HP Tidak Keluar Suara

Cara Mengatasi HP Tidak Keluar Suara Sama Sekali

HP Tidak Keluar Suara – Selain masalah lainnya, kondisi seperti ini juga bisa menjadi salah satu kerusakan yang cukup merepotkan. Bagaimana tidak? HP yang tidak bersuara itu berpengaruh terhadap fungsi dan kegunaan dari HP itu sendiri.

Selain itu, hampir semua pengguna memiliki aktivitas yang berhubungan dengan suara yang dikeluarkan oleh ponsel. Misalnya saja seperti melakukan sebuah panggilan telpon, mendengarkan musik, menonton video atau film dan lainnya.

Nah, apabila HP tidak mengeluarkan suara saat digunakan, sudah pasti hal tersebut akan membuat kita merasa sangat terganggu. Kondisi seperti ini juga cukup sering terjadi dan saya sendiri pernah atau bisa dibilang sering mengalaminya.

Setelah saya browsing, ternyata sangat banyak sekali pengguna HP yang menanyakan masalah ini. Banyak dari mereka yang masih belum menemukan solusi untuk mengatasi masalah suara HP yang tidak keluar.

Oleh sebab itu, di sini saya akan mencoba sedikit berbagai mengenai cara yang pernah saya lakukan saat mengalami masalah seperti ini. Caranya mungkin cukup sederhana, namun hasilnya akan membuat speaker HP kembali normal seperti semula.

Penyebab HP Tidak Keluar Suara Sama Sekali

Penyebab HP Tidak Keluar Suara Sama Sekali

Sebelum lanjut ke pembahasan inti, ada bagusnya kita lihat dulu beberapa penyebab masalah hilangnya suara pada HP. Untuk penyebabnya sendiri sebenarnya ada banyak, namun secara garis besarnya dapat kita bagi menjadi dua bagian. Mulai dari masalah pada sistem HP dan masalah komponen yang berhubungan dengan speaker.

Secara singkatnya, berikut beberapa penyebab yang sangat umum terjadi:

  • Sistem mengalami bug: Untuk masalah sistem (bug) ini dapat terjadi karena beberapa hal yang tergolong sederhana. Mulai dari karena adanya file cache, efek menginstall aplikasi sampai diakibatkan oleh proses root yang tidak benar.
  • Mode Headset masih terdeteksi oleh HP: Kondisi yang seperti ini juga sangat sering terjadi. Karena seperti yang kalian tahu kalau saat menyambungkan headset ke HP, maka secara otomatis speaker akan nonaktif. Namun karena ada sedikit masalah, saat headset sudah di cabut, sistem pada HP belum mendeteksi aktivitas tersebut. Hasilnya mode headset seolah-olah masih tetap tersambung pada HP.
  • Sistem HP masih mengira tersambung ke speaker Bluetooth: Selain mode headset masalah yang seperti ini juga sering terjadi. Apabila sebelumnya kalian menyambungkan HP ke speaker Bluetooth, maka kemungkinan inilah penyebabnya.
  • Pengaturan HP masih dalam keadaan Mute: Pengaturan suara HP yang masih dalam keadaan mute juga mungkin bisa terjadi. Entah itu karena memang disengaja atau mungkin tidak. Oleh sebab itu, kalian harus memastikannya kembali. Jangan-jangan kalian memang sebelumnya pernah melakukannya dan lupa untuk mematikannya.
  • Komponen speaker rusak: Di hampir semua HP itu pasti dibekali dengan komponen speaker yang biasanya terletak di bagian belakang, depan dan bawah. Hilangnya suara pada HP mungkin juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada komponen speaker. Penyebabnya tentu banyak, salah satunya saat HP terkena air.

Cara Mengatasi HP Tidak Keluar Suara Agar Normal Kembali

Sebelum berangkat membawanya ke tempat service, ada bagusnya kita mengecek terlebih dahulu sistem pada HP. Karena belum tentu juga disebabkan oleh komponen HP yang rusak. Selain itu, ketika komponen speaker kita ganti juga akan membutuhkan biaya perbaikannya yang lumayan.

Jika tidak pernah terjatuh ataupun terkena air, maka itu kemungkinan dipengaruhi oleh keadaan sistem yang error. Karena sekarang kita juga sudah tahu apa yang menjadi penyebabnya, maka mencari solusinya akan jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Nah, berikut ini saya juga sudah merangkumkan beberapa pengalaman saat mengatasi masalah HP Android yang tidak bisa mengeluarkan suara. Selain itu, solusi ini juga bisa kalian gunakan untuk semua merek HP yang ada saat ini, seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Realme, Asus dan lainnya.

