahan daya dari baterai yang di gunakan pada produk terbarunya. Bahkan, pada iPhone terbaru saat ini, yakni iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max diklaim mempunyai ketahanan daya baterai yang lebih lama dari seri sebelumnya.

Namun lain ceritanya, jika kalian menggunakan produk iPhone dengan tipe lama atau versi di bawah produk terbarunya ini. Tentunya kalian pasti pernah ataupun sering mengalami masalah pada iPhone, seperti daya baterai yang cepat habis, misalnya. Serta sudah mencoba berbagai cara, namun tetap saja tidak bisa mencegah agar baterai iPhone tidak boros lagi. Malahan membuat baterai iPhone menjadi semakin boros lagi dari sebelumnya.

Nah, apabila masalah yang saat ini sedang kalian alami adalah baterai iPhone yang boros atau cepat habis, maka jangan buru-buru untuk menggantinya. Sebab, hari ini saya akan membagikan kalian sebuah cara menghemat baterai iPhone yang boros. Caranya juga sangat simpel dan mudah untuk di lakukan, namun hasilnya pastinya sangat memuaskan.

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Kesehatan Baterai Tidak Menurun

Sebenarnya sudah sangat normal sekali jika daya tahan baterai pada iPhone mengalami penurunan, sebab semua teknologi itu memiliki masa atau umurnya masing-masing, begitu juga dengan baterai. Penggunaan dengan baik, biasanya akan membuat masa pakai baterai menjadi lebih lama, karena baterai tidak bekerja lebih keras.

Meski sudah begitu, sebagian dari orang juga ada yang mengalami masalah ini meski sudah menggunakannya dengan baik. Biasanya ini di picu oleh beberapa hal, salah satunya adalah kebiasaan buruk dari penggunanya yang tidak di sadari.

Nah, untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi pada kalian, maka bisa mencoba beberapa tips menghemat baterai iPhone agar tidak cepat habis berikut ini.

1. Nonaktifkan Background App Refresh

Memang benar ada beberapa fitur yang dapat membuat iPhone terlihat lebih canggih dan selalu siap jika di butuhkan oleh penggunanya. Salah satunya itu adalah fitur Background App Refresh.

Di mana fitur yang satu ini akan memantau beberapa aplikasi yang sering kita gunakan dan mencatat berapa lama waktu yang di habiskan saat menggunakannya. Lalu sistem akan secara otomatis memperbaharui aplikasi tersebut sehingga ketika di waktu berikutnya kalian akan membuka aplikasi tersebut, maka informasi terbaru yang ada di dalamnya sudah di siapkan oleh sistem.

Contohnya saja, ketika kalian memeriksa aplikasi media sosial seperti Facebook pada pukul 8:30 pagi, maka sistem pada iPhone akan mencatat hal itu dan secara otomatis sistem juga akan memperbaharui aplikasi sosial tersebut sebelum kalian membukanya.

Tapi, meski fitur ini sangat berguna, namun sayangnya bisa menguras banyak daya pada baterai, loh. Nah jika kalian merasa tidak terlalu membutuhkannya, ada baiknya untuk menonaktifkannya saja. Dengan begitu, konsumsi daya pada baterai bisa menurun dan baterai juga tidak akan cepat habis nantinya.

Cara menonaktifkan fitur Background App Refres itu seperti ini:

  1. Buka Settings pada iPhone.
  2. Lalu cari menu General.
  3. Dalam halaman ini, kalian pilih Background App Refresh.
  4. Untuk menonaktifkannya, swipe ke arah Off.
  5. Selesai.

    Ingin privasi tetap terjaga di iPhone? Begini cara mengunci aplikasi di iPhone agar privasi terjaga dengan aman.


2. Hindari Mengaktifkan Pembaharuan Aplikasi Otomatis

Selain dengan tips yang pertama, untuk menghemat baterai iPhone yang boros juga dapat kita atasi dengan menonaktifkan pembaharuan otomatis pada aplikasi. Karena jika seandainya iPhone terhubung dengan WiFi, maka sistem tidak akan melakukan pembaharuan secara otomatis.

