Update! 12 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s Terbaru

Samsung selalu memberi sebuah kejutan bagi pasar gadget di tanah air, dimana baru-baru ini mereka kembali merilis sebuah smartphone terbarunya dengan nama Samsung Galaxy M30s. Meski artikel yang admin buat ini agak telat, namun ternyata masih banyak orang yang belum tahu tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30s ini.

Sebenarnya smartphone terbaru dari Samsung ini telah dirilis secara resmi pada tahun 2019 di bulan September lalu yang juga berbarengan dengan Samsung Galaxy M10s. Ada banyak sekali perubahan yang diberikan oleh Samsung pada ponsel Galaxy M30s dibandingkan dengan generasi M30 sebelumnya.

Mulai dari desain, fitur sampai dengan teknologi yang terlihat lebih baru dan lebih baik dari generasi sebelumnya. Meski spesifikasi yang diusung oleh Samsung Galaxy M30s ini terlihat sangat memumpuni, tapi tetap saja ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30s? Yuk, kita lihat lebih lengkapnya dibawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M30s Terbaru

Namun sebelum kita melihat beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30s secara lengkap, ada baiknya kita lihat dulu spesifikasi yang ada didalam ponsel terbaru dari Samsung ini.

Berikut spesifikasi Samsung Galaxy M30S Terbaru:

Rilis : September 2019
Ukuran Layar : 6.4 inci
Tipe Layar : Super AMOLED capacitive touchscreen 16M colors
Chipset : Exynos 9611 (10nm)
CPU : Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPU : Mali-G72 MP3
OS : Android 9.0 (Pie); One UI
Internal : 64GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM
Eksternal : microSD, up to 1 TB (dedicated slot)
Kamera Utama : (Triple)

  • 48 MP, f/2.0, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
  • 5 MP, f/2.2, depth sensor

Kamera Depan : 16 MP, f/2.0
Baterai : Non-removable Li-Po 6000 mAh battery (Fast battery charging 15W)

Lihat spesifikasi Samsung Galazy M30s selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy M30s Terbaru

Kelebihan Samsung Galaxy M30s Terbaru

Layaknya smartphone terbaru lainnya, dimana ponsel yang dirilis oleh samsung ini juga memiliki sebuah kelebihan yang akan kalian dapatkan saat membelinya. Apa saja kelebihan Samsung Galaxy M30s ini? Mari kita lihat rangkumannya dibawah ini:

1. Ketahan Baterai yang Sangat Baik

Kelebihan yang pertama dari Samsung Galaxy M30s ini adalah daya tahan baterainya yang tergolong sangat baik dikelasnya. Samsung juga tidak main-main lagi dengan hal ini, dimana Galaxy M30s ini dibekali dengan baterai dengan kapasitas 6.000 mAh.

Jika kita lihat, tentu ini adalah kapasitas baterai yang tergolong cukup besar untuk ukuran smartphone yang ada dikelas menengah. Bahkan jika ditelusuri, smartphone kelas atas saja tidak semua dibekali dengan kapasitas baterai yang besar seperti yang ada pada Samsung Galaxy M30s.

Dengan kapasitas baterai yang tergolong besar, tentu mambuat Samsung Galaxy M30s ini memiliki daya tahan yang sangat baik. Dimana dalam situs resmi Samsung juga mengklaim kalau ponselnya ini dapat bertahan salama 2 hari lebih jika digunakan secara normal.

Apabila kalian gunakan bermain game online dengan kekuatan sinyal yang baik, Samsung Galaxy M30s ini mampu menemani kalian lebih dari 10 jam lamanya. Itu juga jika kalian memulai memainkan game online tersebut saat indikator baterai menandakan 100%.

2. Performa yang Bisa Diandalkan

Seperti yang sudah kita lihat pada spesifikasi diatas, dimana Samsung Galaxy M30s ini dibekali dengan chipset Exynos 9611 yang juga digunakan oleh Samsung Galaxy A50s. Didalam chipset ini juga sudah tersematkan prosesor octa core yang dibagi menjadi dua kluster.

