15 Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek WiFi yang Pasti Berhasil

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek WiFi

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek WiFi – Di jaman yang sudah semakin modern seperti sekarang ini, kebutuhan akan jaringan internet memang sudah tidak bisa kita hindari lagi. Ini tentu dikarenakan hampir semua aktivitas setiap orang itu ada didalam dunia internet, mulai dari bekerja, bermain, belajar dan masih banyak hal penting lainnya yang membutuhkan koneksi internet.

Tentunya ini juga membuat jaringan internet termasuk WiFi menjadi salah satu fitur yang wajib untuk ada didalam sebuah perangkat smartphone, hal ini dikarenakan fitur tersebut mampu untuk membuat penggunanya mengakses semua hal yang berhubungan dengan dunia internet lebih cepat.

Dan saat ini juga sudah banyak pengguna smartphone Android yang beralih menggunakan jaringan WiFi untuk mengakses internet, sebab selain memiliki kecepatan yang lebih baik, jaringan WiFi biasanya lebih stabil dari pada jaringan selular.

Namun namanya juga teknologi yang tidak pernah lepas dari masalah dan masalah yang sering terjadi saat ini adalah gangguan saat menghubungkan perangkat seluler ke jaringan WiFi. Jika ini terjadi, tentu smartphone yang kita gunakan tidak akan mau tersambung ke jaringan WiFi tersebut.

Nah, jika kalian saat ini mengalami masalah tersebut maka tidak perlu khawatir karena admin hari ini akan membagikan kalian sebuah cara mengatasi hp Anndroia tidak bisa konek WiFi.

Penyebab HP Android Tidak Bisa Konek WiFi

Penyebab HP Android Tidak Bisa Konek WiFi

Nah, sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengatasi HP Android tidak bisa konek WiFi, alangkah baiknya kita lihat dulu apa saja yang menjadi penyebab masalah tersebut.

Dalam hal ini, ada beberapa masalah umum yang sering menjadi penyebab ponsel kita sulit untuk terhubung dengan jaringan WiFi. Beberapa penyebab masalah itu adalah sebagai berikut ini:

1. Jaringan WiFi Memang Sedang Lambat

Penyebab pertama hp Android tidak bisa konek WiFi adalah jaringan dari WiFi sendiri memang sedang lambat atau sedang mengalami gangguan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada setiap ponsel Android yang ingin terhubung dengan jaringan WiFi tersebut.

2. Jarak WiFi Terlalu Jauh

Selain yang pertama, masalah umum yang juga menjadi penyebab ponsel Android idak bisa konek WiFi adalah jarak Router WiFi yang jauh dari tempat kalian berada saat ini. Umumnya masing-masing Router WiFi itu mempunyai jarak yang berbeda-beda dan biasanya jaraknya mulai dari 10 M sampai 20 M atau mungkin juga bisa lebih.

3. Jaringan WiFi Dalam Keadaan Limited

Ketika jaringan WiFi berada dalam keadaan Limited, juga bisa menjadi penyebab hp Android tidak bisa terhubung dengan baik. Keadaan ini biasanya terjadi ketika modem atau router WiFi baru dihidupkan.

4. Ada Kerusakan Pada Router

Penyebab hp Android tidak bisa konek WiFi yang selanjutnya juga bisa disebabkan oleh Router yang sedang mengalami kerusakan. Sehingga membuat sistem yang ada didalamnya tidak mampu menangkap ataupun mengirimkan jaringan dengan baik keseluruh usernya.

5. Terlalu Banyak Pengguna Aktif

Nah, ini adalah penyebab yang terakhir yang kemungkinan besar sering menjadi pemicu terjadinya masalah tersebut. Dimana modem ataupun Router itu memiliki batasan pengguna, jadi saat sudah mencapai batasnya maka tidak akan ada lagi yang bisa terhubung di jaringan WiFi tersebut.

Selain 5 penyebab hp Android tidak bisa konek WiFi tentu masih ada banyak lagi penyebab lainnya, tapi dalam artikel ini admin hanya memilihkan kalian penyebab yang umum dan pernah admin sendiri alami.

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek WiFi

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek WiFi

Nah, saat ini pasti kalian sudah penasaran bagaimana cara untuk memperbaiki ponsel yang tidak bisa konek ke jaringan WiFi.

