Update! 7 Cara Root hp Samsung J2 Prime Dijamin Berhasil

Cara Root hp Samsung J2 Prime Dijamin Berhasil

Cara Root hp Samsung J2 Prime – Smartphone Android yang bernama Samsung Galaxy J2 Prime ini memang salah satu ponsel Android yang sudah dirilis sejak lama oleh pihak Samsung, tepatnya itu di bulan November 2016 lalu.

Pada saat itu, Samsung j2 Prime ini adalah salah satu smartphone yang cukup banyak mendapatkan perhatian oleh komsumen ponsel yang ada di Indonesia. Ini mungkin karena ponsel dari Samsung tersebut membawa teknologi terbaru di masa itu.

Tapi dalam pembahasan kali ini admin tidak akan menjelaskan lebih jauh mengenai keunggulan yang dimiliki oleh Samsung j2 Prime ini, namun admin akan menjelaskan kepada kalian yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah saat ingin melakukan root pada HP tersebut.

Sampai saat ini, ternyata masih banyak orang yang kesulitan dalam melakukan root pada HP Samsung j2 Prime. Salah satu kesalahan yang bisa menyebabkan kegagalan saat proses root adalah tahapan dari proses itu sendiri.

Bagi mereka yang sudah ahli, mungkin tidak akan mengalami kesulitan saat ingin me-root ponselnya. Namun, bagi orang yang masih awam tentu akan merasa kesulitan saat ingin melakukannya.

Jika kalian termasuk orang yang masih awam dalam urusan root, maka jangan bersedih karena dalam artikel ini admin akan memberikan kalian cara root HP Samsung j2 Prime dengan tahapan-tahapan yang pastinya mudah untuk kalian pahami.

Namun sebelum lanjut kedalam pembahasan tentang bagaimana cara root HP Samsung j2 Prime terbaru saat ini, ada baiknya kita lihat dulu apa saja manfaat dan bahaya saat melakukan root berikut ini.

Manfaat Root Pada HP Samsung J2 Prime

Mungkin dari kalian masih ada yang bertanya-tanya tentang apa manfaat root pada HP Android? Jawabannya itu tentu adalah banyak, karena ketika HP sudah di root maka user atau pengguna akan lebih leluasa untuk menggunakan seluruh sistem yang tadinya tidak bisa digunakan pada ponsel tersebut.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang mungkin akan kalian rasakan setelah melakukan root:

1. Memperluas ruang penyimpanan internal yang ada didalam ponsel.

2. Menginstal atau mengubah ulang ROM.

3. Memasang berbagai jenis aplikasi yang sebelumnya tidak bisa di instal pada ponsel.

4. Dapat memindahkan semua aplikasi dari penyimpanan internal ke Eksternal.

5. Mampu menghapus seluruh aplikasi bawaan Android.

Bahaya Root HP Samsung J2 Prime

Selain manfaat, saat melakukan root pada HP Android yang kita miliki tentu akan ada bahaya atau kerugian yang akan dialami. Nah, berikut ini ada beberapa dampak bahaya melakukan root pada HP Android:

1. HP dapat mengalami bootlop (Tidak bisa mengakses ke halaman utama dan hanya akan terlihat logo Samsung saja secara berulang-ulang).

2. Masa garansi ponsel Samsung akan hilang.

3. Ponsel akan lebih rawan terserang oleh virus dan malware.

4. Performa ponsel sering tidak stabil.

5. Baterai hp cepat habis atau lebih boros lagi dari sebelumnya.

Cara Root hp Samsung J2 Prime Tanpa PC

Cara Root hp Samsung J2 Prime Tanpa PC

Nah, setelah kita sudah melihat apa saja manfaat dan kerugian yang akan kita alami saat melakukan root pada HP Android, maka untuk selanjutnya admin akan membagikan cara melakukan root pada HP Android Samsung tanpa menggunakan PC.

Untuk cara root HP Samsung j2 Prime tanpa PC ini admin bagi lagi menjadi 3 bagian yang berbeda dan kalian bisa memilih salah satu dari ketiga cara tersebut.

1. Cara Root HP Samsung J2 Prime Menggunakan Kingroot

Cara melakukan root pada HP Samsung j2 Prime yang pertama ini kita akan memanfaatkan sebuah aplikasi pihak ketiga untuk mempermudah saat melakukan proses rooting. Namun sebelum itu, usahakan ponsel kalian memiliki akses internet yang baik da stabil.