Ada baiknya kalian mengganti proses pembaharuan aplikasi di iPhone secara manual saja dan perbaharui aplikasi ketika baterai iPhone terisi penuh. Kondisi ini juga memungkinkan kalian untuk memilah-milah, mana aplikasi yang penting dan mana yang tidak penting menurut kalian masing-masing.

Untuk menonaktifkan pembaharuan aplikasi otomatis di iPhone sangatlah mudah dan bisa kalian lakukan sendiri. Bagini cara menonaktifkanya:

  • Buka dulu menu Settings pada iPhone.
  • Lalu kalian ketuk iTunes & App Store.
  • Kemudian tinggal menonaktifkan pembaharuan otomatis di sini.
  • Selesai, deh.

3. Berhenti Menggunakan Saran Aplikasi dari Siri

Fitur Siri di iPhone itu pertama kali di perkenalkan saat peluncuran sistem operasi iOS 8 beberapa tahun lalu. Siri merupakan sebuah fitur suggestion yang akan menampilkan beberapa saran aplikasi terpopuler di tempat atau di lokasi kalian berada. Hal ini karena fitur Siri tersebut menggunakan informasi GPS untuk menentukan aplikasi mana yang mungkin kalian inginkan berdasarkan di mana kalian berada.

Meski dalam beberapa hal, fitur Siri memang sangat membantu kita sebagai pengguna. Tapi, tahukan kalian kalau fitur Siri bisa bikin baterai iPhone boros? Tentu saja bisa, sebab fitur Siri akan selalu melakukan update lokasi kalian berada menggunakan GPS lalu menyinkronkanya dengan App Store dan ini tentu akan menghabiskan banyak daya baterai.

Nah, agar baterai iPhone kalian tidak boros lagi dan bisa bertahan lama saat di gunakan, ada baiknya untuk menonaktifkan fitur Siri ini. Jika belum tahu caranya, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama geser kebawah dari layar atas iPhone untuk membuka Pusat Pemberitahuan.
  2. Lalu geser kembali ke bagian kiri untuk melihat Tampilan Hari ini.
  3. Berikutnya gulir ke bagian bawah dan ketuk menu Edit.
  4. Pilih ikon merah yang ada di sebelah Saran Aplikasi Siri.
  5. Katuk saja Hapus.
  6. Terakhir tap Selesai.

Dengan begitu, fitur Siri di Iphone kalian tidak akan aktif dan rekomendasi aplikasi juga tidak akan muncul di layar iPhone.

4. Nonaktifkan Fitur AirDrop Untuk Menghemat Baterai Iphone

Bagi kalian yang belum tahu, kalau AirDrop merupakan fitur yang di miliki oleh iPhone yang membutuhkan koneksi Bluetooth. Fitur ini memungkinkan kalian untuk mentransfer data seperti file foto, gambar, video, dokumen dan lainnya ke perangkat iPhone.

Tapi tidak banyak yang tahu kalau fitur ini sebenarnya sangat boros baterai, loh. Jika kalian biarkan hidup sepanjang hari, maka daya baterai pada iPhone akan lebih cepat habis meski tidak sedang kalian gunakan. Oleh sebab itu, ada baiknya kalian mengaktifkannya ketika membutuhkannya saja dan mematikannya kembli jika sudah selesai.

Cara nonaktifkan Fitur AirDrop pada iPhone, seperti ini:

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan pada iPhone.
  2. Lalu kalian cari menu General.
  3. Kemudian cari menu AirDrop.
  4. Untuk menonaktifkannya, geser saja kesamping sampai berwarna abu-abu.

Saat kalian membutuhkannya kembali, tinggal menggesernya saja ke samping sampai berwarna hijau seperti semula.

5. Matikan Fitur Raise to Wake

Cara untuk menghemat baterai iPhone yang selanjutnya itu bisa juga kalian lakukan dengan menonaktifkan fitur Raise to Wake. Raise to Wake merupakan salah satu fitur yang memungkinkan iPhone kalian menyala dengan otomatis saat di angkat.

Jadi kalian tidak perlu lagi untuk menekan tombol fisik pada iPhone untuk membuatnya menyala. Namun di balik kemudahan tersebut, tentu ada sebuah masalah yang terselip di dalamnya, yaitu konsumsi daya baterai pada iPhone akan meningkat.