Atau mungkin kalian juga sudah mencoba berbagai cara serta tips yang dibagikan di luar sana, tapi hasilnya belum bisa sesuai dengan keinginan. Maka kalian tidak perlu khawatir, sebab di bawah ini admin sudah menyiapkan kalian 10 cara mengatasi HP Android yang tidak bisa tersambung dengan WiFi.

Mau tahu? Yuk, langsung saja kita simak semua tips nya dibawah ini:

1. Cobalah Untuk Mengatur Waktu dan Tanggal Dengan Benar

Cara mengatasi Android tidak bisa konek WiFi yang pertama adalah mengatur ulang waktu dan tanggal atau memperbaikinya agar sesuai dengan hari ini.

Nah, meski cara ini terlihat sedikit sepele, tapi perlu kalian ketahui kalau hal tersebut jika tidak diatur dengan benar bisa mengakibatkan masalah yang cukup serius pada smartphone kalian.

Salah satu contoh masalah yang bisa disebabkan oleh ketidak tepatan waktu dan tanggal adalah smartphone tidak bisa terhubung dengan jaringan WiFi. Cobalah untuk memeriksa pengaturan waktu serta tanggal di ponsel kalian, apakah sudah di setting dengan benar atau belum.

2. Forget Jaringan WiFi yang Memang Sudah Tidak Terpakai

Hampir kebanyakan pengguna ponsel Android itu memiliki beberapa jaringan WiFi yang masih tersimpan didalamnya, meski mereka jauh dari layanan WiFi tersebut. Namun umumnya ini biasanya lebih sering terjadi pada orang-orang yang doyan berburu WiFi gratis.

Semakin hari semua nama jaringan WiFi tersebut biasanya akan terus menumpuk didalam smartphone kalian dan jika hanya dibiarkan begitu saja, tentu hal ini dapat membuat beberapa masalah. Masalah yang sering muncul adalah sulitnya untuk bisa terhubung dengan jaringan WiFi baru.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mencoba untuk menghapus beberapa jaringan WiFi yang sudah tidak digunakan tersebut dengan cara memilih satu-persatu nama jaringan dan menekannya, kemudian pilih opsi “Forget” atau “Lupakan“.

3. Periksa dan Coba Matikan Layanan Antivirus

Cara mengatasi HP Android tidak bisa konek WiFi yang selanjutnya ini dapat kita lakukan dengan cara memeriksan dan mematikan aplikasi Antivirus yang ada didalam ponsel kita saat ini.

Sebuah aplikasi antivirus memang cukup penting untuk menjaga serta melindungi ponsel kita dari serangan virus dan malware yang bisa membuat hp kita mengalami masalah. Namun dalam beberapa kasus, antivirus ternyata juga sering membuat ponsel kita mengalami masalah karena dapat memprotect kita terlalu ketat sehingga jaringan yang masuk kedalam ponsel sering dibatasi.

Akibatnya dapat membuat jaringan WiFi yang baru kita dapatkan sering dikategorikan kedalam jaringan yang berbahaya oleh aplikasi Antivirus dan hasilnya kita akan kesulitan untuk bisa terhubung dengan jaringan tersebut.

4. Jaringan WiFi Masih Dalam Keadaan Limited

Masalah yang satu ini mungkin cukup sering dialami oleh banyak orang, hal ini akan membuat kebanyakan orang gagal konek kedalam jaringan WiFi karena jaringan tersebut bersifat limited atau terbatas.

Untuk solusi jika teerjadi masalah ini, kalian hanya perlu untuk merestat perangkat seperti biasa saja. Selain itu kalian juga wajib menunggu beberapa saat, sampai routernya sudah benar-benar bisa mengendel banyak user didalamnya.

5. Router dan Jaringan WiFi Sedang Bermasalah

Jika kalian sudah melakukan semua cara yang diatas, namun belum bisa mengatasi masalah yang sedang dihadapi maka kemungkinan besar masalah tersebut muncul dari router dan jaringan wifi yang hendak kalian gunakan memang sedang bermasalah.

Jika router WiFi tersebut milik kalian sendiri, maka cobalah untuk merestat dan menghubungi costemer service dari layanan yang kalian gunakan, tapi jika itu merupakan layanan WiFi gratis maka kalian bisa menanyakan ke pengelolanya langsung.

6. Coba Gunakan Aplikasi WiFi Fixer Untuk Android

Cara mengatasi ponsel Android tidak bisa konek Wifi selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bernama WiFi Fixer.