Untuk kluster pertama itu memiliki octa core Cortex-A73 2,3 GHz untuk menunjang performa, sedangkan kluster kedua itu memiliki octa core Cortex-A53 1,7 GHz yang berguna untuk menghemat daya baterai. Sedangkan untuk yang mengolah grafisnya, Samsung Galaxy M30s ini dibekali dengan grafis Mali-G72 MP3.

Jika dilihat-lihat, tentu performa Galaxy M30s ini bisa kalian adalkan saat memainkan sebuah game online seperti PUBG ataupun Mobile Legends. Tidak hanya itu, situs Android Authority juga mengatakan kalau Galaxy M30s ini mampu menjalankan hampir semua game mobile yang memiliki grafik HD tanpa banyak lag.

3. Sudah Menggunakan Layar Super Amoled

Samsung Galaxy A30s ini mempunyai layar yang berukuran 6.4 inci serta dengan resolusi layar mencapai 1080 x 2340 px dengan kerapatan layar sampai 403 ppi. Hal ini tentu tidak lepas dari panel layar yang digunakan oleh Galaxy M30s, dimana Samsung membekalinya dengan teknologi layar Super AMOLED.

Panel layar Super AMOLED dari Samsung juga sudah sangat terkenal sebagai panel layar yang sangat baik sejak dulu. Berdasarkan pandangan situs Digit.In mengatakan kalau layar HP Galaxy M30s mampu menampilkan tampilan yang penuh warna atau colourful.

Situs itu juga mengatakan kalau Galaxy M30s ini sangat nyaman digunakan untuk internetan, melihat foto-foto, menonton video sampai streaming film paforit kalian. Namun perlu juga untuk kalian ketahui kalau pada sektor ini tidak mengalami peningkatan melainkan masih sama dengan generasi sebelumnya.

Hal ini dilakukan oleh Samsung tentu karena teknologi panel layar Super AMOLED yang digunakan sudah sangat baik dan tidak perlu mendapatkan peningkatan lagi.

4. Kamera Utama yang Cukup Oke

Kelebihan yang juga akan kalian dapatkan pada Smartphone terbaru dari Samsung ini adalah pada sektor kamera yang digunakan. Dimana Samsung Galaxy M30s ini dibekali dengan 3 lensa kamera dibagian belakang dengan ukuran yang berbeda serta fungsi yang juga berbeda-beda.

Selain itu, konfigurasi ketiga lensa kamera Galaxy M30s ini juga terlihat sama persis dengan yang ada pada ponsel Samsung Galaxy A50s. Ketiga lensa kamera tersebut berukuran masing-masing 48MP untuk kamera utama, 8MP kamera ultra-wide sedangkan 5MP sebagai kemara depth sensor.

Untuk masalah hasil tangkapan dari kamera belakang Samsung Galaxy M30s ini memang tidak jauh berbeda dengan Galaxy A50s sebelumnya. Dimana hasilnya tergolong cukup jernih dan warna-warna yang ditampilkan juga cukup jelas.

5. Kualitas Audio yang Jernih

Selain pada sektor kameranya, pada bagian Audio Galaxy M30s juga terbilang sangat bagus serta cukup jernih saat digunakan memutar musik. Ini juga hampir sama dengan kualitas audio dari Galaxy A50s sebelumnya yang dimana suara dari speakernya itu tidak memiliki distorasi.

Tidak sampai disitu saja, kualitas suara yang keluar dari Samsung Galaxy M30s juga mempunyai jangkuan dinamis yang sangat baik. Jadi sangat cocok untuk kalian yang suka mendengar musik ataupun menonton video paforit melalui Smartphone.

6. Hasil Video yang Cukup Memuaskan

Selain hasil foto yang sangat memuaskan, video yang dihasilkan oleh kamera utama Galaxy M30s juga tergolong cukup baik karena bisa merekam dengan kualitas 4K. Tentu pada sektor ini Samsung membuat sebuah perubahan yang cukup besar, karena jika kita lihat Galaxy M30 sebelumnya yang hanya bisa menghasilkan video dengan kualitas HD saja.