Peningkatan ini terjadi karena sistem pada iPhone akan terus aktif, agar bisa menyala dengan cepat ketika kalian mengangkatnya. Oleh sebab itu, jika tidak terlalu membutuhkannya, ada baiknya kalian menonaktifkan fitur Raise to Wake pada iPhone.

Untuk caranya itu adalah seperti ini:

  1. Buka menu Settings pada iPhone yang kalian gunakan.
  2. Lalu cari menu Display & Brightness.
  3. Scroll kebagian bawah dan cari menu Raise to Wake.
  4. Untuk menonaktifkannya, kalian bisa menggesernya ke kenan.

Dengan begitu fitur Raise to Wake akan nonaktif dan konsumsi daya baterai pada iPhone akan menjadi lebih hemat sekitar 10% dari sebelumnya.

6. Jangan Gunakan Notifikasi Layar Kunci

Secara umum di setiap smartphone seperti iPhone biasanya jika ada sebuah aplikasi yang berjalan secara default, maka otomatis akan menampilkan sebuah notifikasi di layar kunci. Hal ini akan membuat iPhone kalian menyala jika ada pesan atau informasi terbaru dari aplikasi tersebut, fungsinya agar kalian bisa dengan mudah melihatnya.

Jika dilihat-lihat, bagus memang. Tapi sekali lagi, tidak semua aplikasi perlu atau harus menggunakan fitur yang satu ini. Sebab, untuk menjalankan fitur tersebut, kalian harus rela mengorbankan banyak daya baterai pada iPhone, sehingga membuat daya baterai pada iPhone menjadi cepat habis.

Semakin banyak aplikasi yang menggunakan fitur ini, maka semakin banyak daya baterai yang di butuhkan. Jadi, agar kondisi ini tidak terjadi pada kalian, maka ada baiknya kalian membatasi izin dari beberapa aplikasi. Sehingga, daya baterai pada iPhone bisa bertahan lebih lama.

Caranya sangat mudah, begini:

  • Pertama buka dulu menu Settings pada iPhone.
  • Kemudian kalian cari menu Notifications.
  • Sekarang pilih aplikasi yang di izinkan menggunakan fitur ini.
  • Selanjutnya tap opsi Show on Lock Screen.

Dengan begitu, beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting tidak akan bisa menggunakan fitur ini. Maka daya tahan pada baterai akan menjadi lebih baik lagi.

7. Menghemat Baterai iPhone Dengan Mempercepat Auto Lock

Mungkin banyak orang yang belum tahu kalau sebenarnya Auto-Lock atau waktu menunggu sebelum smartphone standbay ternyata sangat berpotensi menjadi cara agar baterai iPhone awet lebih lama dari biasanya.

Jika kalian memang benar-benar ingin menghemat daya baterai pada iPhone, maka saya sarankan untuk menggunakan waktu yang lebih singkat. Biasanya waktu tercepat smartphone terkunci adalah 30 detik dan kalian bisa mengaturna dengan waktu tersebut.

Kondisi ini akan membuat beberapa sistem pada iPhone akan di nonaktifkan, sehingga tidak banyak yang bekerja dan konsumsi daya baterai akan menjadi lebih sedikit. Namun, untuk pemakaian sehari-hari biasanya akan lebih nyaman jika menggunakan waktu 2 menit.

Tapi, kalian bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. Karena setiap orang pasti memiliki keperluan yang berbeda-beda saat menggunakan iPhone setiap harinya. Jika kalian berminat mempersingkat auto lock pada iPhone, begini caranya:

  1. Pergi ke menu Settings atau Pengaturan pada iPhone.
  2. Selanjutnya kalian cari menu General.
  3. Lalu pilih opsi Auto Lock.
  4. Di sini kalian dapat mengatur waktunya menjadi 30 detik saja.

8. Aktifkan Low Power Mode

Cara aman untuk menghemat baterai pada iPhone yang selanjutnya ini juga bisa kalian coba lakukan di rumah, yaitu dengan mengaktifkan fitur Low Power Mode. Fitur ini mempunyai fungsi untuk menutup beberapa aplikasi yang berhalan di latar belakang, mengurangi tingkat kecerahan layar dan masih banyak lagi.

