Cara Menghapus Akun TikTok

Cara Menghapus Akun TikTok

Cara Menghapus Akun TikTok – Seperti yang saya katakan di pembahasan sebelumnya, di mana aplikasi TikTok mempunyai banyak pengaturan di dalamnya. Pengaturan tersebut tentu terkait dengan aktivitas penggunanya dalam aplikasi yang bisa di coba.

Salah satu pengaturan yang ada di dalam TikTok adalah untuk menghapus akun secara permanen.

Dengan menghapus akun, sudah pasti akun tersebut tidak akan bisa kita gunakan lagi. Di tambah semua konten dan data lain yang berkaitan dengan akun juga akan hilang.

Umumnya opsi pengaturan ini sering di gunakan oleh beberapa pengguna TikTok saat ingin mengganti akun lama dengan yang baru. Atau mungkin juga karena memang sudah tidak aktif lagi menggunakan TikTok.

Meski sebenarnya sudah di tampilkan pada pengaturan akun, namun ternyata masih banyak yang belum tahu caranya. Nah, oleh karena itu di sini saya jelaskan caranya secara lengkap untuk kalian sobat Kampung Gadget semuanya.

Bahaya Saat Akun TikTok Dihapus

Sebelum kita lanjut ke pembahasan utamanya, ada beberapa hal yang saya rasa penting untuk di jelaskan. Di mana kalian juga harus tahu beberapa hal mengenai efek ketika akun TikTok di hapus.

Berikut beberapa efek saat akun TikTok terhapus:

  1. Semua saldo yang sudah kalian kumpulkan akan hilang.
  2. Username yang sudah kalian gunakan sebelumnya tidak akan bisa digunakan lagi selama proses hapus akun sedang berlangsung.
  3. Semua konten yang ada pada akun tidak akan pernah bisa kalian akses lagi. Ini juga termasuk akses kalau kalian pernah menyimpan konten dari pengguna lain di TikTok.
  4. Pesan dari semua pengguna yang di kirim ke akun TikTok kalian juga akan ikut terhapus.
  5. Selama proses penghapusan berlangsung, pengguna lain di TikTok tidak akan bisa melihat akun kalian lagi.
  6. Lama proses hapus akun TikTok akan berlangsung selama 30 hari. Apabila kalian ada login sebelum waktu tersebut, maka proses penghapusan akan di batalkan dan akun TikTok bakal aktif kembali.

Intinya jika ada hal-hal penting yang memang harus dilakukan pada akun TikTok dari poin tadi, maka kalian bisa kembali mengaktifkannya. Nanti setelah hal penting itu sudah selesai, akun bisa kalian hapus lagi.

Cara Menghapus Akun TikTok Sendiri

Untuk menghapus akun TikTok memang tidak sulit untuk kita lakukan, karena pengaturannya memang sudah ada di dalam aplikasi langsung. Namun sebelum itu, proses ini mempunyai sebuah syarat yang wajib untuk di penuhi oleh pengguna.

Syaratnya hanya satu saat kita ingin menghapus akun, di mana kalian harus memastikan terlebih dahulu kalau akun masih terhubung ke aplikasi TikTok. Jika belum, kalian bisa menghubungkannya terlebih dahulu.

Langkah-langkah menghapus akun TikTok:

1. Buka Pengaturan Akun TikTok

Di tahap yang pertama, kalian bisa membuka aplikasi TikTok yang ada pada HP. Setelah itu, ketuk saja menu Saya yang tampil di bagian bawah atau di samping menu kotak masuk.

Apabila sudah, kalian tap ikon titik tiga yang ada di atas layar. Ikon tersebut akan langsung membawa kalian kedalam pengaturan akun TikTok.

2. Mulai Proses Hapus Akun

Jika kita sudah masuk ke dalam halaman pengaturan, maka untuk saat ini kalian sudah bisa memulai proses menghapus akun TikTon sendiri.

Tahapannya seperti ini:

  • Pertama kalian pilih menu Kelola Akun.
  • Berikutnya pilih lagi menu Hapus Akun.
  • Nanti kalian akan di arahkan langsung ke halaman yang berisi catatan mengenai penghapusan akun TikTok.
  • Pastikan kalian sudah membaca catatan tersebut dengan teliti ya.
  • Jika di rasa sudah yakin, kalian bisa menekan menu Lanjutkan.

