Data Seluler Tidak Muncul di Xiaomi

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Xiaomi

Data Seluler Tidak Muncul di Xiaomi – Untuk sekarang ini Internet memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi beberapa kalangan. Hal ini karena dengan adanya internet, hampir semua kegiatan sehari-hari yang kita lakukan bisa di selesaikan dengan lebih cepat. Misalnya saja seperti bekerja, berbelanja, belajar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, dengan adanya internet, smartphone yang kita gunakan bisa terlihat lebih canggih. Karena yang pasti, hampir semua fitur dan fungsi di dalam ponsel itu membutuhkan jaringan internet untuk bekerja.

Namun, cepat tidaknya jaringan internet pada HP itu dapat di pengaruhi oleh banyak hal. Misalnya saja seperti masalah pada operator, paket internet yang di gunakan, setingan APN yang tidak cocok sampai dengan masalah pada HP Xiaomi.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Xiaomi

Sebenarnya mengatasi data seluler tidak muncul di Xiaomi sangatlah mudah, karena kita hanya perlu:

  1. Memulai ulang HP Xiaomi
  2. Periksa Pengaturan Internet
  3. Aktifkan Fitur Airplane Mode
  4. Periksa Kekuatan Sinyal Pada HP
  5. Matikan dan Hidupkan Jaringan Operator
  6. Hubungi Customer Service
  7. Factory Reset

Simpelnya sih seperti itu pada saat mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi. Namun untuk proses lebih lengkapnya, kalian bisa simak tutorialnya di bawah ini.

1. Memulai Ulang HP Xiaomi

Cara pertama dan yang paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan memulai ulang (restart) HP Xiaomi yang digunakan.

Walaupun terdengar sangat sepele, namun dengan me-restart HP yang kita gunakan, masalah pada jaringan bisa teratasi. Karena bisa saja, data seluler yang tidak mau muncul tersebut terjadi karena sistem pada HP mengalami error atau ada bug.

Sehingga dengan melakukan restart, maka error yang terjadi pada sistem akan di perbaiki saat setelah HP sudah kembali menyala.

2. Periksa Pengaturan Internet

Cara kedua dalam mengatasi masalah HP Xiaomi tidak bisa internet adalah dengan memeriksa pengaturan jaringan. Karena terkadang masalah data seluler tidak muncul di Xiaomi bisa saja di sebabkan oleh adanya perubahan yang mungkin pernah kita lakukan sebelumnya di dalam pengaturan.

Sehingga kita harus mengembalikan kembali pengaturan itu ke awal agar jaringan internet pada HP Xiaomi dapat berjalan seperti semula.

Caranya seperti ini:

  1. Buka Pengaturan pada HP Xiaomi.
  2. Kemudian pilih menu Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  3. Lalu pilih Data Seluler dan aktifkan.
  4. Setelah itu, swipe dari atas ke bawah pada layar HP.
  5. Ketuk saja ikon WiFi lalu matikan (bila masih menyala).

Namun tidak sampai di situ saja, kalian juga wajib untuk mengecek pengaturan jaringan yang ada di HP Xiaomi. Begini caranya:

  1. Masuk kedalam Pengaturan.
  2. Lalu pilih kembali Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  3. Sekarang pilih SIM yang kalian gunakan internet (SIM 1 / SIM 2).
  4. Buka Setelan Jaringan.
  5. Berikutnya pilih menu Tipe Jaringan Prioritas.
  6. Pilih Prioritas LTE.

Catatan:

Jika sudah memilih jaringan prioritas LTE, namun internet masih belum berfungsi maka kalian bisa menggantinya kembali. Misalnya ke prioritas 3G atau 2G sampai mendapatkan jaringan internet yang baik.

3. Aktifkan Fitur Airplane Mode

Alternatif lain yang mungkin bisa kalian lakukan saat mengalami masalah data seluler tidak aktif adalah dengan menggunakan fitur airplane mode.

