Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M20

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M20 Terbaru

Selain berbagi mengenai solusi dari masalah-masalah yang sering terjadi pada HP Android, di sini saya juga akan melakukan review dari sebuah ponsel. Nah, untuk review kali ini saya akan menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M20.

Samsung Galaxy M20 ini merupakan salah satu jajaran Galaxy M yang sudah dihadirkan ke pasaran. Ponsel dengan kapasitas baterai besar ini dirilis secara resmi ke pasar gadget Indonesia sejak bulan Februari lalu. Ponsel ini juga diluncurkan bersamaan dengan Galaxy M10 dan M30.

Untuk Galaxy M20 ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan pastinya terbaru dari Samsung. Apalagi Samsung sengaja menghadirkan Galaxy M20 ini untuk bersaing dengan HP Android merek lainnya di kelas harga menengah bawah.

Nah, bagi kalian yang saat ini mungkin sedang berencana untuk membeli ponsel dari Samsung ini, maka ada bagusnya simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Spesifikasi HP Samsung Galaxy M20

Meski termasuk kedalam kategori harga menengah kebawah, bukan berarti Galaxy M20 ini mempunyai spesifikasi yang alakadarnya. Sebab, dari informasi yang saya dapatkan, Galaxy M20 memiliki spesifikasi yang termasuk lengkap di kelas harga yang sama.

Berikut spesifikasinya:

Rilis: Dirilis 2019, Februari

Ukuran Layar: 6,3 inci, 97,4 cm 2

Jenis Layar: PLS IPS

Chipset: Exynos 7904

CPU: Octa-core

GPU: Mali-G71 MP2

OS: Android 8.1 (Oreo)

Internal: 32GB

Eksternal: 64GB

Kamera Utama: 13 MP + 5MP

Kamera Depan: 8 MP

Baterai: Li-Po 5000 mAh

Lihat Spesifikasi lengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy M20

Galaxy M20 memang menjadi HP Samsung yang cukup banyak diminati oleh orang-orang setelah peluncurannya. Hal tersebut tentu bukan tanpa sebab, karena ponsel ini memiliki banyak kelebihan di kelasnya. Beberapa kelebihan dari ponsel ini adalah sebagai berikut.

1. Bentang Layar yang Luas

Bisa dikatakan ponsel dari Samsung ini memang mengikuti tren bezel-less yang memang sudah duluan diadopsi oleh vendor-vendor smartphone Android lainnya. Agar tidak ketinggalan, produsen Samsung pun ikut ambil alih dalam desain HP tersebut dengan menghadirkan Galaxy M20 ini.

Walaupun tidak secara penuh menghilangkan bezel pada sisi bodinya, namun layar yang diadopsi oleh Galaxy M20 ini sudah cukup lega. Di mana ukuran layar dari ponsel ini adalah 6.3 inci dengan resolusi layar mencapai 1080 x 2340 pixel dengan rasio 19.5:9. Hal ini juga bisa menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Galaxy M20.

2. Kapasitas Baterai yang Besar

Sudah pasti tidak dapat kita pungkiri kalau ini akan menjadi kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M20. Di mana ponsel dari Samsung ini sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 5000 mAh.

Dengan kapasitas ukuran baterai tersebut, sudah pasti kita sebagai pengguna akan merasa puas dan tidak takut kehabisan baterai dengan cepat ketika bepergian keluar ruangan. Tapi tidak cukup sampai di situ saja, lho. Selain kapasitas baterai yang besar, Samsung juga sudah membekalinya dengan fitur fast charging 15W.

Fitur ini akan sangat cocok untuk kalian yang mempunyai mobilitas tinggi, karena bisa mengisi daya dengan lebih cepat dari biasanya.

3. Sudah Dibekali USB Type-C

Walaupun di bandrol dengan harga yang relatif terjangkau dan menyasar pasar gadget kelas menengah bawah, tapi produsen Samsung masih tetap berusaha untuk membuat produknya ini tidak terlihat murahan. Hasilnya, Samsung membekalinya dengan port USB Type-C yang banyak digunakan oleh HP kelas atas.

