Cara Video Call Lewat Facebook

Cara Video Call Lewat Facebook di HP dan laptop

Cara Video Call Lewat Facebook – Pada beberapa aplikasi chatting, umumnya sudah di lengkapi dengan fitur panggilan maupun video call. Misalnya saja seperti WhatsApp, Line, Telegram dan aplikasi chatting sejenis lainnya.

Lalu bagaimana dengan Facebook? Bagi yang belum tahu, Facebook merupakan salah satu aplikasi sosial media yang mempunyai fitur panggilan maupun video call. Di mana kita juga bisa langsung mengaktifkan fitur ini melalui aplikasi maupun situsnya secara langsung, lho.

Nah, jika saat ini kalian memang sedang berencana mencoba memakai fitur video call di Facebook, maka kalian sudah ada di tempat yang tepat. Karena hari ini saya ingin menjelaskan sebuah tutorial mengenai cara menggunakan fitur tersebut di Facebook.

Penasaran? Yuk lanjutkan membaca penjelasannya di bawah ini.


Penting: Untuk tutorial kali ini saya akan membaginya menjadi dua bagian, yaitu melalui HP Android dan laptop.


Cara Video Call Lewat Facebook di Android

Dalam tutorial yang pertama, saya akan menjelaskan cara video call menggunakan Facebook di HP Android. Kalian bisa menggunakan HP Android merek apa saya, asalkan bisa di pasang aplikasi nantinya.

Untuk HP Android, kita akan langsung menggunakan aplikasinya.

Langkah-langkahnya seperti ini:

1. Install Aplikasi Messenger

Kita memang tidak bisa menggunakan aplikasi Facebook dalam melakukan video call secara langsung, namun kita bisa memakai aplikasi tambahannya.

Karena fitur chatting di Facebook akan terasa lebih lengkap bila kita memakai aplikasi Messenger. Karena hanya dengan bantuan aplikasi Messenger kita bisa melakukan panggilan maupun video call secara langsung.

Jika kalian belum mempunyai aplikasi Messenger, maka sebaiknya install terlebih dahulu melalui Google Play Store yang ada pada HP.

2. Login Akun Facebook

Setelah kalian sudah berhasil menginstall aplikasi Messenger, maka langsung saja buka aplikasinya. Nanti setelah terbuka, kalian bisa langsung login akun Facebook yang di miliki terlebih dahulu.

Namun untuk login kalian bisa melakukannya di aplikasi Facebook. Caranya dengan membuka aplikasi Facebook kemudian masukan username serta kata sandi Facebook kalian.

Jika sudah sesuai, klik saja tombol Masuk.

3. Buka Aplikasi Messenger di HP

Jika kalian sudah berhasil login di aplikasi Facebook, maka lanjut untuk membuka aplikasi Messenger yang sudah di download tadi.

Biasanya saat aplikasi Messenger terbuka, akun Facebook yang kalian gunakan akan langsung terdeteksi secara otomatis. Sehingga kalian tidak perlu lagi untuk melakukan login seperti sebelumnya.

Apabila kalian mempunyai lebih dari satu akun Facebook, maka pilih saja salah satu akun yang ingin di gunakan.

4. Mulai Video Call

Setelah semua proses di atas sudah selesai, maka langkah selanjutnya kita bisa mulai menggunakan fitur video call di Facebook Messenger.

Caranya mudah sekali kok, seperti ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama kalian tekan dulu kolom pencarian yang ada di bagian atas.
  2. Selanjutnya cari nama pengguna atau teman Facebook yang ingin kalian panggil lewat fitur video call.
  3. Setelah itu, kalian akan diarahkan langsung ke kontak yang sudah di pilih.
  4. Berikutnya kalian tap ikon kamera untuk memulai melakukan panggilan video call.
  5. Selesai, selamat mengobrol.

Catatan:

Proses terakhir, kalian hanya perlu menunggu sampai kontak yang di hubungi menerima panggilan video call dari kalian.