Memang masih banyak yang tidak sadar dengan fungsi dari fitur airplane mode yang berlogo pesawat tersebut. Padahal fungsinya sangat banyak, salah satunya adalah mengatasi masalah pada jaringan di HP.

Ini karena cara kerja dari fitur ini adalah me-refresh jaringan internet yang terhubung pada HP.

Langkah-langkahnya begini:

  • Tarik status bar pada HP Xiaomi ke bawah.
  • Ketuk fitur airplane mode.
  • Tunggu saja beberapa saat.
  • Kemudian ketuk lagi airplane mode untuk menonaktifkan.
  • Selesai.

Jika dalam proses yang pertama masih belum berhasil, kalian bisa mencoba untuk melakukannya beberapa kali dan waktunya bisa di perpanjang lagi. Misalnya saja sampai 2 atau 3 menit lamanya.

4. Periksa Kekuatan Sinyal Pada HP

Hal sederhana lain yang tidak boleh kalian lewatkan dalam mengatasi masalah data seluler tidak muncul di Xiaomi adalah memeriksa kekuatan sinyal pada HP. Seperti yang pernah saya jelaskan, kecepatan internet yang bisa kita dapatkan itu dipengaruhi oleh kekuatan sinyal.

Karena semakin kuat sinyal operator yang di tangkap oleh HP, maka sudah pasti akan membuat internet akan makin kencang. Namun jika sinyal operator sangat lemah, maka tentunya akan membuat internet pada HP mengalami masalah seperti gangguan atau buffering.

Untuk memeriksa kekuatan sinyal, kita bisa melakukannya dengan melihat ikon sinyal yang di tampilkan oleh HP. Jika ikon sinyal menandakan E, H, 2G atau 3G, maka sudah bisa di pastikan jaringan internet dari operator sangat lambat.

Sedangkan jika muncul ikon sinyal 4G atau LTE, maka itu tandanya kekuatan sinyal sudah sangat bagus.

5. Matikan dan Hidupkan Jaringan Operator

Cara yang selanjutnya ini juga bisa kalian lakukan ketika data seluler di HP Xiaomi tidak mau muncul. Karena bisa saja di sebabkan oleh sistem sinyal pada HP mengalami error. Sehingga jaringan yang di tangkap menjadi tidak stabil.

Nah, caranya dengan menonaktifkan dan mengaktifkan jaringan SIM Card yang sedang di gunakan pada HP. Dengan hal ini, sistem yang ada pada HP akan mendeteksi ulang kembali jaringan dari operator yang di gunakan.

Cara kerjanya sih hampir sama seperti menggunakan fitur airplane mode. Karena jaringan yang sebelumnya di tangkap oleh HP akan di ganti ke jaringan yang lebih baik.

Langkahnya seperti ini:

  1. Pergi ke Pengaturan pada HP Xiaomi.
  2. Lalu pilih menu Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  3. Pilih SIM yang kalian gunakan internetan.
  4. Kemudian geser ke samping pada menu Aktifkan Data (Data Enabled).
  5. Tunggu saja beberapa saat.
  6. Geser kembali untuk mengaktifkannya.
  7. Selesai.

6. Atur Ulang APN

Masalah hilangnya data seluler di HP Xiaomi juga bisa di sebabkan oleh pengaturan APN yang tidak sesuai dengan jaringan operator. Ini juga sering menjadi penyebab operator memberikan layanan yang tidak sesuai dengan layanan yang sudah kita beli.

Meski APN itu sudah langsung ter-settings secara otomatis saat kita memasukkan kartu SIM ke HP, namun ada kalanya pengaturan itu berubah dengan sendirinya. Misalnya saja saat HP mengalami error.

