Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Folder Tidak Bisa Dihapus – Normalnya hampir semua folder yang kita buat pada HP itu dapat di hapus dengan mudah. Namun dalam beberapa masalah, folder yang hendak kita hapus terkadang memunculkan pesan error seperti “tidak ada izin” dan lainnya.

Jika sudah seperti itu, sudah pasti folder tersebut tidak akan pernah bisa kita hapus seperti biasa. Lalu, adakah cara untuk mengatasi masalah ini?

Tentu saja ada, karena folder tidak bisa di hapus bukan merupakan masalah yang rumit untuk kita atasi. Selain itu saya sendiri juga cukup sering mengalaminya dan bisa saya atasi dengan mudah.

Untuk itu, saya akan membagikan beberapa cara yang pernah saya sendiri lakukan dalam mengatasi folder tidak bisa di hapus.

Penyebab Folder Tidak Bisa Dihapus

Sebelum lanjut ke pembahasan intinya, ada bagusnya kalian ketahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Karena yang pasti itu setiap masalah sudah pasti ada penyebabnya bukan? Nah, hal ini juga berlaku untuk masalah folder yang tidak bisa dihapus.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang sering saya temui:

1. Masih Ada Data yang Sedang Berjalan

Bukan tidak mungkin lagi, saat ada sebuah data yang tersimpan di dalam folder masih digunakan atau berjalan, maka sudah pasti folder-nya tidak akan bisa di hapus. Hal ini juga berlaku untuk data lainnya, seperti foto, video, dokumen dan masih banyak lagi.

2. Tidak Ada Izin

Untuk penyebab yang satu ini biasanya lebih sering terjadi pada folder yang tersimpan di memori SD. Namun biasanya hanya berlaku untuk data-data tertentu saja dan data yang memang terlindungi.

3. Ada File yang Tidak Jelas Tersimpan Dalam Folder

Jujur saya sendiri sangat sering mendapati sebuah file yang tidak jelas tersimpan di dalam folder. Tanpa pernah menyimpan atau memindahkannya, file tersebut langsung muncul seketika di dalam folder. Biasanya nama dari file tersebut juga sangat tidak jelas.

4. File Didalam Folder Sudah Terinfeksi Virus

Meski sangat jarang terjadi, namun bukan berarti HP Android tidak bisa terserang oleh virus. Kondisi seperti ini biasanya sering terjadi saat kita pernah menghubungkan HP ke PC atau laptop yang sudah terinfeksi virus.

Cara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus

Seperti yang sudah saya singgung di atas, kalau ada banyak faktor yang mungkin menyebabkan folder tidak bisa dihapus. Oleh sebab itu, cara untuk mengatasinya juga tidak cukup hanya dengan satu ada dua solusi saja. Tapi, kita perlu melakukan beberapa trial agar bisa menemukan solusi yang lebih tepat.

Nah, di bawah ini saya juga sudah menyiapkan beberapa solusi yang bisa kalian coba untuk membuat folder sebelumnya tidak dapat di hapus menjadi bisa.

1. Paksa Berhenti Semua Aplikasi yang Berjalan

Seperti pembahasan tadi, biasa saja folder yang akan kita hapus itu berisi data seperti foto, video, dan file yang sedang digunakan sehingga tidak bisa kita hapus. Memang bisa? Tentu saja bisa, lho. Karena saat file yang ada di dalam folder tersebut sedang digunakan sehingga folder yang berisi file itu tidak dapat kalian hapus. Sehingga kalian harus menutup program yang menggunakan file di dalam folder yang ingin di hapus.

Oleh sebab itu, coba deh kalian coba paksa berhenti beberapa aplikasi yang sedang berjalan di HP. Sehingga file yang mungkin sedang digunakan oleh salah satu aplikasi bisa di hapus bersama folder-nya.

Caranya seperti ini:

  • Pertama buka Pengaturan di HP.
  • Kemudian pilih menu Aplikasi.
  • Selanjutnya geser ke bagian Aplikasi Berjalan.
  • Di halaman ini kalian pilih aplikasi yang akan dihentikan.
  • Lalu tap menu Paksa Berhenti.

Selain dengan memaksa berhenti aplikasi yang sedang berjalan, kalian juga bisa memulai ulang HP seperti biasa atau reset. Dengan begitu, semua sistem yang sebelumnya berjalan akan di segarkan kembali setelah proses reset selesai.

2. Gunakan Bantuan PC

Untuk solusi yang selanjutnya ini sebenarnya cocok untuk kalian yang mengalami masalah folder tidak bisa dihapus karena masalah perizinan. Sehingga kalian harus merubah atribut dari folder tersebut terlebih dahulu agar bisa menghapusnya.