Aplikasi ini akan membantu kalian dalam menganalisa jaringan Wifi, kemudian memperbaikinya agar dapat digunakan seperti biasanya. Namun aplikasi ini hanya berfungsi dalam memperbaiki masalah jaringan WiFi yang lemah atau lambat saja dan tidak bisa memperbaiki masalah yang mungkin terjadi di komponen Router.

Untuk aplikasi ini juga dapat kalian unduh secara gratis di Google Play Store yang ada didalam ponsel Android secara gratis.

7. Hapus File Cache Pada Android

Seperti yang pernah admin jelaskan sebelumnya kalau file cache dibiarkan terus menumpuk didalam ponsel, maka dapat memicu terjadinya berbagai masalah. Terlalu banyaknya file cache didalam ponsel tidak hanya akan membuat ruang penyimpanan cepat penuh, kinerja hp menjadi semakin berat, cepat panas dan juga bisa memicu terjadinya error pada sistem.

Saat sistem yang ada didalam ponsel mengalami error, maka dapat dipastikan seluruh aktivitas didalam ponsel akan mengalami gangguan dan salah satunya itu tidak bisa tersambung dengan jaringan WiFi.

Nah, cobalah untuk memberishkan file cache pada Android kalian dengan cara manual ataupun bisa juga memanfaatkan aplikasi tambahan seperti Clean Master.

8. Cobalah Untuk Melakukan Wipe Cache Partition

Selanjutnya kalian juga bisa mencoba untuk melakukan Wipe Cache Partition untuk mengatasi hp Android tidak bisa konek WiFi.

Biasanya ini juga merupakan sebuah masalah yang cukup umum terjadi di hampir semua ponsel Android dan juga wajib untuk segera kalian atasi dengan cara melakukan Wipe Cache Partition.

Caranya juga sangat mudah, kalian dapat melakukannya dengan masuk terlebih dahulu kedalam “Recover Mode” yang sesuai dengan merek hp yang kalian gunakan saat ini. Jika sudah, kalian tinggal mencari opsi “Wipe Cache Partition” yang akan berfungsi untuk membersihkan seluruh Cache yang ada didalam ponsel.

9. Periksa User Online

Apabila kalian sudah memeriksa router yang digunakan tidak mengalami kerusakan dan juga sudah mengikuti tips diatas namun hasilnya masih tetap belum bisa mengatasi masalah hp Android yang tidak bisa konek Wifi.

Nah, cobalah untuk login ke home router atau modem yang kalian gunakan. Didalam tampilan pertama kalian bisa melihat user online atau orang-orang yang masih aktif menggunakan jaringan WiFi yang hendak kalian gunakan.

Biasanya jika jumlah user sudah maksimal, maka router ataupun modem tidak akan bisa menerima user baru lagi dan ini akan membuat kalian susah untuk dapat terhubung dengan layanan WiFi tersebut.

10. Pasword WiFi Berubah

Kemungkinan terakhir yang bisa menjadi penyebab kalian mengalami masalah saat menghubungkan ponsel dengan jaringan WiFi adalah pasword nya yang memang sudah dirubah.

Ini merupakan pengalaman admin sendiri, dimana sebelumnya hp utama yang saya pakai sudah terhubung dengan layanan WiFi dan bisa digunakan dengan lancar tanpa kendala apapun. Tapi besoknya admin hendak menghubungkan kembali hp yang digunakan, tapi ternyata tidak mau tersambung dan hanya muter-muter saja dan memunculkan sebuah pesan “Masalah Autentikasi“.

Nah, jika kalian mengalami hal yang sama seperti tadi itu maka cara mengatasinya sangatlah mudah untuk dilakukan. Jadi kalian hanya perlu menekan jaringan WiFi tersebut lalu pilih “Forget” atau “Lupakan” dan masukan kembali pasword Wifi yang baru.

Penutup

Jika diteliti lebih jauh memang masih ada banyak masalah lain yang menjadi penyebab hp Android tidak bisa konek Wifi, tapi beberapa penyebab diatas itu adalah pengalaman pribadi dari admin sendiri yang pernah kesulitan untuk bisa terhubung dengan layanan Wifi.

Mungkin untuk saat ini hanya sampai disini saja pembahasan yang dapat admin sampaikan untuk kalian mengenai penyebab dan cara mengatasi hp Android yang tidak bisa konek Wifi.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.