Cara Cek Spesifikasi HP Android

Cara Cek Spesifikasi HP Android Secara Lengkap

Cara Cek Spesifikasi HP Android – Semakin hari, teknologi akan terus mengalami perkembangan, salah satunya teknologi yang berbasis ponsel Android.

Di mana seperti yang sudah kita lihat saat ini, berkembangnya teknologi membuat komponen yang digunakan pada HP terus mengalami perubahan. Ini juga membuat performa ponsel Android terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Sebagai contohnya, jika beberapa tahun sebelumnya, rata-rata HP Android itu hanya berbekal teknologi dual core dengan RAM 512MB saja. Tapi sekarang sudah sangat jauh berbeda, karena hampir semua ponsel Android saat ini sudah berteknologi quad core serta RAM yang paling kecil adalah 2GB.

Berbicara mengenai hal tersebut, sebenarnya kalian bisa lho mengetahui spesifikasi HP Android yang sedang kalian gunakan saat ini secara langsung. Caranya juga sangat mudah sekali, karena kalian dapat melakukannya tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga juga, lho.

Bila kalian tertarik, maka saya akan jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Cara Cek Spesifikasi HP Android Tanpa Aplikasi

Sebenarnya kalian bisa kok mengecek spesifikasi HP yang digunakan tanpa memerlukan bantuan aplikasi tambahan. Karena pada dasarnya hal ini juga sudah di sediakan langsung oleh produsen smartphone Android yang kalian gunakan.

Hanya saja, masih sedikit orang yang menyadari hal yang satu ini. Sehingga membuat mereka sering kebingungan saat ingin mengecek spesifikasi ponselnya.

1. Melalui Dus HP

Bila kalian yang mungkin baru membeli sebuah smartphone Android, maka tentunya kalian pasti akan mendapatkan dus dari ponsel tersebut. Namun ini biasanya berlaku untuk kalian yang membeli smartphone baru dan bukan bekas, ya.

Nah, pada dus HP yang kalian dapatkan itu sebetulnya sudah terdapat sebuah informasi spesifikasi singkat dari perangkat yang dibeli. Spesifikasi yang di tampilkan pada dus memang singkat, biasanya hanya informasi penting dan unggul saja yang diperlihatkan.

Informasi itu biasanya meliputi kapasitas RAM, ROM (penyimpanan internal), teknologi layar, kapasitas baterai, versi Android, CPU dan kamera.

Meski terlihat singkat, namun menurut saya sendiri sih itu sudah dirasa cukup kok. Tapi itu sih menurut saya pribadi dan mungkin menurut masing-masing orang akan berbeda lagi.

Untuk letaknya informasi tersebut biasanya berbeda-beda di setiap merek ponsel yang kalian beli, namun yang paling umumnya sih di bagian belakang dus.

2. Lewat Halaman About

Jika kalian ingin mengetahui spesifikasi HP yang digunakan dengan lebih lengkap, maka bisa mendapatkan informasinya melalui About atau tantang ponsel.

Cara ini juga bisa kalian gunakan untuk semua tipe HP Android terbaru maupun yang lama. Namun, untuk lokasi menu cek spesifikasinya bisa saja berbeda-beda di setiap merek HP Android. Meski letaknya berbeda-beda, kalian hanya perlu mencari menu Tentang Ponsel (About) saja kok.

Bila belum yakin, langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Buka Pengaturan di HP kalian.
  • Lalu cari menu About atau Tentang Ponsel.
  • Biasanya ada di paling bawah.
  • Jika sudah ketemu, kalian bisa membukanya langsung.

Nanti di halaman itu kalian bisa melihat informasi secara lengkap mengenai spesifikasi HP yang digunakan.

3. Cek Spesifikasi HP Android Menggunakan IMEI

Cek Spesifikasi HP Android Menggunakan IMEI

Selain melalui menu tentang ponsel, kalian juga bisa melihat spesifikasi HP Android yang digunakan hanya dengan nomor IMEI saja. Untuk informasi spesifikasi yang kalian dapatkan biasanya sih lebih lengkap dari cara yang kedua tadi.

Caranya tidak sulit kok, karena prosesnya seperti ini:

  1. Buka aplikasi Telepon di HP kalian.
  2. Kemudian ketikan kode *#06#, maka nomor IMEI HP kalian akan muncul.
  3. Catat terlebih dahulu nomor IMEI tersebut.
  4. Lalu buka Browser di HP kalian.
  5. Berikutnya ketikan web imei.info.
  6. Klik kolom Captcha terlebih dahulu.
  7. Terakhir tap menu Check.

