3 Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android Terbaru

Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi di Android

Kampung Gadget – Bagi sebagain orang yang selalu sibuk dengan dunia kerja, tentu akan merasa terganggu dengan adanya notifikasi tidak penting muncul di smartphonenya. Lalu bagaimana cara menonaktifkan notifikasi aplikasi Android yang tidak penting tersebut?

Notifikasi yang muncul di ponsel Android tentu disebabkan oleh beberapa aplikasi yang sudah kita instal, entah itu dengan sengaja atau kita tidak sengaja menginstal aplikasi tersebut. Terkadang sebagian aplikasi yang kita instal akan secara rutin mengirimkan kita notofikasi, mulai dari promo, pembaharuan dan hal lainnya yang berhubungan dengan aplikasi itu sendiri.

Nah, bagi kalian yang mungkin sering merasa terganggu dengan munculnya notifikasi yang tidak penting di smartphone kalian, maka menonaktifkan notifikasi tersebut adalah cara cocok selain menghapusnya secara langsung. Karena dengan cara menonaktifkannya, kalian masih tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut ketika membutuhkannya.

Inilah Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android

Dalam menonaktifkan notifikasi yang muncul di ponsel Android, kalian bisa memilih 3 opsi yang sesuai dengan kebutuhan. Opsi berikut ini juga bisa kalian gunakan disetiap ponsel yang menggunakan sistem operasi Android karena kalian tidak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan di Google Play Store.

Selain bisa kita gunakan untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi, cara ini juga bisa kalian gunakan untuk menghilangkan pemberitahuan dari situs berita seperti tribun, kompas, detik dan situs berita lainnya. Penasaran? Yuk, kita simak caranya dibawah ini.

1. Menghilangkan Notifikasi Aplikasi Melalui Pengaturan

Cara menonaktifkan notifikasi aplikasi di Android yang pertama adalah dengan menggunakan menu pengaturan yang ada didalam ponsel kalian. Dengan cara ini kalian juga bisa mengatur beberapa aplikasi yang bisa mengirimkan notifikasi ke bila status ponsel kalian.

  • Langkah pertama kalian masuk kedalam menu “Pengaturan” atau “Settings” jika menggunakan bahasa Inggris
  • Selanjutnya cari menu “Aplikasi
  • Dalam menu ini kalian bisa memilih aplikasi yang tidak kalian inginkan untuk mengirin notifikasi
  • Pilih aplikasi tersebut dan tekan opsi “Pemberitahuan
  • Setelah itu kalian bisa memilih jenis pemberitahuan yang dinginkan
  • Jika kalian ingin aplikasi tersebut tidak mengirim notifikasi secara penuh maka geser menu “Tampilkan Notifikasi” ke mode off

Dengan cara ini, aplikasi yang sudah kalian pilih tidak akan bisa mengirimkan notifikasi ke smartphone kalian. Tapi kalian masih tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan nyaman.

2. Menghilangkan Notifikasi Aplikasi Melalui Status Bar

Selain dengan cara yang pertama tadi, kalian juga bisa menggunakan cara yang berikut ini untuk menghilangkan notifikasi aplikasi yang muncul. Namun dengan cara ini, notifikasi dari aplikasi masih tetap muncul tapi Hp kalian tidak akan bersuara.

Untuk mengaktifkan fitu ini juga tidak terlalu sulit dan jika dilihat cara ini jelas lebih mudah untuk kalian lakukan, namun kelemahan dari cara ini ada pada cara saat mengaktifkannya. Karena kalian hanya bisa mengaktifkan fitur ini saat aplikasi itu mengirimkan notifikasi di ponsel. Cara untuk mengaktifkannya adalah sebagai berikut.

  • Tunggu sampai aplikasi mengirimkan “Notifikasi” ke ponsel kalian
  • Jika sudah, usap kebawah pada “Status Bar
  • Tekan dan tahan “Notifikasi” tersebut selama beberapa detik
  • Selanjutnya pilih menu “Hening
  • Terakhir pilih “Simpan

Selesai dan kini notifikasi yang muncul dari aplikasi tersebut tidak akan bersuara dan mengganggu aktivitas kerja kalian. Jika ingin mengembalikannya kalian hanya perlu mengikuti cara tadi dan tekan menu “Peringatan” maka secara otomatis Hp kalian akan kembali bersuara saat ada notifikasi dari aplikasi tersebut.

3. Menghilangkan Notifikasi Aplikasi Menggunakan Mode Do Not Disturb

Memang menonaktifkan seluruh notifikasi dari aplikasi yang ada di Hp Android dengan menggunakan “Mode Diam” adalah pilihan cukup baik, tapi dengan mode itu kalian bisa melewatkan beberapa panggilan telepon penting yang masuk.

Oleh karena itu, menggunakan fitur “Do Not Disturb” adalah cara yang paling cocok dan cukup efektif untuk dilakukan. Untuk mengaktifkan mode ini tidaklah sulit dan kalian bisa mengikuti caranya dibawah ini.

  • Pertama kalian masuk kedalam menu “Setelan
  • Setelah itu kalian pilih menu “Suara & Getaran
  • Berikutnya kalian pilih “Jangan Ganggu
  • Salanjutnya kalian bisa memilih “Izinkan Pengecualian
  • Terakhir aktifkan “Panggilan Berulang

Setelah cara diatas selesai kalian lakukan, maka jangan lupa juga untuk menonaktifkan fitur pemberitahuan saat mode ini masih aktif.

Bagaimana, cukup mudah dan simpel bukan? Jadi, mulai sekarang kalian tidak akan perlu menghapus aplikasi yang mungkin kalian merasa diganggu oleh notifikasinya, karena bisa saja lain waktu kalian memerlukan fitur yang ada didalam aplikasi itu lagi.

Mungkin sekian informasi yang bisa admin hadirkan mengenai cara menonaktifkan notifikasi aplikasi di Android terbaru, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.