Jika sudah siap, maka berikut cara root HP Samsung J2 Prime menggunakan Kingroot:

  • Langkah pertama tentu kalian harus mengunduh aplikasi “Kingroot” terlebih dahulu.
  • Bukan dan instal aplikasi tersebut, jika kalian mendapatkan pesan seperti “Google installation Blocked message” maka kalian dapat memilih opsi “More Details“. Setelah itu kalian pilih lagi menu “Install anyway (unsave)” dan terakhir “OK“.
  • Dalam langkah selanjutnya, apabila kalian mendapatkan pesan pop-up seperti “Pemasangan dicekal” atau “Installation Blocked” maka kalian bisa mengatasinya dengan masuk kedalam menu “Pengaturan” lalu “Lock screen and security” berikutnya kalian aktifkan “Sumber tidak dikenal” terakhir “OK“.
  • Setelah berhasil, kalian akan langsung melihat proses instalasi dan pilih “Install” agar proses instalasi aplikasi Kingroot bisa berjalan. Selanjutnya saat proses instalasi sudah selesai, maka langsung pilih “Open“.
  • Jika aplikasi Kingroot sudah terbuka maka kalian bisa langsung memilih “Try it” agar dapat masuk kedalam menu root dan setelah itu pilih lagi “Get Now” untuk memulai proses rooting.
  • Untuk proses ini biasanya akan memakan waktu sedikit lama, jadi kalian harus sabar menunggunya.
  • Apabila proses rooting berhasil, maka kalian akan langsung melihat pesan “Rooted” dibagian layar.

Selesai, sekarang HP Samsung J2 Prime kalian sudah ter-root dengan sempurna.

2. Cara Root HP Samsung J2 Prime Dengan Framroot

Bagi kalian yang mungkin tidak ingin menggunakan aplikasi Kingroot untuk membantu proses root HP Android, maka alternatif lainnya itu kalian bisa menggunakan aplikasi lainnya yang bernama Framroot.

Cara kerja dan fungsi dari aplikasi ini juga tidaklah jauh berbeda dengan aplikasi Kingroot yang pertama tadi, jadi cara root HP Samsung J2 Prime dengan aplikasi Framroot itu kurang lebih seperti berikut ini:

  • Langkah pertama tentu kalian harus mengunduh aplikasi “Framroot” dan kalian bisa mengunduhnya di (https://www.apkhere.com/app/com.alephzain.framaroot).
  • Jika proses unduhan sudah selesai, maka kalian bisa langsung menginstalnya.
  • Buka aplikasi “Framroot” dan kalian pilih menu “Instal Superuser“.
  • Berikutnya kalian akan dihadapkan sebuah nama-nama “Exploit” dan pilihlah salah satu dari nama “Frodo/Sam/Feoder” dan lainnya. Pada tiap-tiap versi Framroot itu hanya tersedia 3 nama saja, jadi kalian bisa memilih satu exploit sana dan apabila gagal maka kalian pilih exploit lainnya lagi.
  • Jika berhasil maka kalian akan mendapatkan pesan “Success.. Superuser and su binary installed. You should have reboot your phone“.

Terakhir kalian bisa merestart ponsel seperti biasa dan pastikan juga saat HP Samsung J2 Prime hidup kalian menemukan aplikasi superuser pada menu home screen.

3. Cara Root HP Samsung J2 Prime Dengan Aplikasi 360 Root

Selain kedua aplikasi tadi, kalian juga bisa menggunakan aplikasi 360 Root ini untuk membantu kalian dalam melakukan rooting pada HP Samsung J2 Prime. Aplikasi 360 Root ini juga memiliki fungsi serta fitur yang sama seperti aplikasi yang sudah admin sebutkan diatas tadi.

Nah, apabila kalian berminat menggunakan aplikasi ini maka bisa mengikuti cara root HP Samsung J2 Prime dengan aplikasi 360 Root berikut ini:

  • Langkah pertama tentu kalian harus menguduh aplikasi “360 Root“, kalian dapat mengunduhnya di (https://apkpure.com/id/360-root/org.fertate.cyoclo).
  • Setelah proses unduhan selesai, maka kalian bisa langsung menginstal aplikasi 360 Root tadi. Apabila kalian mengalami masalah saat proses instalasi,┬ámaka kalian bisa memperbaikinya melalui menu “Pengaturan” kemudian “Lock screen and security” selanjutnya kalian aktifkan “Sumber tidak dikenal” terakhir “OK“.
  • Buka aplikasi 360 Root yang sudah terinstal tadi, lewati semua ketentuan yang muncul saat pertama kalian membuka aplikasi ini.
  • Setelah proses diatas berhasil, maka kalian akan melihat sebuah tampilan halaman utama yang berisikan tulisan “Root“.
  • Maka kalian dapat langsung menekan icon bulat besar berwarna putih yang berisi tulisan “Root“. Lalu kalian bisa menunggu sampai prosesnya selesai dan ini juga membutuhkan jaringan internet yang baik dan stabil.
  • Jika berhasil, maka kalian bisa langsung merestart HP seperti biasa.