Maka sekarang kalian akan melihat sebuah halaman yang berisi informasi lengkap mengenai spesifikasi HP Android yang digunakan.

4. Menggunakan Internet

Cara cek spesifikasi HP Android tanpa aplikasi yang terakhir itu dapat kalian lakukan dengan memanfaatkan internet serta browser.

Untuk cara ini juga bisa saya katakan sebagai cara yang paling simpel dan mudah serta praktis untuk dilakukan. Karena dengan bermodalkan internet, kalian bisa mencari dan mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan. Salah satunya itu adalah informasi tentang spesifikasi HP yang digunakan.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pertama pastikan perangkat sudah terhubung ke internet.
  2. Lalu buka Browser.
  3. Berikutnya ketikan saja Google.
  4. Setelah itu kalian masukkan merk dan tipe HP yang dipakai.
  5. Dengan begitu, nanti kalian akan melihat informasi spesifikasi HP pada layar.

Cara Cek Spesifikasi HP Android Dengan Aplikasi

Selain tanpa aplikasi, kita juga bisa mengecek spesifikasi HP Android dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Nantinya kalian bisa melihat seluruh informasi yang berhubungan dengan ponsel langsung di dalam aplikasi tersebut.

Untuk aplikasi yang bisa cek spesifikasi HP Android secara langsung sebenarnya ada banyak, namun dalam tutorial kalian ini saya hanya membagikan kalian dua aplikasi terbaik saja.

1. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Aplikasi cek spesifikasi HP Android yang pertama ini bernama CPU-Z dan merupakan salah satu aplikasi terpopuler di Play Store.

CPU-Z juga adalah sebuah aplikasi khusus yang mempunyai fungsi untuk mengecek spesifikasi HP Android yang kalian gunakan. Informasi HP yang nanti di tampilkan oleh aplikasi CPU-Z juga tergolong lengkap.

Di mana kita juga nanti bisa mengecek jenis SoC, resolusi dan ukuran layar HP, penyimpanan internal, sensor HP dan masih banyak lagi. Selain itu, ukuran aplikasi yang satu ini juga tergolong kecil, karena hanya berukuran 2MB saja.

Kalian dapat mendownload aplikasi CPU-Z di Google Play Store yang ada pada HP Android. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dan bisa digunakan sepuasnya untuk mengecek spesifikasi HP.

2. Cek Spesifikasi HP Android Dengan Aplikasi Aida64

Cek Spesifikasi HP Android Dengan Aplikasi Aida64

Dapat saya katakan kalau Aida64 ini merupakan aplikasi yang mempunyai fungsi sama seperti CPU-Z tadi. Di mana kalian dapat menggunakan aplikasi Aida64 ini untuk mengecek spesifikasi HP secara lengkap dan lebih jelas.

Jika di bandingkan melalui menu tentang ponsel, menggunakan aplikasi Aida64 jelas lebih bagus. Sebab semua informasi yang bisa kita dapat akan jauh lebih lengkap lagi.

Aplikasi AIDA64 tidak hanya dapat menampilkan informasi spesifikasi HP Android secara dasar saja, seperti versi Android, kapasitas RAM, jenis CPU, penyimpanan internal, atau sejenisnya saja. Namun AIDA64 juga mampu menampilkan berbagai daftar file sistem yang ada di dalam HP kita.

Sama seperti yang pertama, kalian bisa mendapatkan aplikasi AIDA64 ini di Google Play Store secara gratis.

Penutup

Dari semua cara yang saya jelaskan di atas, sebenarnya ada cara yang paling mudah untuk cek spesifikasi HP Android yang kita gunakan lho. Caranya dengan melihat spesifikasi HP yang kalian gunakan langsung melalui blog Kampung Gadget.

Karena di sini saya juga menghadirkan berbagai macam informasi seputar gadget, salah satunya adalah spesifikasi HP Android terbaru maupun yang lama. Sehingga kalian tidak perlu repot-repot lagi mendownload aplikasi pihak ketiga ataupun memakai cara repot lainnya.

Sebab, kalian hanya perlu melihatnya di sini dan mencari merek serta tipe HP yang kalian gunakan. Maka informasi spesifikasi HP kalian sudah terlihat secara lengkap.

Baik, mungkin itu saja informasi yang bisa saya hadirkan hari ini untuk kalian tentang cara cek spesifikasi HP Android tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi.

Bila ada pertanyaan, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.