Selain itu, fitur ini juga bisa mencegah prosesor pada iPhone agar tidak bekerja terlalu berat, sehingga konsumsi daya pada baterai akan menurun dan juga mencegah iPhone cepat panas. Sebaiknya fitur ini kalian aktifkan ketika memang ingin menghemat daya baterai. Tapi, jika dalam pemakaian sehari-hari, ada baiknya jangan mengaktifkan fitur ini karena bisa menghambat kinerja iPhone.

Cara mengaktifkan Low Power Mode pada iPhone:

  1. Pergi ke menu Settings yang ada didalam iPhone.
  2. Kemudian kalian dapat mencari menu Battery.
  3. Terakhir tinggal menyalakan Low Power Mode.
  4. Selesai.

9. Batasi Location Service

Sejak di rilisnya iOS 13, fitur Location Service mendapatkan perbaikan serta penambahan beberapa fungsi baru lainnya. Di mana, kalian bisa mengatur dengan sesuka hati, kapan iPhone bisa membagikan data lokasi pada aplikasi yang di miliki.

Untuk membuat baterai iPhone lebih hemat, bukan berarti kalian harus mematikan fitur yang penting ini, ya. Tapi, kalian hanya harus membatasi atau mengelolah aplikasi mana saja yang bisa menggunakan fitur layanan lokasi pada iPhone.

Dengan adanya fitur ini akan membuat iDevice milikimu bisa terlihat lebih pintar. Walaupun seperti itu, jangan membiarkan banyak aplikasi menggunakannya, karena sangat berpotensi membuat daya baterai menjadi cepat habis.

Jika ingin mengelolahnya, begini langkah-langkahnya:

  • Pertama cari dulu menu Settings pada iPhone.
  • Kemudian kalian cari menu Privacy.
  • Jika sudah, tap opsi Location Service.
  • Scroll ke bawah untuk melihat aplikasi mana yang akan diizinkan menggunakan fitur ini.

Pastikan kalian memilih aplikasi yang penting saja, ya. Dengan begitu, kalian bisa menghemat konsumsi daya baterai di Iphone dan fitur ini juga masih bisa digunakan.

10. Gunakan Fitur Dark Mode

Terakhir, kalian juga bisa menghemat baterai iPhone yang boros dengan mengaktifkan fitur Dark Mode. Selain bisa membuat daya baterai pada iPhone tidak cepat habis, menggunakan dark mode juga bisa membuat tampilan smartphone kalian terlihat keren, lho.

Tidak hanya tema saja, bahkan menu slider, user interface sampai beberapa aplikasi yang ada di iPhone juga berubah menjadi wakna gelap. Adanya fitur dark mode di iOS 13 itu bukan hanya soal penampilan saja, ya. Karena fitur ini sengaja di hadirkan untuk membuat iPhone lebih hemat baterai, terlebih pada iPhone yang memakai layar OLED.

Ketika fitur ini diaktifkan, maka konsumsi daya pada baterai akan menjadi berkurang, karena layar tidak perlu lagi menerangi bagian yang berwarna gelap. Warna latar yang menjadi gelap juga bisa meminimalisir kinerja sistem pada iPhone, sehingga kalian bisa menggunakannya lebih lama lagi dari biasanya.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100%

Mungkin masih banyak dari kalian yang bertanya-tanya tentang, apakah kesehatan baterai bisa ditingkatkan atau di tambah? Jika yang kalian maksud itu adalah penambahan persentase dari kapasitas maksimumnya secara otomatis, maka jelas jawabannya itu adalah tidak.

Satu-satunya cara yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100% atau seperti sediakala adalah dengan mengganti unit baterai lama dengan yang baru serta original. Jadi, sampai saat ini belum ada cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone kembali ke 100%.

Tapi, jika kalian mencari cara untuk menjaga kesehatan baterai iPhone agar tidak cepat menurun, maka jawabannya tentu ada. Cara ini juga sudah di jelaskan secara rinci oleh pihak Apple sendiri, sehingga tidak perlu kalian ragukan lagi hasilnya.

