Ketahui 10 Penyebab iPhone Panas Setelah Upgrade iOS 13 dan Cara Mengatasinya!

Penyebab iPhone Panas Setelah Upgrade iOS 13

iPhone Panas Setelah Upgrade iOS 13 – Setiap tahun Apple memang selalu memperbaharui setiap produknya, seperti halnya juga produk iOS yang kini sudah menjadi iOS 13. Dimana iOS 13 ini mempunyai banyak fitur serta perbaikan dari versi iOS sebelumnya, seperti peningkatan pada performa, tampilan yang lebih menarik dan masih banyak lagi fitur keren lainnya.

Meski dengan adanya pembaharuan tersebut, iOS 13 tidak serta merta terbebas dari masalah. Salah satu masalah yang saat ini masih terjadi pada iOS 13 adalah masalah panas atau overheat pada iPhone setelah melakukan upgrade ke iOS 13.

Meski banyak orang berpendapat kalau iPhone menjadi cepat panas setelah upgrade iOS 13 adalah karena adanya masalah pada sistem iOS 13 itu sendiri, namun nyatanya pendapat itu tidak selamanya benar. Sebab selain karena adanya bug yang muncul saat melakukan upgrade, faktor keadaan HP juga bisa menjadi penyebab terjadinya hal tersebut.

Inilah Penyebab iPhone Panas Setelah Upgrade iOS 13

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi kalau penyebab iPhone kita panas saat melakukan upgrade ke iOS 13 itu bukan hanya karena adanya bug saja tapi melainkan keadaan HP yang kita gunakan juga bisa menimbulkan masalah ini.

Nah, berikut ini Kampung Gadget sudah merangkumkan 5 penyebab utama yang bisa membuat iPhone kalian panas atau overheat setelah melakukan upgrade ke iOS 13.

1. Kondisi Baterai yang Kurang baik

Tanpa kamu sadari kalau kondisi baterai yang kurang baik juga bisa menjadi penyebab iPhone lebih cepat panas. Hal ini karena baterai adalah sumber kehidupan bagi seluruh electronik yang ada dadalam ponsel kalian, jika kekuatan baterai sudah mulai menurun maka performa ponsel kalian akan tidak stabil.

Imbasnya HP kalian akan menjadi lebih cepat panas, meski tidak kalian gunakan sekalipun. Maka dari itu, melihat kesehatan baterai iPhone sebelum melakukan upgrade adalah cara yang cukup tepat dalam mencegah iPhone kalian overheat.

Untuk melihat kesehatan baterai iPhone, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Masuk kedalam menu “Pengaturan” atau “Settings” jika menggunakan bahasa Inggris
  • Selanjutnya kalian cari menu “Baterai
  • Terakhir cari menu “Kesehatan Baterai

Nah, dalam menu tersebut kalian akan diperlihatkan beberapa data penting mengenai baterai iPhone.

2. Aplikasi yang Belum di Update

Selain penyebab yang pertama, hal sederhana yang juga menjadi penyebab iPhone cepat panas saat update ke iOS 13 adalah aplikasi yang belum terupdate.

Dalam beberapa kejadian, aplikasi yang belum di update setelah versi iOS pada iPhone sudah di tingkatkan maka itu bisa menimbulkan sebuah bug. Selain bug, aplikasi yang belum di update juga akan menimbulkan masalah pada performa dan konsumsi daya pada baterai.

Saat timbulnya bug dan kinerja iPhone yang tidak stabil serta meningkatnya konsumsi daya baterai, maka ini akan mengakibatnya HP kalian lebih cepat panas atau overheat.

3. Matikan Fitur yang Tidak di Perlukan

Dalam beberapa kejadian, saat melakukan update iOS 13 seluruh pengaturan yang pernah kita matikan sebelumnya akan kembali aktif. Saat fitur tersebut aktif, tentu akan membebani kinerja dari iPhone kalian dan mengakibatkan konsumsi daya pada baterai meningkat. Imbasnya tentu akan menyebabkan iPhone kalian menjadi cepat panas dari biasanya.