Berikut ini caranya:

  • Buka Pengaturan di HP Xiaomi.
  • Lalu masuk ke menu Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  • Pilih SIM yang sedang di gunakan (SIM 1 atau SIM 2).
  • Kemudian ketuk opsi APN (Access Point Name).
  • Namun jangan rubah yang sudah ada, tapi buat APN baru dengan menekan tanda plus (+).
  • Sekarang masukan APN yang sudah kalian siapkan.
  • Klik Simpan.
  • Terakhir tap Aktifkan.

Penting:

Setiap operator seluler itu mempunyai APN yang berbeda-beda, sehingga kalian harus mencari pengaturan APN yang sesuai dengan operator yang di gunakan. Misalnya saja seperti APN Indosat, Smartfren, Axis, XL, Tri (3) dan APN Telkomsel.

7. Hubungi Customer Service

Apabila kalian sudah mengikuti semua langkah-langkah di atas, namun jaringan internet di HP Xiaomi masih belum juga normal. Maka solusi yang bisa kalian lakukan selanjutnya adalah dengan menghubungi customer service dari operator SIM yang di gunakan.

Karena dalam beberapa kasus, data seluler yang tidak muncul di Xiaomi itu bisa saja di sebabkan oleh adanya masalah pada operator SIM. Bisa saja operator sedang melakukan perawatan jaringan atau mungkin saja sedang melakukan perbaikan sistem.

Oleh karena itu, jika sudah terlalu lama jaringan belum kembali normal. Maka sebaiknya kalian hubungi pihak operator. Dengan begitu kita akan tahu masalah ini memang datang dari pihak operator atau tidak.

Untuk masing-masing operator memiliki nomor customer service yang berbeda-beda, Jadi, kalian bisa menyesuaikannya dengan operator yang di gunakan ya.

8. Factory Reset

Jika saat kalian menghubungi customer service dan ternyata tidak sedang gangguan, maka kemungkinan masalah ini di sebabkan oleh HP yang kita gunakan.

Bisa saja ada sebuah bugerror ataupun masalah pada sistem HP lainnya yang mengakibatkan data seluler hilang.

Namun sebelum itu, pastikan di tempat kalian tidak sedang terjadi hujan, listrik padam, badai dan juga tidak sedang berada di tempat tertutup. Karena beberapa hal tersebut juga bisa memicu hilangnya jaringan internet pada HP Xiaomi.

Bila kondisi tersebut tidak sedang terjadi, maka kemungkinan besar ini di sebabkan oleh sistem pada HP Xiaomi yang bermasalah. Sehingga kita perlu mengatur ulang sistem tersebut agar dapat berjalan kembali dengan normal seperti semula.

Caranya dengan melakukan factory reset atau mengatur ulang ke setelan pabrik.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada HP Xiaomi.
  2. Lalu cari menu Setelan Tambahan.
  3. Kemudian pilih Buat Cadangan & Setel Ulang.
  4. Ketuk menu Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  5. Pilin Setel Ulang Telepon.
  6. Konfirmasi kembali dengan memilih Hapus.
  7. Terakhir tunggu sampai HP Xiaomi kembali menyala.

Penting:

Sebelum kalian melakukan factory reset ada baiknya untuk membackup terlebih dahulu semua data yang ada di dalam HP Xiaomi. Karena semua data yang tersimpan pada HP akan terhapus secara permanen saat proses factory reset berlangsung.

Untuk cara backup data penting di Android, kalian bisa membacanya di artikel saya sebelumnya. Karena di sana saya menjelaskan secara rinci mengenai hal tersebut.

Penutup

Baik, mungkin itu saja beberapa cara mengatasi masalah data seluler yang tidak muncul di HP Xiaomi. Kalian bisa menggunakan salah satu atau lebih cara yang sudah saya jelaskan di atas tadi.

Semua cara di atas juga merupakan rangkuman dari pengalaman saya pribadi ketika mengalami masalah jaringan seluler yang tiba-tiba hilang. Jadi, saya rasa dengan menerapkan beberapa solusi di atas itu sudah bisa mengembalikan jaringan internet pada HP.

Apabila kalian mempunyai pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.