Meski begitu, untuk hasil rekaman 4K pada kamera utama Samsung Galaxy M30s masih tergolog tidak stabil dibandingkan resolusi video Full HD defaultnya. Karena kalian akan melihat sedikit goyangan yang tidak jelas pada hasil videonya. Sedangkan untuk fokusnya, kamera utama Galaxy M30s cukup stabil dan berjalan dengan normal.

7. Menyimpan Fitur Rahasia

Kelebihan terakhir yang ada pada Samsung Galaxy M30s adalah fitur-fitur rahasia yang masih tidak banyak orang yang tahu. Serta fitur rahasia tersebut juga akan sangat membantu kalian dalam melakukan beberapa hal didalam smartphone ini.

Fitur rahasia yang pertama adalah suara ringtone pada Galaxy M30s ini bisa kalian sesuaikan dengan rentang umur penggunannya. Dimana semakin tua umur orang pasti daya dengarnya juga akan mengalami penurunan dan Samsung mengerti akan hal tersebut dan karena itu fitur ini disematkan kedalam Galaxy M30s.

Fitur rahasia kedua yang tidak banyak orang sadari adalah fitur Separated Apps Sound. Dengan adanya fitur tersebut kalian bisa menyalurkan dua audio didalam 2 channel yang berbeda-beda. Contohnya saja saat kalian ingin memutar music di Spotify melalui speaker bluetooth menggunakan Galaxy M30s dan nanti audionya akan ditransfer langsung ke speaker bluetoothnya langsung.

Jadi kalian masih tetap bisa Play Video di Youtube tanpa takut terganggu dengan audio music yang kaluar pada aplikasi Spotify. Karena fitur ini akan mengolah kedua adio tersebut secara berbeda-beda, meksi kalian mengaktifkanya secara bersamaan di Galaxy M30s.

Kekurangan Samsung Galaxy M30s Terbaru

Kekurangan Samsung Galaxy M30s Terbaru

Setelah kita diatas sudah membahasa mengenai kelebihan yang ada didalam HP Samsung Galaxy M30s, maka tidak lengkap rasanya kalau kita tidak melihat juga tentang kekurangan Samsung Galaxy M30s. Barikut ini Kampunggadget sudah merangkumkan 5 kekurangan yang ada pada Samsung Galaxy M30s.

1. Hasil Jepretan di Kondisi Low-light kurang bagus

Untuk kualitas tangkapan kamera utama Galaxy M30s memang tergolong cukup memuaskan dan bisa menjadi salah satu kelebihan. Akan tetapi pada sektor kamera ini, Galaxy M30s juga mempunyai kekurangan yang cukup membuat kita menghela nafas.

Kekurangan ini adalah ketidak optimalnya kemampuan kamera HP Samsung Galaxy M30s ini akan muncul ketika kita mengambil foto pada tempat yang minim pencahayaan atau low-light. Ini juga berdasarkan pengalaman admin sendiri saat menggunankannya, dimana ada beberapa detail pada foto yang dihasilkan hilang atau tidak sesuai dengan aslinya.

Jadi jika kalian lebih sering mengambil foto pada tempat-tempat yang minim pencahayaan atau low-light mungkin Samsung Galaxy M30s ini tidak bisa kalian andalkan.

2. Tangkapan Gambar Kamera Utama Kurang Memuaskan

Dibagian kamera depan yang memiliki lensa kamera beresolusi 16MP ini ternyata mempunyai kekurangan yang cukup mengecewakan pastinya. Meski kamera utama Galaxy M30s ini mampu menghasilkan video dengan kualitas mencapai 1080p, tapi sangat jauh berbeda dengan hasil jepretannya.

Dimana hasil jepretan dari kamera depan Galaxy M30s ini sangat kurang memuaskan dan cenderung foto yang dihasilkan tidak mendetail serta ada bagian yang sering hilang atau buram dengan sendirinya.

Jika kita bandungkan dengan Galaxy M30 sebelumnya, lensa kamera dengan kedua smartphone tersebut masih sama-sama berukuran 16MP dengan hasil foto yang sama-sama kurang memuaskan. Selain itu fitur yang ada didalam kamera depan juga tidak mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Jika kita badingkan dengan brand lain di kelas harga yang sama seperti, tentu ada banyak smartphone yang mempunyai kualitas kamera lebih baik dari Samsung Galaxy M30s ini.