1. Cek Pengaturan Volume Suara HP

Untuk yang pertama kita akan mencari cara yang paling simpel dan mudah terlebih dahulu. Di mana yang pertama ini kalian bisa memeriksa pengaturan Volume HP yang sedang digunakan saat ini. Tujuannya apa? Tentu untuk memastikan, apakah kondisi speaker dalam keadaan mute atau tidak.

Di masing-masing HP Android mungkin letak pengaturannya akan berbeda-beda. Tapi sebenarnya itu tidak menjadi masalah, karena hanya letaknya saja yang menjadi pembedanya.

Begini caranya:

  • Buka Pengaturan yang ada pada HP.
  • Lalu kalian pilih menu Suara.
  • Selanjutnya kalian atur volume menjadi yang paling tinggi.
  • Setelah itu tes kembali suara HP.

Jika masih belum berfungsi, maka kalian bisa mengikuti langkah yang selanjutnya. Untuk selanjutnya ini kita akan mencoba mengecek dan menonaktifkan mode silent yang ada di HP. Soalnya, tidak menutup kemungkinan kita pernah mengaktifkannya dan lupa untuk mematikan.

Caranya sih saya rasa sudah semua orang tahu, karena cukup mudah untuk dilakukan. Kalian juga bisa melalui menu atas Android atau panel status bar. Atau seperti ini:

  • Pilih menu Profil.
  • Lalu ganti mode silent menjadi mode luar ruangan.
  • Terakhir tes kembali suara HP.

2. Nyalakan Ulang HP

Cara yang paling sederhana selanjutnya adalah dengan menyalakan ulang HP atau sering juga disebut dengan restart. Fungsinya itu untuk memperbaiki jika terjadi error pada sistem yang disebabkan oleh adanya bug yang ikut berjalan di dalamnya.

Cara ini juga cocok untuk kalian lakukan jika tiba-tiba suara pada HP hilang saat digunakan menerima atau melakukan panggilan dan lainnya. Untuk caranya mungkin kalian semuanya sudah tahu dan saya tidak akan menjelaskannya lagi.

3. Bersihkan File Cache

Yang selanjutnya ini sebenarnya juga sangat cocok untuk mengatasi masalah bug pada sistem HP. Meski sangat berguna, namun file cache ini juga bisa menjadi penyebab datangnya banyak masalah pada HP, salah satunya itu suara HP yang tiba-tiba hilang.

Jadi, dengan cara menghapus file cache ini, maka secara otomatis data sementara yang terdapat bug akan dihapus dari HP. Efek sampingnya tentu akan membuat sistem berjalan dalam normal kembali seperti semula.

Dalam melakukannya sih sebenarnya sangat mudah sekali, karena kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama kalian matikan terlebih dahulu HP seperti biasa.
  2. Setelah HP sudah dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol Power + Volume UP selanjutnya tahan selama beberapa detik.
  3. Maka kalian akan diarahkan ke mode recovery.
  4. Pada halaman ini, kalian pilih menu Wipe.
  5. Lalu pilih Wipe Cache.
  6. Terakhir pilih OK untuk konfirmasi.

Jika sudah selesai, kalian hanya perlu restart HP seperti biasa. Atau bisa juga melakukannya melalui halaman recovery tadi dengan memilih menu Reboot sistem now.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menerapkan beberapa cara di atas, kalian juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Untuk aplikasinya sih sebenarnya ada banyak, namun saya akan membagikannya satu jenis aplikasi saja. Ini juga merupakan aplikasi yang sering saya gunakan saat tiba-tiba suara HP hilang.

Fungsi dari aplikasi ini hanya untuk mengatur semua pengaturan suara yang ada pada HP Android, terutama pada bagian sistemnya. Ini juga bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah mode headset yang tidak bisa hilang dan speaker bluetooth yang di kira masih tersambung.

Caranya kurang lebih begini:

  1. Pertama buka Google Playstore pada HP.
  2. Lalu di kolom pencarian ketikan ‘SoundAbout
  3. Kemudian install aplikasinya.
  4. Selanjutnya masuk kedalam menu Connectable Device.
  5. Lanjut pilih Wired Headset Settings.
  6. Terakhir hilangkan saja centang Wired Headset Detection.

