Terbaru! 9 Cara Merekam Layar HP Android Paling Mudah Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Cara Merekam Layar HP Android Paling Mudah

Cara Merekam Layar HP Android – Apakah saat ini kalian sedang mencari tahu bagaimana cara merekam layar di smartphone Android? Jika memang iya, maka kalian saat ini sudah berada di tempat yang tepat. Karena hari ini admin akan menjelaskan secara detail mengenail hal tersebut.

Bagi sebagian orang, mereka layar biasanya dilakukan untuk menyimpan berbagai aktifitas penting yang sedang dikerjakan atau yang akan dikerjakan. Bagi seorang youtuber, merekam layar ponselnya mungkin sangat diperlukan ketika ingin membagikan sebuah tutorial yang berkaitan dengan smartphone Android atau saat ingin memamerkan kemampuannya bermain game.

Namun tidak sedikit dari mereka yang ternyata masih kesulitan untuk melakukan hal tersebut. Maka dari itu, hari ini admin akan membagikan kalian sebuah cara merekam layar HP Android dengan dua cara yang bisa kalian pulih. Apa saja itu? Mari kita simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Merekam Layar HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Merekam Layar HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Mungkin dari kalian masih sedikit yang tahu kalau ternyata merekam layar smartphone itu bisa dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebab saat ini sudah banyak hadir ponsel pintar berbasis Android yang dibekali dengan fitur menarik dan salah satunya fitur merekam layar.

Dalam hal ini, ada dua cara yang bisa kalian lakukan saat ingin merekam layar smartphone. Cara merekam layar HP Android tersebut adalah sebagai berikut:

1. Cara Merekam Layar HP Android Dengan Game Tools

Cara merekam laya HP Android yang pertama bisa kalian lakukan dengan memakai fitur game tools yang ada didalam smartphone. Namun untuk cara ini belum tersedia di semua jenis ponsel Android, karena fitur ini baru tersedia di ponsel Samsung saja.

Cara merekam layar HP Android dengan game tools itu tidaklah sulit seperti yang kalian bayangkan, karena hanya membutuhkan beberapa ketukan saja kalian sudah bisa merekam seluruh aktivitas di layar. Untuk mengaktifkan fitur ini kalian bisa menyimak caranya dibawah ini:

  • Langkah pertama kamu buka terlebih dahulu menu “Setting” atau “Pengaturan” yang ada didalam ponsel.
  • Setelah itu kalian cari lagi menu “Asvance Features” atau “Fitur Lanjutan“.
  • Didalam menu tersebut kalian cari lagi opsi “Gambar layar dan perekam layar“.
  • Jika sudah, kamu bisa langsung memilih resolusi layar yang ingin kalian gunakan “1080p, 720p dan 480p“.
  • Jangan lupa juga untuk mengaktifkan “Output suara” saat merekam layar.

Jika sudah, saatnya kita akan menggunakan fitur tersebut. Cara penggunaanya adalah sebagai berikut:

  • Pergi kehalaman utama ponsel kalian dan usap kebawah bagian layar atas untuk mengakses “Quick Panel“.
  • Setelah quick panel muncul kalian cari menu “Perekam Layar“.
  • Berikutnya kalian pilih mode suara dan mulai merekam layar.
  • Maka proses merekam layar sudah bisa kalian lakukan.

2. Cara Merekam Layar HP Android Dengan Play Game

Cara merekam layar HP Android yang kedua ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur yang ada didalam Play Game. Seperti halnya dengan cara yang diatas tadi, untuk fitur ini juga tidak tersedia di semua ponsel Android versi lama.

Jika fitur ini tersedia didalam ponsel kalian, maka bisa langsung mengikuti caranya dibawah ini:

  • Cara pertama kalian harus login terlebih dahulu dengan menggunakan akun “Google Play Game“.
  • Setelah kalian berhasil login, maka cari menu “Koleksi“.
  • Pilih salah satu “Game” yang kalian instal didalam ponsel.
  • Berikutnya kalian pilih icon “Kamera” yang ada di pojok kanan atas.
  • Jika sudah, kalian bisa langsung memilih kualitas video yang diinginkan.
  • Terakhir pilih lanjutkan.

Apabila kalian ingin merekam layar di luar aplikasi game menggunakan fitur play game, maka bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pastikan kalian masih dalam mode merekam layar tadi.
  • Setelah itu, “Close game” yang kalian buka sebelumnya sampai ada di layar utama ponsel.
  • Saat pertama kali menggunakan, kalian akan disuguhi dengan 3 opsi yang dapat digunakan.
  • Opsi tersebut seperti “Icon Microfon” yang ada di atas mempunyai fungsi untuk merekam audio eksternal, “Icon Kamera” yang ada di tengan ini berfungsi merekam menggunakan kamera depan dan “Icon bulat/Kotak merah” ini berfungsi untuk memulai dan menghentikan proses rekaman.
  • Untuk hasil rekama layar tadi bisa kalian cari langsung di Galery ponsel.