USB Type-C sendiri adalah sebuah port USB generasi terbaru yang mampu mentransfer data dengan lebih cepat dari biasanya. Sehingga ini bisa juga kita jadikan sebuah kelebihan yang dimiliki oleh Galaxy M20.

4. Kamera yang Berkualitas

Walaupun tidak dilengkapi dengan konfigurasi triple kamera seperti HP Android lainnya, namun Galaxy M20 masih tetap menawarkan sudut kamera yang cukup luas. Di mana Samsung membekalinya kamera ganda dengan resolusi kamera 13MP + 5MP.

Salah satu kamera yang terdapat pada Galaxy M20 juga sudah mendukung ultra wide sampai 120 derajat. Sudah pasti sangat cukup untuk memuaskan rasa selfie kalian. Sementara untuk di bagian depannya, Samsung menyematkan lensa kamera dengan resolusi 8MP. Kamera ini juga didukung dengan lensa wide sehingga selfie ramai-ramai tidak akan menjadi masalah lagi.

5. Dapur Pacu yang Mumpuni

Walaupun memang sengaja dihadirkan untuk menyasar pasar gadget menengah kebawah, Samsung Galaxy M20 masih tetap dibekali dengan teknologi dapur pacu terbaik. Yang mana skor Antutu yang mampu di hasilkan oleh Galaxy M20 bisa mencapai 109.425.

Hal tersebut tentu karena Samsung sudah membekalinya dengan prosesor Octa-core Exynos 7904 (14nm). Prosesor ini juga mampu berjalan dengan kecepatan 1.8 Ghz. Bisa dikatakan juga kalau performa yang dihasilkan sudah cukup untuk menjalankan aktivitas multitasking sehari-hari.

6. Dibekali Dengan Dedicated Slot

Samsung M20 memang hanya dibekali kapasitas memori internal sebesar 32Gb saja. Bagi beberapa orang, tentu kapasitas penyimpanan memori tersebut akan di rasa kurang luas. Namun, Samsung sudah mengerti akan hal tersebut dan membekali ponselnya ini dengan dedicated slot.

Dengan adanya dedicated slot ini, kalian tidak perlu takut penyimpanan internal cepat penuh, karena kita dapat memperluas penyimpanan dengan bantuan kartu SD. Selain itu, kalian juga tidak perlu mengorbankan SIM Card untuk bisa memasang kartu SD.

7. Masih Ada Audio Jack 3.5 mm

Selain sudah dilengkapi dengan port USB tipe-C dan juga dedicated slot, Samsung juga masih tetap menyediakan Audio jack 3.5 mm pada Galaxy M20. Audio jack ini bisa kita gunakan untuk mendengarkan musik dengan lebih nyaman dan pastinya tanpa mengganggu orang lain.

Walaupun Samsung M20 sudah dibekali dengan port USB generasi terbaru saat ini, tapi kalian tidak perlu repot-repot menggunakan konektor ke USB tipe-C lagi. Ini karena audio jack yang ada pada Samsung M20 sudah berukuran 3.5.

8. Harga yang Bersahabat

Mungkin sudah bukan hal baru lagi kalau vendor smartphone asal Korea Selatan ini selalu merilis HP dengan harga yang terjangkau. Salah satunya itu adalah smartphone yang sedang kita bahas kali ini.

Samsung juga sudah sangat dikenal oleh publik sebagai salah satu produsen yang mempunyai banyak produk HP flagship dengan harga cukup bersahabat. Misalnya saja seperti Samsung Galaxy S21 yang dirilis baru-baru ini ke pasar gadget.

Berbicara mengenai harga, khususnya Samsung Galaxy M20 ini, produsen Samsung mematok harga yang terbilang sangat terjangkau. Apalagi jika kita melihat spesifikasi serta fitur-fitur yang ada di dalamnya yang saya rasa sudah lebih dari cukup untuk harga 2 jutaan.

Kekurangan Samsung Galaxy M20

Setelah membahas mengenai kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M20, rasanya kurang lengkap jika saya tidak menjelaskan beberapa kekurangannya. Dibandrol dengan harga 2 jutaan, sudah pasti Samsung M20 ini mempunyai beberapa kekurangan.