Cara Video Call Lewat Facebook di Laptop

Sedangkan bagi kalian yang ingin menggunakan laptop, maka panggilan video call ini dapat dilakukan melalui situs Facebook langsung.

Namun yang paling penting adalah memastikan kamera laptop kalian sudah aktif serta internet yang di gunakan stabil, ya. Karena jika tidak, maka video call Facebook tidak akan bisa kalian lakukan.

Untuk langkah-langkahnya adalah seperti berikut:

1. Masuk ke Akun Facebook

Langkah pertama, kalian bisa membuka terlebih dahulu browser yang ada pada laptop. Bisa memakai browser Chrome maupun Firefox.

Berikutnya kunjungi situs resmi Facebook dengan mengetikkan alamat Facebook.com. Nantinya kalian akan di arahkan ke sebuah halaman login Facebook.

Masukan saja akun Facebook yang kalian miliki seperti biasa.

2. Pilih Kontak

Jika sudah berhasil masuk ke dalam akun Facebook, maka pada halaman beranda kalian ketuk ikon search yang ada di samping kanan. Nantinya kalian akan melihat kolom pencarian pada layar.

Langsung saja kalian masukan nama pengguna atau teman Facebook yang ingin kalian panggil. Bila sudah menemukannya, langsung saja klik kontak tersebut.

3. Buka Fitur Video Call

Nantinya kontak yang sudah kalian pilih bakalan tampil di bagian bawah. Untuk dapat melakukan panggilan video call kalian bisa langsung menekan ikon kamera yang terlihat di samping kontak.

Sekali lagi, pastikan jaringan internet yang kalian gunakan stabil, ya.

4. Izinkan Browser Mengakses Kamera dan Mikrofon di Laptop

Setelah kalian menekan ikon kamera tadi, maka sekarang biasanya akan muncul jendela baru di browser. Fungsi dari jendela baru ini adalah untuk menampilkan wajah kalian dan teman Facebook yang di hubungi.

Namun sebelum itu, biasanya akan muncul notifikasi pada layar laptop yang menampilkan informasi izin akses kamera dan mikrofon. Pada tahap ini, kalian langsung saja klik Izinkan.

5. Mulai Video Call

Jika kalian sudah tap izinkan, maka proses pemanggilan kontak yang di pilih akan langsung dilakukan. Pada tahap ini, kalian hanya perlu menunggu sampai kontak tersebut menerima panggilan video call dari kalian.

Selesai, deh.

Fitur Pada Video Call Facebook

Sebenarnya tidak hanya sekedar melakukan panggilan biasa saja, namun Facebook juga sudah menyediakan beberapa fitur di dalamnya.

Namun untuk fitur berikut ini hanya berlaku di Facebook versi mobile saja, jadi pada Facebook web belum ada.

1. Fitur Video Effect

Untuk fitur yang pertama ini bernama Video Effect. Di mana kalian akan di suguhkan beberapa efek yang menarik dan juga kekinian saat melakukan panggilan video call.

Agar bisa menggunakan fitur keren ini, kalian hanya perlu menekan tanda bintang yang terlihat pada layar ketika melakukan panggilan video call.

2. Fitur Camera Flip

Bagi beberapa orang mungkin fitur ini sudah sangat umum dan bisa di jumpai pada setiap aplikasi chatting. Fungsinya sih cukup sederhana, karena fitur ini hanya akan mengganti kamera yang kita pakai. Misalnya kita menggunakan kamera depan, kemudian menekan fitur Flip maka otomatis akan berpindah ke kamera belakang.

Fitur ini bisa kalian temukan di deretan menu yang ada di bagian bawah saat kalian melakukan panggilan video call.

Penutup

Jadi, itulah sedikit rangkuman mengenai pembahasan tentang cara video call di Facebook lewat HP maupun laptop. Cara yang saya jelaskan tadi juga merupakan cara yang paling sederhana dan pastinya mudah untuk di pahami oleh pemula.

Apabila kalian mengalami kendala atau ada hal yang memang ingin di tanyakan, maka bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.