Cara Menghapus Akun WhatsApp

Cara Menghapus Akun WhatsApp

Pastinya ada banyak sekali alasan mengapa seseorang itu ingin menghapus akun WhatsApp pribadi yang di miliki. Namun yang paling sering terjadi, biasanya karena akun sudah tidak aktif, kena hack, mempunyai dua akun WhatsApp dan lainnya.

Selain itu, nomor telepon yang sudah tidak aktif juga sering membuat kebanyakan orang lebih memilih untuk menghapus akun WhatsApp yang di gunakan. Memang cara ini bisa menjadi opsi terbaik jika kita sudah benar-benar tidak ingin menggunakan akun itu lagi.

Tapi perlu kalian ketahui dulu, kalau pada saat akun sudah terhapus, maka seluruh data yang terkait juga akan ikut di hapus. Mulai dari riwayat panggilan, daftar teman, riwayat obrolan, group WhatsApp dan data lainnya akan ikut hilang.

Untuk menghapus akun WhatsApp sendiri itu tidaklah sulit, karena pada dasarnya fitur tersebut sudah ada langsung di dalam aplikasinya. Namun bagi kalian yang mungkin masih bingung, bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara Menghapus Akun WhatsApp

Pertama saya akan menjelaskan ke kalian bagaimana cara menghapus akun WhatsApp yang masih aktif. Yang saya maksud di sini itu, seperti nomor telepon yang di gunakan untuk mendaftar masih aktif dan akun juga masih bisa di gunakan seperti biasa.

Nah, untuk caranya sih tidak sulit, karena kita dapat mengakses fitur hapus akun langsung dari aplikasinya. Nanti kita juga hanya perlu memasukkan alasan kenapa ingin menghapus akun dan selesai deh.

Bingung? Begini langkah-langkahnya:

  • Pertama buka dulu aplikasi WhatsApp kalian.
  • Lalu ketuk ikon Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas layar.
  • Maka akan muncul beberapa opsi, pilih opsi Pengaturan.
  • Kemudian tap menu Akun.
  • Setelah itu pilih Hapus Akun Saya.
  • Di sini kalian bisa memasukkan nomor telepon yang di gunakan.
  • Jika sudah benar, tap lagi opsi Hapus Akun Saya.
  • Sekarang kalian isikan alasan kenapa ingin menghapus akun, lalu tekan lagi menu Hapus Akun Saya.
  • Di tahap ini, kalian akan melihat notifikasi peringatan pada layar. Jika sudah yakin, tekan kembali opsi Hapus Akun Saya.
  • Selesai.

Setelah kalian sudah memilih opsi hapus akun saya di halaman terakhir, maka secara otomatis akun WA kalian akan di hapus oleh sistem. Seperti yang saya katakan tadi, semua data yang terkait dengan akun WhatsApp kalian juga akan ikut terhapus dan tidak dapat di pulihkan lagi.


Baca Juga : Cara Menggunakan Sound of Text di WhatsApp


Cara Menghapus Akun WhatsApp yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

Sebelumnya merupakan cara menghapus akun WA yang nomornya masih aktif, lalu bagaimana jika nomor telepon yang di pakai mendaftar sudah tidak aktif lagi? Apakah akun WhatsApp kita masih bisa di hapus?

Tentu saja bisa, meski nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar akun sudah tidak aktif lagi, kita masih bisa menghapus akunnya. Tapi dengan satu catatan, akun tersebut masih dalam keadaan login pada aplikasi WhatsApp.

Untuk proses di sini ada dua tahapan yang harus kalian lakukan, pertama adalah mengaktifkan kembali nomor telepon yang sudah tidak aktif dan kedua mulai proses menghapus akun.

1. Mengaktifkan Nomor Telepon yang Sudah Tidak Aktif

Tahapan yang pertama, kalian bisa mengaktifkan terlebih dahulu nomor telepon yang di gunakan pada akun WhatsApp. Caranya dengan mendatangi langsung customer service dari provider yang kalian gunakan dengan membawa KTP yang di gunakan saat registrasi.

Di sana nomor telepon yang sudah tidak aktif karena hilang atau masa tenggangnya sudah habis masih dapat diaktifkan kembali. Asalkan semua data yang terkait dengan nomor telepon tersebut sesuai atau cocok, ya.

Nanti, jika nomor teleponnya sudah aktif, kalian bisa langsung mulai ke tahap selanjutnya untuk menghapus akun.

2. Proses Menghapus Akun WhatsApp

Setelah nomor telepon sudah aktif kembali, maka kalian bisa langsung mulai proses menghapus akunnya. Caranya sih masih sama seperti di atas tadi dan kalian hanya perlu:

  1. Membuka aplikasi WhatsApp.
  2. Lalu menekan ikon Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilih menu Pengaturan.
  4. Pilih Akun.
  5. Sekarang pilih opsi Hapus Akun Saya.
  6. Masukkan nomor telepon yang di gunakan mendaftar.
  7. Tekan lagi opsi Hapus Akun Saya.
  8. Tambahkan alasan mengapa kalian ingin menghapus akun, lalu tekan lagi opsi Hapus Akun Saya.
  9. Di sini akan muncul halaman peringatan dan persetujuan, jika sudah yakin, silakan pilih Hapus Akun Saya.
  10. Selesai.

Baca Juga : Cara Mengirim APK via WhatsApp


Berapa Lama Akun WhatsApp Dihapus?

Seperti yang tertulis di halaman resmi WhatsApp, kalau akun WhatsApp yang dalam jangka waktu lebih dari 45 hari tidak aktif, maka akun akan di hapus sementara. Sedangkan jika dalam waktu lebih dari 90 hari sejak proses penghapusan tidak aktif di perangkat manapun, maka secara otomatis akun WhatsApp akan di hapus secara permanen.

Pihak WhatsApp juga menyebutkan kalau hal ini di lakukan untuk melindungi privasi data yang di miliki oleh penggunanya.

Jika belum lebih dari 90 hari sejak proses penghapusan akun di lakukan dan kalian berubah pikiran dan ingin mengaktifkannya lagi. Maka itu masih bisa kalian lakukan, namun harus menggunakan perangkat yang sama dan nomor telepon yang terdaftar.

Penutup

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan tentang cara menghapus akun WhatsApp secara permanen yang dapat saya jelaskan. Semoga informasi di atas bisa membantu kalian yang memang sedang mengalami masalah saat ingin menghapus akun.

Jika ada yang kurang jelas atau mempunyai pertanyaan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.