Cara Menggunakan Fitur Reels di Instagram

Mengenal dan Cara Menggunakan Fitur Reels di Instagram

Cara Menggunakan Fitur Reels di Instagram – Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu kalau sekarang ini orang-orang lebih menyukai video pendek dari pada video dengan durasi panjang. Kenapa? Mungkin maksud dan makna yang ada di dalam video pendek lebih mudah di pahami atau di mengerti.

Nah, hal tersebut juga membuat beberapa platform aplikasi sosial media berlomba-lomba menyediakan tempat untuk penggunanya agar bisa menonton video pendek. Contoh aplikasi sosial media yang sudah menyediakannya ialah TikTok, Youtube Shorts, Instagram dan masih banyak lagi.

Khusus untuk di Instagram, kalian bisa menonton atau membuat sebuah video pendek menggunakan fitur Reels. Fitur yang satu ini dapat kalian gunakan secara gratis untuk membuat sebuah konten atau hanya sekedar menonton saja.

Bagi yang penasaran mengenai fitur Reels di Instagram dan belum tahu cara menggunakannya. Maka bisa menyimak pembahasan lengkapnya di dalam artikel ini.

Mengenal Fitur Reels di Instagram

Reels merupakan salah satu fitur yang tersedia di dalam aplikasi Instagram dan mempunyai fungsi untuk membagikan konten-konten video berdurasi pendek. Pada awalnya, durasi video yang bisa di buat pada Reels hanya 15 detik saja. Tapi untuk sekarang, durasi video yang bisa di buat sudah di tambah menjadi 60 detik.

Dengan durasi yang tergolong singkat ini, kita akan lebih tertantang untuk lebih kreatif dalam menyajikan sebuah konten video dalam Reels Instagram.

Selain itu, di dalam fitur Reels Instagram, kita juga bisa melakukan banyak hal terhadap konten video yang mau di buat. Misalnya saja seperti menambahkan filter, audio, efek tertentu atau bisa juga memakai beberapa creative tools yang tersedia di dalam Instagram.

Tidak hanya itu, Instagram juga menyediakan beragam fitur lainnya yang berhubungan dengan Reels. Yang mana Instagram juga bisa memunculkan konten Reels yang kita buat di menu Explorer. Namun untuk bisa masuk ke sana, video pendek yang kalian buat harus menarik dan memiliki banyak penonton. Hal ini sangat mirib sekali dengan FYP di TikTok.

Bagi kalian yang mungkin ingin melihat secara langsung video pendek yang ada di Instagram, maka bisa membuka halaman Explorer Reels. Namun halaman tersebut hanya tersedia di dalam aplikasi Instagram versi terbaru, ya.

Cara Menggunakan Fitur Reels di Instagram

Bisa di katakan kalau menggunakan fitur Reels sangatlah mudah. Ini karena prosesnya masih sama ketika kita membuat sebuah story video biasa, hanya saja durasi dan pengaturannya yang berbeda.

Berikut cara menggunakan fitur Reels di Instagram:

  • Pertama buka dulu aplikasi Instagram pada HP.
  • Kemudian di halaman utama, tekan ikon Add Content.
  • Lalu pilih opsi Reel.
  • Sekarang pilih video pertama, lalu atur durasinya dan tekan menu Tambah.
  • Cari lagi video kedua, atur durasinya dan klik Tambah.
  • Pada tahap ini, kalian bisa menambahkan musik, teks dan juga stiker.
  • Jika sudah sesuai, tekan tombol Berikutnya.
  • Tambahkan Deskripsi sesuai keinginan dan tekan menu Selanjutnya.
  • Nanti akan muncul sebuah notifikasi, silakan langsung saja kalian tekan menu Bagikan.
  • Terakhir tunggu sampai proses upload konten Reel berhasil.
  • Selesai.

Pada halaman untuk menambahkan video, di sana kalian juga bisa memasukkan Audio serta efek tertentu kedalamnya. Silakan kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan masing-masing, ya.

Selain itu, apabila kalian menginginkan sebuah referensi untuk membuat sebuah Reel yang lebih menarik serta unik. Maka bisa coba untuk membuka fitur Explorer serta menggunakan creative tools yang sudah tersedia di dalam Instagram.