Oleh karena itu, cobalah untuk mematikan beberapa fitur yang memang tidak kalian perlukan saat setelah update iOS selesai dilakukan.

4. Masih Perlu Penyesuaian

Terkadang beberapa iPhone perlu melakukan penyesuaian saat setelah selesai melakukan update iOS 13. Masing-masing iPhone membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk bisa menyesuaikan seluruh sistem serta fitur yang dibawa oleh iOS 13 ini.

Maka dari itu kalian juga wajib bersabar saat setelah iPhone kalian selesai update iOS 13, karena seiring berjalannya waktu, iphone kalian akan kembali normal. Tapi itu jika iphone kalian masih dalam keadaan baik dan belum pernah rusak ataupun di service.

5. Menunggu Pembaharuan Berikutnya

Masih sama dengan sistem operasi Android, iOS juga mempunyai beberapa kekurangan setiap kali perilisannya. Apalagi banyak konsumen yang juga mengatakan kalau iOS 13 merupakan salah satu iOS yang memiliki banyak bug dari pada versi iOS sebelumnya.

Hal ini juga terjadi karena banyaknya update yang dilakukan oleh Apple dengan jarak yang sangat dekat, yakni hanya berjarak beberapa hari saja. Maka dari itu, penting untuk kita menunggu adanya pembaharuan iOS yang selanjutnya.

Cara Mendinginkan iPhone yang Cepat Panas Setelah Upgrade iOS 13

Memang terasa sedikit sulit untuk mengatasi masalah tersebut, apalagi kita tidak terlalu paham dengan sistem dan pengaturan yang ada didalam iPone.

Walaupun seperti itu, kalian masih bisa tetap mencoba untuk mengatasi masalah tersebut. Penasaran? Mari kita simak bersama-sama cara mendinginkan iPhone yang cepat panas setelah update iOS 13.

1. Matikan Fitur Wi-Fi, Bluetooth dan AirDrop

Cara mendinginkan iPhone yang cepat panas setelah upgrade iOS 13 adalah dengan menonaktifkan beberapa fitur yang sedang tidak dibutuhkan seperti, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, AirDrop dan fitu lainnya. Dengan cara ini kemungkinan besar iPhone kalian tidak akan panas lagi.

2. Hindari Melakukan Pembaharuan Aplikasi Sekaligus

Melakukan pembaharuan pada aplikasi yang kita instal itu memang sangat bagus, namun melakukan pembaharuan secara bersamaan saat jaringan internet yang buruk sangat tidak disarankan. Karena ini akan membuat iPhone kalian bekerja lebih keras dan imbasnya HP kalian akan lebih cepat panas.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Iphone memang dirancang untuk bisa menampung hampir semua kebutuhan internet penggunannya, namun membiarkan aplikasi yang tidak diperlukan tetap terinstal adalah hal yang tidak bagus. Selain menghabiskan banyak ruang penyimpanan, aplikasi yang sudah tidak diperlukan juga akan membebani kinerja iPhone kalian.

Maka dari itu, membersihkan seluruh aplikasi yang sudah tidak kalian butuhkan adalah cara yang baik untuk menjaga kinerja iPhone kalian tetap stabil.

4. Hindari Menggunakan iPhone Saat Sedang Mengisi Daya

Memakai ponsel untuk membuka aplikasi sosmed ataupun bermain game saat sedang melakukan pengisian daya tentu merupakan hal yang tidak bagus untuk dilakukan. Selain bisa memperpendek umur baterai, iPhone kalian juga bisa menjadi cepat panas.

5. Gunakan Charger yang Original

Saat iPhone menjadi lebih cepat panas saat sedang mengisi daya, bisa jadi itu dikarenakan charger yang kalian gunakan tidak original. Penggunaan charger yang tidak oroginal itu tidak hanya akan membuat iPhone menjadi cepat panas namun umur baterai juga bisa menjadi lebih pendek.

Mungkin sekian saja informasi yang bisa admin rangkumkan mengenai penyebab iPhone panas setelah upgrade iOS 13. Semoga bermanfaat dan nantikan tips keren seputar gadget lainnya hanya di Kampung Gadget.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.