3. Teknologi Fast Charging yang hanya 15W

Dengan ukuran baterai yang besar tentu proses mengisi ulang daya akan membutuhkan waktu lebih lama bukan? Meski Galaxy M30s sudah dibekali dengan teknologi Fast Charging, namun teknologi yang didapat hanya sebatas 15W saja. Tentu ini sangat kurang jika kita melihat ukuran baterai yang dibawah oleh Galaxy M30s ini.

Meski teknologi Fast Charging dikenal dengan kecepatan pengisian daya baterai tapi jika hanya dengan 15W dan ukuran baterai 6.000 mAh, tentu akan terasa masih sangat lama. Dimana sebuah uji coba yang dilakukan oleh Android Authority mendapatkan hasil kalau proses pengisian daya Galaxy M30s dari 0% mencapai 100% itu memerlukan waktu 2 jam 30 menit.

Jelas itu sangat lama dibadingkan dengan smartphone lain yang ada dikelas harga yang sama bukan? Jelas ini merupakan teknologi yang nanggung dari Samsung jika mereka ingin Galaxy M30s memiliki banyak peminat.

4. Masih Menggunakan Desain Bodi Plastik

Kekurangan yang selanjutnya saat kalian membeli smartphone terbaru dari Samsung ini adalah desain serta bahan yang digunakan cenderung tidak menarik. Selain itu desain serta bahan pembuatan bodi Galaxy M30s juga lebih terkesan murahan.

Seperti yang sudah kalian lihat pada gambar diatas, dimana desain yang biasa saja serta bahan yang digunakan juga masih berbahan pelastik. Selain itu bodi belakang Samsung Galaxy M30s ini juga lebih cepat kotor dengan bekas sidik jari yang menempel saat dipegang.

5. Tidak Dilengkapi Dengan Pelindung Layar

Kekurangan terakhir yang ada pada smartphone Samsung Galaxy M30s adalah tidak adanya pelindung pada bagian layar depan. Jika dibandingkan lagi dengan smartphone dikelas harga yang sama, tentu sudah dibekali dengan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass.

Tentu adanya pelindung pada layar depan ponsel sangatlah penting, kenapa penting? Karena dengan pelindung, layar depan ponsel akan terhindar dari goresan yang bisa merusak tampilan dari layar itu sendiri.

Meski masih bisa kita belikan, namun ketidak adanya pelindung dibagian layar tentu akan menjadi kekurangan yang cukup berarti bagi sebagian pengguna.

Penutup

Pada dasarnya Samsung Galaxy M30s itu mempunyai spesifikasi yang sangat menarik dan cukup memuaskan. Hal ini juga Samsung memberikan sebuah peningkatan didalam beberapa sektor yang cukup penting dari pada generasi sebelumnya.

Beberapa peningkatan yang diberikan oleh Samsung hanya ada didalam baterai, kamera serta pada bagian dapur pacunya. Namun untuk yang lainnya itu jelas masih terlihat sama dengan generasi sebelumnya, tapi secara keseluruhan cukup memuaskan.

Tapi untuk layak tidaknya smartphone ini kita beli, tentu pada dasarnya kembali lagi pada kebutuhan kalian saat ingin membeli sebuah smartphone. Apabila kalian ingin memiliki smartphone dengan spesifikasi memumpuni untuk bermain game, streaming, mendengarkan musik, nonton video maka Samsung Galaxy M30s ini cocok kalian miliki.

Namun jika kalian menginginkan sebuah smartphone yang memiliki tampilan bodi premium serta kualitas kamera yang baik maka Smartphone dari Samsung ini kurang cocok untuk kalian. Seperti yang sudah admin jelaskan tadi, kalau kamera serta desain bodi Samsung Galaxy M30s ini masih tergolong murahan.

Baik, mungkin itu saja informasi yang dapat admin sampaikan untuk kalian mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30s. Semoga dengan informasi diatas bisa memberikan kalian referensi ketika ingin membeli sebuah smartphone.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.