Merubah atribut folder tidak bisa kalian lakukan langsung melalui perangkat, sehingga memerlukan bantuan PC atau laptop.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Hubungkan terlebih dahulu HP ke PC/laptop dengan kabel USB.
  2. Lalu cari Folder yang sebelumnya ingin kalian hapus.
  3. Jika sudah ketemu, pilih dan Klik Kanan pada mouse.
  4. Kemudian pilih Properties.
  5. Berikutnya pilih Read-only.
  6. Terakhir tap menu OK.

Setelah sudah selesai, baru deh kalian bisa menghapus folder tersebut seperti biasa.

3. Pakai Aplikasi Lain

Jika dengan cara di atas kalian masih juga belum bisa menghapus folder yang tidak bisa dihapus, maka kemungkinan cara ini akan sangat cocok. Di mana kita akan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus folder tersebut.

Untuk aplikasinya sih ada banyak dan bisa kalian dapatkan secara gratis di Google Play store. Namun untuk tutorial kali ini, saya hanya akan membagikan satu jenis aplikasi yang sering saya gunakan. Nama aplikasinya ini adalah SD Card Cleaner.

Berikut tutorialnya:

  1. Pertama install dulu aplikasi SD Card Cleaner.
  2. Setelah berhasil, langsung buka aplikasinya.
  3. Jika sudah terbuka, langsung saja pilih Start.
  4. Tunggu sampai proses scanning selesai.
  5. Kemudian pilih folder atau file yang hendak kalian hapus.
  6. Caranya dengan hanya centang folder tersebut.
  7. Lanjut pilih Delete dan konfirmasi dengan menekan menu Yes.
  8. Selesai.

4. Format Kartu Memori

Apabila masih saja belum bisa teratasi, maka terpaksa deh kalian harus mem-format penyimpanan yang ada di smartphone. Namun, sebelum kalian melakukan hal ini, ada baiknya untuk membackup data yang kalian simpan pada kartu memori.

Kalian bisa memindahkan beberapa data penting yang ada di kartu memori ke penyimpanan lainnya. Ini untuk mencegah data tersebut hilang saat kalian mem-format kartu memori.

Untuk caranya saya yakin kalian sudah tahu, kan? Tapi jika masih belum, berikut caranya:

  1. Pertama hubungkan HP ke PC atau laptop dengan kabel USB.
  2. Lalu tekan Windows + E untuk membuka komputer.
  3. Kemudian pilih penyimpanan dari HP kalian, biasanya terlihat di samping kiri.
  4. Pastikan juga bahwa removable disk 3 itu adalah kartu SD kalian.
  5. Klik kanan pada mouse.
  6. Pilih Format.
  7. Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

Setelah prosesnya sudah selesai, maka nantinya kartu memori di HP kalian akan kosong seperti baru lagi. Berikutnya kalian sudah bisa memindahkan kembali data-data yang sebelumnya di pindahkan.

5. Coba Lakukan Reset Pabrik

Cara terakhir untuk mengatasi masalah folder yang tidak bisa dihapus pada HP adalah dengan melakukan factory reset (reset pabrik). Dengan cara ini, semua masalah yang terjadi di dalam HP Android akan teratasi, seperti masalah folder yang tidak bisa kalian hapus.

Dalam proses reset pabrik, seluruh data yang ada di dalam HP akan di hapus dan keadaannya akan dikembalikan seperti semua (seperti baru).

Namun sebelum melakukannya, ada bagusnya kalian membackup terlebih dahulu seluruh data penting yang ada di dalam HP. Seperti kontak, foto, video, audio, dokumen dan data-data penting lainnya. Untuk cara backup data penting di android juga sudah pernah saya tuliskan secara lengkap di pembahasan sebelumnya, jadi kalian dapat membacanya di sana.

Begini prosesnya:

  1. Pertama buka Pengaturan di HP.
  2. Lalu cari menu Pengaturan Tambahan.
  3. Berikutnya pilih Cadangkan dan Reset.
  4. Terakhir pilih Reset ke setelan pabrik.

Jika sudah, kalian hanya perlu menunggu sampai proses reset selesai. Apabila sudah, nanti tampilan HP kalian akan tampak seperti awal pembelian.

Penutup

Dengan menerapkan cara di atas, sebenarnya sudah bisa mengatasi masalah folder yang tidak bisa dihapus. Karena solusi itu juga merupakan rangkuman dari pengalaman saya sendiri, jadi sudah pasti cukup ampuh untuk membantu kalian.

Jika kalian memiliki pertanyaan atau menemukan cara lain yang lebih efektif, maka bisa membagikannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.