Cara Melihat Terakhir Dilihat di Instagram

Cara Melihat Terakhir Dilihat di Instagram dan Menonaktifkan fitur Last Seen
Cara Melihat Terakhir Dilihat di Instagram

Cara Melihat Terakhir Dilihat di Instagram – Sering menggunakan aplikasi Instagram? Jika iya, pastinya kalian pernah menemukan atau melihat kapan terakhir teman online di IG. Terutama bagi kalian yang mungkin sering memakai IG untuk keperluan chatting.

Pada umumnya, waktu yang tampil biasanya berupa sebuah teks dan berisikan sebuah informasi berapa jam orang tersebut terakhir online di Instagram. Jika di lihat-lihat, ini hampir mirib dengan fitur last seen yang ada di dalam aplikasi WhatsApp.

Nah, bagi kalian yang mungkin masih bingung dan belum tahu cara untuk melihat maupun menonaktifkan terakhir dilihat pada Instagram. Maka kalian tidak perlu khawatir, karena dalam pembahasan ini saya akan menjelaskannya secara lengkap. Yuk, di simak sampai akhir ya.

Cara Melihat Terakhir Dilihat di Instagram

Untuk kalian yang mungkin baru pertama kali menggunakan Instagram, maka kalian dapat melihat fitur ini melalui DM (Direct Message). Nanti di dalam DM, kalian bisa langsung mencari teman yang ingin di lihat terakhir online-nya.

Kemudian tinggal mengirimkannya sebuah pesan, nanti informasi terakhir di lihat akan muncul. Namun jika kalian masih bingung, berikut langkah-langkah melihat terakhir dilihat di Instagram dengan DM.

  • Pertama buka dulu aplikasi Instagram pada HP.
  • Di halaman utama, silakan tekan ikon DM (Direct Message).
  • Kemudian cari kotak yang ingin kalian lihat terakhir online-nya.
  • Jika sudah menemukan orang yang ingin di lihat kapan terakhir dia online di IG, maka langsung saja tekan namanya.
  • Sebuah halaman chat akan muncul.
  • Untuk melihat kapan terakhir dia online, kalian bisa memperhatikan di bagian bawah namanya.
  • Di sana akan tertera informasi berapa lama terakhir di online di IG.
  • Selesai.

Catatan:

Jika orang yang kalian cari sedang online di IG, maka akan muncul sebuah tanda bulat berwarna hijau pada bagian foto profilnya.

Fitur yang satu ini bisa muncul di semua akun Instagram yang memang mengaktifkannya, ya. Selain itu, kita juga tidak di haruskan untuk mem-follow terlebih dahulu orang tersebut. Karena orang yang tidak kita ikuti pun masih bisa kita lihat kapan terakhir dia online di IG.

Namun jika informasi terakhir online tidak muncul, itu tandanya kalau orang tersebut tidak mengaktifkan fitur ini. Atau bisa juga kalau akun yang ingin kalian lihat sudah memblokir kalian, sehingga membuat informasi dari fitur last seen ini tidak muncul.

Baca Juga: Ukuran Feed Instagram Terbaru

Cara Menonaktifkan Terakhir Dilihat di Instagram

Secara default fitur terakhir di lihat ini memang sudah di setting dan aktif tanpa harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Tapi jika kalian memang tidak ingin orang lain tahu kapan terakhir online di IG, maka kalian bisa menonaktifkan fitur ini.

Sehingga semua pengikut maupun pengguna Instagram tidak akan bisa melihat informasi berapa lama dan kapan terakhir kalian online di Instagram.

Berikut cara menonaktifkan fitur terakhir di lihat pada IG:

  • Buka dulu aplikasi Instagram pada HP.
  • Kemudian masuk ke halaman Profil Instagram.
  • Lalu ketuk ikon More Options.
  • Berikutnya kalian pilih menu Pengaturan.
  • Pilih pengaturan Privasi.
  • Jika sudah, tekap opsi Status Aktivitas.
  • Dalam halaman Tampilkan Status Aktivitas, silakan kalian matikan opsinya dengan menggeser toggle ke bagian kiri.
  • Selesai dan fitur terakhir di lihat sudah tidak aktif lagi.

Jika ingin mengeceknya, kalian bisa coba memakai akun Instagram lainnya. Jika memang berhasil, informasi kapan terakhir online tidak akan muncul pada profil kalian.

Catatan:

Apabila kalian mematikan fitur terakhir di lihat, maka bukan hanya orang lain saja yang tidak akan bisa melihat kapan terakhir kalian online di IG. Melainkan kalian sendiri pun juga tidak akan dapat melihat status aktivitas dari teman di Instagram.

Baca Juga: Cara Dapat Centang Biru di Instagram

Cara Melihat Kapan Terakhir Pesan Dibaca di Instagram

Selain kita bisa dengan mudah melihat kapan terakhir teman online di IG, aplikasi Instagram juga menyediakan sebuah fitur menarik lainnya. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengetahui sebuah informasi tentang kapan pesan di baca.

Untuk contohnya bisa kalian lihat pada gambar di atas, yang mana saya mencoba mengirimkan sebuah pesan ke salah satu akun. Ketika pesan yang saya kirimkan itu di baca, maka akan muncul sebuah notifikasi “Baru Saja Dilihat“.

Tapi jika pesan yang kita kirim sudah di baca sejak lama, maka notifikasi yang muncul akan mengikuti waktu saat pertama kali pesan itu di baca. Jika terlalu lama, biasanya informasi yang muncul hanya harinya saja.

Penutup

Jadi itulah beberapa cara untuk melihat kapan terakhir dilihat di Instagram dan juga cara mematikan fitur last seen di IG. Tutorial di atas bisa kalian gunakan di semua perangkat Android, seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Asus, Vivo dan lainnya.

Fitur last seen di Instagram bisa kalian atur sesuai keinginan. Jadi, apabila kalian ingin menjaga privasi, maka kalian bisa menonaktifkan fitur ini lewat pengaturan pada akun IG seperti tadi.

Jika kalian memiliki sebuah pertanyaan, atau pada penjelasan yang belum di mengerti, silakan tuliskan saja pada kolom komentar. Jika mampu, saya pasti akan membantu kalian untuk mencarikan jawabannya, ya.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya tentang Instagram.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.