Cara Flash Oppo R827

Cara Flash Oppo Find Mini 5 R827 via SP FlashTool Terbaru

Cara Flash Oppo R827 – Memang sudah sangat umum sekali kalau HP Android itu sangat rawan terkena masalah pada sistemnya. Mulai dari masalah baterai yang cepat habis, ruang penyimpanan cepat penuh, sering mati sendiri, cepat panas dan masih banyak lagi masalah lainnya.

Untuk masalah sistem yang masih dalam kategori kecil, tentu bisa kita atasi dengan cara melakukan reset seperti biasa saja. Namun jika sudah berada di tingkat parah, mungkin hanya dengan reset saja tidak akan bisa mengatasinya, jadi kalian harus mengatasinya dengan cara yang ekstrim.

Cara yang tergolong ekstrim ini adalah dengan melakukan flashing pada HP Oppo R827 yang mengalami masalah pada sistemnya. Biasanya kondisi ini harus kita lakukan apabila ponsel Oppo sudah dalam keadaan bootloop, terserang virus dan malware sampai HP Oppo yang sudah mati total.

Sebelum kalian melakukan flash pada Oppo R827 yang dimiliki, ada beberapa hal yang wajib untuk kalian ketahui terlebih dahulu. Selain flashing adalah metode yang ekstrim, proses ini juga kemungkinan besar akan mengakibatkan garansi remsi HP Oppo kalian hangus. Jadi, sebelum melakukannya, kalian sebaiknya memikirkan konsekuensinya.

Manfaat Flash Oppo Find Mini 5 R827

Melakukan flashing memang merupakan metode yang ekstrim, namun di balik itu, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan. Beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan adalah seperti berikut:

  1. Masalah bootloop pada HP Oppo akan hilang.
  2. Virus dan Malwer akan di hapus bersih.
  3. Performa HP Oppo akan kembali bagus.
  4. Semua error dan bug yang terjadi sebelumnya akan hilang tanpa sisa.
  5. Seluruh pengaturan yang bermasalah di HP akan di perbaiki.

Selain beberapa yang saya sebutkan, mungkin masih ada banyak manfaat lain yang akan dirasakan setelah flashing selesai.

Bahan-bahan Untuk Flash Oppo Find Mini 5 R827

Sebelum kita mulai melakukan flashing pada HP Oppo R827 yang mengalami masalah, ada beberapa bahan yang wajib di siapkan. Karena bahan-bahan ini sangat penting untuk melancarkan proses flashing di HP Oppo R827 kalian.

Bahan-bahannya itu berupa:

Setelah semua bahan diatas sudah selesai kalian persiapkan, maka ada baiknya kalian ekstrak terlebih dahulu semua file dan menyimpannya di dalam satu folder. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses flashing yang akan kita lakukan nantinya.

Cara Flash Oppo Find Mini 5 R827 via SP FlashTool

Penting juga untuk kalian ketahui lagi, kalau proses flashing ini bisa menghapus seluruh data penting yang ada di dalam HP Oppo. Maka dari itu, ada baiknya untuk membackup terlebih dahulu seluruh data penting yang kalian miliki namun jika itu memungkinkan.

Namun jika kalian tidak tahu caranya, bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang cara backup data penting di Android dengan mudah dan cepat. Jika semuanya sudah selesai, maka kita akan lanjut ke proses flashing untuk HP Oppo Find Mini 5 R827.

Begini cara flash Oppo R827 via SP FlashTool:

  1. Pertama, pastikan terlebih dahulu file tadi sudah kalian ekstrak, seperti firmware.
  2. Berikutnya kita install dulu USB Driver di komputer atau laptop yang kalian pakai.
  3. Selanjutnya kalian ekstrak dulu SP FlashTool.
  4. Apabila sudah, silakan buka file flashtool.exe yang terdapat didalam folder hasil ekstrak tadi.
  5. Setelah berhasil terbuka, kalian klik saja langsung opsi Scatter_loading.
  6. Lalu cari file Android_scatter yang ada di folder ekstrak firmware dan langsung pilih Open.
  7. Kemudian klik saja Download Only.
  8. Nah, jika ternyata mengalami kegagalan, maka kalian dapat mengganti Firmware yang lebih baru.
  9. Jika berhasil, tunggu sampai SP Flashtool berhasil memuat file firmware.
  10. Apabila sudah, langsung saja klik Download.
  11. Beralih ke HP Oppo, sekarang kalian bisa mematikan HP Oppo R827. Pastikan HP sudah dalam keadaan mati ya, buka terkunci.
  12. Setelah itu, hubungkan HP Oppo ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB, sembari menekan dan menahan tombol Volume Up + Volume Down.
  13. Lakukan sampai HP Oppo berhasil di kenali dan nantinya proses flash akan berjalan dengan otomatis.
  14. Cepat dan lamanya proses flashing itu tergantung dari perangkat komputer atau laptop yang kalian pakai.
  15. Apabila berhasil, nantinya kalian akan melihat notifikasi yang bertuliskan Download OK.
  16. Terakhir kalian lepaskan kabel USB dari ponsel.

Proses booting akan berlangsung cukup lama, biasanya bisa sampai 10-15 menit. Jadi, kalian bisa menunggunya sampai selesai.

Cara Flash Oppo R827 via SD Card (Tanpa PC)

Cara Flash Oppo R827 via SD Card

Untuk metode flash yang satu ini sebenarnya cukup praktis dan kebanyakan pengguna HP Android lebih memilih untuk memakai cara ini. Namun kalian harus lebih cermat juga saat memakai cari ini, pastikan software Ota yang di pakai harus benar-benar sesuai dengan seri smartphone Oppo yang digunakan. Karena jika berbeda, proses flashing tidak akan bisa berjalan dengan lancar dan bisa saja menimbulkan masalah baru.

Bahan-bahan yang perlu kalian siapkan:

  • SD Card menimal 4GB
  • Firmware Ota Oppo Find 5 Mini R827 (download di atas)
  • Baterai HP sudah terisi 70% (tidak boleh kurang)

Jika bahannya sudah semuanya siap, berikut cara flash Oppo R827 via SD Card:

  1. Pertama kalian wajib format SD Card terlebih dahulu, ini bertujuan agar proses flashing bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa juga untuk memindahkan data penting yang kalian simpan pada SD Card agar tidak terhapus nantinya.
  2. Download firmware Ota Oppo Find 5 Mini R827 dan simpan pada kartu sd card.
  3. Berikutnya, pastikan HP Oppo kalian sudah dalam keadaan mati.
  4. Lalu masuk ke mode recovery dengan menekan kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai muncul logo Oppo, lalu lepaskan.
  5. Di sini kalian harus memilih bahasa terlebih dahulu, langsung saja pilih Bahasa Inggris dan gunakan + dan sebagai navigasi.
  6. Kemudian pilih menu Install form storage device.
  7. Langsung saja pilih From SD card dan cari folder tempat kalian menyimpan file tadi.
  8. Saat muncul notifikasi, pilih saja OK.
  9. Maka proses flashing akan berjalan secara otomatis.
  10. Jika sudah selesai dan muncul informasi Updating Seccessfully pada layar, selanjutnya pilih Back.
  11. Terakhir pilih menu Reboot.

Maka smartphone Oppo kalian akan secara otomatis melakukan restat seperti biasa. Umumnya proses restat ini dapat berlangsung lama, jadi kalian bisa sabar menunggunya.

Penutup

Dari kedua cara yang saya sampaikan di atas, kalian bisa memilih salah satu yang menurut kalian lebih gampang dan mudah untuk di lakukan. Meski prosesnya berbeda, namun fungsinya tetap saja sama.

Intinya, jika kalian masih pemula, ada baiknya meminta bantuan orang yang sudah ahli dalam masalah ini. Tapi jika tetap ingin mencobanya sendiri, pastikan kalian melakukannya dengan teliti. Karena jika ada kesalahan, bisa saja masalah baru timbul dalam ponsel Oppo kalian.

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan tentang cara flash Oppo Find 5 R827 via SP Flashtool. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.