Selamat, kini HP Samsung J2 Prime kalian telah berhasil di root dengan baik.

Cara Root hp Samsung J2 Prime Dengan PC

Cara Root hp Samsung J2 Prime Dengan PC

Selain tanpa menggunakan PC diatas, kalian juga bisa me-root HP Samsung J2 Prime dengan menggunakan PC. Tapi ingat, untuk cara ini tidaklah semudah seperti cara yang sudah admin jelaskan sebelumnya. Hal ini karena kalian wajib mengikuti beberapa syarat sebelum melakukan rooting.

Beberapa syarat yang wajib kalian penuhi adalah seperti berikut:

  1. Usahakan semua akun yang ada pada HP Samsung kalian seperti akun Google, akun sosial media dan akun Samsung Knock itu sudah dikeluarkan.
  2. Kalian juga wajib untuk mengaktifkan opsi pengembang.
  3. Terakhir kalian juga wajib mengaktifkan USB Debugging dan juga kunci OEM.

Apabila kalian sudah mengikuti semua syarat yang admin sebutkan diatas, maka selanjutnya sebelum kalian mengikuti cara root HP Samsung J2 Prime, kalian juga wajib menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan. Berikut ini bahan-bahan yang wajib kalian siapkan:

  1. Driver USB Samsung (instal pada PC).
  2. Aplikasi Odin, usahakan memilih yang terbaru.
  3. File TWRP, simpanlah didalam PC.
  4. Gaib/SuperSU, simpan didalam kartu memori telepon.
  5. Kabel USB, usahakan menggunakan yang asli.
  6. Terakhir kalian juga bisa mendownload semua materi tersebut disini.

Setelah semua bahan yang sudah admin sebutkan diatas itu sudah siap semuanya, maka kalian bisa langsung mengikuti cara root HP Samsung J2 Prime berikut ini:

  • Pertama-tama usahakan ponsel kalian sudah berada dalam keadaan mati.
  • Setelah itu kalian wajib masuk kedalam menu unduhan Samsung, caranya dengan menekan tombol “Beranda” dan juga “Volume Turun” secara bersamaan. Setelah muncul logo Android maka lepaskan semua tombol tadi dan lanjutkan untuk menekan tombol “Volume Atas” untuk navigasi.
  • Berikutnya kalian bisa langsung menghubungkan HP ke PC dengan menggunakan kabel “USB“.
  • Selanjutnya kalian juga wajib membuka “Ordin” dan cari di menu “Pengaturan” pilih hapus daftar periksa reboot otomatis.
  • Jika sudah, kalian dapat memilih menu “AP” di “Ordin” dan lanjutkan ke file TWRP yang sudah kalian siapkan tadi. Jika sudah kalian dapat menekan menu “Mulai“.
  • Tunggu sampai instalasi TWRP selesai dan jika berhasil kalian akan menemukan tulisan atau icon berwarna hijau.
  • Apabila proses tadi berhasil, maka segeralah cabut kabel USB dan lepaskan baterai selama beberapa saat tapi kalian jangan menyalakannya dulu.
  • Tekan tombol “Beranda” dan “Volume Naik” secara bersamaan dan kalian akan menemukan menu TWRP.
  • Pada menu TWRP ini kalian pilih “Instal” lalu lanjutkan ke “Magisk” atau “SuperSu” sebelumnya.
  • Berikutnya lagi kalian browse ke file “Ashyx no Encrypt” dan geser dan pilih sistem “Reboot“.

Jika kalian sudah mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka saat ini HP Samsung J2 Prime kalian sudah berhasil di root dengan selamat. Biasanya jika hal ini merupakan pertama kali kalian lakukan, maka umumnya akan membutuhkan waktu yang agak lama karena ponsel harus memformat semua data yang ada sebelumnya.

Penutup

Cara root HP Samsung J2 Prime memang dapat dibagi menjadi dua tahapan, yakni dengan tanpa menggunakan PC atau bisa juga menggunakan PC atau Laptop. Namun secara umum, apabila kalian baru pertama kali melakukan rooting maka cara yang paling baik untuk kalian lakukan adalah dengan menggunakan PC atau Laptop.

Namun cara root HP Samsung J2 Prime menggunakan PC tidaklah mudah, jadi jika kalian masih awam dalam hal ini, ada baiknya untuk meminta batuan seseorang yang memang sudah mengerti dengan proses tersebut. Karena jika tidak cermat dalam melakukan setiap tahapannya, maka proses rooting bisa mengalami kegagalan yang akan menyebabkan HP kalian bootlop.

Baik, mungkin untuk hari ini cukup sekian saja informasi yang bisa admin sampaikan kepada kalian tentang cara root HP Samsung J2 Prime. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.