Cara Melihat Draft di Instagram dan Menghapusnya

Mengenal dan Cara Melihat Draft di Instagram Serta Menghapusnya

Mengenal Draft di Instagram – Bagi kalian yang mungkin belum tahu, kalau Instagram itu memiliki beragam fitur keren lho di dalamnya. Beberapa fitur tersebut bisa memudahkan kita untuk beragam aktivitas di dalam aplikasi Instagram. Salah satu fitur yang cukup populer dan wajib kalian tahu ialah fitur Draft.

Untuk sekarang ini, fitur Draft merupakan salah satu dari beberapa fitur yang paling sering di pakai oleh pengguna Instagram. Oh ya, fitur ini juga memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan untuk akun Instagram yang kita miliki.

Seperti yang sudah kalian ketahui juga, kalau Instagram itu menyuguhkan 4 jenis konten yang bisa di gunakan oleh penggunanya. Mulai dari konten storie, live streaming, reels dan konten feed Instagram. Lalu file yang belum ter-unggah tersebut akan tersimpan sebagai konsep dan kamu bisa mengeditnya kembali untuk di unggah sebagai konten di Instagram.

Pasti bingung ya, hehe. Nah, untuk kalian yang mungkin ingin tahu lebih jauh tentang fitur draft pada Instagram, maka bisa menyimak pembahasannya di sini.

Apa itu Draft Instagram?

Apa itu Draft Instagram?

Draft Instagram adalah salah satu fitur yang mempunyai fungsi untuk menyimpan semua data postingan yang sudah selesai di edit namun belum di unggah menjadi konten di IG. Fitur ini juga berfungsi secara otomatis tanpa perlu untuk mengaktifkannya terlebih dahulu.

Untuk bahan postingan yang saya maksud di sini itu berupa foto, video, reelstory dan lainnya. Sebagai contoh, ketika kalian ingin upload foto dengan memberikan efek-efek tertentu menggunakan filter di Instagram.

Namun sebelum foto tersebut kalian upload, karena berubah pikiran misalnya, lalu menekan tombol kembali. Nah, nantinya postingan yang kalian buat tadi itu akan secara otomatis tersimpan kedalam draft di Instagram.

Kelebihan fitur Draft di IG ini ialah untuk memudahkan semua penggunanya di dalam menyimpan bahan yang sudah di upload namun belum di jadikan sebai postingan di akun IG. Ini juga membuat bahan postingan tersebut tidak terhapus, sehingga proses edit yang di lakukan tidak menjadi sia-sia.

Nanti jika berubah pikiran dan ingin meng-upload kembali postingan tersebut, maka di sini kita hanya perlu membuka file draft dari postingan tersebut saja deh.

Cara Melihat Draft di Instagram

  1. Pertama buka aplikasi Instagram.
  2. Setelah terbuka, Geser atau Swipe ke arah kanan.
  3. Lalu pilih menu Feed, Story atau Reels sesuai keinginan.
  4. Kemudian tekan menu Galeri.
  5. Lanjut pilih menu Draft yang ada di sebelah kanan menu gallery.
  6. Selesai.

Cara sederhanya, sih seperti itu. Karena seperti yang saya jelaskan di atas, fitur ini merupakan bawaan langsung dari aplikasinya, sehingga kita tidak perlu repot-repot mengaktifkannya kembali. Selain itu, kita juga bisa kok mengelola semua draft yang ada pada akun sesuai keinginan.

Jika kalian ingin tahu lebih lengkapnya, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka Halaman Fitur Post

Langkah yang paling penting pertama, tentu kalian harus membuka terlebih dahulu aplikasi Instagram pada HP. Setelah terbuka, kalian bisa menekan menu Post di Instagram atau dengan menekan ikon tanda tambah [+] yang ada di pojok kanan atas.

Jika sudah, sekarang kalian bisa memilih salah satu jenis postingan apa yang mau di lihat draft-nya. Sebagai contoh di sini saya akan melihat draft dari postingan video atau foto, maka saya akan memilih menu Post.

Nah, apabila kalian ingin melihat draft dari Story Instagram, maka di sini kalian dapat menekan menu Story. Dan begitu juga jika kalian ingin melihat draft dari Reel, ya.

2. Tekan Menu Drafts

Pada halaman ini, kalian akan melihat beberapa foto terakhir dari galeri yang akan langsung muncul pada layar Instagram. Nah, di sini kalian bisa langsung menekan menu Drafts yang ada di sebelah menu Gallery.

Jika tidak ada foto maupun video yang muncul, maka itu tandanya kalau akun IG kalian tidak memiliki draft untuk di posting kembali.

3. Pilih Menu Manage

Setelah kalian menekan menu Draft, maka secara otomatis nanti akan muncul beberapa foto atau video yang ada di dalam draft. Nah, silakan pilih salah satu foto atau video yang ingin kalian modifikasi kembali untuk di jadikan sebagai postingan.

Namun jika kalian ingin melihat semua daftar draft yang ada pada akun Instagram, silakan ketuk menu Manage di sebelah kanan.

4. Lihat Semua Halaman Draft

Jika menu Manage sudah di tekan, maka sekarang kalian akan langsung di arahkan ke halaman Drafts Instagram. Pada halaman ini, kalian bisa mengelola drafts sesuai keinginan, seperti melakukan modifikasi, menghapus ataupun meng-upload kembali.

Silakan lakukan sesuai kebutuhan kalian masing-masing, ya.


Baca Juga : Cara Swipe Up di Instagram


Cara Menghapus Draft Instagram

Cara Menghapus Draft Instagram

Selain di upload kembali menjadi postingan, terkadang ada beberapa pengguna yang juga ingin menghapus draft pada akun IG-nya. Alasannya mungkin beragam, tapi yang paling sering sih biasanya karena ingin menggantinya dengan file yang baru.

Berikut ini beberapa langkah menghapus draft di Instagram:

  • Silakan buka Halaman Draft pada akun Instagram.
  • Setelah draft sudah muncul, ketuk menu Select yang ada di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih draft yang mau kalian hapus.
  • Ketuk opsi Discard yang ada di bagian bawah.
  • Maka akan muncul sebuah notifikasi, pilih Lanjutkan.
  • Selesai.

Untuk membuka halaman draft di Instagram, kalian bisa mengikuti langkah-langkah di atas tadi, ya.

Apakah Draft IG Bisa Dilihat Orang Lain?

Tentu saja tidak bisa, karena fitur draft di Instagram itu bersifat privacy. Oleh karena itu, hanya pemilik akun saja yang bisa melihat postingan yang ada di dalam draft.

Namun berbeda, jika foto atau video yang ada di dalam draft tersebut sebelumnya sudah pernah kalian posting pada akun. Maka orang lain pasti akan bisa melihatnya, tapi dengan catatan hanya foto dan video yang sudah pernah di posting saja, ya. Untuk yang belum pernah di posting, tentu orang lain tidak akan pernah bisa melihatnya.

Penutup

Mungkin saya akhiri dulu sampai di sini tentang apa itu Draft di Instagram, cara melihatnya dan juga menghapusnya. Walaupun cukup berguna, namun ada baiknya kalian menghapus bahan yang ada di dalam draft. Ini agar aplikasi Instagram tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan pada ponsel kita.

Apabila ada yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.