Inilah 5 Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone Tanpa Ribet

Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone

Kampung Gadget – Dalam beberapa kasus sebuah aplikasi yang sudah di uninstal ternyata masih menyimpan sebagian datannya di memori perangkat iPhone, jelas ini akan merugikan kita sebagai penggunanya. Selain kapasitas penyimpanan yang kurang, hal ini juga akan membuat kita tidak bisa menambahkan aplikasi baru lagi. Lalu bagaimana cara menghapus data aplikasi di iPhone?

Sebenarnya masalah ini sudah ada sejak lama dan tentu akan dialami oleh setiap pengguna iPhone, sebab seperti yang kita ketahui kalau perangkat iPhone itu tidak dibekali slot kartu SD layaknya seperti smartphone berbasis Android.

Tidak itu saja, iPhone juga tidak dibekali dengan sebuah fitur penghapus cache aplikasi secara otomatis ataupun manual yang membuat beberapa cache atau data sampah bekas aplikasi yang sudah kalian hapus masih tersimpan rapi di dalam memori perangkat.

Tapi kalian tidak perlu khawatir dengan masalah itu, karena Kampung Gadget sudah merangkumkan beberapa cara menghapus data aplikasi di iPhone dengan mudah dan pastinya tanpa ribet.

1. Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone Melalui App Store

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan ruang penyimpanan pada ponsel iPhonemu adalah dengan menghapus data cache melalui app store. Cara ini memang sedikit ribet, tapi cukup ampuh untuk membersihkan cache.

Untuk melakukan cara tersebut, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Masuk kedalam menu “Pengaturan
  • Setelah itu pilih menu “Umum
  • Berikutnya kamu pilih “Simpanan dan Penggunaan iCloud
  • Selanjtunya buka “App Store” pilih aplikasi dengan ukuran yang besar lalu unduh.
  • Setelah muncul peringatan “Kapasitas Tidak Mencukupi” maka segera tekan tombol “Home
  • Biasanya saat ini beberapa ikon aplikasi akan berubah menjadi hitam, maka cari beberapa aplikasi yang ingin di hapus lalu pilih pesan “Membersihkan
  • Terakhir tunggu sampai proses pembersihannya selesai.

Setelah selesai, maka kamu bisa mencoba untuk melihat kembali kapasitas memori yang tersedia, jika dirasa masih kurang maka kamuu bisa mengikuti cara yang diatas tadi.

2. Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone Dengan Aplikasi Safari

Cara yang kedua untuk membersihkan sisa sampah bekas aplikasi yang sudah di hapus pada iPhone dengan menggunakan aplikasi safari. Tapi ada yang perlu untuk kamu ketahui sebelum melakukan cara ini, semua akun yang ada di iPhone milikmu akan di logout secara otomatis.

Jadi ada baiknya kamu menyimpan data akun yang kamu anggap penting sebelum membersihkan cache pada aplikasi safari. Jika sudah siap, maka kamu bisa mengikuti cara berikut ini.

  • Langkah pertama masuk ke menu “Pengaturan” yang ada di iPhone
  • Jika sudah pilih menu “Aplikasi Safari
  • Didalam menu safari kamu pilih “Clear History and Website data
  • Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

Setelah prosesnya selesai, maka ruang penyimpaan pada iPhone akan kembali luas. Tapi kamu akan diminta untuk memasukan kembali beberapa akun sebelumnya pada iPhonemu.

Baca Juga :

4 Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth Tanpa Ribet
5 Keluhan iPhone 11 yang Paling Sering Dirasakan Oleh Pengguna

3. Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone Melalui iPhone Storages

Agar proses pembersihannya semakin baik, maka kamu juga wajib untuk melakukan cara yang berikut ini. Dimana kamu juga wajib menghapus cache melalui iPhone Storages. Untuk proses pembersihannya juga tidak terlalu ribet untuk kamu lakukan, jika sudah siap kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama kamu bisa masuk ke menu “Pengaturan
  • Lalu pilih menu “General
  • Setelah itu pilih “iPhone Storages“, untuk iPad pilih menu “iPad Storages

Pada menu ini kamu akan ditampilkan beberapa aplikasi yang ada di perangkat iOS kalian. Selain itu dimenu tersebut juga akan tertera secara langsung informasi detail tentang penggunaan mermori pada perangkat.

Langkah selanjutnya adalah memilih beberapa aplikasi yang menghabiskan banyak memori pada perangkat iPhone kalian.

  • Setelah didapat maka pilih “Documents & Data
  • Jika sudah yakin dengan pilihan aplikasi yang akan dihapus maka terakhir pilih “Delete App

Apabila ruang kapasitas penyimpanan masih terasa kurang lega, maka kamu bisa mengikuti cara diatas lagi untuk membersihkan aplikasi yang kamu anggap tidak penting lagi.

4. Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone Dengan Aplikasi Cleaner

Jika cara diatas tadi dirasa masih kurang efektif untuk membersihkan data aplikasi yang sudah tidak berguna pada iPhone kalian, maka mungkin cara berikut ini bisa dicoba. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan, yaitu Aplikasi Cleaner.

Namun untuk menggunakan aplikasi ini maka kamu akan membutuhkan Mac, karena aplikasi cleaner akan membantu kalian untuk membersihkan data melalui Mac. Saat ini ada beberapa jenis aplikasi Cleaner yang dapat kamu instal, salah satunya adalah sebagai berikut.

Aplikasi PhoneClean

Ini merupakan salah satu dari beberapa jenis aplikasi Cleaner yang cukup banyak digunakan oleh pengguna iOS, untuk mendownloadnya aplikasinya bisa disini. Jika sudah kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Langkah pertama adalah menghubungan iPhone kalian ke PC atau Mac dengan USB
  • Setelah itu buka aplikasi PhoneClean dan pilih “Scan
  • Tunggu sampai scan selesai, jika sudah pilih “Clean

Selesai, sekarang semua data cache yang ada pada iPhone kalian sudah bersih dan ruang penyimapan akan terlihat lebih luas.

5. Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone Dengan Merestart Perangkat iOS

Cara terakhir yang tidak kalah efektif untuk membersihkan cache pada iPhone adalah merestart secara langsung perangkat iOS yang kamu gunakan dan cara ini juga berlaku untuk pengguna iPad.

Dikutip dari Macworld, melakukan restart pada perangkat iOS ternyata memberikan dampak yang baik dalam membersihkan sebagian sampah cache yang masih tersimpan pada perangkat iPhone. Selain itu cara ini juga di klaim sangat aman untuk dilakukan oleh pengguna iOS.

Untuk merestart iOS sangatlah mudah dan kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.

  • Pertama-tama tekan tombol “Sleep / Wake” yang ada pada bagian samping iPhone.
  • Tunggu sampai muncul tulisan “Slide to Power Off
  • Maka selanjutnya swipe tombol “Power Off
  • Tunggu sampai perangkat iPhone benar-benar mati

Jika sudah selesai maka kamu bisa langsung menekan kembali tombol Sleep / Wake tadi untuk menghidupkan kembali iPhone kalian.

Sekian pembahasan yang dapat Kampung Gadget rangkumkan mengenai cara menghapus data aplikasi di iPhone, semoga dengan rangkuman tadi bisa berguna serta bermanfaat untuk kalian semuanya. Selamat mencoba dan nantikan tips lainnya seputar iPhone hanya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.