Catatan:

Penghapusan ini masuk kedalam salah satu fitur keamanan akun yang ada di aplikasi TikTok. Sehingga kalian juga wajib melakukan verifikasi akun tersebut dulu. Untuk caranya kalian bisa cek di poin yang berikutnya.

3. Verifikasi Akun

Agar proses penghapusan akun TikTok bisa berjalan dengan baik, maka kita wajib melakukan verifikasi terlebih dahulu. Untuk melakukan verifikasi, kalian dapat menggunakan akun Google yang sebelumnya udah kalian kaitkan saat mendaftar.

Agar lebih jelas, kalian bisa mengikuti panduannya di bawah ini:

  • Langkah pertama kalian tekan tombol Lanjutkan dengan Google.
  • Lalu pilih gmail yang sebelumnya sudah kalian kaitkan ke TikTok.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat.
  • Jika verifikasi akun berhasil, maka nantinya kalian akan di bawah ke halaman selanjutnya.

4. Konfirmasi Hapus Akun TikTok Sendiri

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah kalian lakukan, maka proses yang terakhir hanya perlu mengkonfirmasi saja.

Caranya seperti ini:

  1. Ketuk tombol Hapus Akun.
  2. Nanti akan muncul sebuah pop up.
  3. Langsung saja konfirmasi dengan menekan menu Hapus.

Catatan:

Kalau langkah-langkahnya sudah benar, maka secara otomatis akun TikTok kalian akan ter-logout. Di tahap ini, pastikan tidak pernah login ke akun tersebut selama 30 hari dari penghapusan akun yang kalian lakukan ya. Karena jika pernah login kembali, akun akan kembali aktif.

Alasan Menghapus Akun TikTok

Jika menanyakan alasan mengapa seseorang menghapus akun TikTok-nya sendiri, maka akan sangat panjang jika saya jelaskan. Karena sudah pasti masing-masing orang mempunyai alasan tersendiri saat ingin menghapus akun TikTok.

Meski begitu, saya akan mejelaskan sedikit alasan kenapa seseorang ingin menghapus akun TikTok yang di miliki. Alasan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya saat melihat beberapa teman mulai menghapus akun TikTok.

1. Karena Merasa Bosan

Alasan pertama yang saya dengar dari teman yang menghapus akun TikTok adalah karena merasa bosan dengan konten yang ada di dalamnya. Mereka juga menganggap kalau konten yang ada di TikTok sudah mulai berubah dan sudah tidak seperti aplikasi hiburan lainnya.

2. Aplikasi TikTok Berbahaya

Selain karena merasa bosan, ada juga teman yang beranggap kalau aplikasi TikTok itu berbahaya. Aplikasi ini juga di katakan bisa mencuri dan membocorkan data penting dari para penggunanya tanpa kita ketahui.

3. Konten TikTok Kurang Layak

Jika kita teliti lebih jauh, hampir sebagian pengguna aplikasi TikTok itu adalah mereka yang masih berusia 18 tahun ke bawah. Sehingga konten yang ada di dalam aplikasi TikTok di rasa masih kurang layak untuk di konsumsi oleh anak berusia belasan.

Kondisi ini juga sering di jadikan alasan oleh teman saya saat di tanya kenapa menghapus akun TikTok.

4. TikTok Dilarang Oleh Agama

Saya juga pernah mendengar dari beberapa teman, kalau ada salah satu pemuka agama yang mewanti-wanti kepada seluruh pengguna aplikasi TikTok agar lebih berhati-hati saat menggunakannya. Karena konten yang ada di dalamnya bisa menjadi haram jika video yang diunggah mengandung mudharat dari pada nilai bermanfaat.

Penutup

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan yang bisa saya jelaskan ke kalian tentang cara menghapus akun TikTok sendiri secara permanen. Semoga kalian bisa mengikuti dengan baik panduan yang saya jelaskan di atas.

Secara garis besarnya, proses penghapusannya itu tidak jauh dengan aplikasi lainnya. Misalnya saja seperti menghapus akun Telegram.

Apabila kalian mengalami kendala terkait panduan yang saya jelaskan, silakan kirim pertanyaan tersebut di kolom komentar ya. Saya akan dengan senang hati membatu kalian untuk menyelesaikan kendalan yang sedang di hadapi.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.