Cara Merekam Layar HP Android Dengan Aplikasi Tambahan

Cara Merekam Layar HP Android Dengan Aplikasi Tambahan

Nah, bagi kalian yang mungkin ingin merekam layar ponsel tapi fitur yang sudah disebutkan diatas masih belum tersedia didalam smartphone, maka jangan bersedih karena kalian masih bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal tersebut.

Saat ini memang sudah banyak tersedia aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian download secara gratis di Google Play Store dan gunakan untuk merekam layar smartphone, namun tidak semua aplikasi tersebut cocok serta aman bagi HP kalian. Oleh sebab itu, dibawah ini admin sudah merangkumkan kalian 3 jenis aplikasi perekam layar yang aman dan nyaman untuk kalian gunakan.

1. Menggunakan Aplikasi DU Recorder – Screen Recorder

DU Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar yang sudah digunakan lebih dari 2,5 juta pengguna dan juga diinstal lebih dari 5 juta. Maka dari itu, aplikasi yang satu ini pastinya akan sangat cocok untuk kalian gunakan ketika ingin merekam layar HP.

Tidak ketinggalan juga kalau aplikasi yang satu ini juga mempunyai kelebihan dari aplikasi lainnya yakni sudah didukung lebih dari 20 jenis bahasa, mampu merekam video dengan kualitas tinggi, tidak memerlukan akses root untuk menjalankan semua fitur yang ada didalamnya dan terakhir pastinya sangat mudah untuk digunakan.

Selain itu, DU Recorder juga sangat ringan untuk ponsel Android kalian. Ini karena aplikasi ini hanya berikuran 11MB saja serta tidak membutuhkan banyak RAM untuk menjalankannya. Jadi, apakah kalian ingin mencobanya?

2. Menggunakan Aplikasi Mobizen

Selain DU Recorder, kalian juga bisa merekam layar smartphone dengan menggunakan mobizen. Aplikasi yang satu ini juga sudah pernah memperoleh sebuah penghargaan APP terbaik pada tahun 2016 oleh Google. Oleh sebab itu kalian tidak perlu meragukan kemampuan serta keamanan aplikasi yang satu ini.

Mobizen mampu memberikan sebuah pengalam terbaik bagi penggunanya saat merekam layar, karena aplikasi ini mampu merekam layar dengan kualitas tinggi seperti full HD 1080p, bitrate 12mbps dan 60fps yang akan membuat kualitas video kalian akan semakin baik.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Mobizen dapat berjalan di ponsel yang menggunakan sistem Android 4.4 keatas dan ukuran aplikasi ini hanya 20MB saja. Sehinggan akan sangat mudah dan lancar untuk dijalankan oleh ponsel kalian. Selain itu cara merekam layar HP Android dengan menggunakan aplikasi Mobizen juga tergolong sangat mudah untuk dilakukan, karena yang pasti aplikasi ini tidak membutuhkan akses root.

3. Menggunakan Aplikasi AZ Screen Recorder

Bagi kalian yang menyukai video walkthrough game yang sering dimainkan didalam ponsel, maka aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan. AZ Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar yang mempunyai tampilan sederhana dengan berbagai fitur keren yang bisa digunakan secara gratis.

Seperti halnya aplikasi perekam layar diatas, AZ Screen Recorder juga mempunyai kelebihan seperti user interface yang sangat mudah digunakan, ringan dan dapat berjalan dengan baik di semua smartphone serta tidak menyisakan watermark didalam video.

Untuk masalah ukuran, aplikasi ini hanya menghabiskan ruang penyimpanan sebesar 17MB saja serta tidak akan membebani RAM ponsel kalian. Maka dari ini, aplikasi tersebut sangat rekomen untuk kalian yang suka merekan aktivitas didalam ponsel.

Bagaimana? Sangat mudah dan sederhana bukan cara merekam layar HP Android yang sudah disebutkan diatas? Sekarang kalian tinggal memilih cara yang mana sesuai dengan ponsel yang dimiliki, apakah cara yang pertama atau mungkin cara yang kedua tadi.

Semua itu tergantung kebutuhan serta kemampuan ponsel kalian dalam menjalankan sistem tadi. Nah, mungkin cukup sampai disini saja cara merekam layar HP Android yang bisa admin hadirkan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa juga untuk menantikan tips keren seputar gadget lainnya hanya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.