Sebelum itu, cara ini hanya bisa kalian gunakan untuk pengguna iPhone tertentu saja, seperti iPhone XS dan XS Max, Iphone XR, iPhone 11 XI, iPhone X, iPhone 8 dan 8 Plus, iPhone 7 dan 7 Plus, iPhone 6 dan 6 Plus dan terakhir adalah iPhone SE. Sehingga, jika kalian memakai tipe iPhone selain yang saya sebutkan, cara ini tidak bisa kalian coba. Karena pada tipe iPhone di bawah ini, iOS yang bisa di gunakan hanya sampai angka 10 saja, sehingga fitur ini tidak ada di dalamnya.

Agar tidak terlalu panjang, berikut 2 cara menjaga kesehatan baterai iPhone agar tidak cepat menurun.

1. Hindari Melakukan Kalibrasi Terlalu Sering

Dalam beberapa kasus, kalibrasi memang sangat penting untuk kita lakukan saat sistem yang memonitor baterai di iPhone mengalami masalah. Seperti bug pada indikator atau persentase sistem baterai yang tidak beraturan atau tidak sejalan.

Meski pada dasarnya sangat penting di lakukan, namun kalibrasi yang di lakukan terlalu sering juga bisa berdampak buruk pada kesehatan baterai. Sebab proses kalibrasi ini di lakukan dengan cara menghabiskan daya baterai yang tadinya 100% sampai kosong 0% serta mengulanginya lagi dua kali.

Kondisi ini bukan hanya  akan membuat baterai pada iPhone menjadi boros, tapi juga akan membuat kesehatan baterai menurun dengan cepat. Jadi, sangat tidak di sarankan untuk melakukan kalibrasi pada baterai terlalu sering dan juga tidak boleh di lakukan secara sembarangan.

2. Isi Daya Baterai iPhone Sebelum Lowbat

Sudah sejak dari dulu kalau peringatan baterai iPhone lowbat biasanya muncul saat persentase baterai tersisa 20% ke bawah. Di saat ini juga, kita akan menemukan sebuah pesan pop-up yang mengintrusikan kita untuk segera mengisi ulang daya baterai.

Ada baiknya kalau kalian tidak mengisi ulang daya baterai iPhone jika indikator sudah menandakan di bawah 22% serta jangan juga menunggu sampai baterai penuh 100%. Kenapa harus seperti itu?

Alasannya sih cukup simpel sebenarnya. Berdasarkan informasi yang saya ambil dari situs resmi Apple sendiri, terdapat siklus 500 Cycle yang bisa di tampung oleh baterai pada iPhone. Lalu satu Cycle ini terhitung ketika kamu melakukan proses charging atau mengisi ulang daya baterai sampai 100%. Jadi intinya itu, setiap ngecas usahakan untuk tidak terlalu penuh, ya.

Contohnya seperti ini, pada saat kalian mengisi ulang daya baterai iPhone usahakan hanya sampai 80% lalu cabut dan gunakan sampai tersisa 30% saja. Kemudian kalian isi ulang kembali baterai iPhone seperti awal dan gunakan kembali sampai tersisa 30%, sehingga baterai yang terpakai hanya 50%. Nah, proses charger segitu itu tidak akan terhitung satu Cycle (1 Siklus) dan juga tidak mengurangi 500 Cycle yang dimaksudkan oleh Apple tadi meski kalian terhitung sudah 2 kali mengisi ulang daya.

Jadi jawaban dari pertanyaan, kenapa kesehatan baterai iPhone menurun? Karena kita terlalu sering ngisi ulang daya baterai iPhone dari 0% sampai dengan 100% dan membuat jumlan 500 Cycle yang di berikan oleh Apple terus berkurang. Semakin banyaknya jumlah Cycle yang berkurang, maka semakin cepat kesehatan baterai mengalami penurunan.

Intinya, 500 Cycle ini merupakan proses atau jumlah yang bisa di pakai oleh pengguna untuk mengisi ulang daya dari 0% sampai dengan 100%. Tapi ingat, itu tidak di hitung dari berapa kali kalian mencolokan charger ke iPhone, ya.

Cara Agar iPhone Tidak Panas dan Baterai Cepat Habis

Setelah kalian sudah mengetahui tentang cara menghemat baterai iPhone dan menjaga kesehatan baterai, maka kini saatnya saja juga akan menjelaskan penyebab iPhone cepat panas dan baterai cepat habis meski baru selesai di charger.

Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Jangan Tutup Semua Aplikasi

Sebuah mitos yang saat ini masih beredar di kalangan pengguna iPhone adalah, menutup semua aplikasi yang tidak di gunakan adalah cara yang ampuh untuk mencegah baterai cepat habis dan iPhone cepat panas.

Jika di lihat dalam sebelah sisi, proses tersebut memang terdengar sedikit logis, mengingat beberapa aplikasi cukup banyak menghabiskan daya baterai dan membuat RAM cepat penuh. Kalian juga bisa melakukannya dengan mudah, hanya perlu menekan tombol Home dua kali kemudian menggeser ke atas semua aplikasi yang tampil.

Memang sangat mudah, tapi sebenarnya cara itu tidaklah tepat. Menutup semua aplikasi yang sudah selesai di gunakan malah akan membuat RAM pada HP kembali bekerja dari awal lagi. Tentu kondisi ini cukup menguras daya baterai jika kalian terus melakukannya. Jadi, jangan di ulangi lagi ya.

2. Uninstall Aplikasi Boros Baterai

Cara mencegah agar Iphone tidak cepat panas dan baterai cepat habis yang selanjutnya itu sebenarnya bisa kalian lakukan dengan menghapus beberapa aplikasi yang boros baterai. Dengan begitu, konsumsi daya baterai akan menurun serta sebagian sistem yang ada pada iPhone tidak akan bekerja sangat keras.

Imbasnya suhu pada iPhone akan tetap sejuk dan kalian juga tidak akan sering-sering mencolokan charger ke smartphone. Kalian juga bisa melihat daftar aplikasi yang paling boros mengkonsumsi daya baterai lewat pengaturan, begini caranya:

  1. Pertama kalian pergi ke Settings pada iPhone.
  2. Setelah itu cari menu General.
  3. Selanjutnya tap opsi Battery.
  4. Lalu geser ke bagian bawah.

Di sini kalian bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak menyedot daya baterai selama 24 jam terakhir. Kemudian, dapat menghapusnya jika memang aplikasi itu sudah tidak kalian butuhkan lagi.

3. Hapus Aplikasi Facebook

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, salah satu aplikasi penyebab daya baterai iPhone cepat habis adalah Facebook. Tentu ini buka merupakan sebuah rahasia lagi kalau sebenarnya Facebook ini sangat terkenal boros baterai, entah itu di iPhone ataupun di Android.

Pendiri aplikasi Facebook juga sudah mengakui kalau aplikasinya itu di iOS menggunakan banyak sumber daya baterai di latar belakang. Selain itu, menurut The Guardia, menghapus aplikasi Facebook pada iPhone bisa menghemat baterai sampai dengan 15% dari biasanya.

Meski aplikasi Facebook sudah kita hapus dari iPhone, kalian juga masih tetap bisa membukanya, namun melalui aplikasi Browser.

4. Jangan Gunakan Wallpaper Bergerak

Sebenarnya menggunakan Wallpaper bergerak itu bisa menjadi penyebab iPhone panas dan baterai cepat habis. Hal ini karena sistem yang ada pada iPhone akan terus bekerja keras agar bisa menampilkan Wallpaper bergerak yang kalian pasang.

Karena saat sistem mendapatkan tugas yang berat dalam jangka waktu lama, maka konsumsi daya baterai akan bertambah dan suhu panas pada iPhone akan terus meningkat. Imbasnya, iPhone akan terasa sangat panas ketika kita pegang, biasanya ini akan terasa di bagian belakangnya.

Jadi, untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi pada iPhone yang kalian miliki, maka ada bagusnya hindari pemakaian wallpaper bergerak. Sebaiknya gunakan tema yang biasa saja atau kalau bisa pilih yang mempunyai sedikit warna cerah.

Penutup

Nah, itu dia tadi beberapa cara menghemat baterai iPhone agar tidak cepat habis yang bisa kalian coba di rumah. Sebagian cara yang saya sebutkan tadi, juga sudah pernah saya sendiri coba di rumah dan hasilnya sangat memuaskan serta aman.

Sehingga, selain menghemat baterai iPhone yang boros juga bisa sekaligus menjaga kesehatan baterai agar tidak menurun dengan cepat.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.