Untuk speaker bluetooth, kurang lebih caranya sama seperti di atas. Namun untuk pengaturanya kalian dapat melihatnya di speaker bukan di headset. Atau agar lebih jelas, kalian bisa simak video lengkapnya di bawah ini.

5. Cabut dan Pasang Jack Audio

Sebenarnya sih dengan bantuan aplikasi di atas tadi sudah bisa dengan mudah mengatasi masalah mode headset yang tidak hilang. Namun jika masih belum, kalian bisa mengikuti solusi yang berikut ini untuk mengatasi masalah suara HP yang hilang karena mode headset.

Caranya sih sebenarnya simpel dan mudah untuk kalian lakukan, karena hanya perlu mencabut dan mencolokkan kembali jack audio berulang-ulang. Agar lebih maksimal, kalian juga bisa mencoba membersihkan lubang headset pada HP dengan cotton buds.

6. Periksa Speaker HP

Selain dikarenakan oleh sistem, maka suara HP yang tidak keluar juga bisa terjadi karena adanya masalah pada komponen speaker. Oleh karena itu, kalian bisa melakukan pemeriksaan sederhana pada komponen speaker HP. Caranya seperti berikut:

1. Hp Tidak Ada Suara Saat Telepon (Panggilan)

  • Pertama buka aplikasi Telepon atau Dial Pad pada HP.
  • Kemudian masukkan nomor Telepon yang akan di hubungi.
  • Selanjutnya tap menu Panggil.
  • Pada waktu panggilan, tutup pada bagian atas layar tepatnya pada area sensor.
  • Jika layar HP kalian mati (gelap) serta suara HP tidak keluar, maka sudah dipastikan komponen speaker mengalami kerusakan.

2. Hp Tidak Ada Suara Saat Merekam

  • Pertama aktifkan terlebih dahulu aplikasi perekam suara.
  • Jika sudah aktif, maka coba mulai melakukan proses merekam suaramu.
  • Setelah selesai merekam, kalian bisa langsung cek hasil rekamannya di penyimpanan.
  • Lalu mainkan atau Play hasil rekaman tadi.
  • Jika ada, maka kemungkinan besar ada salah satu aplikasi pada HP yang bermasalah.
  • Namun jika tidak ada, kemungkinan komponen speaker mengalami kerusakan.

7. Lakukan Factory Reset

Yang selanjutnya ini kita kembali ke cara untuk mengatasi masalah pada sistem di HP. Jika dengan cara yang di atas tadi itu belum berhasil, maka kalian bisa mempertimbangan cara yang satu ini.

Tapi, kenapa harus reset? Karena dengan reset, maka sistem yang ada pada HP akan di normalkan dengan cara mengembalikannya ke semula atau ke awal pabrik. Jadi, jika sebelumnya memang sudah terjadi masalah pada sistem, maka itu akan teratasi dengan proses reset.

Di masing-masing HP cara reset sebenarnya berbeda-beda, namun secara umumnya sih sama saja.

Begini caranya:

  1. Pertama buka dulu menu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu kalian masuk kedalam menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Selanjutnya pilih opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  4. Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

Jika masih kurang jelas, maka kalian bisa simak videonya di bawah ini.

8. Bawa ke Tempat Service

Nah, jika memang sudah tidak dapat diatas sama sekali dengan solusi di atas, maka kemungkinan besar ini disebabkan oleh komponen speaker internal pada HP mengalami kerusakan.

Jika berbicara mengenai penyebab rusaknya komponen speaker HP, jelas akan sangat bermacam-macam. Bisa saja di picu oleh keadaan HP yang cepat panas, terkena air ataupun pernah terbentur.

Apabila kalian sudah mengerti masalah bongkar pasang komponen HP, maka menggantinya sendiri mungkin bisa menjadi solusinya. Kalian dapat membeli komponen speaker-nya sendiri di tempat yang terpercaya.

Namun jika kalian belum mempunyai pengalaman dengan hal itu, maka membawanya ke tempat service mungkin bisa menjadi solusinya. Tapi, kalian akan dikenakan biaya untuk melakukan perbaikan. Kalau HP masih dalam garansi, mungkin bisa membawanya ke tempat service center terdekat.

Penutup

Mungkin untuk saat ini sekian dulu tutorial mengenai cara mengatasi HP Android yang tidak keluar suara. Saya sangat berharap dengan tutorial di atas tadi bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah yang sedang di hadapi.

Jika kalian mempunyai cara lain yang mungkin lebih efektif, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.