Apalagi HP dengan harga yang terjangkau seperti Galaxy M20 ini bukanlah kebiasaan yang pernah dilakukan oleh vendor Samsung. Oleh karena itu, sudah pasti akan ada beberapa kejutan mengenai kekurangannya untuk kalian.

1. Bahan Pembuatan Masih Plastik

Salah satu kekurangan yang akan terlihat sangat jelas ketika kalian membeli ponsel ini adalah bodinya yang masih terbuat dari bahan pelastik polikarbonat. Tidak seperti produsen HP lainnya, di sini Samsung juga tidak berusaha menutupi kekurangannya tersebut dengan menempelkan anti gores Gorilla Glass.

Meskipun ini hanya merupakan kekurangan minor saja, namun hal tersebut sangat di sayangkan sekali karena akan terlihat murahan.

2. RAM Tergolong Kecil Dikelasnya

Selain melihat teknologi prosesor yang dipakai, sebagian dari orang juga sering mempertimbangkan kapasitas memori RAM yang dibekali. Di kala sudah mulai banyak ada HP yang dibekali dengan RAM besar, Samsung M20 justru hadir dengan berbekal RAM 3GB saja.

Dengan ukuran memori RAM yang terbilang kecil ini, sudah pasti aktivitas multitasking yang dilakukan oleh pengguna akan terhambat. Namun mungkin ini kembali kepada harga yang di tawarkan oleh Samsung, yang mana memang di peruntukan untuk kelas menengah kebawah.

3. Memori Internal Kecil

Meski bisa kita tambahkan dengan penyimpanan kartu SD dengan kapasitas yang lebih besar, namun kita harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membelinya. Nah, kondisi inilah yang menjadi kekurangan selanjutnya dari Samsung M20.

Di mana Samsung Galaxy M20 ini hanya dibekali dengan kapasitas memori Internal sebesar 32GB saja. Jika kita melihat ukuran file data dari aplikasi saat ini, sudah pasti tidak akan cukup jika kita memasang banyak aplikasi kedalam Samsung M20.

Apalagi untuk kalian yang mungkin membeli HP Samsung untuk keperluan kerja, sudah pasti penyimpanan sebesar 32GB ini akan terasa sangat cepat habis.

4. Tidak Tahan Air dan Debu

Beberapa HP yang dirilis oleh vendor Samsung itu memang sudah terkenal mempunyai ketahanan terhadap air dan debu. Lalu, apakah Samsung Galaxy M20 tahan air dan debu? Tentu saja tidak, kalian sudah pasti tidak akan pernah bisa menikmati fitur tersebut pada Galaxy M20. Walaupun demikian, fitur ini memang sangat jarang sekali di sisipkan oleh Samsung untuk produk HP yang ada di harga menengah ke bawah.

5. Fitur NFC Ditiadakan

Kekurangan yang terakhir dari Samsung M20 adalah ketidak adanya teknologi NFC (Near Field Communication). Teknologi NFC ini sebenarnya mampu untuk menyulap sebuah HP menjadi alat transaksi yang bisa menggantikan peranan uang.

Namun biasanya teknologi ini hanya disematkan pada HP flagship Samsung yang di khusus untuk pasar gadget kelas menengah atas saja.

Penutup

Memang sudah pasti setiap HP itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini memang normal, karena selain faktor harga dari sebuah HP, faktor pasar yang di sasar juga menjadi pengaruhnya.

Jadi, bagaimana dengan Samsung Galaxy M20? Apakah layak atau tidak untuk kita miliki? Tentu ini kembali kepada kebutuhan kalian masing-masing saat ingin membeli sebuah smartphone.

Jika kebutuhan kalian tidak terlalu berat dan hanya memerlukan smartphone untuk keperluan komunikasi dan menjalankan aplikasi, maka Samsung M20 ini sudah layak untuk dimiliki. Namun jika kebutuhan kalian untuk hal-hal yang cepat dan bisa digunakan multitasking dengan lancar, mungkin Galaxy M20 masih kurang cocok.

Ini karena prosesor serta RAM yang dibawa Samsung M20 ini masih tergolong kurang mumpuni untuk keperluan tersebut.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.