Baca Juga: Cara Melihat Draft di Instagram dan Menghapusnya

Kenapa Reels Tidak Muncul di Beranda?

Walaupun sudah tersedia secara langsung di dalam aplikasi Instagram tanpa perlu mengaturnya lagi, bukan berarti kalau fitur tersebut tidak akan pernah bermasalah. Satu hal yang paling sering terjadi ialah tidak munculnya fitur Reels saat ingin upload video atau sesudahnya.

Hal tersebut jelas membingungkan, apalagi untuk kalian yang mungkin masih awam dalam menggunakan fitur-fitur di Instagram.

Lalu adakah cara untuk memunculkan Reels di Instagram? Tentu saja ada dan cara untuk mengatasinya juga tidak terlalu sulit. Berikut beberapa cara yang bisa kalian coba ketika Reels di  Instagram tidak muncul.

  1. Coba update aplikasi Instagram
    Solusi pertama ketika fitur Reels tidak muncul di Instagram ialah dengan melakukan update. Karena seperti yang saya jelaskan di atas, kalau fitur ini hanya ada di aplikasi Instagram versi terbaru. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengecek pembaharuan yang tersedia.
  2. Hapus file cache
    Meski sangat berguna, namun file cache yang terlalu menumpuk juga bisa menyebabkan masalah pada aplikasi. Salah satunya seperti yang terjadi pada Reels yang tidak muncul di Instagram. Cara menghapus file cache dapat di lakukan melalui pengaturan aplikasi pada HP.
  3. Nyalakan ulang HP
    Selain karena masalah pada aplikasi, kemungkinan penyebab fitur Reels yang tidak muncul di beranda Instagram juga bisa karena adanya error pada sistem HP. Untuk mengatasinya, kalian dapat mencoba untuk menyalakan ulang HP seperti biasa.
  4. Instal ulang aplikasi
    Apabila dengan melakukan update dan juga membersihkan file cache belum juga bisa mengatasi masalah fitur Reels yang tidak mau muncul di Instagram. Maka kalian bisa coba untuk menginstall ulang aplikasi Instagram yang di gunakan.

Selain yang sudah di sebutkan tadi, masih ada satu faktor yang mungkin menjadi pemicunya. Penyebab Reels yang kalian buat tidak muncul di beranda juga bisa terjadi karena OS pada HP tidak mendukung fitur baru yang tersedia di dalam Instagram. Sehingga membuatnya menjadi error atau tidak mau terbuka.

Baca Juga: Cara Membuat Feed Instagram Nyambung

Berapa Lama Durasi Reels di Instagram?

Lama durasi Reels yang bisa kita buat di Instagram itu mulai dari 15 detik sampai dengan 60 detik lamanya. Namun untuk durasi 60 detik tersebut hanya ada pada aplikasi Instagram versi terbaru saja, ya. Karena pada versi yang masih lama, durasi Reels yang bisa di buat hanya 15 – 30 detik saja.

Kemungkinan besar, pihak Instagram juga akan terus melakukan update pada durasi Reels yang dapat di buat oleh penggunanya. Bisa saja kedepannya durasi video Reels yang bisa di buat lebih panjang dari 60 detik. Misalnya 90 detik dan seterusnya.

Maka dari itu, ada bagusnya kalian untuk selalu melakukan update pada aplikasi Instagram jika sudah tersedia. Karena setiap update itu sering memberikan banyak sekali manfaat bagi penggunanya.

Penutup

Fitur Reels yang ada di Instagram itu masih bisa kalian coba-coba lagi, ya. Karena yang saya jelaskan di atas tadi itu hanya proses dasarnya saja. Masih banyak lagi fitur-fitur lain yang bisa di gunakan dalam Reels dan akan membuat video kalian lebih menarik serta unik.

Jika masih ada yang kurang di mengerti atau ada pertanyaan yang ingin kalian sampaikan, silakan tuliskan saja semuanya pada kolom instagram di bawah ini.

Sekian dan selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.